Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Refleksi dalam PBD dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas,

 Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

MODUL 2

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Refleksi dalam PBD dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas,

Latihan Pemahaman :

 

Indikator apa saja yang memunculkan identifikasi akar masalah secara otomatis?

A. Semua indikator Rapor Pendidikan

B. Hanya indikator prioritas

C. Semua indikator yang statusnya di bawah minimum

D. Indikator sesuai permintaan satuan pendidikan

Jawab : B Hanya indikator prioritas

 

Cerita Reflektif : Selama ini, bagaimana Anda menganalisis permasalahan yang terjadi di satuan pendidikan Anda?

Jawab : Selama ini hanya dengan keputusan musyawarah bersama untuk skala prioritas kegiatan pada masa mendatang sebagai bentuk perbaikan.

 

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tahap Refleksi Dikdasmen

 

Latihan Pemahaman : Tahap apakah yang dilakukan setelah melewati tahap Identifikasi?

A. Evaluasi

B. Refleksi

C. Restorasi

D. Benahi

Jawab : B Refleksi

 

 

 

Cerita Reflektif : Berdasarkan materi ini, hal penting apa yang Anda pahami tentang proses mencari tahu akar masalah yang sebenarnya paling penting untuk dibenahi?

Jawab : Hal pentingnya adalah memahami proses pencarian masalah sebelum dilakukan refleksi.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 2

 

1. Langkah yang paling tepat untuk dilakukan setelah mengunduh Rapor Pendidikan otomasi adalah...

A. Mengisi RKT

B. Mengunggah dokumen RKAS

C. Membaca akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan kondisi satuan pendidikan

D. Meminta tanda tangan kepala satuan pendidikan untuk pengesahan

Jawaban : C. Membaca akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan kondisi satuan pendidikan

 

2. Mengapa refleksi akar masalah ini penting dilakukan?

A. Karena merupakan tahap yang sudah ditetapkan

B. Untuk memastikan nilai indikatornya sudah tepat

C. Untuk menjaga status akreditasi satuan pendidikan

D. Agar rancangan program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan sesuai kebutuhan

Jawaban : D. Agar rancangan program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan sesuai kebutuhan

 

3. Cara apa saja yang dapat dilakukan untuk melihat kesesuaian akar masalah di Rapor Pendidikan otomasi dengan situasi di satuan pendidikan?

A. Mempelajari dokumen terkait dan observasi langsung

B. Bertanya kepada satuan pendidikan lain

C. Melihat dokumen akreditasi

D. Bertanya kepada pengawas

Jawaban : A. Mempelajari dokumen terkait dan observasi langsung

 

4. Mengapa perlu dilakukan perumusan akar masalah yang tepat dan signifikan?

A. Sebagai syarat kelengkapan laporan

B. Agar dapat memilih masalah yang prioritas dan perlu segera diintervensi

C. Agar dapat mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih efektif dan efisien

D. Agar dapat mengevaluasi sistem kerja satuan pendidikan

Jawaban : C. Agar dapat mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih efektif dan efisien

 

5. Dalam Tahap Refleksi, bagaimana cara menemukan akar masalah dari masalah yang akan diintervensi?

A. Mengecek sumber data yang ada

B. Mengamati perilaku peserta didik

C. Memilih masalah yang dianggap prioritas

D. Melihat indikator level dua dari indikator level satu masalah yang akan diintervensi

Jawaban : D. Melihat indikator level dua dari indikator level satu masalah yang akan diintervensi

 

6. Siapakah yang bertanggung jawab melakukan Tahap Refleksi berdasarkan Rapor Pendidikan di satuan pendidikan?

A. Orang tua peserta didik

B. Guru

C. Kepala sekolah

D. Peserta didik

Jawaban : B. Guru

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...