Semangat Guru 2:
Kompetensi Nonteknis Kurikulum
Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]
Modul 1
Kreativitas dan Inovasi
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Berpikir Divergen dan Konvergen
Latihan Pemahaman : Di
bawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali
ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali...
A. Fluency
B. Originality
C. Simplicity
D. Flexibility
Jawab : C
Cerita Reflektif :
Aktivitas kelas seperti apa yang cocok Anda lakukan untuk melatih proses
berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik?
Jawab : Saya lebih cenderung
cocok dengan memberikan contoh masalah/studi kasus yang mampu merangsang
pikiran murid untuk ditanggapi. Namun dalam hal ini saya tidak boleh
menyimpulkan, bahkan menanggapi benar atau salah mengenai pendapat mereka.
Tetapi lebih cenderung untuk menuntun agar peserta didik dapat menyimpulkan
sendiri.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Gagasan Baru : Bagi Saya VS Orang Lain
Latihan Pemahaman : Ide
kreatif yang muncul harus memiliki kebaruan atau memiliki aspek...
A. Orisinalitas
B. Efektivitas
C. Kualitas
D. Kegunaan
Jawab : A
Cerita Reflektif :
Bagaimana cara Anda memunculkan ide kreatif pada peserta didik dalam proses
pembelajaran?
Jawab : Ide kreatif peserta
didik akan muncul seiring pemikiran kreatif. Berpikir kreatif akan tercipta
seiring dengan produk kreatif. Dari sinilah gagasan original akan terus
bermunculan.
C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dari
Kesalahan ke Ide Original
Latihan Pemahaman : Aspek
yang membedakan produk unik yang dihasilkan dari usaha seseorang dengan produk
unik yang tercipta secara tidak sengaja adalah...
A. Orisinalitas
B. Efektivitas
C. Kualitas
D. Keaslian
Jawab : B
Cerita Reflektif :
Evaluasi seperti apa yang Anda berikan pada peserta didik untuk menghasilkan
karya pemikiran yang kreatif?
Jawab : Evektifitas produk
yang dihasilkan
D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Mengambil Resiko
Latihan
Pemahaman : Maksud dari mengambil risiko dalam ide baru antara lain adalah...
A. Berani mengabaikan
kebenaran
B. Berani mengakui
kesalahan
C. Berani tidak menghargai
pendapat orang lain
D. Berani mencoba hal yang
belum teruji
Jawab : D
Cerita Reflektif : Hal apa
yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendorong peserta didik berani mengambil
risiko saat di kelas?
Jawab : Mendorong peserta
didik untuk selalu berani bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan ide/gagasan
dan lain sebagainya.
Soal & Kunci
Post Test Pelatihan Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 4
1. Eno datang terlambat ke
sekolah sekitar 20 menit, Pak Hasan marah sekali karena Eno sudah seringkali
terlambat. Tanpa berpikir panjang, Pak Hasan langsung memarahi Eno dan menyuruh
berlari keliling lapangan basket sebanyak 10 kali. Tindakan Pak Hasan di sini
adalah sebuah penerapan:
Jawab : Hukuman
2. Manakah pilihan di
bawah ini yang merupakan tindakan restitusi yang tepat.
Jawab : Memberikan jalan
keluar kepada pelanggar untuk menyelesaikan masalahnya.
3. Perbedaan utama dari hukuman dan konsekuensi adalah:
Jawab : Hukuman adalah
sesuatu yang menyakitkan perlu terjadi, dan sifatnya mendadak, sementara
konsekuensi telah disepakati bersama, dan pelanggar dibuat tidak nyaman untuk
sementara.
4. Siti mencoret-coret di buku Tini. Ibu Guru meminta Siti segera membersihkan
coretan di buku Tini. Tindakan Ibu Guru tersebut adalah penerapan:
Jawab : Konsekuensi
5. Budi terlambat 10 menit
mengikuti pelajaran olahraga. Murid-murid yang lain telah melakukan pemanasan
dan sedang bermain bola basket. Pak Sidik melihat Budi terlambat hadir, dan
mengatakan bahwa Budi harus keliling lapangan sebanyak 2 kali.
Pilih 2 pernyataan dan
tindakan Pak Sidik sebagai seorang Pemantau:
(1) Benar karena bentuk konsekuensi relevan dengan kesalahan Budi untuk
pelajaran olahraga, di mana harus melakukan pemanasan.
(2) Benar karena ini adalah tindakan hukuman yang tepat atas keterlambatan
murid.
(3) Salah karena
seharusnya Pak Sidik langsung mengijinkan Budi untuk ikut permainan bola
basket.
(4) Salah karena
seharusnya Pak Sidik mengadukan keterlambatan Budi pada wali kelasnya dan wali
kelasnya yang seharusnya memberikan hukuman.
(5) Benar karena lari
keliling lapangan relevan dengan Budi telah terlambat 10 menit dan belum
melakukan pemanasan sebelum pelajaran olahraga.
Jawab : 1 dan 5
6. Menggantikan suatu
barang kepada orang lain karena kita menghilangkan barang tersebut adalah
sebuah bentuk tindakan:
Jawab : Konsekuensi
7. Ani sudah terlambat 3
kali mengembalikan buku yang dipinjam ke perpustakaan. Ibu Eni memanggil Ani
dan mengadakan restitusi. Dialog di bawah ini menggambarkan dialog restitusi,
KECUALI:
Jawab : “Ani kamu kenapa
terlambat lagi mengembalikan buku, kamu tidak kasihan sama Ibu? Nanti Ibu
disalahkan atasan Ibu kalau begini terus.”
8. Perbedaan
utama dari Konsekuensi dan Restitusi adalah:
Jawab : Bentuk konsekuensi
yang diberikan bukan gagasan pelanggar, bentuk restitusi adalah gagasan dari
pelanggar.
9. Dua pernyataan di bawah
ini yang menyatakan perbedaan-perbedaan utama antara Konsekuensi dan Restitusi:
1.
Konsekuensi memberikan pilihan-pilihan jalan keluar kepada
pelanggar.
2.
Pemberian konsekuensi hendaknya relevan dengan tindakan
pelanggaran yang dibuat.
3.
Restitusi memberikan pilihan-pilihan alternatif yang bisa
dipilih pelanggar, agar dapat menyelesaikan masalah.
4.
Restitusi memberikan suatu kesempatan bagi pelanggar untuk
menghindari suatu hukuman karena guru perlu berbaik hati kepada pelanggar.
5.
Konsekuensi senantiasa memberikan pelajaran kepada para
pelanggar dengan membujuknya agar mengikuti perintah kita.
Jawab : 2 dan 3
10. Pernyataan di bawah
ini benar tentang Restitusi, KECUALI...
Jawab : Restitusi
memberikan alternatif-alternatif untuk menyelesaikan masalahnya.
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2 Modul 1
1. Proses memunculkan satu
kemungkinan solusi pada suatu masalah disebut juga sebagai...
A. Berpikir logis
B. Berpikir divergen
C. Berpikir analitis
D. Berpikir konvergen
Jawab : D
2. Budi menyalin sebuah
karya tulis dari laman internet yang ia temukan, kemudian ia kumpulkan sebagai
tugas karya tulis buatannya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara
itu, untuk mata pelajaran Seni dan Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan
bunga matahari yang ia temukan dari laman internet. Contoh lukisan bunga
tersebut digunakan sebagai acuan memodifikasi lukisannya yang bertema
pekarangan rumah.
Dari cerita di atas, dapat
disimpulkan bahwa...
A. Budi menjiplak dan
Santi terinspirasi karya lain
B. Budi terinspirasi dan
Santi menjiplak karya lain
C. Budi dan Santi
menjiplak karya lain
D. Budi dan Santi
terinspirasi karya lain
Jawab : A
3. Saat kelas 2 SD, Kana
sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek
api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru.
Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena
merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.
Ilustrasi di atas
menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu...
A. Sesuatu yang baru bagi
seseorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain.
B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi
orang lain.
C. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi
orang lain.
D. Sesuatu yang baru bagi
seseorang sudah pasti baru bagi orang lain.
Jawab : B
4. Silakan lihat
kegiatan-kegiatan berikut ini:
1. Guru memberikan
pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim.
2. Guru memberikan aturan
yang ketat dalam tugas eksperimen sains.
3. Peserta didik berada
dalam lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan.
4. Peserta didik diberikan
apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide.
Apa saja kegiatan yang
dapat dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang
kreatif?
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
Jawab : C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar