3 Dosa Pendidikan :
3 Dosa Pendidikan Perundungan
Modul 3
Bagaimana Mengatasi Perundungan yang
Sudah Terjadi?
Yang termasuk dalam dampak interaksi sosial korban
perundungan adalah…
A. Sering tertawa bersama teman-teman
B. Menarik diri dari pergaulan
C. Aktif mencari kegiatan bersama orang sekitar
D. Senang bersosialisasi dengan guru
Jawaban Menarik diri dari pergaulan
Berikut ini, yang merupakan dampak sosial pelaku perundungan
adalah…
A. Disenangi teman
B. Suka menolong
C. Dijauhi teman
D. Senang bersosialisasi dengan guru
Jawaban C. Dijauhi teman
Kasus perundungan akan terkesan dibenarkan oleh lingkungan
jika…
A. Penonton melaporkan kasus perundungan
B. Guru menindaklanjuti kasus perundungan
C. Lingkungan sekolah diam saja
D. Penonton menemani korban
Jawaban C. Lingkungan sekolah diam saja
Salah satu ciri dari lembaga pendidikan yang melanggengkan
perundungan adalah...
A. Tidak adanya makanan yang sehat
B. Tidak adanya taman yang sehat
C. Tidak adanya komunikasi yang sehat
D. Tidak adanya udara yang sehat
Jawaban C. Tidak adanya komunikasi yang sehat
Sikap apa yang tepat saat korban menceritakan perundungan
yang ia alami?
A. Meragukan cerita korban
B. Menghiraukan cerita korban
C. Menyalahkan korban atas kejadian yang ia alami
D. Mendengarkan dengan empati
Jawaban D. Mendengarkan dengan empati
Kebijakan Anti Perundungan yang disusun sekolah sebaiknya
dibuat bersama antara pihak sekolah dan.…
A.Keluarga
B. Peserta didik
C. Tetangga
D. Pemerintah Kota/Kabupaten
Jawaban B. Peserta didik
Kunci Jawaban Post Test
Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan
korban adalah..
A. Membuat kronologi kasus
B.Melakukan klarifikasi dan verifikasi
C.Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
D.Mengidentifikasi kebutuhan korban
Jawaban C.Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Bagaimana
Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?
1. Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan korban
adalah..
A. Membuat kronologi kasus
B. Melakukan klarifikasi dan verifikasi
C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
D. Mengidentifikasi kebutuhan korban
Jawaban C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
2. Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku
harus mempertimbangkan…
A. Ranking di kelas
B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas
C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah
D. Akreditasi sekolah
Jawaban B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas
3. Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus
memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….
A. Kemudahan dan Keamanan
B. Kemudahan dan Kerahasiaan
C. Kerahasiaan dan Keamanan
D. Kerahasiaan dan Pengertian
Jawaban C. Kerahasiaan dan Keamanan
4. Setelah mengalami perundungan, Adi berhenti menghadiri
kegiatan ekstrakurikuler musiknya. Untuk menanggapi ini, guru dapat…
A. Menasihati pelaku perundungan
B. Mengurangi jam ekstrakurikuler musik
C. Mengajak Adi mendiskusikan hambatan dan kebutuhannya
D. Mewajibkan Adi untuk datang
Jawaban C. Mengajak Adi mendiskusikan hambatan dan
kebutuhannya
5. Untuk menghadapi pelaku perundungan yang akar masalahnya
dari tayangan dan informasi di media massa, respons guru yang lebih tepat
adalah…
A. Memberi informasi tentang tayangan yang patut maupun
tidak patut untuk ditonton
B. Mendiskusikan dengan orang tua pelaku terkait
pendampingan dalam mengkonsumsi informasi dan tayangan di media
C. Meminta orang tua memutus akses ke gawai yang dimiliki
pelaku
D. a dan b benar
Jawaban D. a dan b benar
6. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau
sekutu?
A. Melaporkan perundungan
B. Menghiraukan korban
C. Menghiraukan perundung
D. Menghentikan tindakan perundungan
Jawaban B. Menghiraukan korban
7. Ketika memverifikasi masalah setelah menerima aduan
perundungan, pendidik dan tenaga kependidikan perlu memperhatikan kesediaan
korban/saksi untuk ditanyakan kronologi kejadian. Contoh perilaku yang
menunjukkan hal tersebut adalah...
A. Pak Budi memaksa salah seorang murid yang menjadi saksi
untuk diwawancara pada jam istirahat
B. Bu Nani secara diam-diam merekam pembicaraannya dengan
saksi
C. Kepala Sekolah meminta Ketua OSIS untuk mewawancarai
korban secara diam-diam
D. Bu Undung menjelaskan proses wawancara yang akan dilalui
korban dan saksi. Bu Undung juga menjelaskan bahwa murid berhak untuk memutuskan
tidak mau diwawancarai
Jawaban D. Bu Undung menjelaskan proses wawancara yang
akan dilalui korban dan saksi. Bu Undung juga menjelaskan bahwa murid berhak
untuk memutuskan tidak mau diwawancarai
8. Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah…
A. Menyalahkannya karena bersikap pasif
B. Menanyakan kondisinya
C. Acuh atas keberadaannya
D. Ikut menghukum bystander
Jawaban B. Menanyakan kondisinya
9. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan
sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?
A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman
dekatnya
B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan
C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi
D. Semua benar
Jawaban D. Semua benar
10. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab
menjadi pelaku perundungan adalah…
A. Keluarga dan sekolah
B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya
C. Tayangan di media massa
D. Semua benar
Jawaban D. Semua benar
11. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal
pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...
A. Melaporkan ke kepolisian
B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan
Jawaban C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
12. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah
bagi korban perundungan adalah…
A. Beasiswa pendidikan
B. Voucher membeli buku gratis
C. Bantuan alat belajar
D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis
Jawaban D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis
13. Berikut ini yang bukan kecenderungan yang sering
ditemukan pada pelaku perundungan adalah…
A. Kurang berempati
B. Mengganggu teman-teman
C. Tidak peduli perasaan orang lain
D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah
Jawaban B. Mengganggu teman-teman
14. Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan
korban adalah..
A. Membuat kronologi kasus
B. Melakukan klarifikasi dan verifikasi
C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
D. Mengidentifikasi kebutuhan korban
Jawaban C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
Sekolah dapat menyediakan layanan/media pengaduan yang aman
dan rahasia melalui…
A.
Layanan telepon dan email sekolah
B.
Layanan pengaduan via aplikasi pengiriman pesan
C.
Layanan pengaduan pada kolom pengaduan di
website sekolah
D.
Semua benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar