BUKU
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )
KELAS I
SEMESTER 1 & 2
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SEMESTER 1
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
||||
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku
bangsa
-
Menyebutkan anggota keluarga menurut
jenis kelamin
-
Menyebutkan agama yang ada di
lingkungan keluarga
-
Menyebutkan nama-nama suku yang ada
di lingkungan keluarga
|
||||
1.2 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan
di rumah dan di sekolahan
- Memberi contoh
hidup rukun di rumah
-
Menjelaskan manfaat hidup rukun di rumah dan di
sekolah
- Menceritakan
akibat tidak menjaga kerukunan di rumah dan di sekolah
|
1.3. Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
-
Menunjukkan perilaku menyayangi
orang tua dalam lingkungan rumah dan sekolah
-
Menunjukkan
sikap tidak membeda-bedakan dalam lingkungan rumah dan sekolah
- Menunjukkan
sikap menyayangi dalam kegiatan sehari-hari di sekolah
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
|
||||
2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan
di sekolah
- Mengidentifikasi
tata tertib di rumah
-
Mengidentifikasi tata tertib di sekolah
- Menjelaskan
perlunya ada tata tertib di rumah
- Menceritakan
akibat melanggar tata tertib di sekolah
- Menceritakan
akibat melanggar tata tertib di rumah dan di sekolah
|
||||
2.2.
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
- Menunjukkan
sikap mentaati tata tertib di sekolah
- Mengklasifikasi-kan
perilaku yang tidak tertib
-
Menceritakan akibat melanggar tata tertib di rumah.
-
Menceritakan akibat melanggar tata tertib di sekolah
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SEMESTER 2
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 2 (dua)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
3. Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
||||
3.1. Menjelaskan
hak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
-
Menyebutkan hak anak di rumah
-
Menyebutkan kewajiban anak di rumah
-
Menjelaskan hak anak di sekolah
-
Menjelaskan kewajiban anak di sekolah
|
||||
3.2. Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
-
Menyebutkan pelaksanaan hak anak di sekolah
-
Menyebutkan pelaksanaan kewajiban anak di sekolah
-
Menjelaskan perilaku menerima akibat melanggar kewajiban di rumah
-
Menceritakan pengalaman melaksanakan tata tertib di
sekolah
-
Menjelaskan perilaku menerima akibat melanggar peraturan di sekolah
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4. Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
||||
4.1 Mengikuti tata tertib di rumah
dan di sekolah
-
Memberi contoh tata tertib di rumah
-
Menjelaskan pelaksanaan tata tertib
di sekolah
-
Menjelaskan perilaku akibat tidak melaksanakan tata
tertib
|
||||
4.2. Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
-
Menunjukkan cara membuang sampah
pada tempatnya
-
Menyebutkan kegunaan zebracross
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
MATA PELAJARAN
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
BAHASA INDONESIA
SEMESTER 1
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
MENDENGARKAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
|
||||
1.1 Membedakan berbagai bunyi
bahasa
-
Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara
tepat
-
Membedakan bunyi bahasa
|
||||
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai
dengan perintah atau petunjuk sederhana
-
Menirukan bunyi/suara tertentu seperti suara burung,
ombak, kendaraan dll
-
Melafalkan bunyi bahasa secara tepat
-
Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang
didengarkan
-
Mengisi kolom/ memberi tanda sesuai dengan informasi
yang didengarkan
-
Menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang
didengarkan, seperti kelompok gambar binatang, gambar tumbuhan dan lain-lain
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.3 Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita
-
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita yang didengar
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 1 (satu)
BERBICARA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan
perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan
deklamasi
|
||||
2.1 Memperkenalkan diri sendiri
dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
-
Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat
tinggal dengan kalimat sederhana
-
Menyebutkan orang tua dan saudara kandung
-
Menanyakan data diri dan nama orang tua serta saudara
kandung, teman sekelas
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
|||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
|||
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
-
Menyapa teman sebaya, guru, dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai
-
Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih, dan
selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada orang yang lebih tua
|
|||||
2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana
-
Menyebutkan nama anggota badan dan kegunaannya dengan
kalimat sederhana
-
Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
(nama, bentuk, warna, bahan dll) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata
yang sudah dikuasai
|
|||||
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan
intonasi yang sesuai
-
Membaca puisi atau syair lagu dengan benar
-
Mendeklamasikan sesuai dengan isi dan
mengekspresikannya dalam gerak dan
mimik yang sesuai
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
MEMBACA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
3. Memahami teks
pendek dengan membaca nyaring
|
||||
3.1 Membaca nyaring
suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
-
Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku
kata, kata dan kalimat sederhana
-
Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana
|
||||
3.2 Membaca nyaring
kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
-
Membaca mirip (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraph serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga
dapat dipahami orang lain
-
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda (untuk
berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek
-
Membaca dengan memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
-
Mengidentifikasi kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang
-
Membacakan penggalan cerita dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
ATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
MENULIS
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4. Menulis
permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
|
||||
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
-
Menggerakkan telunjuk untuk membuat berbagai bentuk
garis dan lingkaran,
-
Memegang alat tulis dan menggunakan-nya dengan benar
-
Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf
|
||||
4.2 Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
-
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk
huruf berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan
tulis dengan benar.
-
Menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat dari
buku atau papan tulis dengan benar,
-
Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis
|
||||
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
-
Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain
-
Membuat label untuk benda-benda di kelas
-
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan
gambar
-
Membuat kalimat berdasarkan gambar
-
Menuliskan nama diri, umur, tempat tinggal
|
||||
4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
-
Menyalin atau mencontoh puisi sederhana menggunakan
huruf lepas
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
BAHASA INDONESIA
SEMESTER 2
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
MENDENGARKAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi
bendabenda di sekitar dan dongeng
|
||||
5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
-
Menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan, seperti
kelompok gambar, binatang, tumbuhan dan lain-lain
-
Menentukan nama benda-benda dideskripsikan guru sesuai
dengan ciri-ciri fisiknya
-
Menirukan atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai
dengan deskripsi guru
-
Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru
|
||||
5.2
Menyebutkan isi dongeng
-
Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
BERBICARA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
|
||||
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti
-
Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri
|
||||
6.2
Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang
sudah dikuasai
-
Bertanya jawab dengan teman tentang gambar-gambar
tersebut
-
Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai
dengan tema (diri sendiri) secara berpasangan dengan bimbingan guru
-
Menyampaikan dalam kelompok) hal-hal yang diminati,
diinginkan dan dicita-citakan dengan penuh percaya diri
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau
kegiatan dengan alasan sederhana
-
Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka
atau tidak suka pada benda atau suatu
-
Mengapa suatu benda dan kegiatan disukai atau tidak
disukai
|
||||
6.4 Memerankan
tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai
-
Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan
tokoh yang dibawakan
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
MEMBACA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
7. Memahami teks pendek dengan
membaca lancar dan membaca puisi anak
|
||||
7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
dengan intonasi yang tepat
-
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang
benar
-
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda (untuk
berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek
-
Membaca dengan memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya
-
Mengidentifikasi kata-kata kunci dari bacaan dan
bacaan agak panjang
-
Membacakan penggalan cerita dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan
intonasi yang tepat
-
Membaca puisi atau syair lagu dengan benar
-
Mendeklamasi-kan puisi sesuai dengan isi dan
mengekspresikannya dalam gerak dan musik yang sesuai
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
MENULIS
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
8.
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan
menyalin
|
||||
8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak
ber-sambung
-
Menulis kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru
-
Menulis dengan menggunakan huruf sambung
-
Menulis kalimat dengan huruf sambung yang rapi dan
dapat dibaca orang lain
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
8.2 Menyalin puisi anak dengan
huruf tegak bersambung
-
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak besambung
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
MATA PELAJARAN
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
BAHASA INDONESIA
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
MATEMATIKA
SEMESTER 1
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
BILANGAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
||||
1.1 Membilang banyak benda
-
Membilang banyak benda
-
Membilang secara urut
|
||||
1.2 Mengurutkan banyak benda
-
Mengurutkan banyak benda
-
Membaca bilangan
-
Menulis lambang bilangan
-
Menggambar benda sesuai lambang bilangan
-
Melengkapi bilangan secara urut
|
||||
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
-
Membaca dan menggunakan simbol +, - dan = dalam pengerjaan hitungan sampai
dengan 5
-
Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan
sampai dengan 5
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
sampai 20
-
Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelom-pokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan
-
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan sampai 20
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2. Menggunakan pengukuran waktu
dan Panjang
|
||||
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
-
Mengenal hari
-
Mengenal jam
|
||||
2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
|
||||
2.3 Mengenal panjang suatu benda
melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membanding-kannya
-
Mengenal panjang pendek dengan kalimat sehari-hari dan
membanding-kannya
|
||||
2.4 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu dan panjang
-
Menyelesaikan soal cerita
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : I
(Satu) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
3.
Mengenal beberapa bangun ruang
|
||||
3.1 Mengelom-pokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma,
tabung, bola, dan kerucut)
-
Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk bangun
|
||||
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
-
Mengurutkan benda bangun ruang menurut besarnya
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
MATEMATIKA
SEMESTER 2
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
BILANGAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
|
||||
4.1 Membilang banyak benda
-
Membilang mulai dari 21 sampai 100
-
Melengkapi urutan bilangan
|
||||
4.2 Mengurutkan banyak benda
-
Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang
terbesar
-
Mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang
terkecil
-
Membilang loncat 2,5,10 pada urutan bilangan. Mengurutkan
banyak benda
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4.3 Menentukan nilai
tempat puluhan dan satuan
-
Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
dan satuan
-
Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
|
||||
4.4 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
-
Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
-
Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam
|
||||
4.5 Menggunakan sifat operasi
pertukaran dan pengelompokan
-
Menggunakan sifat operasi pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan
|
||||
4.6
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan
dua angka
-
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan bilangan dua angka
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
GEOMETRI DAN PENGUKURANNYA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
5.
Menggunakan pengukuran berat
|
||||
5.1 Membanding-kan berat benda (ringan, berat)
|
||||
5.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan berat benda
-
Mengukur berat benda melalui kalimat. Sehari-hari (ringan, berat)
-
Memberi contoh benda yang ringan dan berat
-
Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
6.
Mengenal bangun datar sederhana
|
||||
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
-
Menuliskan benda-benda yang berbentuk segi tiga, segi
empat dan lingkaran
|
||||
6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA
MATA PELAJARAN
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
MATEMATIKA
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
SEMESTER 1
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 1 (satu)
MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaan, serta cara
perawatannya
|
||||
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya
Tema : Diri Sendiri
- Menerangkan bagian-bagian tubuh,
misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi
- Menceritakan kegunaan bagian-bagian
tubuh yang diamati
- Membiasakan merawat tubuh
- Menunjukkan cara merawat tubuh
- Menunjukkan bagian-bagian tubuh
- Mempraktekkan cara menggosok gigi
- Menggambarkan bagian tubuh
- Menuliskan bagian-bagian tubuh
- Menuliskan kegunaan bagian-bagian
tubuh
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.2 mengiden-tifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(Makanan, air, pakaian, udara dan lingkungan sehat)
Tema : Kegemaran
- Menyebutkan makanan sehat untuk
pertumbuhan
- Menceritakan perlunya air,
makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk tumbuh sehat
- Menggosok gigi sehabis makan dan
sebelum tidur
- Mencuci tangan sebelum makan
- Melakukan olahraga secara rutin
- Menyebutkan ciri lingkungan yang
baik untuk kesehatan tubuh
|
||||
1.3
Membiasakan hidup sehat
Tema : Keluarga
-
Menceritakan hal-hal yang dilakukan setelah bangun
tidur
-
Menceritakan
kebiasaan anggota keluarga
-
Menjelaskan
perlunya mandi secara teratur
-
Memperagakan
cara menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur
-
Memperagakan
cara mencuci tangan sebelum makan
-
Melakukan
olah raga secara teratur
-
Beristirahat dan tidur agar tubuh sehat dan kuat
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap
sehat
|
||||
2.1. Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
Tema : Lingkungan
-
Menunjukkan keadaan lingkungan yang bersih
-
Menilai ventilasi sekolah yang cukup udaranya
-
Menyimpulkan tumpukan sampah, merupakan kondisi
lingkungan kurang baik bagi kesehatan
-
Memperagakan cara membuang sampah pada tempatnya
-
Merawat tanaman atau hewan
-
Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2.2. Membedakan lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat
-
Menunjukkan lingkungan sehat
-
Menunjukkan lingkungan tidak sehat
-
Membedakan ciri lingkungan sehat dan tidak sehat
-
Menunjukkan cara menjaga lingkungan sehat
-
Memberi contoh lingkungan sehat
-
menilai lingkungan tidak sehat
-
menerapkan cara membuang sampah yang benar
-
Menemukan cara merawat tanaman
|
||||
2.3.
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan
sekitar
|
||||
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
Memberi
contoh cara merawat tanaman
Menjelaskan
cara merawat hewan
Memberi contoh cara membuang sampah yang benar
Menjelaskan cara merawat lingkungan
sehat
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 1 (satu)
BENDA DAN SIFATNYA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
3. Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
|
||||
3.1 Mengidenti-fikasi benda yang ada di lingkungan
sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
Tema : Pengalaman
-
Menceritakan bentuk benda yang ada di lingkungan kita
-
Membandingkan benda menurut ukurannya
-
Membedakan warna-warna benda
-
Menentukan bau benda
-
Membedakan permukaan benda kasar dan halus
-
Menentukan benda berdasarkan rasanya
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
-
Mengelompokkan benda menurut bentuknya
-
Menjelaskan berbagai benda menurut ukurannya
-
Menceritakan hasil pengamatan terhadap benda menurut
warnanya
-
Membedakan benda menurut baunya
-
Mengelompokkan benda menurut rasanya
|
||||
3.3. Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan
sekitar
-
Membandingkan bentuk benda
-
Menjelaskan kegunaan benda-benda di dalam rumah
-
Menceritakan fungsi benda-benda yang ada di dalam
kelas
-
Menggambar benda
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
SEMESTER 2
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
ENERGI DAN PERUBAHANNYA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4. Mengenal berbagai bentuk energi
dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah
bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
Transportasi
-
Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit
bergerak
-
Menjelaskan alasan roda mobil mudah bergerak
-
Memperagakan mendorong benda beroda
-
Memperagakan gerak benda yang tak beroda
-
Memberikan alasan mengapa kendaraan mudah bergerak
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
4.2 Mengidenti-fikasi penyebab benda bergerak
(baterai, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet)
Komunikasi
-
Menunjukkan sumber energi, contoh baterai, dorongan tangan,
per/pegas dan magnet
-
Menjelaskan bahwa energi dapat meng-gerakkan benda
-
Menuliskan macam-macam sumber energi
-
Bercerita tentang alat rumah tangga yang dapat bergerak
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
BUMI DAN ALAM
SEMESTA
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
5. Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
||||
5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
Tema :
Peristiwa Alam
-
Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu
siang dan malam
-
Membuat gambar benda-benda langit yang dapat dilihat di
waktu siang dan malam hari
|
||||
5.2. Mengenal keadaan cuaca di
sekitar kita
Tema :
Rekreasi
-
Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu
siang dan malam
-
Membuat gambar benda-benda langit yang dapat dilihat di
waktu siang dan malam hari
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
Tema : Tempat Umum
-
Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan
-
Menjelaskan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim
hujan
|
||||
5.3. Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim
hujan terhadap kegiatan manusia
Tema : Hewan
dan tumbuhan
-
Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim kemarau dan
musim hujan
-
Membandingkan ciri-ciri musim kemarau dan musim hujan
pada lahan dan kegiatan manusia
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
MATA PELAJARAN
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan
& Kerumitan)
|
Intake
Siswa (Kemampuan)
|
Daya
Dukung
|
||
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SEMESTER 1
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga
|
||||
1.1 Mengidentifikasi identitas diri,
keluarga, dan kerabat
Tema : diri sendiri
-
Menyebutkan nama diri
-
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
-
Menyebutkan nama ayah dan ibu
-
Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu
rumah
Tema: Lingkungan
-
Memberi contoh kemajemukan dalam keluarga
-
Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
-
Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
-
Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan dalam
keluarga
-
Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan
-
Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perilaku dalam
keluarga
|
||||
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.2 Menceriterakan pengalaman
diri
Tema : Kegemaran
-
Menceritakan kegemaran diri sendiri dan anggota
keluarga
-
Menceritakan kegemaran ayah dan ibu
-
Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah
dialami diri sendiri
-
Menyebutkan peristiwa yang terjadi di lingkungan
keluarga berdasarkan cerita orang tua
|
||||
Tema :Pengalaman
-
Menyebut peristiwa yang pernah dialami
-
Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah
dialami sendiri
-
Menceritakan peristiwa masa kecil berdasarkan cerita
orang tua
|
||||
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
Tema : Keluarga
-
Menceritakan perilaku kasih sayang ibu kepada
anaknya
-
Menceritakan perilaku kasih sayang ayah
-
Menceritakan hubungan kasih sayang antara anggota
keluarga
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
1.4
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
-
Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat
-
Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
-
Menceritakan perilaku dalam menjaga kesehatan
keluarga
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SEMESTER 2
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Sosial
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2.
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
||||
2.1 Menceritakan kembali peristiwa
penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
Tema Komunikasi
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami
Menyebutkan
peristiwa yang terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang lain
Tema Peristiwa Alam
-
Menceritakan peristiwa menyenangkan yang dialami
sendiri
-
Menceritakan peristiwa masa kecil berdasarkan cerita
orang tua
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
Tema : Rekreasi
Menceritakan salah satu peristiwa penting yang
dialami waktu rekreasi
Menyebutkan tiga
peristiwa yang dialami
Tema : Transportasi
-
Menyebutkan 3 alat transportasi yang digunakan pada
peristiwa penting yang dialami diri sendiri dan keluarga
-
Menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang pernah
dialami sendiri
|
||||
2.2
Mendeskrip-sikan letak rumah
Tema : Hewan dan Tumbuhan
-
Menyebutkan fungsi ruang dalam rumah
-
Menyebutkan tiga jenis hewan dan tumbuhan yang biasa
terdapat di sekitar rumah
|
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga
kebersihan rumah
Tema Tempat Umum
-
Menyebutkan fungsi ruang dalam rumah
-
Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang dalam
rumah
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
MATA PELAJARAN
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
KKM
%
|
||
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
|
Intake Siswa (Kemampuan)
|
Daya Dukung
|
||
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar