Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data
Perencanaan
MODUL 2
Pendalaman Rapor
Pendidikan
Jawaban Post Test:
Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 2
A. Jawaban Latihan
Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Refleksi Profil Satuan Pendidikan
Latihan Pemahaman : Apa peran Rapor
Pendidikan bagi satuan pendidikan?
A. Sebagai alat pembanding dengan satuan pendidikan dan dinas pendidikan
lainnya
B. Sebagai tambahan beban dokumen
administrasi
C. Sebagai alat bantu dalam mencari
siapa yang salah
D. Sebagai alat bantu dalam
peningkatan dan perbaikan capaian, mutu, dan layanan pendidikan
Jawab : D
Cerita
Reflektif : Langkah pertama apa yang Anda akan lakukan ketika membaca
profil mengenai satuan pendidikan Anda?
Jawab : Pertama,
menemukan sumber masalah. Dengan cara tersebut akan diketahui mutu pendidikan
yang belum tercapai, sehingga data tersebut akan digunakan sebagai bahan
refleksi satuan pendidikan.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita
Reflektif Materi Memaknai Laporan Rapor Pendidikan Dikdasmen
Latihan
Pemahaman : Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh input sumber daya
manusia dan sumber daya sekolah yang ada.
A.
Benar
B.
Salah
Jawab : A
Cerita
Reflektif : Ceritakan informasi penting apa saja yang akan Anda cari
mengenai satuan pendidikan melalui Laporan Rapor Pendidikan?
Jawab : Laporan
Rapor Pendidikan menampilan seluruh capaian mutu satuan pendidikan. Dimana
satuan pendidikan tidak hanya melihat capaian mutu yang mencapai titik sangat
baik, namun juga capaian yang kurang baik.
C. Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mendalami Indikator Prioritas
Dikdasmen
Latihan
Pemahaman : Di bawah ini, yang tidak termasuk indikator prioritas adalah..
A.
Kemampuan Literasi dan Kemampuan Numerasi
B.
Indeks Karakter
C.
Kualitas Pembelajaran
D.
Iklim Kebhinekaan
Jawab : C
Cerita Reflektif
: Berdasarkan indikator prioritas yang telah dijelaskan, apakah Anda
pernah memperhatikannya? Jika ya, hal-hal apa saja yang sudah pernah Anda
lakukan sebelumnya untuk mengembangkan layanan tersebut di satuan pendidikan
Anda?
Jawab : Kualitas mutu pembelajaran terus kami tingkatkan, hal
tersebut tentunya searah dengan hasil belajar murid, terutama dalam kompetensi
fondasi seperti literasi, numerasi dan karakter yang akan diraih.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Rapor
Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 2
1. Manakah pernyataan berikut yang
kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?
A. Rapor Pendidikan mengidentifikasi
akar permasalahan
B. Rapor Pendidikan sebagai instrumen
refleksi
C. Rapor Pendidikan digunakan untuk
menilai dan membandingkan kualitas sekolah
D. Rapor Pendidikan mempermudah
proses administrasi
2. Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut ini :
1. Rapor Pendidikan dapat digunakan
sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan
2. Rapor Pendidikan sebagai instrumen
refleksi untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan
3. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi
4. Rapor Pendidikan dapat digunakan
untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.
Manakah pernyataan yang benar?
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 3 dan 1
D. 4 dan 2
3. Apa kebijakan yang harus dilakukan
ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?
A. Berusaha mengubah data
B. Fokus kepada solusi perbaikan
C. Menyalahkan diri SALAH
D. Mengajukan keluhan kepada dinas
pusat
4. Terdapat label untuk mengetahui
capaian pada indikator nilai uji kompetensi guru, yaitu...
A. Baik, cukup, kurang
B. Benar, cukup, Salah
C. Mahir, cakap, merintis, membudaya
D. Mahir, cakap, mendasar, perlu
intervensi
5. Berikut yang tidak menjadi aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor
Pendidikan adalah...
A. Spektrum warna
B. Label
C. Skor
D. Ukuran
6. Untuk mengetahui posisi capaian
mutu indikator pada satuan, dalam Rapor Pendidikan juga disajikan capaian mutu
pada satuan pendidikan lain yang serupa yang memiliki :
A. Karakteristik lokasi, dan sosial
ekonomi peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan
B. Karakteristik jumlah peserta didik
yang mirip dengan satuan pendidikan
C. Karakteristik pemerintah daerah
yang mirip
D. Karakteristik guru dan tenaga
kependidikan yang mirip dengan satuan pendidikan
7. Indikator prioritas dalam Rapor
Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” karena sekolah
didorong untuk...
A. Berpihak pada murid
B. Mengembangkan budaya refleksi
C. Menciptakan lingkungan belajar
yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif
D Semua benar
8. Apakah satuan pendidikan perlu
memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan?
A. Ya, karena indikator lain selain
indikator prioritas tidak perlu dibenahi
B. Ya, karena satuan pendidikan
memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu mengalokasikannya
pada indikator prioritas terlebih dahulu
C. Tidak, karena semua indikator sama
pentingnya
D. Tidak, karena satuan pendidikan
dapat membenahi semua masalah sekaligus
9. Toleransi, perasaan
diterima atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu faktor pendukung dalam
keseluruhan iklim pembelajaran.
Penjelasan di atas
merupakan rasionalisasi dari indikator prioritas...
A. Iklim
Kebhinekaan
B. Iklim Keamanan
C. Iklim Ketertiban
D. Indeks Kararter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar