Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan
Modul
2
Mengenal Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan
Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Prinsip Kurikulum Operasional
Satuan Pendidikan
Latihan Pemahaman : Berikut yang
BUKAN merupakan prinsip dalam penyusunan kurikulum operasional satuan
pendidikan adalah...
a. Terukur
b. Esensial
c. Akuntabel
d. Kontekstual
Jawab : a Terukur
Cerita Reflektif
: Pada materi ini tidak ada cerita reflektif. Silahkan tuliskan tanda '-'
pada kotak yang disediakan.
Jawab : '-'
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Komponen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
Latihan Pemahaman :
1. Berikut ini merupakan
komponen kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …
a. Karakteristik satuan
pendidikan
b. Pengorganisasian
pembelajaran
c. Perencanaan
pembelajaran
d. Evaluasi pembelajaran
Jawab : d Evaluasi
pembelajaran
2. Berikut ini yang
merupakan komponen yang ditinjau setiap tahun pada kurikulum operasional di
satuan pendidikan adalah…
a. Pengorganisasian
pembelajaran
b. Perencanaan
pembelajaran
c. Pilihan a dan b benar
d. Pilihan a dan b salah
Jawab : c Pilihan a dan b benar
Cerita Reflektif
: Hal baru apa yang Anda pelajari pada materi ini?
Jawab : Memahami KOSP yang terdiri dari 4
komponen, yaitu:
1. Karakteristik
satuan pendidikan
2. Visi, misi, dan
tujuan satuan pendidikan
3. Pengorganisasian
pembelajaran
4. Perencanaan
pembelajaran
C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Implementasi Kurikulum Operasional Berdasarkan Tingkat Kesiapan Satuan
Pendidikan
Latihan Pemahaman :
1. Dalam mengembangkan
kurikulum operasional, setiap satuan pendidikan merdeka dalam menentukan tahap
kesiapan masing-masing.
a. Benar
b. Salah
Jawab : a. Benar
2. Yang harus dilakukan
kepala satuan pendidikan untuk menentukan kesiapan satuan pendidikannya dalam
merancang kurikulum operasional adalah ….
a. Menentukan sendiri
b. Refleksi bersama para
tenaga pendidik
c. Mengikuti sekolah
tetangga
d. Menggunakan intuisi
Jawab : b Refleksi bersama para
tenaga pendidik
Soal Post Test dan Jawaban Modul 2 Kerangka Dasar Penyusunan
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Topik 36 PMM
1. Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2
sekolah berikut:
Sekolah A
Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh
Kemdikbudristek.
Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk
perencanaan pembelajaran
Sekolah B
Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri
Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah
tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?
A. Sekolah A
B. Sekolah B
C. Keduanya Benar
D. Tidak ada yang benar
Jawaban C. Keduanya Benar
2. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan prinsip 'Esensial'
dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
A. Memasukkan semua data agar KOSP terlihat tebal.
B. Melakukan pemetaan minat dan bakat peserta didik dalam
merancang program ekstrakurikuler.
C. Mengadopsi KOSP satuan pendidikan lain tanpa menyesuaikan
dengan kondisi riil satuan pendidikan.
D. Melibatkan kepala sekolah, pendidik, komite satuan
pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan.
3. Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang
perlu ditinjau setiap tahun yaitu...
A. Perencanaan pembelajaran
B. Karakteristik satuan pendidikan
C. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
D. Semua salah
Jawaban A. Perencanaan pembelajaran
4. Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang
perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...
A. Perencanaan pembelajaran
B. Pengorganisasian pembelajaran
C. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
D. Pengembangan dan pendampingan profesional guru
Jawaban C. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
5. Tujuan dari implementasi kurikulum operasional yang
disesuaikan dengan kesiapan setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali….
A. agar pendidik dan satuan pendidikan bisa lebih leluasa
dalam mengimplementasi kurikulum operasional
B. agar mengikuti keinginan pemerintah
C. agar disesuaikan dengan kesiapan masing-masing
D. agar satuan pendidikan lebih percaya diri dalam
mengimplementasi kurikulum operasional
Jawaban B. agar mengikuti keinginan pemerintah
6. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik
dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
A. Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan
kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik
efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.
B. Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan
dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi
kebutuhan belajar peserta didik.
C. Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan
di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip
penyusunan.
D. Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan
kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.
Jawaban A. Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan
kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik
efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.
7. Profil pelajar Pancasila dapat terbangun/tercapai pada
diri peserta didik apabila pengorganisasian pembelajaran dapat mengoptimalkan:
A. Projek penguatan profil pelajar Pancasila
B. Kegiatan intrakurikuler
C. Kegiatan ekstrakurikuler
D. Jawaban a, b dan c benar
Jawaban D. Jawaban a, b dan c benar
8. Berikut ini yang tidak perlu dilakukan oleh pendidik
dalam perencanaan pembelajaran adalah
A. Merumuskan Capaian Pembelajaran
B. Membuat tujuan pembelajaran
C. Menentukan metode pembelajaran
D. Menentukan sumber-sumber pembelajaran
Jawaban A. Merumuskan Capaian Pembelajaran
9. Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan
dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...
A. Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
B. Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
C. Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para
pendidik
D. Semua benar
Jawaban C. Melakukan refleksi mandiri dengan
melibatkan para pendidik
10. Pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan
harus mampu memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan
belajar, serta kepentingan peserta didik. Pernyataan diatas sesuai dengan
prinsip....
A. esensial
B. akuntabel
C. berpusat pada murid
D. melibatkan berbagai pemangku kepentingan
Jawaban C. berpusat pada murid
11. Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor
eksternal yang dapat dianalisis adalah sebagai berikut, kecuali …
A. Potensi daerah
B. Sosial ekonomi
C. Budaya
D. Keunggulan sekolah
Jawaban D. Keunggulan sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar