Rapor Pendidikan sebagai
Sumber Data Perencanaan
MODUL 1
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita
Reflektif Materi Latar Belakang Rapor Pendidikan
Latihan
Pemahaman : Apa tantangan yang dihadapi oleh kepala satuan pendidikan dalam
mengembangkan layanan pendidikan di satuan pendidikannya yang dibahas pada
video ini?
A.
Pedoman acuan pembangunan infrastruktur yang perlu dibangun kembali
B.
Pedoman acuan dalam merancang program peningkatan kualitas capaian, mutu, dan
layanan
C.
Pedoman acuan penggunaan teknologi dalam pembelajaran
D.
Pedoman dalam mengelola sumber daya manusia
Jawab : B
Cerita Reflektif : Sebelum hadirnya Rapor Pendidikan, alat bantu atau sumber informasi apa saja yang Anda manfaatkan untuk memahami kondisi satuan pendidikan yang sebenarnya?
Jawab : Beberapa hal yang dapat kami
jadikan bahan untuk memahami kondisi satuan pendidikan adalah hasil Evaluasi
Diri Sekolah (EDS), dimana temuan tersebut sebagai tolok ukur perbaikan pada
tahun berikutnya. Hal lainnya adalah hasil Ujian Sekolah dan lain sebagainya
untuk perbaikan mutu lulusan Satuan Pendidikan.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Fungsi Rapor Pendidikan
Latihan Pemahaman :
Apakah nama platform yang
digunakan untuk melihat hasil Asesmen Nasional?
A. Profil Pendidikan
B. Rapor Pendidikan
C. Platform Merdeka Mengajar
D. Pelajar Pancasila
Jawab : B
Cerita Reflektif : Apa
fungsi dan manfaat yang Anda rasa paling penting tentang Rapor Pendidikan untuk
satuan pendidikan Anda?
Jawab : Rapor
Pendidikan digunakan untuk memperbaiki mutu pendidikan satuan pendidikan.
C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Platform Rapor Pendidikan Dikdasmen
Latihan Pemahaman : Saat ini,
Platform Rapor Pendidikan dapat diakses dengan menggunakan akun . . . yang
sudah aktif.
A. Gmail pribadi
B. Yahoo
C. Guru.belajar.id
D. Admin.belajar.id
Jawab : D
Cerita Reflektif : Bagaimana
Anda memanfaatkan Rapor Pendidikan nantinya bagi satuan pendidikan?
Jawab : Satuan
Pendidikan dapat menggunakan Rapor Pendidikan sebagai landasan untuk
peningkatan mutu layanan pendidikan.
D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen
Latihan
Pemahaman :
Terdapat
lima dimensi dalam Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan pada jenjang
Dikdasmen.
Jawab
:
A.
Benar
B.
Salah
Jawab : B
Cerita
Reflektif : Berdasarkan struktur profil pendidikan yang telah dijelaskan,
bagaimana Anda memaknai dimensi tersebut di satuan pendidikan Anda?
Jawab
: Saya
maknai dimensi rapor pendidikan yang dimulai dari input, proses dan output
untuk diketahui sumber daya manusia & sekolah yang sesungguhnya, sehingga
akan menghasilkan relevansi pembelajaran dan pemerataan pendidikan yang
bermutu.
Soal dan Kunci Jawaban
Post Test PMM: Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 1
1. Untuk mendapatkan laporan Rapor
Pendidikan, maka laman yang perlu dikunjungi pada platform Rapor Pendidikan
adalah...
A. Beranda
B. Glosarium
C. Tindak Lanjut
D. Pusat bantuan
Jawaban C. Tindak Lanjut
2. Profil Satuan Pendidikan
terdiri dari :
1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik
2. Pemerataan pendidikan yang bermutu
3. Mutu dan relevansi pembelajaran
4. Kompetensi dan kinerja PTK
5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan
akuntabel.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen proses
ditunjukkan oleh nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban C. 3
3. Profil Satuan Pendidikan di
jenjang Dikdasmen terdiri dari :
1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik
2. Pemerataan pendidikan yang bermutu
3. Mutu dan relevansi pembelajaran
4. Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel
Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen input ditunjukkan oleh
nomor...
A. 1 dan 3
B. 3 dan 5
C. 1 dan 2
D. 4 dan 5
Jawaban D. 4 dan 5
4. Berikut adalah proses yang
terkait dengan dimensi mutu dan relevansi pembelajaran :
A. Proses belajar peserta didik
B. Proses pengelolaan anggaran
C. Proses penilaian kinerja guru
D. Proses pemerataan jumlah guru
Jawaban A. Proses belajar peserta didik
5. Pengelolaan sekolah yang
partisipatif, transparan dan akuntabel dapat dicapai dengan cara :
A. Melibatkan kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan
peningkatan mutu
B. Meningkatkan jumlah sarana dan prasarana sekolah
C. Melibatkan semua warga sekolah untuk berpartisipasi dalam peningkatan
mutu
D. Melibatkan beberapa warga sekolah yang sesuai dengan
pertimbangan kepala sekolah
Jawaban C. Melibatkan semua warga sekolah
untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu
6. Dimensi yang tidak terdapat
dalam Rapor Pendidikan satuan pendidikan pada jenjang Dikdasmen adalah...
A. Mutu dan relevansi hasil belajar
B. Pemerataan pendidikan yang bermutu
C. Kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan
D. Mutu dan relevansi pembelajaran
Jawaban B. Pemerataan pendidikan yang
bermutu
7. Manakah pernyataan berikut yang
kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?
