Jawaban Post Test: Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 2

 

Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

MODUL 2

Pendalaman Rapor Pendidikan

Jawaban Post Test: Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 2

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Refleksi Profil Satuan Pendidikan

Latihan Pemahaman : Apa peran Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?

A. Sebagai alat pembanding dengan satuan pendidikan dan dinas pendidikan lainnya

B. Sebagai tambahan beban dokumen administrasi

C. Sebagai alat bantu dalam mencari siapa yang salah

D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan capaian, mutu, dan layanan pendidikan

Jawab : D

 

Cerita Reflektif : Langkah pertama apa yang Anda akan lakukan ketika membaca profil mengenai satuan pendidikan Anda?

Jawab : Pertama, menemukan sumber masalah. Dengan cara tersebut akan diketahui mutu pendidikan yang belum tercapai, sehingga data tersebut akan digunakan sebagai bahan refleksi satuan pendidikan.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Memaknai Laporan Rapor Pendidikan Dikdasmen

 

Latihan Pemahaman : Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh input sumber daya manusia dan sumber daya sekolah yang ada.

A. Benar

B. Salah

Jawab : A

Cerita Reflektif : Ceritakan informasi penting apa saja yang akan Anda cari mengenai satuan pendidikan melalui Laporan Rapor Pendidikan?

Jawab : Laporan Rapor Pendidikan menampilan seluruh capaian mutu satuan pendidikan. Dimana satuan pendidikan tidak hanya melihat capaian mutu yang mencapai titik sangat baik, namun juga capaian yang kurang baik.

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mendalami Indikator Prioritas Dikdasmen

 

Latihan Pemahaman : Di bawah ini, yang tidak termasuk indikator prioritas adalah..

A. Kemampuan Literasi dan Kemampuan Numerasi

B. Indeks Karakter

C. Kualitas Pembelajaran

D. Iklim Kebhinekaan

Jawab : C

Cerita Reflektif : Berdasarkan indikator prioritas yang telah dijelaskan, apakah Anda pernah memperhatikannya? Jika ya, hal-hal apa saja yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya untuk mengembangkan layanan tersebut di satuan pendidikan Anda?

 

Jawab : Kualitas mutu pembelajaran terus kami tingkatkan, hal tersebut tentunya searah dengan hasil belajar murid, terutama dalam kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi dan karakter yang akan diraih.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 2

 

1. Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?

A. Rapor Pendidikan mengidentifikasi akar permasalahan

B. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi

C. Rapor Pendidikan digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah

D. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi

 

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :

1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan

2. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan

3. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi

4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.

Manakah pernyataan yang benar?

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3

C. 3 dan 1

D. 4 dan 2

 

3. Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?

A. Berusaha mengubah data

B. Fokus kepada solusi perbaikan

C. Menyalahkan diri SALAH

D. Mengajukan keluhan kepada dinas pusat

 

4. Terdapat label untuk mengetahui capaian pada indikator nilai uji kompetensi guru, yaitu...

A. Baik, cukup, kurang

B. Benar, cukup, Salah

C. Mahir, cakap, merintis, membudaya

D. Mahir, cakap, mendasar, perlu intervensi

 

5. Berikut yang tidak menjadi aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor Pendidikan adalah...

A. Spektrum warna

B. Label

C. Skor

D. Ukuran

 

6. Untuk mengetahui posisi capaian mutu indikator pada satuan, dalam Rapor Pendidikan juga disajikan capaian mutu pada satuan pendidikan lain yang serupa yang memiliki :

A. Karakteristik lokasi, dan sosial ekonomi peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan

B. Karakteristik jumlah peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan

C. Karakteristik pemerintah daerah yang mirip

D. Karakteristik guru dan tenaga kependidikan yang mirip dengan satuan pendidikan

 

7. Indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” karena sekolah didorong untuk...

A. Berpihak pada murid

B. Mengembangkan budaya refleksi

C. Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif

D Semua benar

 

8. Apakah satuan pendidikan perlu memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan?

A. Ya, karena indikator lain selain indikator prioritas tidak perlu dibenahi

B. Ya, karena satuan pendidikan memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu mengalokasikannya pada indikator prioritas terlebih dahulu

C. Tidak, karena semua indikator sama pentingnya

D. Tidak, karena satuan pendidikan dapat membenahi semua masalah sekaligus

9. Toleransi, perasaan diterima atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu faktor pendukung dalam keseluruhan iklim pembelajaran.

Penjelasan di atas merupakan rasionalisasi dari indikator prioritas...

A. Iklim Kebhinekaan

B. Iklim Keamanan

C. Iklim Ketertiban

D. Indeks Kararter

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...