Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas
MODUL 2
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Refleksi
dalam PBD dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Implementasi Perencanaan untuk
Pendidikan Berkualitas,
Latihan
Pemahaman :
Indikator
apa saja yang memunculkan identifikasi akar masalah secara otomatis?
A.
Semua indikator Rapor Pendidikan
B.
Hanya indikator prioritas
C.
Semua indikator yang statusnya di bawah minimum
D.
Indikator sesuai permintaan satuan pendidikan
Jawab : B Hanya indikator prioritas
Cerita
Reflektif : Selama ini, bagaimana Anda menganalisis permasalahan yang
terjadi di satuan pendidikan Anda?
Jawab : Selama
ini hanya dengan keputusan musyawarah bersama untuk skala prioritas kegiatan
pada masa mendatang sebagai bentuk perbaikan.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita
Reflektif Materi Tahap Refleksi Dikdasmen
Latihan Pemahaman : Tahap apakah yang dilakukan setelah
melewati tahap Identifikasi?
A. Evaluasi
B. Refleksi
C. Restorasi
D. Benahi
Jawab : B Refleksi
Cerita Reflektif : Berdasarkan materi ini, hal penting
apa yang Anda pahami tentang proses mencari tahu akar masalah yang sebenarnya
paling penting untuk dibenahi?
Jawab : Hal pentingnya adalah memahami proses pencarian
masalah sebelum dilakukan refleksi.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 2
1. Langkah
yang paling tepat untuk dilakukan setelah mengunduh Rapor Pendidikan otomasi
adalah...
A. Mengisi RKT
B. Mengunggah
dokumen RKAS
C. Membaca
akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan kondisi satuan pendidikan
D. Meminta
tanda tangan kepala satuan pendidikan untuk pengesahan
Jawaban : C. Membaca akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan
kondisi satuan pendidikan
2. Mengapa
refleksi akar masalah ini penting dilakukan?
A. Karena
merupakan tahap yang sudah ditetapkan
B. Untuk
memastikan nilai indikatornya sudah tepat
C. Untuk
menjaga status akreditasi satuan pendidikan
D. Agar rancangan
program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan sesuai kebutuhan
Jawaban : D.
Agar rancangan program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan sesuai kebutuhan
3. Cara apa saja yang dapat dilakukan untuk melihat kesesuaian akar masalah di
Rapor Pendidikan otomasi dengan situasi di satuan pendidikan?
A. Mempelajari
dokumen terkait dan observasi langsung
B. Bertanya
kepada satuan pendidikan lain
C. Melihat
dokumen akreditasi
D. Bertanya
kepada pengawas
Jawaban : A.
Mempelajari dokumen terkait dan observasi langsung
4. Mengapa
perlu dilakukan perumusan akar masalah yang tepat dan signifikan?
A. Sebagai
syarat kelengkapan laporan
B. Agar dapat
memilih masalah yang prioritas dan perlu segera diintervensi
C. Agar dapat
mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih efektif dan
efisien
D. Agar dapat mengevaluasi sistem kerja satuan pendidikan
Jawaban : C.
Agar dapat mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih
efektif dan efisien
5. Dalam Tahap
Refleksi, bagaimana cara menemukan akar masalah dari masalah yang akan
diintervensi?
A. Mengecek
sumber data yang ada
B. Mengamati
perilaku peserta didik
C. Memilih
masalah yang dianggap prioritas
D. Melihat
indikator level dua dari indikator level satu masalah yang akan diintervensi
Jawaban : D.
Melihat indikator level dua dari indikator level satu masalah yang akan
diintervensi
6. Siapakah
yang bertanggung jawab melakukan Tahap Refleksi berdasarkan Rapor Pendidikan di
satuan pendidikan?
A. Orang tua
peserta didik
B. Guru
C. Kepala
sekolah
D. Peserta
didik
Jawaban : B.
Guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar