Disiplin Positif
MODUL
1
Bolehkah
Memaksa
Reflektif Materi Dipaksa Dulu, Nanti
Terbiasa
A.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dipaksa Dulu, Nanti
Terbiasa
Latihan Pemahaman : Sebutkan
dampak pemaksaan jangka panjang bagi murid?
Jawab : Kemerdekaan
berekspresi dan potensi murid dibatasi
Cerita Reflektif : Pengalaman apa
yang Anda ingat sampai sekarang ketika dipaksa melakukan sesuatu?
Jawab : Tidak
ada pengalaman tersebut
B. Jawaban Latihan
Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Motivasi Perilaku Rasa Sakit / Hukuman
Latihan Pemahaman :
1. Berikut cara guru mengatasi
perilaku buruk murid, kecuali:
Jawab : Menambah hukuman
agar jera
2. Berikut merupakan
pendisiplinan level 1:
Jawab : Menerapkan lari
keliling lapangan jika terlambat upacara
Cerita Reflektif : Apa hukuman
yang Anda berikan terakhir kali kepada murid dan kapan kejadian itu terjadi?
Jawab : Tidak
memberikan hukuman.
C. Jawaban Latihan
Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Motivasi Perilaku Hadiah atau Pujian
Latihan Pemahaman : Hadiah/pujian
yang diberikan dapat menjadi motivasi melakukan sesuatu. Pujian/hadiah termasuk
jenis motivasi?
Jawab : Eksternal
Cerita Reflektif : Sebutkan
pengalaman kegiatan yang Anda lakukan karena menginginkan hadiah/pujian?
Jawab : Menjawab
pertanyaan guru didepan kelas
D. Jawaban Latihan
Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Motivasi Perilaku Menghargai Diri
Latihan Pemahaman : Sejak kecil,
Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak,
ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah
memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk
menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena...
Jawab : Semua jawaban
benar
Cerita Reflektif : Sebutkan
kegiatan/aktivitas yang pernah anda lakukan karena motivasi internal?
Jawab : Belajar
Soal & Kunci Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 1
1.
Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini,
manakah yang BUKAN merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
Jawab
: Mendapatkan kebahagiaan
2.
Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin
diri adalah...
Jawab
: Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki
kesalahan yang mereka buat
3.
Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru
ke murid?
Jawab : Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas
4.
Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena...
Jawab
: Bersifat eksternal
5.
Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya.
Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia
meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk
menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun,
karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap
meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam
berperilaku?
Jawab
: Menjadi orang yang diinginkan.
6.
Simak percakapan berikut ini.
“Kalau
sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?”
“Aku
ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.”
Alasan
Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari...
Jawab
: Menjadi orang yang diinginkan
7.
Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid
menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari
membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
Jawab
: Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
8.
Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk
berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI...
Jawab
: Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?
9. Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade
sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai
hampir sempurna di rapor. Manakah alasan berikut ini yang bisa membuat Andi
senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade
sains?
Jawab
: Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat
10.
Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya
atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan
sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal
efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena...
Jawab
: Semua jawaban benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar