Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi [Kemitraan dengan Inovasi]
MODUL 1
Asesmen Awal Pembelajaran EGMA,
Formatif, dan Sumatif dalam Numerasi
Jawaban
Latihan Pemahaman Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi (Adaptasi EGMA/Early Grade
Mathematics Assessment)
1. Jika siswa menggunakan penggaris
saat membandingkan jarak yang terjauh apakah diperbolehkan?
Pernyataan tersebut “benar” atau “salah”?
A. Boleh
B. Tidak boleh
Tuliskan
secara singkat 5 poin penting yang Anda pelajari dari mempelajari materi ini
dan urutkan berdasar tingkat kepentingannya menurut Anda!
Jawaban:
–
Pemetaan kemampuan numerasi peserta didik bermanfaat untuk guru agar dapat
menyediakan pembelajaran sesuai tingkat dan kebutuhan belajar numerasi.
–
Langkah pertama adalah pengenalan instrumen
–
Persiapan 1 yaitu susun jadwal dan cari lokasi yang tenang dan nyaman untuk
pelaksanaan assessment
–
Persiapan 2 yaitu siapkan instrumen beserta alat-alat bantu yang akan
dibutuhkan
– Persiapan 3 bangun dan jaga suasana yang nyaman bagi siswa
– Tidak perlu memaksakan siswa untuk dapat mengerjakan. Jika mereka kesulitan,
lewati ke soal berikutnya
1.
Asesmen formatif menitik beratkan pada hal berikut kecuali,
A. Memberitahukan kesalahan
siswa
B. Memberikan jawaban benar
ke siswa
C. Memberitahu cara atau
rumus ke siswa
D. Memberikan umpan balik dan
fasilitasi
Apakah
Anda memberikan tanggapan benar atau salah pada hasil jawaban siswa? -Jika ya,
mengapa dan ceritakan secara singkat. -Jika tidak, apakah tindakan yang Anda
lakukan (misal: pertanyaan fasilitasi) saat melihat hasil jawaban siswa?
Jawaban:
Ya
karena siswa perlu mengetahui jawaban mereka benar atau salah dan untuk
mengetahui hasil nilai mereka.
1. Berikut ini merupakan hal penting
terkait asesmen formatif dan summatif adalah ….
A. Asesmen formatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen sumatif
B. Asesmen sumatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen formatif
C. Asesmen sumatif berfokus pada pengambilan nilai berupa tes untuk keperluan
laporan hasil belajar
D. Asesmen formatif mengutamakan umpan balik
Jawaban:
Jawaban D. Asesmen formatif
mengutamakan umpan balik
2. Apa
manfaat menyediakan alat atau peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen
awal pembelajaran?
A. Mempercantik kegiatan asesmen
B. Mengetahui strategi menjawab siswa
C. Memamerkan alat yang dimiliki guru
D. Membuat bingung siswa karena harus memilih alat
Jawaban :
Jawaban B Mengetahui strategi
menjawab siswa
3. Perhatikan
pertanyaan berikut ini, apa manfaat pentingnya membuat catatan selama proses
asesmen?
A. Untuk mengetahui murid lolos atau tidak lolos asesmen.
B. Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami murid dalam menyelesaikan
soal.
C. Untuk memberikan bukti kepada atasan tentang adanya bukti asesmen yang
dilakukan.
D. Untuk memberikan semangat kepada murid supaya serius dalam mengerjakan soal.
Jawaban:
Jawaban B. Untuk mengetahui
kesulitan apa saja yang dialami murid dalam menyelesaikan soal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar