Menyesuaikan Visi, Misi dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 5

 

Menyesuaikan Visi, Misi dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Siap

Modul 5

Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Siap (Part 1)

Pemahaman dan refleksi

Visi, misi, dan tujuan harus ditinjau setiap tahun.

A. Benar

B. Salah

Jawaban B. Salah

 

Pada proses perumusan visi, misi, dan tujuan, sekolah bisa mendapatkan masukan dari berbagai pihak, yaitu

A. Orang tua/wali

B. Pengawas sekolah

C. Rekan sejawat

D. Semua benar

Jawaban D. Semua benar

Cerita reflektif

1. Apakah di satuan pendidikan ibu dan bapak guru sebelumnya pernah mengerjakan sosialisasi visi, misi serta tujuan? Apakah pendapat ibu dan bapak guru sosialisasi tersebut sudah berjalan dengan efektif?

Jawaban: Di satuan pendidikan saya sudah pernah mengerjakan sosialisasi visi, misi dan tujuan. Untuk sosialisasi belum berjalan dengan efektif.

Soal Post Test

1. Apakah peran dari kepala satuan pendidikan ketika sedang melakukan peninjauan tentang visi, misi serta satuan pendidikan?

A. Tidak ada peran dari kepala sekolah

B. Memimpin serta memberikan pengarahan supaya peninjau visi, misi, tujuan selaras dan pada akhirnya tujuan sesuai dengan cita-cita sekolah

C. Dengan mengganti visi, misi, serta tujuan yang sesuai dengan kemauannya

D. Dengan memantau visi, misi serta tujuan akan tetapi tidak memberi masukan

Jawaban: B. Memimpin serta memberikan pengarahan supaya peninjau visi, misi, tujuan selaras dan pada akhirnya tujuan sesuai dengan cita-cita sekolah

 

2. Pada pernyataan di bawah ini adalah yang kurang tepat berkaitan dengan pengembangan visi, misi, serta tujuan di tahapan berkembang yaitu …..

A. Sesudah mengerjakan penyesuaian maka satuan pendidikan harus mengerjakan sosialisasi ulang

B. Sebelum meninjau terhadap visi, misi serta tujuan maka satuan pendidikan wajib mengerjakan analisis SWOT

C. Dalam satuan pendidikan sangat penting untuk meninjau kembali apakah visi, misi serta tujuan sudah memperlihatkan keselarasan

D. Tentang tujuan yang tidak relevan atau sesuai maka dapat dilakukan penyesuaian

Jawaban: B. Sebelum meninjau terhadap visi, misi serta tujuan maka satuan pendidikan wajib mengerjakan analisis SWOT

 

Latihan Pemahaman

1. Apabila ditemukan tujuan yang tidak sesuai terhadap visi, misi maupun kondisi riil di satuan pendidikan, maka untuk tindak lanjutnya yaitu …………

A. Dengan melakukan penyesuaian tujuan satuan pendidikan yang sesuai terhadap visi, misi dan kriteria tujuan satuan pendidikan yang baik

B. Tidak penting untuk mengerjakan apapun

C. Dengan mengerjakan tinjauan ulang pada visi, misi menyesuaikan tujuan satuan pendidikan

D. Mengerjakan perubahan tujuan yang memakai SWOT

Jawaban: A. Dengan melakukan penyesuaian tujuan satuan pendidikan yang sesuai terhadap visi, misi dan kriteria tujuan satuan pendidikan yang baik

2. Pada satuan pendidikan diperbolehkan untuk merevisi visi, misi, serta tujuan yang dimiliki supaya relevan sesuai dengan kebutuhan

A. Betul

B. Salah

Jawaban: A. Betul

Pada tahap siap, hal yang tidak menjadi fokus diskusi saat melakukan peninjauan visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …

A. Apakah visi, misi, dan tujuan saat ini masih relevan dengan karakteristik satuan pendidikan?

B. Apakah visi sudah menggambarkan aspirasi orang tua dan berpusat pada peserta didik?

C. Apakah visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan sudah menunjukkan aspirasi masyarakat?

D. Apakah antara visi, misi, dan tujuan sudah menunjukkan keselarasan?

 

Soal Post Test :

1. Pada tahap siap, satuan pendidikan diharapkan dapat mengembangkan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan berdasarkan aspirasi warga/pihak internal satuan pendidikan. Berikut yang bukan termasuk warga/pihak internal satuan pendidikan adalah …

