Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?

 3 Dosa  Pendidikan :

3 Dosa Pendidikan  Perundungan

Modul 3

Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?

Yang termasuk dalam dampak interaksi sosial korban perundungan adalah…

A. Sering tertawa bersama teman-teman

B. Menarik diri dari pergaulan

C. Aktif mencari kegiatan bersama orang sekitar

D. Senang bersosialisasi dengan guru

Jawaban Menarik diri dari pergaulan

Berikut ini, yang merupakan dampak sosial pelaku perundungan adalah…

A. Disenangi teman

B. Suka menolong

C. Dijauhi teman

D. Senang bersosialisasi dengan guru

Jawaban C. Dijauhi teman

Kasus perundungan akan terkesan dibenarkan oleh lingkungan jika… 

A. Penonton melaporkan kasus perundungan

B. Guru menindaklanjuti kasus perundungan

C. Lingkungan sekolah diam saja

D. Penonton menemani korban

Jawaban C. Lingkungan sekolah diam saja

 

Salah satu ciri dari lembaga pendidikan yang melanggengkan perundungan adalah...

A. Tidak adanya makanan yang sehat

B. Tidak adanya taman yang sehat

C. Tidak adanya komunikasi yang sehat

D. Tidak adanya udara yang sehat

Jawaban C. Tidak adanya komunikasi yang sehat

Sikap apa yang tepat saat korban menceritakan perundungan yang ia alami?

A. Meragukan cerita korban

B. Menghiraukan cerita korban

C. Menyalahkan korban atas kejadian yang ia alami

D. Mendengarkan dengan empati

Jawaban D. Mendengarkan dengan empati

Kebijakan Anti Perundungan yang disusun sekolah sebaiknya dibuat bersama antara pihak sekolah dan.…

A.Keluarga

B. Peserta didik

C. Tetangga

D. Pemerintah Kota/Kabupaten

Jawaban B. Peserta didik

Kunci Jawaban Post Test

Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan korban adalah..

A. Membuat kronologi kasus

B.Melakukan klarifikasi dan verifikasi

C.Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

D.Mengidentifikasi kebutuhan korban

Jawaban C.Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?

1. Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan korban adalah..

A. Membuat kronologi kasus

B. Melakukan klarifikasi dan verifikasi

C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

D. Mengidentifikasi kebutuhan korban

Jawaban C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

2. Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…

A. Ranking di kelas

B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas

C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah

D. Akreditasi sekolah

Jawaban B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas

3. Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….

A. Kemudahan dan Keamanan

B. Kemudahan dan Kerahasiaan

C. Kerahasiaan dan Keamanan

D. Kerahasiaan dan Pengertian

Jawaban C. Kerahasiaan dan Keamanan

4. Setelah mengalami perundungan, Adi berhenti menghadiri kegiatan ekstrakurikuler musiknya. Untuk menanggapi ini, guru dapat…

A. Menasihati pelaku perundungan

B. Mengurangi jam ekstrakurikuler musik

C. Mengajak Adi mendiskusikan hambatan dan kebutuhannya

D. Mewajibkan Adi untuk datang

Jawaban C. Mengajak Adi mendiskusikan hambatan dan kebutuhannya

5. Untuk menghadapi pelaku perundungan yang akar masalahnya dari tayangan dan informasi di media massa, respons guru yang lebih tepat adalah…

A. Memberi informasi tentang tayangan yang patut maupun tidak patut untuk ditonton

B. Mendiskusikan dengan orang tua pelaku terkait pendampingan dalam mengkonsumsi informasi dan tayangan di media

C. Meminta orang tua memutus akses ke gawai yang dimiliki pelaku

D. a dan b benar

Jawaban D. a dan b benar

6. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?

A. Melaporkan perundungan

B. Menghiraukan korban

C. Menghiraukan perundung

D. Menghentikan tindakan perundungan

Jawaban B. Menghiraukan korban

7. Ketika memverifikasi masalah setelah menerima aduan perundungan, pendidik dan tenaga kependidikan perlu memperhatikan kesediaan korban/saksi untuk ditanyakan kronologi kejadian. Contoh perilaku yang menunjukkan hal tersebut adalah...

A. Pak Budi memaksa salah seorang murid yang menjadi saksi untuk diwawancara pada jam istirahat

B. Bu Nani secara diam-diam merekam pembicaraannya dengan saksi

C. Kepala Sekolah meminta Ketua OSIS untuk mewawancarai korban secara diam-diam

D. Bu Undung menjelaskan proses wawancara yang akan dilalui korban dan saksi. Bu Undung juga menjelaskan bahwa murid berhak untuk memutuskan tidak mau diwawancarai

Jawaban D. Bu Undung menjelaskan proses wawancara yang akan dilalui korban dan saksi. Bu Undung juga menjelaskan bahwa murid berhak untuk memutuskan tidak mau diwawancarai

 

8. Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah…

A. Menyalahkannya karena bersikap pasif

B. Menanyakan kondisinya

C. Acuh atas keberadaannya

D. Ikut menghukum bystander

Jawaban B. Menanyakan kondisinya

9. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?

A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya

B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan

C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi

D. Semua benar

Jawaban D. Semua benar

10. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…

A. Keluarga dan sekolah

B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya

C. Tayangan di media massa

D. Semua benar

Jawaban D. Semua benar

11. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...

A. Melaporkan ke kepolisian

B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak

D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan

Jawaban C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak

12. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…

A. Beasiswa pendidikan

B. Voucher membeli buku gratis

C. Bantuan alat belajar

D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

Jawaban D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

13. Berikut ini yang bukan kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah…

A. Kurang berempati

B. Mengganggu teman-teman

C. Tidak peduli perasaan orang lain

D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

Jawaban B. Mengganggu teman-teman

14. Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan korban adalah..

A. Membuat kronologi kasus

B. Melakukan klarifikasi dan verifikasi

C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

D. Mengidentifikasi kebutuhan korban

Jawaban C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

Sekolah dapat menyediakan layanan/media pengaduan yang aman dan rahasia melalui…

A.      Layanan telepon dan email sekolah

B.      Layanan pengaduan via aplikasi pengiriman pesan

C.      Layanan pengaduan pada kolom pengaduan di website sekolah

D.      Semua benar

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...