Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan MODUL 1 A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Latar Belakang Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

MODUL 1

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Latar Belakang Rapor Pendidikan

Latihan Pemahaman : Apa tantangan yang dihadapi oleh kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan layanan pendidikan di satuan pendidikannya yang dibahas pada video ini?

A. Pedoman acuan pembangunan infrastruktur yang perlu dibangun kembali

B. Pedoman acuan dalam merancang program peningkatan kualitas capaian, mutu, dan layanan

C. Pedoman acuan penggunaan teknologi dalam pembelajaran

D. Pedoman dalam mengelola sumber daya manusia

Jawab : B

 

Cerita Reflektif : Sebelum hadirnya Rapor Pendidikan, alat bantu atau sumber informasi apa saja yang Anda manfaatkan untuk memahami kondisi satuan pendidikan yang sebenarnya?

Jawab : Beberapa hal yang dapat kami jadikan bahan untuk memahami kondisi satuan pendidikan adalah hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS), dimana temuan tersebut sebagai tolok ukur perbaikan pada tahun berikutnya. Hal lainnya adalah hasil Ujian Sekolah dan lain sebagainya untuk perbaikan mutu lulusan Satuan Pendidikan.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Fungsi Rapor Pendidikan

Latihan Pemahaman :

Apakah nama platform yang digunakan untuk melihat hasil Asesmen Nasional?

A. Profil Pendidikan

B. Rapor Pendidikan

C. Platform Merdeka Mengajar

D. Pelajar Pancasila

Jawab : B

 

Cerita Reflektif : Apa fungsi dan manfaat yang Anda rasa paling penting tentang Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan Anda?

Jawab : Rapor Pendidikan digunakan untuk memperbaiki mutu pendidikan satuan pendidikan.

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Platform Rapor Pendidikan Dikdasmen

Latihan Pemahaman : Saat ini, Platform Rapor Pendidikan dapat diakses dengan menggunakan akun . . . yang sudah aktif.

A. Gmail pribadi

B. Yahoo

C. Guru.belajar.id

D. Admin.belajar.id

Jawab : D

 

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda memanfaatkan Rapor Pendidikan nantinya bagi satuan pendidikan?

Jawab : Satuan Pendidikan dapat menggunakan Rapor Pendidikan sebagai landasan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan.

 

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen

Latihan Pemahaman :

Terdapat lima dimensi dalam Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan pada jenjang Dikdasmen.

Jawab :

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

 

Cerita Reflektif : Berdasarkan struktur profil pendidikan yang telah dijelaskan, bagaimana Anda memaknai dimensi tersebut di satuan pendidikan Anda?


Jawab : Saya maknai dimensi rapor pendidikan yang dimulai dari input, proses dan output untuk diketahui sumber daya manusia & sekolah yang sesungguhnya, sehingga akan menghasilkan relevansi pembelajaran dan pemerataan pendidikan yang bermutu.

 

Soal dan Kunci Jawaban Post Test PMM: Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 1

1. Untuk mendapatkan laporan Rapor Pendidikan, maka laman yang perlu dikunjungi pada platform Rapor Pendidikan adalah...

A. Beranda

B. Glosarium

C. Tindak Lanjut

D. Pusat bantuan

Jawaban C. Tindak Lanjut

 

2. Profil Satuan Pendidikan terdiri dari :

1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik

2. Pemerataan pendidikan yang bermutu

3. Mutu dan relevansi pembelajaran

4. Kompetensi dan kinerja PTK

5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen proses ditunjukkan oleh nomor...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban C. 3

 

3. Profil Satuan Pendidikan di jenjang Dikdasmen terdiri dari :

1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik

2. Pemerataan pendidikan yang bermutu

3. Mutu dan relevansi pembelajaran

4. Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan

5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen input ditunjukkan oleh nomor...

A. 1 dan 3

B. 3 dan 5

C. 1 dan 2

D. 4 dan 5

Jawaban D. 4 dan 5

 

4. Berikut adalah proses yang terkait dengan dimensi mutu dan relevansi pembelajaran :

A. Proses belajar peserta didik

B. Proses pengelolaan anggaran

C. Proses penilaian kinerja guru

D. Proses pemerataan jumlah guru

Jawaban A. Proses belajar peserta didik

 

5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel dapat dicapai dengan cara :

A. Melibatkan kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan peningkatan mutu

B. Meningkatkan jumlah sarana dan prasarana sekolah

C. Melibatkan semua warga sekolah untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu

D. Melibatkan beberapa warga sekolah yang sesuai dengan pertimbangan kepala sekolah

Jawaban C. Melibatkan semua warga sekolah untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu

6. Dimensi yang tidak terdapat dalam Rapor Pendidikan satuan pendidikan pada jenjang Dikdasmen adalah...

A. Mutu dan relevansi hasil belajar

B. Pemerataan pendidikan yang bermutu

C. Kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan 

D. Mutu dan relevansi pembelajaran

Jawaban B. Pemerataan pendidikan yang bermutu

 

7. Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?

A. Rapor Pendidikan sebagai sumber utama dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan

B. Rapor Pendidikan bukan untuk menghukum dan mencari siapa yang salah

C. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menegur satuan pendidikan dan daerah

D. Rapor Pendidikan bukan sebagai tambahan beban dokumen administrasi

Jawaban C. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menegur satuan pendidikan dan daerah

 

8. Apa peran Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan ?

A. Sebagai alat perangkingan antara satuan pendidikan dan satuan pendidikan lainnya

B. Sebagai dokumen administrasi tambahan yang perlu diisi

C. Sebagai alat bantu dalam mencari kesalahan

D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan mutu layanan Pendidikan

Jawaban D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan mutu layanan pendidikan

 

9. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan

2. Rapor Pendidikan akan didiskusikan secara konstruktif dengan warga sekolah untuk membenahi mutu pendidikan

3. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan

4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.

Manakah yang perlu Anda perhatikan jika satuan pendidikan Anda akan menggunakan Rapor Pendidikan?

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3

C. 3 dan 1 

D. 4 dan 2

Jawaban B. 2 dan 3

 

10. Apakah manfaat Rapor Pendidikan dalam sistem administrasi dan pengelolaan data di satuan pendidikan?

A. Mempermudah pengukuran dan evaluasi hasil belajar peserta didik 

B. Meringankan beban orang tua siswa

C. Meringankan beban administrasi melalui penyajian data yang terintegrasi

D. Sebagai media komunikasi antara pihak satuan pendidikan dengan public

Jawaban D. Sebagai media komunikasi antara pihak satuan pendidikan dengan publik*

 

11. Mengapa satuan pendidikan perlu menggunakan Rapor Pendidikan dalam kegiatan perencanaan dan penganggaran?

A. Karena Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menghakimi satuan pendidikan

B. Karena Rapor Pendidikan menyajikan sumber data yang objektif sehingga dapat membantu menentukan kegiatan yang tepat dan berdampak besar

C. Karena Rapor Pendidikan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan

D. Karena Rapor Pendidikan merupakan media komunikasi yang ideal bagi satuan pendidikan dan peserta didik

Jawaban B. Karena Rapor Pendidikan menyajikan sumber data yang objektif sehingga dapat membantu menentukan kegiatan yang tepat dan berdampak besar

 

12. Apakah fungsi utama Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?

A. Sebagai bahan ujian untuk peserta didik

B. Sebagai sumber data utama, obyektif dan terintegrasi bagi satuan pendidikan

C. Sebagai materi untuk meningkatkan kualitas guru

D. Sebagai materi diskusi

Jawaban D. Sebagai materi diskusi

 

 

1. Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?

A. Rapor Pendidikan mengidentifikasi akar permasalahan

B. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi

C. Rapor Pendidikan digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah

D. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi

Jawaban C. Rapor Pendidikan digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah

 

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :

1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan

2. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan

3. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi

4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.

Manakah pernyataan yang benar?

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3*

C. 3 dan 1

D. 4 dan 2

3. Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?

A. Berusaha mengubah data

B. Fokus kepada solusi perbaikan*

C. Menyalahkan diri SALAH

D. Mengajukan keluhan kepada dinas pusat

4. Terdapat label untuk mengetahui capaian pada indikator nilai uji kompetensi guru, yaitu...

A. Baik, cukup, kurang*

B. Benar, cukup, Salah

C. Mahir, cakap, merintis, membudaya

D. Mahir, cakap, mendasar, perlu intervensi

5. Berikut yang tidak menjadi aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor Pendidikan adalah...

A. Spektrum warna

B. Label

C. Skor

D. Ukuran*

6. Untuk mengetahui posisi capaian mutu indikator pada satuan, dalam Rapor Pendidikan juga disajikan capaian mutu pada satuan pendidikan lain yang serupa yang memiliki :

A. Karakteristik lokasi, dan sosial ekonomi peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan*

B. Karakteristik jumlah peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan

C. Karakteristik pemerintah daerah yang mirip

D. Karakteristik guru dan tenaga kependidikan yang mirip dengan satuan pendidikan

7. Indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” karena sekolah didorong untuk...

A. Berpihak pada murid

B. Mengembangkan budaya refleksi

C. Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif

D Semua benar*

8. Apakah satuan pendidikan perlu memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan?

A. Ya, karena indikator lain selain indikator prioritas tidak perlu dibenahi

B. Ya, karena satuan pendidikan memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu mengalokasikannya pada indikator prioritas terlebih dahulu*

C. Tidak, karena semua indikator sama pentingnya

D. Tidak, karena satuan pendidikan dapat membenahi semua masalah sekaligus

9. Toleransi, perasaan diterima atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu faktor pendukung dalam keseluruhan iklim pembelajaran.

Penjelasan di atas merupakan rasionalisasi dari indikator prioritas...

A. Iklim Kebhinekaan*

B. Iklim Keamanan

C. Iklim Ketertiban

D. Indeks Kararter


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...