BUKU
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )

KELAS I
SEMESTER  1  & 2


 













PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


SEMESTER  1









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN      :     PKn
KELAS / SEMESTER    :     I (Satu) / 1 (satu)


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan




1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa
-      Menyebutkan anggota keluarga menurut jenis kelamin
-      Menyebutkan agama yang ada di lingkungan keluarga
-      Menyebutkan nama-nama suku yang ada di lingkungan keluarga





1.2  Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolahan
-   Memberi contoh hidup rukun di rumah
-   Menjelaskan manfaat hidup rukun di rumah dan di sekolah
-   Menceritakan akibat tidak menjaga kerukunan di rumah dan di sekolah






1.3. Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
-    Menunjukkan perilaku menyayangi orang tua dalam lingkungan rumah dan sekolah
-    Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan dalam lingkungan rumah dan sekolah
-    Menunjukkan sikap menyayangi dalam kegiatan sehari-hari di sekolah







               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN      :     PKn
KELAS / SEMESTER    :     I (Satu) / 1 (satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.  Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah




2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
-    Mengidentifikasi tata tertib di rumah
-    Mengidentifikasi tata tertib di sekolah
-    Menjelaskan perlunya ada tata tertib di rumah
-    Menceritakan akibat melanggar tata tertib di sekolah
-    Menceritakan akibat melanggar tata tertib di rumah dan di sekolah




2.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
-    Menunjukkan sikap mentaati tata tertib di sekolah
-    Mengklasifikasi-kan perilaku yang tidak tertib
-    Menceritakan akibat melanggar tata tertib di rumah.
-    Menceritakan akibat melanggar tata tertib di sekolah





               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP


               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
 













PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


SEMESTER  2








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN    :    PKn
KELAS / SEMESTER :    I (Satu) / 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3.  Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah




3.1. Menjelaskan hak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
-        Menyebutkan hak anak di rumah
-        Menyebutkan kewajiban anak di rumah
-        Menjelaskan hak anak di sekolah
-        Menjelaskan kewajiban anak di sekolah




3.2. Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
-        Menyebutkan pelaksanaan hak anak di sekolah
-        Menyebutkan pelaksanaan kewajiban anak di sekolah
-        Menjelaskan perilaku menerima akibat melanggar kewajiban di rumah
-        Menceritakan pengalaman melaksanakan tata tertib di sekolah
-        Menjelaskan perilaku menerima akibat melanggar peraturan di sekolah





               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN    :  PKn
KELAS / SEMESTER :  I (Satu) / 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah




4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
-        Memberi contoh tata tertib di rumah
-        Menjelaskan pelaksanaan tata tertib di sekolah
-        Menjelaskan perilaku akibat tidak melaksanakan tata tertib





4.2. Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
-        Menunjukkan cara membuang sampah pada tempatnya
-        Menyebutkan kegunaan zebracross







               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.

 













KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN












MATA PELAJARAN

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN









               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.

















 









BAHASA INDONESIA


SEMESTER  1








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

MENDENGARKAN           
                

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan




1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
-        Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat 
-        Membedakan bunyi bahasa         




1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
-        Menirukan bunyi/suara tertentu seperti suara burung, ombak, kendaraan dll
-        Melafalkan bunyi bahasa secara tepat
-        Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan
-        Mengisi kolom/ memberi tanda sesuai dengan informasi yang didengarkan
-        Menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan, seperti kelompok gambar binatang, gambar tumbuhan dan lain-lain











STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
-        Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita yang didengar










               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.












KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)
BERBICARA                        


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi




2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
-        Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana
-        Menyebutkan orang tua dan saudara kandung
-        Menanyakan data diri dan nama orang tua serta saudara kandung, teman sekelas















STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
-        Menyapa teman sebaya, guru, dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
-        Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih, dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada orang yang lebih tua




2.3  Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
-        Menyebutkan nama anggota badan dan kegunaannya dengan kalimat sederhana
-        Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar (nama, bentuk, warna, bahan dll) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yang sudah dikuasai






















STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
-        Membaca puisi atau syair lagu dengan benar
-        Mendeklamasikan sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dalam  gerak dan mimik yang sesuai







               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.














KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

MEMBACA                               

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring




3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
-        Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana
-        Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana




3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
-        Membaca mirip (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam paragraph serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain
-        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek
-        Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya








STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-        Mengidentifikasi kata-kata kunci dari bacaan agak panjang
-        Membacakan penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar








               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.













KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


ATA PELAJARAN          :     Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

MENULIS                             


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin




4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
-        Menggerakkan telunjuk untuk membuat berbagai bentuk garis dan lingkaran,
-        Memegang alat tulis dan menggunakan-nya dengan benar
-        Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf




4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
-         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf









STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
-        Menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar,
-        Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis




4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
-        Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat dibaca oleh orang lain
-        Membuat label untuk benda-benda di kelas 
-        Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
-        Membuat kalimat berdasarkan gambar
-        Menuliskan nama diri, umur, tempat tinggal




4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
-         Menyalin atau mencontoh puisi sederhana menggunakan huruf lepas





               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
   NIP.                                                                                                                                                                    NIP.


 
















BAHASA INDONESIA


SEMESTER  2




 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

MENDENGARKAN

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi bendabenda di sekitar dan dongeng




5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
-        Menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan, seperti kelompok gambar, binatang, tumbuhan dan lain-lain
-        Menentukan nama benda-benda dideskripsikan guru sesuai dengan ciri-ciri fisiknya 
-        Menirukan atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai dengan deskripsi guru
-        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru




5.2 Menyebutkan isi dongeng
-        Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng





               Mengetahui,             ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

BERBICARA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng




6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
-        Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri




6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
-        Bertanya jawab dengan teman tentang gambar-gambar tersebut
-        Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema (diri sendiri) secara berpasangan dengan bimbingan guru
-        Menyampaikan dalam kelompok) hal-hal yang diminati, diinginkan dan dicita-citakan dengan penuh percaya diri









           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
-        Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu
-        Mengapa suatu benda dan kegiatan disukai atau tidak disukai




6.4 Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai
-        Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakan








               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

MEMBACA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
7. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak




7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
-        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar
-        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek
-        Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
-        Mengidentifikasi kata-kata kunci dari bacaan dan bacaan agak panjang
-        Membacakan penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar










           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
-        Membaca puisi atau syair lagu dengan benar
-        Mendeklamasi-kan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dalam gerak dan musik yang sesuai








               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

MENULIS

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
8. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin




8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak ber-sambung
-        Menulis kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru
-        Menulis dengan menggunakan huruf sambung
-        Menulis kalimat dengan huruf sambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain

















           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
-        Menyalin puisi anak dengan huruf tegak besambung









               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.















 











KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN

BAHASA INDONESIA













MATA PELAJARAN

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

BAHASA INDONESIA









               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.








 















MATEMATIKA


SEMESTER  1





KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Matematika
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

BILANGAN            


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20




1.1  Membilang banyak benda
-        Membilang banyak benda
-        Membilang secara urut




1.2   Mengurutkan banyak benda
-      Mengurutkan banyak benda
-      Membaca bilangan
-      Menulis lambang bilangan
-      Menggambar benda sesuai lambang bilangan
-      Melengkapi bilangan secara urut




1.3   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
-      Membaca dan menggunakan simbol +, -  dan = dalam pengerjaan hitungan sampai dengan 5
-      Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5












STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
-        Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelom-pokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan
-        Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan sampai 20







               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
                 NIP.                NIP.
           











KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN       :     Matematika
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Menggunakan pengukuran waktu dan Panjang




2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
-        Mengenal hari
-        Mengenal jam




2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung




2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membanding-kannya
-        Mengenal panjang pendek dengan kalimat sehari-hari dan membanding-kannya




2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
-        Menyelesaikan soal cerita





               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Matematika
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN                       


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3. Mengenal beberapa bangun ruang




3.1 Mengelom-pokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
-        Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk bangun




3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
-        Mengurutkan benda bangun ruang menurut besarnya






               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.







 
















MATEMATIKA


SEMESTER  2


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Matematika
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

BILANGAN

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah




4.1 Membilang banyak benda
-      Membilang mulai dari 21 sampai 100
-      Melengkapi urutan bilangan




4.2 Mengurutkan banyak benda
-        Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar
-        Mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil
-        Membilang loncat 2,5,10 pada urutan bilangan. Mengurutkan banyak benda












           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
-        Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan dan satuan
-        Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan  




4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
-        Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
-        Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam




4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
-        Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan




4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
-        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka





               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Matematika
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

GEOMETRI DAN PENGUKURANNYA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
5. Menggunakan pengukuran berat




5.1 Membanding-kan berat benda (ringan, berat)




5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
-        Mengukur berat benda melalui kalimat. Sehari-hari (ringan, berat)
-        Memberi contoh benda yang ringan dan berat
-        Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung






               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP





               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN      :     Matematika
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
6. Mengenal bangun datar sederhana




6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
-        Menuliskan benda-benda yang berbentuk segi tiga, segi empat dan lingkaran




6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya






               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.





 











KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN

MATEMATIKA














MATA PELAJARAN

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

MATEMATIKA








               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.



 














ILMU PENGETAHUAN ALAM


SEMESTER  1







KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN      



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaan, serta cara perawatannya




1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Tema : Diri Sendiri
-  Menerangkan bagian-bagian tubuh, misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi
-  Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati
-  Membiasakan merawat tubuh
-  Menunjukkan cara merawat tubuh
-  Menunjukkan bagian-bagian tubuh
-  Mempraktekkan cara menggosok gigi
-  Menggambarkan bagian tubuh
-  Menuliskan bagian-bagian tubuh
-  Menuliskan kegunaan bagian-bagian tubuh












STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.2 mengiden-tifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (Makanan, air, pakaian, udara dan lingkungan sehat)
Tema : Kegemaran
-  Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
-  Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk tumbuh sehat
-  Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur
-  Mencuci tangan sebelum makan
-  Melakukan olahraga secara rutin
-  Menyebutkan ciri lingkungan yang baik untuk kesehatan tubuh





1.3 Membiasakan hidup sehat
Tema : Keluarga
-         Menceritakan hal-hal yang dilakukan setelah bangun tidur
-         Menceritakan kebiasaan anggota keluarga
-         Menjelaskan perlunya mandi secara teratur
-               Memperagakan cara menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur
-         Memperagakan cara mencuci tangan sebelum makan
-         Melakukan olah raga secara teratur
-         Beristirahat dan tidur agar tubuh sehat dan kuat





                     Mengetahui, ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN       :     Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat




2.1. Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
Tema : Lingkungan
-        Menunjukkan keadaan lingkungan yang bersih
-        Menilai ventilasi sekolah yang cukup udaranya
-        Menyimpulkan tumpukan sampah, merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
-        Memperagakan cara membuang sampah pada tempatnya
-        Merawat tanaman atau hewan
-        Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan














STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.2. Membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
-        Menunjukkan lingkungan sehat
-        Menunjukkan lingkungan tidak sehat
-        Membedakan ciri lingkungan sehat dan tidak sehat
-        Menunjukkan cara menjaga lingkungan sehat
-        Memberi contoh lingkungan sehat
-        menilai lingkungan tidak sehat
-        menerapkan cara membuang sampah yang benar
-        Menemukan cara merawat tanaman




2.3. Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar




Tema : Kebersihan dan Kesehatan
Memberi contoh cara merawat tanaman
Menjelaskan cara merawat hewan
Memberi contoh cara membuang sampah yang benar
Menjelaskan cara merawat lingkungan sehat







               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN             :           Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

BENDA DAN SIFATNYA                           



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3.  Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda




3.1 Mengidenti-fikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
Tema : Pengalaman
-        Menceritakan bentuk benda yang ada di lingkungan kita
-        Membandingkan benda menurut ukurannya
-        Membedakan warna-warna benda
-        Menentukan bau benda
-        Membedakan permukaan benda kasar dan halus
-        Menentukan benda berdasarkan rasanya









STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
-       Mengelompokkan benda menurut bentuknya
-       Menjelaskan berbagai benda menurut ukurannya
-       Menceritakan hasil pengamatan terhadap benda menurut warnanya
-       Membedakan benda menurut baunya
-       Mengelompokkan benda menurut rasanya




3.3. Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
-     Membandingkan bentuk benda
-     Menjelaskan kegunaan benda-benda di dalam rumah
-     Menceritakan fungsi benda-benda yang ada di dalam kelas
-     Menggambar benda






               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                                                                                                                                                                    NIP.


 















ILMU PENGETAHUAN ALAM


SEMESTER  2




KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN             :           Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

ENERGI DAN PERUBAHANNYA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.  Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari




4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
Transportasi
-        Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak
-        Menjelaskan alasan roda mobil mudah bergerak
-        Memperagakan mendorong benda beroda
-        Memperagakan gerak benda yang tak beroda
-        Memberikan alasan mengapa kendaraan mudah bergerak













           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.2 Mengidenti-fikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet)
Komunikasi
-        Menunjukkan sumber energi, contoh baterai, dorongan tangan, per/pegas dan magnet
-        Menjelaskan bahwa energi dapat meng-gerakkan benda
-        Menuliskan macam-macam sumber energi
-        Bercerita tentang alat rumah tangga yang dapat bergerak








               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN      :     Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

BUMI DAN ALAM SEMESTA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
5.  Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia




5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
Tema : Peristiwa Alam
-        Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu siang dan malam
-        Membuat gambar benda-benda langit yang dapat dilihat di waktu siang dan malam hari




5.2. Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
Tema : Rekreasi
-        Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu siang dan malam
-        Membuat gambar benda-benda langit yang dapat dilihat di waktu siang dan malam hari






           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Tema : Tempat Umum
-        Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan
-        Menjelaskan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan




5.3. Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
Tema : Hewan dan tumbuhan
-        Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim kemarau dan musim hujan
-        Membandingkan ciri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia






               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP





               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.






 











KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN

ILMU PENGETAHUAN ALAM
















MATA PELAJARAN

KRITERIA PENENTUAN KKM



KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

ILMU PENGETAHUAN ALAM














               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.






                                                                                                                       








 









ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


SEMESTER  1









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 1 (satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga




1.1       Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Tema : diri sendiri
-        Menyebutkan nama diri
-        Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
-        Menyebutkan nama ayah dan ibu
-        Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah
Tema: Lingkungan
-        Memberi contoh kemajemukan dalam keluarga
-        Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
-        Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
-        Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan dalam keluarga
-        Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan
-        Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perilaku dalam keluarga




           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.2 Menceriterakan pengalaman diri
Tema : Kegemaran
-        Menceritakan kegemaran diri sendiri dan anggota keluarga
-        Menceritakan kegemaran ayah dan ibu
-        Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami diri sendiri
-        Menyebutkan peristiwa yang terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua




   Tema :Pengalaman
-        Menyebut peristiwa yang pernah dialami
-        Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami sendiri
-        Menceritakan peristiwa masa kecil berdasarkan cerita orang tua




1.3  Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
Tema : Keluarga
-        Menceritakan perilaku kasih sayang ibu kepada anaknya
-        Menceritakan perilaku kasih sayang ayah
-        Menceritakan hubungan kasih sayang antara anggota keluarga






           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
-        Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat
-        Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
-        Menceritakan perilaku dalam menjaga kesehatan keluarga 







               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.














 














ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


SEMESTER  2









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS / SEMESTER     :     I (Satu) / 2 (dua)

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah




2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
Tema Komunikasi
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami
Menyebutkan peristiwa yang terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang lain

Tema Peristiwa Alam
-        Menceritakan peristiwa menyenangkan yang dialami sendiri
-        Menceritakan peristiwa masa kecil berdasarkan cerita orang tua











           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Tema : Rekreasi
Menceritakan salah satu peristiwa penting yang dialami waktu rekreasi
Menyebutkan tiga peristiwa yang dialami
Tema : Transportasi
-        Menyebutkan 3 alat transportasi yang digunakan pada peristiwa penting yang dialami diri sendiri dan keluarga
-        Menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami sendiri




2.2 Mendeskrip-sikan letak rumah
Tema : Hewan dan Tumbuhan
-        Menyebutkan fungsi ruang dalam rumah
-        Menyebutkan tiga jenis hewan dan tumbuhan yang biasa terdapat di sekitar rumah














           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
Tema Tempat Umum
-        Menyebutkan fungsi ruang dalam rumah
-        Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang dalam rumah









               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP






               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.








 











KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN

ILMU PENGETAHUAN ALAM













MATA PELAJARAN

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL








               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas / Guru MP




               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...