Menyesuaikan Visi, Misi dan Tujuan
Satuan Pendidikan di Tahap Siap
Modul 5
Memahami Kurikulum Operasional Satuan
Pendidikan di Tahap Siap (Part 1)
Pemahaman dan refleksi
Visi, misi, dan tujuan harus ditinjau setiap tahun.
A. Benar
B. Salah
Jawaban B. Salah
Pada proses perumusan visi, misi, dan tujuan, sekolah bisa
mendapatkan masukan dari berbagai pihak, yaitu
A. Orang tua/wali
B. Pengawas sekolah
C. Rekan sejawat
D. Semua benar
Jawaban D. Semua benar
Cerita
reflektif
1. Apakah
di satuan pendidikan ibu dan bapak guru sebelumnya pernah mengerjakan
sosialisasi visi, misi serta tujuan? Apakah pendapat ibu dan bapak guru
sosialisasi tersebut sudah berjalan dengan efektif?
Jawaban:
Di satuan pendidikan saya sudah pernah mengerjakan sosialisasi visi, misi dan
tujuan. Untuk sosialisasi belum berjalan dengan efektif.
Soal Post
Test
1. Apakah
peran dari kepala satuan pendidikan ketika sedang melakukan peninjauan tentang
visi, misi serta satuan pendidikan?
A. Tidak
ada peran dari kepala sekolah
B.
Memimpin serta memberikan pengarahan supaya peninjau visi, misi, tujuan selaras
dan pada akhirnya tujuan sesuai dengan cita-cita sekolah
C. Dengan
mengganti visi, misi, serta tujuan yang sesuai dengan kemauannya
D. Dengan
memantau visi, misi serta tujuan akan tetapi tidak memberi masukan
Jawaban:
B. Memimpin serta memberikan pengarahan supaya peninjau visi, misi, tujuan
selaras dan pada akhirnya tujuan sesuai dengan cita-cita sekolah
2. Pada
pernyataan di bawah ini adalah yang kurang tepat berkaitan dengan pengembangan
visi, misi, serta tujuan di tahapan berkembang yaitu …..
A.
Sesudah mengerjakan penyesuaian maka satuan pendidikan harus mengerjakan
sosialisasi ulang
B.
Sebelum meninjau terhadap visi, misi serta tujuan maka satuan pendidikan wajib
mengerjakan analisis SWOT
C. Dalam
satuan pendidikan sangat penting untuk meninjau kembali apakah visi, misi serta
tujuan sudah memperlihatkan keselarasan
D.
Tentang tujuan yang tidak relevan atau sesuai maka dapat dilakukan penyesuaian
Jawaban:
B. Sebelum meninjau terhadap visi, misi serta tujuan maka satuan pendidikan
wajib mengerjakan analisis SWOT
Latihan
Pemahaman
1.
Apabila ditemukan tujuan yang tidak sesuai terhadap visi, misi maupun kondisi
riil di satuan pendidikan, maka untuk tindak lanjutnya yaitu …………
A. Dengan
melakukan penyesuaian tujuan satuan pendidikan yang sesuai terhadap visi, misi
dan kriteria tujuan satuan pendidikan yang baik
B. Tidak
penting untuk mengerjakan apapun
C. Dengan
mengerjakan tinjauan ulang pada visi, misi menyesuaikan tujuan satuan
pendidikan
D.
Mengerjakan perubahan tujuan yang memakai SWOT
Jawaban:
A. Dengan melakukan penyesuaian tujuan satuan pendidikan yang sesuai terhadap
visi, misi dan kriteria tujuan satuan pendidikan yang baik
2. Pada
satuan pendidikan diperbolehkan untuk merevisi visi, misi, serta tujuan yang
dimiliki supaya relevan sesuai dengan kebutuhan
A.
Betul
B. Salah
Jawaban:
A. Betul
Pada tahap siap, hal yang tidak menjadi fokus diskusi saat
melakukan peninjauan visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …
A. Apakah visi, misi, dan tujuan saat ini masih relevan
dengan karakteristik satuan pendidikan?
B. Apakah visi sudah menggambarkan aspirasi orang tua dan
berpusat pada peserta didik?
C. Apakah visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan sudah
menunjukkan aspirasi masyarakat?
D. Apakah antara visi, misi, dan tujuan sudah menunjukkan
keselarasan?
