Profil Pelajar Pancasila
Modul 7
Dimensi Kreatif
Berikut adalah elemen dari
Dimensi Kreatif, kecuali…
Jawaban: Mengevaluasi
hasil karya dan tindakan yang orisinal
Bagaimana pemahaman
Ibu/Bapak Guru tentang ‘kreatif’ sebelum dan setelah menyimak video ini?
Jawaban: Sebelumnya saya
berfikir bahwa kreatif hanya dalam bentuk karya benda namun ternyata kreatif
beragam mulai dari menghasilkan ide yang orisinal, karya dan tindakan yang
orisinal hingga keluwesan dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Soal 1
Menurut alur
perkembangannya, membiasakan murid untuk mempertimbangkan berbagai perspektif
ketika akan merealisasikan suatu gagasan dapat dilatih pada jenjang…
Jawaban : SMA/K
Soal 2
Meminta murid mengerjakan
tugas/karya dengan cara yang sama dapat mendorong murid untuk menghasilkan
karya yang orisinal.
Jawaban : Salah
Soal 3
Berikut yang merupakan
indikator dari keluwesan berpikir dalam Dimensi Kreatif adalah …
Jawab : Benar semua
Ceritakan pengalaman nyata
Ibu/Bapak Guru yang termasuk dalam elemen dimensi kreatif (bisa tentang
menghasilkan gagasan/karya/tindakan orisinal atau tentang keluwesan berpikir).
Jawaban: Ketika awal
pandemi dan pembelajaran harus beralih ke daring di mana ada materi yang siswa
harus praktik langsung di laboratorium namun tidak bisa praktik di laboratorium
sekolah, kami berinisiatif agar siswa tetap bisa praktik namun tetap di rumah.
Akhirnya rumah mereka
dijadikan laboratorium dadakan dengan bahan dan perlatan yang ada di rumah.
Contoh pada praktik mengetes asam basa.
Post Tes Modul 7 Dimensi
Kreatif
1. Berikut yang bukan
termasuk kriteria pelajar Indonesia yang kreatif adalah ....
A. Mampu memikirkan
alternatif solusi
B.
Mampu mempublikasikan gagasannya
C. Mampu menghasilkan
gagasan dan karya orisinal
D. Dapat
mengkombinasikan gagasan menjadi sesuatu yang baru
2. Agar bisa
menghasilkan gagasan, murid perlu diberikan ....
A. Ruang berkreasi
B. Kebebasan
mengeksplorasi idenya
C. Keleluasaan untuk
mengembangkan tugas dengan caranya sendiri
D.
Semua benar
3.
Bu Mega adalah guru bahasa Inggris di SMP. Untuk asesmen menulis, Bu Mega
mengajak murid-muridnya menuliskan tentang rutinitas sehari-harinya dalam
bentuk yang menarik. Bu Mega memberikan kebebasan pada murid untuk menghasilkan
karya sesuai minat mereka. Hasilnya, muridnya ada yang menulis dalam bentuk
komik, musik, cerpen, dan karya menarik lainnya.
Praktik
yang dilakukan Bu Mega adalah salah satu mengintegrasikan Dimensi Kreatif dalam
pembelajaran, khususnya elemen...
A.
Elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, karena murid didorong
menghasilkan tugas dalam bentuk produk seni
B.
Elemen keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan, karena
murid diberikan beberapa tantangan dalam tugasnya
C. Jawaban a benar,
namun alasan kurang tepat
D. Jawaban a dan b benar
4. Berikut hal yang bisa
guru lakukan untuk melatih keluwesan berpikir murid dalam mencari alternatif
solusi permasalahan adalah ...
A. Memberikan target
belajar
B.
Memberikan projek individu
C. Membimbing projek
kelompok
D. Memberikan projek
kelompok
5. Berikut adalah salah
satu cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas, kecuali ....
A.
Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai
B. Guru Ekonomi meminta
murid menghasilkan karya yang memanfaatkan SDA di sekitarnya dan memiliki nilai
jual
C. Guru Matematika
memberi instruksi untuk menemukan beberapa cara dalam menyelesaikan
permasalahan matematika
D. Guru Bahasa Indonesia
meminta murid mengevaluasi teks argumentasi yang dibuatnya dan memikirkan
dampak tulisannya terhadap orang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar