Profil Pelajar Pancasila Modul 7 Dimensi Kreatif

 

Profil Pelajar Pancasila

Modul 7

Dimensi Kreatif

Latihan Pemahaman

Berikut adalah elemen dari Dimensi Kreatif, kecuali…

 

Jawaban: Mengevaluasi hasil karya dan tindakan yang orisinal

 

Cerita Reflektif

Bagaimana pemahaman Ibu/Bapak Guru tentang ‘kreatif’ sebelum dan setelah menyimak video ini?

 

Jawaban: Sebelumnya saya berfikir bahwa kreatif hanya dalam bentuk karya benda namun ternyata kreatif beragam mulai dari menghasilkan ide yang orisinal, karya dan tindakan yang orisinal hingga keluwesan dalam mencari alternatif solusi permasalahan

 

Soal 1

Menurut alur perkembangannya, membiasakan murid untuk mempertimbangkan berbagai perspektif ketika akan merealisasikan suatu gagasan dapat dilatih pada jenjang…

 

Jawaban : SMA/K

 

Soal 2

Meminta murid mengerjakan tugas/karya dengan cara yang sama dapat mendorong murid untuk menghasilkan karya yang orisinal.

 

Jawaban : Salah

 

Soal 3

Berikut yang merupakan indikator dari keluwesan berpikir dalam Dimensi Kreatif adalah …

 

Jawab : Benar semua

 

Cerita Reflektif

 

Ceritakan pengalaman nyata Ibu/Bapak Guru yang termasuk dalam elemen dimensi kreatif (bisa tentang menghasilkan gagasan/karya/tindakan orisinal atau tentang keluwesan berpikir).

 

Jawaban: Ketika awal pandemi dan pembelajaran harus beralih ke daring di mana ada materi yang siswa harus praktik langsung di laboratorium namun tidak bisa praktik di laboratorium sekolah, kami berinisiatif agar siswa tetap bisa praktik namun tetap di rumah.

Akhirnya rumah mereka dijadikan laboratorium dadakan dengan bahan dan perlatan yang ada di rumah. Contoh pada praktik mengetes asam basa.

 

Post Tes Modul 7 Dimensi Kreatif 

 

1. Berikut yang bukan termasuk kriteria pelajar Indonesia yang kreatif adalah ....

 

A. Mampu memikirkan alternatif solusi

 

B. Mampu mempublikasikan gagasannya

 

C. Mampu menghasilkan gagasan dan karya orisinal

 

D. Dapat mengkombinasikan gagasan menjadi sesuatu yang baru 

 

 

2. Agar bisa menghasilkan gagasan, murid perlu diberikan ....

 

A. Ruang berkreasi

 

B. Kebebasan mengeksplorasi idenya

 

C. Keleluasaan untuk mengembangkan tugas dengan caranya sendiri

 

D. Semua benar

 

 

3. Bu Mega adalah guru bahasa Inggris di SMP. Untuk asesmen menulis, Bu Mega mengajak murid-muridnya menuliskan tentang rutinitas sehari-harinya dalam bentuk yang menarik. Bu Mega memberikan kebebasan pada murid untuk menghasilkan karya sesuai minat mereka. Hasilnya, muridnya ada yang menulis dalam bentuk komik, musik, cerpen, dan karya menarik lainnya.

Praktik yang dilakukan Bu Mega adalah salah satu mengintegrasikan Dimensi Kreatif dalam pembelajaran, khususnya elemen...

 

A. Elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, karena murid didorong menghasilkan tugas dalam bentuk produk seni

 

B. Elemen keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan, karena murid diberikan beberapa tantangan dalam tugasnya

 

C. Jawaban a benar, namun alasan kurang tepat

 

D. Jawaban a dan b benar

 

 

4. Berikut hal yang bisa guru lakukan untuk melatih keluwesan berpikir murid dalam mencari alternatif solusi permasalahan adalah ...

 

A. Memberikan target belajar

 

B. Memberikan projek individu

 

C. Membimbing projek kelompok

 

D. Memberikan projek kelompok

 

 

5. Berikut adalah salah satu cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas, kecuali ....

 

A. Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai

 

B. Guru Ekonomi meminta murid menghasilkan karya yang memanfaatkan SDA di sekitarnya dan memiliki nilai jual

 

C. Guru Matematika memberi instruksi untuk menemukan beberapa cara dalam menyelesaikan permasalahan matematika

 

D. Guru Bahasa Indonesia meminta murid mengevaluasi teks argumentasi yang dibuatnya dan memikirkan dampak tulisannya terhadap orang lain 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...