A. Rapor Pendidikan sebagai sumber utama dasar analisis,
perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan
B. Rapor Pendidikan bukan untuk menghukum dan mencari siapa yang salah
C. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menegur satuan pendidikan
dan daerah
D. Rapor Pendidikan bukan sebagai tambahan beban dokumen administrasi
Jawaban C. Rapor Pendidikan dapat
digunakan untuk menegur satuan pendidikan dan daerah
8. Apa peran Rapor Pendidikan bagi
satuan pendidikan ?
A. Sebagai alat perangkingan antara satuan pendidikan dan satuan
pendidikan lainnya
B. Sebagai dokumen administrasi tambahan yang perlu diisi
C. Sebagai alat bantu dalam mencari kesalahan
D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan mutu layanan Pendidikan
Jawaban D. Sebagai alat bantu dalam
peningkatan dan perbaikan mutu layanan pendidikan
9. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan
tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan
2. Rapor Pendidikan akan didiskusikan secara konstruktif dengan
warga sekolah untuk membenahi mutu pendidikan
3. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk mencari akar
permasalahan di satuan pendidikan
4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan
kepada satuan dan daerah.
Manakah yang perlu Anda perhatikan jika satuan pendidikan Anda akan
menggunakan Rapor Pendidikan?
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 3 dan 1
D. 4 dan 2
Jawaban B. 2 dan 3
10. Apakah manfaat Rapor
Pendidikan dalam sistem administrasi dan pengelolaan data di satuan pendidikan?
A. Mempermudah pengukuran dan evaluasi hasil belajar peserta
didik
B. Meringankan beban orang tua siswa
C. Meringankan beban administrasi melalui penyajian data yang
terintegrasi
D. Sebagai media komunikasi antara pihak satuan pendidikan dengan public
Jawaban D. Sebagai media komunikasi
antara pihak satuan pendidikan dengan publik*
11. Mengapa satuan pendidikan perlu menggunakan Rapor Pendidikan dalam kegiatan
perencanaan dan penganggaran?
A. Karena Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menghakimi satuan pendidikan
B. Karena Rapor Pendidikan menyajikan sumber data yang objektif
sehingga dapat membantu menentukan kegiatan yang tepat dan berdampak besar
C. Karena Rapor Pendidikan memberikan pemahaman yang komprehensif
terkait kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan
D. Karena Rapor Pendidikan merupakan media komunikasi yang ideal
bagi satuan pendidikan dan peserta didik
Jawaban B. Karena Rapor Pendidikan
menyajikan sumber data yang objektif sehingga dapat membantu menentukan
kegiatan yang tepat dan berdampak besar
12. Apakah fungsi utama Rapor
Pendidikan bagi satuan pendidikan?
A. Sebagai bahan ujian untuk peserta didik
B. Sebagai sumber data utama, obyektif dan terintegrasi bagi satuan
pendidikan
C. Sebagai materi untuk meningkatkan kualitas guru
D. Sebagai materi diskusi
Jawaban D. Sebagai materi diskusi
1.
Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?
A. Rapor Pendidikan mengidentifikasi akar permasalahan
B. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi
C. Rapor Pendidikan digunakan untuk menilai dan membandingkan
kualitas sekolah
D. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi
Jawaban C. Rapor Pendidikan digunakan
untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah
2. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan
tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan
2. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi untuk mencari akar
permasalahan di satuan pendidikan
3. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi
4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan
kepada satuan dan daerah.
Manakah pernyataan yang benar?
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3*
C. 3 dan 1
D. 4 dan 2
3. Apa kebijakan yang harus
dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?
A. Berusaha mengubah data
B. Fokus kepada solusi perbaikan*
C. Menyalahkan diri SALAH
D. Mengajukan keluhan kepada dinas pusat
4. Terdapat label untuk mengetahui
capaian pada indikator nilai uji kompetensi guru, yaitu...
A. Baik, cukup, kurang*
B. Benar, cukup, Salah
C. Mahir, cakap, merintis, membudaya
D. Mahir, cakap, mendasar, perlu intervensi
5. Berikut yang tidak menjadi
aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor Pendidikan adalah...
A. Spektrum warna
B. Label
C. Skor
D. Ukuran*
6. Untuk mengetahui posisi capaian
mutu indikator pada satuan, dalam Rapor Pendidikan juga disajikan capaian mutu
pada satuan pendidikan lain yang serupa yang memiliki :
A. Karakteristik lokasi, dan sosial ekonomi peserta didik yang
mirip dengan satuan pendidikan*
B. Karakteristik jumlah peserta didik yang mirip dengan satuan
pendidikan
C. Karakteristik pemerintah daerah yang mirip
D. Karakteristik guru dan tenaga kependidikan yang mirip dengan
satuan pendidikan
7. Indikator prioritas dalam Rapor
Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” karena sekolah
didorong untuk...
A. Berpihak pada murid
B. Mengembangkan budaya refleksi
C. Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan
dan inklusif
D Semua benar*
8. Apakah satuan pendidikan perlu
memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan?
A. Ya, karena indikator lain selain indikator prioritas tidak perlu
dibenahi
B. Ya, karena satuan pendidikan memiliki sumber daya yang terbatas
sehingga perlu mengalokasikannya pada indikator prioritas terlebih dahulu*
C. Tidak, karena semua indikator sama pentingnya
D. Tidak, karena satuan pendidikan dapat membenahi semua masalah sekaligus
9. Toleransi, perasaan diterima
atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu faktor pendukung dalam
keseluruhan iklim pembelajaran.
Penjelasan di atas merupakan rasionalisasi dari indikator
prioritas...
A. Iklim Kebhinekaan*
B. Iklim Keamanan
C. Iklim Ketertiban
D. Indeks Kararter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar