Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca
Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi]
Modul
2
Keterampilan Membaca Pemahaman
A.
Membaca Bersama
1.
Kegiatan membaca bersama bertujuan untuk mengembangkan kegiatan membaca,
meningkatkan kelancaran membaca, memperkaya kosakata, dan meningkatkan
pemahaman membaca peserta didik. Pernyataan di atas adalah....
A. Benar
B. Salah
Jawab: A
Kegiatan
membaca seperti apa yang membosankan menurut ibu dan bapak?
Jawab:
Kegiatan membaca yang membosankan menurut saya adalah ketika
membaca sesuatu yang tidak disukai dan tidak ada motivasi yang kuat kita harus
membaca. Tempat yang kita gunakan untuk kegiatan membacaan harus tepat agar
tidak merasa bosan. Dibutuhkan tempat membaca yang tenang dan nyaman agar
kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan.
2.
Kegiatan membaca seperti apa yang membosankan menurut ibu dan bapak?
Jawab:
Kegiatan membaca yang membosankan menurut saya adalah ketika
membaca sesuatu yang tidak disukai dan tidak ada motivasi yang kuat kita harus
membaca. Tempat yang kita gunakan untuk kegiatan membacaan harus tepat agar
tidak merasa bosan. Dibutuhkan tempat membaca yang tenang dan nyaman agar
kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan.
B.
Mengurutkan Peristiwa dengan Gambar Berseri
Pada kegiatan literasi
menggunakan gambar berseri, peserta didik diminta untuk menyusun secara
gambar/kalimat secara urut untuk membentuk suatu cerita yang runut.
Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban A. Benar
3.
Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendengarkan cerita dengan alur yang
berurutan?
Jawab:
Perasaan saya saat mendengarkan cerita dengan alur yang berurutan
adalah merasa senang karena bisa lebih memahami i dan makna dari cerita yang
disajikan.
C.
Mengisi Peta Cerita untuk Menanggapi Bacaan
4. Tujuan
dari kegiatan peta cerita sederhana adalah..
A. Untuk
melihat keterampilan peserta didik dalam kegiatan menus
B. Untuk melihat keterampilan pemahaman peserta didik terhadap is
cerita
C. Untuk
melihat keterampilan peserta didik dalam membaca buku cerita
D. Untuk
melihat keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi kosakata baru
Jawaban B. Untuk melihat keterampilan pemahaman peserta didik
terhadap is cerita
5.
Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapatkan banyak informasi dalam satu
waktu?
Jawab:
Perasaan saya sangat puas dan bersemangat karena bisa menambah mu
dan wawasan mengenai suatu peristiwa/kejadian serta mendapat pemahaman baru
dari informasi yang telah didapatkan.
Jawaban Post Test
1. Pak Bintang akan melakukan kegiatan membaca bersama untuk
meningkatkan pemahaman bacaan peserta didiknya. Berikut langkah-langkah dalam
kegiatan membaca bersama yang harus Pak Bintang perhatikan, kecuali ….
a. membuat kesepakatan bersama untuk selama kegiatan membaca
berlangsung
b. memberikan pertanyaan terkait dengan bacaan maupun kosakata pada
bacaan
c. menghimbau peserta didiknya untuk bertanya langsung ketika ada
pertanyaan
d. memotivasi peserta didiknya untuk mencoba membaca kata yang
ditunjuk
Jawaban: C. menghimbau peserta didiknya untuk
bertanya langsung ketika ada pertanyaan
2. Kegiatan literasi terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan
peserta didik dengan menggunakan gambar berseri dapat dilakukan dengan ….
a. meminta satu kelompok mengurutkan kalimat bertema laut, dan
kelompok lain mengurutkan kalimat bertema pegunungan
b. meminta satu kelompok mengurutkan gambar dan kelompok lain
mengurutkan kalimat
c. meminta satu kelompok mengurutkan gambar bertema binatang dan
kelompok lain mengurutkan gambar bertema profesi
d. memberikan tugas yang sama pada setiap kelompok membaca
Jawaban: B. meminta satu kelompok mengurutkan
gambar dan kelompok lain mengurutkan kalimat
3. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari
murid.
1. Benar
2. Salah
Jawaban : Benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar