Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications] Modul 1 Kreativitas dan Inovasi


Semangat Guru 2:

Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]

Modul 1

Kreativitas dan Inovasi

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Berpikir Divergen dan Konvergen

Latihan Pemahaman : Di bawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali...

A. Fluency

B. Originality

C. Simplicity

D. Flexibility

Jawab : C

Cerita Reflektif : Aktivitas kelas seperti apa yang cocok Anda lakukan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik?

Jawab : Saya lebih cenderung cocok dengan memberikan contoh masalah/studi kasus yang mampu merangsang pikiran murid untuk ditanggapi. Namun dalam hal ini saya tidak boleh menyimpulkan, bahkan menanggapi benar atau salah mengenai pendapat mereka. Tetapi lebih cenderung untuk menuntun agar peserta didik dapat menyimpulkan sendiri.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Gagasan Baru : Bagi Saya VS Orang Lain

 

Latihan Pemahaman : Ide kreatif yang muncul harus memiliki kebaruan atau memiliki aspek...

A. Orisinalitas

B. Efektivitas

C. Kualitas

D. Kegunaan

Jawab : A

Cerita Reflektif : Bagaimana cara Anda memunculkan ide kreatif pada peserta didik dalam proses pembelajaran?

Jawab : Ide kreatif peserta didik akan muncul seiring pemikiran kreatif. Berpikir kreatif akan tercipta seiring dengan produk kreatif. Dari sinilah gagasan original akan terus bermunculan.

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dari Kesalahan ke Ide Original

 

Latihan Pemahaman : Aspek yang membedakan produk unik yang dihasilkan dari usaha seseorang dengan produk unik yang tercipta secara tidak sengaja adalah...

A. Orisinalitas

B. Efektivitas

C. Kualitas

D. Keaslian

Jawab : B

Cerita Reflektif : Evaluasi seperti apa yang Anda berikan pada peserta didik untuk menghasilkan karya pemikiran yang kreatif?

Jawab : Evektifitas produk yang dihasilkan

 

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mengambil Resiko

 

Latihan Pemahaman : Maksud dari mengambil risiko dalam ide baru antara lain adalah...

A. Berani mengabaikan kebenaran

B. Berani mengakui kesalahan

C. Berani tidak menghargai pendapat orang lain

D. Berani mencoba hal yang belum teruji

Jawab : D

Cerita Reflektif : Hal apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendorong peserta didik berani mengambil risiko saat di kelas?

Jawab : Mendorong peserta didik untuk selalu berani bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan ide/gagasan dan lain sebagainya.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 4

1. Eno datang terlambat ke sekolah sekitar 20 menit, Pak Hasan marah sekali karena Eno sudah seringkali terlambat. Tanpa berpikir panjang, Pak Hasan langsung memarahi Eno dan menyuruh berlari keliling lapangan basket sebanyak 10 kali. Tindakan Pak Hasan di sini adalah sebuah penerapan:

Jawab : Hukuman

2. Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan tindakan restitusi yang tepat.

Jawab : Memberikan jalan keluar kepada pelanggar untuk menyelesaikan masalahnya.

 3. Perbedaan utama dari hukuman dan konsekuensi adalah:

Jawab : Hukuman adalah sesuatu yang menyakitkan perlu terjadi, dan sifatnya mendadak, sementara konsekuensi telah disepakati bersama, dan pelanggar dibuat tidak nyaman untuk sementara.

 4. Siti mencoret-coret di buku Tini. Ibu Guru meminta Siti segera membersihkan coretan di buku Tini. Tindakan Ibu Guru tersebut adalah penerapan:

Jawab : Konsekuensi

5. Budi terlambat 10 menit mengikuti pelajaran olahraga. Murid-murid yang lain telah melakukan pemanasan dan sedang bermain bola basket. Pak Sidik melihat Budi terlambat hadir, dan mengatakan bahwa Budi harus keliling lapangan sebanyak 2 kali.

