Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi] Modul 2 Keterampilan Membaca Pemahaman

Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi]

Modul 2

Keterampilan Membaca Pemahaman

A. Membaca Bersama

1. Kegiatan membaca bersama bertujuan untuk mengembangkan kegiatan membaca, meningkatkan kelancaran membaca, memperkaya kosakata, dan meningkatkan pemahaman membaca peserta didik. Pernyataan di atas adalah....

A. Benar

B. Salah

Jawab: A

 Kegiatan membaca seperti apa yang membosankan menurut ibu dan bapak?

Jawab:

Kegiatan membaca yang membosankan menurut saya adalah ketika membaca sesuatu yang tidak disukai dan tidak ada motivasi yang kuat kita harus membaca. Tempat yang kita gunakan untuk kegiatan membacaan harus tepat agar tidak merasa bosan. Dibutuhkan tempat membaca yang tenang dan nyaman agar kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan.

 

2. Kegiatan membaca seperti apa yang membosankan menurut ibu dan bapak?

Jawab:

Kegiatan membaca yang membosankan menurut saya adalah ketika membaca sesuatu yang tidak disukai dan tidak ada motivasi yang kuat kita harus membaca. Tempat yang kita gunakan untuk kegiatan membacaan harus tepat agar tidak merasa bosan. Dibutuhkan tempat membaca yang tenang dan nyaman agar kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan.

B. Mengurutkan Peristiwa dengan Gambar Berseri

Pada kegiatan literasi menggunakan gambar berseri, peserta didik diminta untuk menyusun secara gambar/kalimat secara urut untuk membentuk suatu cerita yang runut.

Pernyataan di atas adalah…

A.    Benar

B.     Salah

Jawaban A.    Benar

 

3. Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendengarkan cerita dengan alur yang berurutan?

Jawab:

Perasaan saya saat mendengarkan cerita dengan alur yang berurutan adalah merasa senang karena bisa lebih memahami i dan makna dari cerita yang disajikan.

 

C. Mengisi Peta Cerita untuk Menanggapi Bacaan

4. Tujuan dari kegiatan peta cerita sederhana adalah..

A. Untuk melihat keterampilan peserta didik dalam kegiatan menus

B. Untuk melihat keterampilan pemahaman peserta didik terhadap is cerita

C. Untuk melihat keterampilan peserta didik dalam membaca buku cerita

D. Untuk melihat keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi kosakata baru

Jawaban B. Untuk melihat keterampilan pemahaman peserta didik terhadap is cerita

 

5. Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapatkan banyak informasi dalam satu waktu?

Jawab:

Perasaan saya sangat puas dan bersemangat karena bisa menambah mu dan wawasan mengenai suatu peristiwa/kejadian serta mendapat pemahaman baru dari informasi yang telah didapatkan.

Jawaban Post Test

1.        Pak Bintang akan melakukan kegiatan membaca bersama untuk meningkatkan pemahaman bacaan peserta didiknya. Berikut langkah-langkah dalam kegiatan membaca bersama yang harus Pak Bintang perhatikan, kecuali ….

a.     membuat kesepakatan bersama untuk selama kegiatan membaca berlangsung

b.     memberikan pertanyaan terkait dengan bacaan maupun kosakata pada bacaan

c.      menghimbau peserta didiknya untuk bertanya langsung ketika ada pertanyaan

d.     memotivasi peserta didiknya untuk mencoba membaca kata yang ditunjuk

Jawaban: C. menghimbau peserta didiknya untuk bertanya langsung ketika ada pertanyaan

2.      Kegiatan literasi terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dengan menggunakan gambar berseri dapat dilakukan dengan ….

a.     meminta satu kelompok mengurutkan kalimat bertema laut, dan kelompok lain mengurutkan kalimat bertema pegunungan

b.     meminta satu kelompok mengurutkan gambar dan kelompok lain mengurutkan kalimat

c.      meminta satu kelompok mengurutkan gambar bertema binatang dan kelompok lain mengurutkan gambar bertema profesi

d.     memberikan tugas yang sama pada setiap kelompok membaca

Jawaban: B. meminta satu kelompok mengurutkan gambar dan kelompok lain mengurutkan kalimat

3.      Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.

1.       Benar

2.      Salah

Jawaban : Benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...