A. Peserta didik

B.Orang tua/wali peserta didik

C. Perwakilan masyarakat

D. Pendidik dan tenaga pendidik


2. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam melibatkan pendidik & tenaga kependidikan untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …]

A.Melibatkan perwakilan pendidik & tenaga kependidikan dalam refleksi dan diskusi

B Meminta semua pendidik & tenaga kependidikan memberikan usulan visi, misi, dan tujuan yang baru

C. Mengumpulkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam forum diskusi terpumpun yang mendiskusikan tentang keberjalanan pembelajaran yang mendukung visi, misi, dan tujuan

D. Melakukan wawancara kepada perwakilan guru senior dan guru muda untuk mencari tahu pemahaman mereka terhadap visi, misi, dan tujuan serta keberjalanannya selama ini

 

3. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam melibatkan pendidik & tenaga kependidikan untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan adalah

A. Melibatkan perwakilan pendidik & tenaga kependidikan dalam refleksi dan diskusi

B. Meminta semua pendidik & tenaga kependidikan memberikan usulan visi, misi, dan tujuan yang baru

C. Mengumpulkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam forum diskusi terpumpun yang mendiskusikan tentang keberjalanan pembelajaran yang mendukung visi, misi, dan tujuan

D. Melakukan wawancara kepada perwakilan guru senior dan guru muda untuk mencari tahu pemahaman mereka terhadap visi, misi, dan tujuan serta keberjalanannya selama ini

 

4. Pada tahap siap, satuan pendidikan diharapkan dapat mengembangkan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan berdasarkan aspirasi warga/pihak internal satuan pendidikan. Berikut yang bukan termasuk warga/pihak internal satuan pendidikan adalah …

A. Peserta didik

B.Orang tua/wali peserta didik

C.Perwakilan masyarakat

D. Pendidik dan tenaga pendidik

 

5. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam melibatkan peserta didik untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …

A. Mewawancarai peserta didik tentang apa yang ingin mereka pelajari di sekolah

B. Mengumpulkan peserta didik dalam forum diskusi terpumpun dan mendiskusikan tentang kegiatan belajar di sekolah yang sudah baik dan belum

C. Meminta perwakilan peserta didik untuk mereviu visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan

D. Menyebarkan survei kepada peserta didik yang berisi pertanyaan seputar sekolah

Berikut yang merupakan dasar bagi satuan pendidikan dalam meninjau visi, misi, dan tujuan adalah …

Aspirasi orang tua/wali

Survei kepada peserta didik

Pendapat dan pandangan pendidik

Semua benar

 

6. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam melibatkan peserta didik untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …

A. Mewawancarai peserta didik tentang apa yang ingin mereka pelajari di sekolah

B. Mengumpulkan peserta didik dalam forum diskusi terpumpun dan mendiskusikan tentang kegiatan belajar di sekolah yang sudah baik dan belum

C. Meminta perwakilan peserta didik untuk mereviu visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan

D. Menyebarkan survei kepada peserta didik yang berisi pertanyaan seputar sekolah

 

7. Pada tahap siap, hal yang tidak menjadi fokus diskusi saat melakukan peninjauan visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …

A. Apakah visi, misi, dan tujuan saat ini masih relevan dengan karakteristik satuan pendidikan?

B. Apakah visi sudah menggambarkan aspirasi orang tua dan berpusat pada peserta didik?

C. Apakah visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan sudah menunjukkan aspirasi masyarakat?

D. Apakah antara visi, misi, dan tujuan sudah menunjukkan keselarasan?

 

8. Berikut pendekatan yang kurang tepat dalam melibatkan pendidik & tenaga kependidikan untuk meninjau visi, misi, dan satuan pendidikan adalah …

A. Melibatkan perwakilan pendidik & tenaga kependidikan dalam refleksi dan diskusi

B. Meminta semua pendidik & tenaga kependidikan memberikan usulan visi, misi, dan tujuan yang baru

C. Mengumpulkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam forum diskusi terpumpun yang mendiskusikan tentang keberjalanan pembelajaran yang mendukung visi, misi, dan tujuan

D. Melakukan wawancara kepada perwakilan guru senior dan guru muda untuk mencari tahu pemahaman mereka terhadap visi, misi, dan tujuan serta keberjalanannya selama ini

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...