Pilih 2 pernyataan dan tindakan Pak Sidik sebagai seorang Pemantau:

 (1) Benar karena bentuk konsekuensi relevan dengan kesalahan Budi untuk pelajaran olahraga, di mana harus melakukan pemanasan.

(2) Benar karena ini adalah tindakan hukuman yang tepat atas keterlambatan murid.

(3) Salah karena seharusnya Pak Sidik langsung mengijinkan Budi untuk ikut permainan bola basket.

(4) Salah karena seharusnya Pak Sidik mengadukan keterlambatan Budi pada wali kelasnya dan wali kelasnya yang seharusnya memberikan hukuman.

(5) Benar karena lari keliling lapangan relevan dengan Budi telah terlambat 10 menit dan belum melakukan pemanasan sebelum pelajaran olahraga.

Jawab : 1 dan 5

 

6. Menggantikan suatu barang kepada orang lain karena kita menghilangkan barang tersebut adalah sebuah bentuk tindakan:

Jawab : Konsekuensi

 

7. Ani sudah terlambat 3 kali mengembalikan buku yang dipinjam ke perpustakaan. Ibu Eni memanggil Ani dan mengadakan restitusi. Dialog di bawah ini menggambarkan dialog restitusi, KECUALI:

Jawab : “Ani kamu kenapa terlambat lagi mengembalikan buku, kamu tidak kasihan sama Ibu? Nanti Ibu disalahkan atasan Ibu kalau begini terus.”

 

8. Perbedaan utama dari Konsekuensi dan Restitusi adalah:

Jawab : Bentuk konsekuensi yang diberikan bukan gagasan pelanggar, bentuk restitusi adalah gagasan dari pelanggar.

 

9. Dua pernyataan di bawah ini yang menyatakan perbedaan-perbedaan utama antara Konsekuensi dan Restitusi:

1.    Konsekuensi memberikan pilihan-pilihan jalan keluar kepada pelanggar.

2.    Pemberian konsekuensi hendaknya relevan dengan tindakan pelanggaran yang dibuat.

3.    Restitusi memberikan pilihan-pilihan alternatif yang bisa dipilih pelanggar, agar dapat menyelesaikan masalah.

4.    Restitusi memberikan suatu kesempatan bagi pelanggar untuk menghindari suatu hukuman karena guru perlu berbaik hati kepada pelanggar.

5.    Konsekuensi senantiasa memberikan pelajaran kepada para pelanggar dengan membujuknya agar mengikuti perintah kita.

Jawab : 2 dan 3

 

10. Pernyataan di bawah ini benar tentang Restitusi, KECUALI...

Jawab : Restitusi memberikan alternatif-alternatif untuk menyelesaikan masalahnya.


Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2 Modul 1

 

1. Proses memunculkan satu kemungkinan solusi pada suatu masalah disebut juga sebagai...

A. Berpikir logis

B. Berpikir divergen

C. Berpikir analitis

D. Berpikir konvergen

Jawab : D

 

2. Budi menyalin sebuah karya tulis dari laman internet yang ia temukan, kemudian ia kumpulkan sebagai tugas karya tulis buatannya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, untuk mata pelajaran Seni dan Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan bunga matahari yang ia temukan dari laman internet. Contoh lukisan bunga tersebut digunakan sebagai acuan memodifikasi lukisannya yang bertema pekarangan rumah.

Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa...

A. Budi menjiplak dan Santi terinspirasi karya lain

B. Budi terinspirasi dan Santi menjiplak karya lain

C. Budi dan Santi menjiplak karya lain

D. Budi dan Santi terinspirasi karya lain

Jawab : A

 

3. Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.

Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu...

A. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain.

B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

C. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

D. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti baru bagi orang lain.

Jawab : B

 

4. Silakan lihat kegiatan-kegiatan berikut ini:

1. Guru memberikan pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim.

2. Guru memberikan aturan yang ketat dalam tugas eksperimen sains.

3. Peserta didik berada dalam lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan.

4. Peserta didik diberikan apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide.

Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang kreatif?

A. 1 dan 2

B. 3 dan 4

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

Jawab : C


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...