Soal Post Test :
1. Pada tahap siap, satuan pendidikan diharapkan dapat
mengembangkan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan berdasarkan aspirasi
warga/pihak internal satuan pendidikan. Berikut yang bukan termasuk warga/pihak
internal satuan pendidikan adalah …
A. Peserta didik
B.Orang tua/wali peserta didik
C. Perwakilan masyarakat
D. Pendidik dan tenaga pendidik
2. Berikut
pendekatan yang kurang
tepat dalam melibatkan pendidik & tenaga kependidikan
untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …]
A.Melibatkan perwakilan pendidik & tenaga kependidikan
dalam refleksi dan diskusi
B Meminta semua pendidik & tenaga kependidikan
memberikan usulan visi, misi, dan tujuan yang baru
C. Mengumpulkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam forum
diskusi terpumpun yang mendiskusikan tentang keberjalanan pembelajaran yang
mendukung visi, misi, dan tujuan
D. Melakukan wawancara kepada perwakilan guru senior dan
guru muda untuk mencari tahu pemahaman mereka terhadap visi, misi, dan tujuan
serta keberjalanannya selama ini
3. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam
melibatkan pendidik & tenaga kependidikan untuk meninjau visi, misi, dan
satuan pendidikan adalah
A. Melibatkan perwakilan pendidik & tenaga kependidikan
dalam refleksi dan diskusi
B. Meminta semua pendidik & tenaga kependidikan
memberikan usulan visi, misi, dan tujuan yang baru
C. Mengumpulkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam forum
diskusi terpumpun yang mendiskusikan tentang keberjalanan pembelajaran yang
mendukung visi, misi, dan tujuan
D. Melakukan wawancara kepada perwakilan guru senior dan guru
muda untuk mencari tahu pemahaman mereka terhadap visi, misi, dan tujuan serta
keberjalanannya selama ini
4. Pada tahap siap, satuan pendidikan diharapkan dapat
mengembangkan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan berdasarkan aspirasi
warga/pihak internal satuan pendidikan. Berikut yang bukan termasuk warga/pihak
internal satuan pendidikan adalah …
A. Peserta didik
B.Orang tua/wali peserta didik
C.Perwakilan masyarakat
D. Pendidik dan tenaga pendidik
5. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam
melibatkan peserta didik untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan
adalah …
A. Mewawancarai peserta didik tentang apa yang ingin mereka
pelajari di sekolah
B. Mengumpulkan peserta didik dalam forum diskusi terpumpun
dan mendiskusikan tentang kegiatan belajar di sekolah yang sudah baik dan belum
C. Meminta perwakilan peserta didik untuk mereviu visi,
misi, dan tujuan satuan pendidikan
D. Menyebarkan survei kepada peserta didik yang berisi
pertanyaan seputar sekolah
Berikut yang merupakan dasar bagi satuan pendidikan dalam
meninjau visi, misi, dan tujuan adalah …
Aspirasi orang tua/wali
Survei kepada peserta didik
Pendapat dan pandangan pendidik
Semua benar
6. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam
melibatkan peserta didik untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan
adalah …
A. Mewawancarai peserta didik tentang apa yang ingin mereka
pelajari di sekolah
B. Mengumpulkan peserta didik dalam forum diskusi terpumpun
dan mendiskusikan tentang kegiatan belajar di sekolah yang sudah baik dan belum
C. Meminta perwakilan peserta didik untuk mereviu
visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan
D. Menyebarkan survei kepada peserta didik yang berisi
pertanyaan seputar sekolah
7. Pada tahap siap, hal yang tidak menjadi fokus diskusi saat
melakukan peninjauan visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …
A. Apakah visi, misi, dan tujuan saat ini masih
relevan dengan karakteristik satuan pendidikan?
B. Apakah visi sudah menggambarkan aspirasi orang tua dan
berpusat pada peserta didik?
C. Apakah visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan sudah
menunjukkan aspirasi masyarakat?
D. Apakah antara visi, misi, dan tujuan sudah menunjukkan
keselarasan?
8. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam
melibatkan pendidik & tenaga kependidikan untuk meninjau visi, misi, dan
satuan pendidikan adalah …
A. Melibatkan perwakilan pendidik & tenaga kependidikan
dalam refleksi dan diskusi
B. Meminta semua pendidik & tenaga kependidikan
memberikan usulan visi, misi, dan tujuan yang baru
C. Mengumpulkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam forum
diskusi terpumpun yang mendiskusikan tentang keberjalanan pembelajaran yang
mendukung visi, misi, dan tujuan
D. Melakukan wawancara kepada perwakilan guru senior dan
guru muda untuk mencari tahu pemahaman mereka terhadap visi, misi, dan tujuan
serta keberjalanannya selama ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar