Asesmen Awal Pembelajaran EGMA, Formatif, dan Sumatif dalam Numerasi

 Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi [Kemitraan dengan Inovasi]

MODUL 1

Asesmen Awal Pembelajaran EGMA, Formatif, dan Sumatif dalam Numerasi

 

Jawaban Latihan Pemahaman Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi (Adaptasi EGMA/Early Grade Mathematics Assessment)

 

1. Jika siswa menggunakan penggaris saat membandingkan jarak yang terjauh apakah diperbolehkan?

Pernyataan tersebut “benar” atau “salah”?

A. Boleh

B. Tidak boleh

Tuliskan secara singkat 5 poin penting yang Anda pelajari dari mempelajari materi ini dan urutkan berdasar tingkat kepentingannya menurut Anda!

Jawaban:

– Pemetaan kemampuan numerasi peserta didik bermanfaat untuk guru agar dapat menyediakan pembelajaran sesuai tingkat dan kebutuhan belajar numerasi.

– Langkah pertama adalah pengenalan instrumen

– Persiapan 1 yaitu susun jadwal dan cari lokasi yang tenang dan nyaman untuk pelaksanaan assessment

– Persiapan 2 yaitu siapkan instrumen beserta alat-alat bantu yang akan dibutuhkan

– Persiapan 3 bangun dan jaga suasana yang nyaman bagi siswa

– Tidak perlu memaksakan siswa untuk dapat mengerjakan. Jika mereka kesulitan, lewati ke soal berikutnya

1. Asesmen formatif menitik beratkan pada hal berikut kecuali,

A. Memberitahukan kesalahan siswa

B. Memberikan jawaban benar ke siswa

C. Memberitahu cara atau rumus ke siswa

D. Memberikan umpan balik dan fasilitasi

 

Apakah Anda memberikan tanggapan benar atau salah pada hasil jawaban siswa? -Jika ya, mengapa dan ceritakan secara singkat. -Jika tidak, apakah tindakan yang Anda lakukan (misal: pertanyaan fasilitasi) saat melihat hasil jawaban siswa?

Jawaban:

Ya karena siswa perlu mengetahui jawaban mereka benar atau salah dan untuk mengetahui hasil nilai mereka.

 

1. Berikut ini merupakan hal penting terkait asesmen formatif dan summatif adalah ….
A. Asesmen formatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen sumatif
B. Asesmen sumatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen formatif
C. Asesmen sumatif berfokus pada pengambilan nilai berupa tes untuk keperluan laporan hasil belajar
D. Asesmen formatif mengutamakan umpan balik

Jawaban:

Jawaban D. Asesmen formatif mengutamakan umpan balik

 

2. Apa manfaat menyediakan alat atau peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen awal pembelajaran?
A. Mempercantik kegiatan asesmen
B. Mengetahui strategi menjawab siswa
C. Memamerkan alat yang dimiliki guru
D. Membuat bingung siswa karena harus memilih alat

Jawaban :

Jawaban B Mengetahui strategi menjawab siswa

 

3. Perhatikan pertanyaan berikut ini, apa manfaat pentingnya membuat catatan selama proses asesmen?
A. Untuk mengetahui murid lolos atau tidak lolos asesmen.
B. Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami murid dalam menyelesaikan soal.
C. Untuk memberikan bukti kepada atasan tentang adanya bukti asesmen yang dilakukan.
D. Untuk memberikan semangat kepada murid supaya serius dalam mengerjakan soal.

Jawaban:

Jawaban B. Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami murid dalam menyelesaikan soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...