Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Modul 2

 

Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Modul 2

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

Latihan Pemahaman : Berikut yang BUKAN merupakan prinsip dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...

a. Terukur

b. Esensial

c. Akuntabel

d. Kontekstual

Jawab : a Terukur

 

Cerita Reflektif : Pada materi ini tidak ada cerita reflektif. Silahkan tuliskan tanda '-' pada kotak yang disediakan.

 

Jawab : '-'

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Komponen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

 

Latihan Pemahaman : 

1. Berikut ini merupakan komponen kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …

a. Karakteristik satuan pendidikan

b. Pengorganisasian pembelajaran

c. Perencanaan pembelajaran

d. Evaluasi pembelajaran

Jawab : d Evaluasi pembelajaran

 

 

2. Berikut ini yang merupakan komponen yang ditinjau setiap tahun pada kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah…

a. Pengorganisasian pembelajaran

b. Perencanaan pembelajaran

c. Pilihan a dan b benar

d. Pilihan a dan b salah

Jawab : c Pilihan a dan b benar

 

Cerita Reflektif : Hal baru apa yang Anda pelajari pada materi ini?

 

Jawab : Memahami KOSP yang terdiri dari 4 komponen, yaitu:

1. Karakteristik satuan pendidikan

2. Visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan

3. Pengorganisasian pembelajaran

4. Perencanaan pembelajaran

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Implementasi Kurikulum Operasional Berdasarkan Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan

 

Latihan Pemahaman : 

1. Dalam mengembangkan kurikulum operasional, setiap satuan pendidikan merdeka dalam menentukan tahap kesiapan masing-masing.

a. Benar

b. Salah

Jawab : a. Benar

 

2. Yang harus dilakukan kepala satuan pendidikan untuk menentukan kesiapan satuan pendidikannya dalam merancang kurikulum operasional adalah ….

a. Menentukan sendiri

b. Refleksi bersama para tenaga pendidik

c. Mengikuti sekolah tetangga

d. Menggunakan intuisi

Jawab : b Refleksi bersama para tenaga pendidik

 

Soal Post Test dan Jawaban Modul 2 Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Topik 36 PMM

1. Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:

 

Sekolah A

Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.

Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan pembelajaran

Sekolah B

Mengembangkan kurikulum operasional sendiri

Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri

Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?

A. Sekolah A

B. Sekolah B

C. Keduanya Benar

D. Tidak ada yang benar

Jawaban C. Keduanya Benar

 

2. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan prinsip 'Esensial' dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...

A. Memasukkan semua data agar KOSP terlihat tebal.

B. Melakukan pemetaan minat dan bakat peserta didik dalam merancang program ekstrakurikuler.

C. Mengadopsi KOSP satuan pendidikan lain tanpa menyesuaikan dengan kondisi riil satuan pendidikan.

D. Melibatkan kepala sekolah, pendidik, komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan.

 

3. Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap tahun yaitu...

A. Perencanaan pembelajaran

B. Karakteristik satuan pendidikan

C. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan

D. Semua salah

Jawaban A. Perencanaan pembelajaran

 

4. Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...

A. Perencanaan pembelajaran

B. Pengorganisasian pembelajaran

C. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan

D. Pengembangan dan pendampingan profesional guru

Jawaban C. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan

 

5. Tujuan dari implementasi kurikulum operasional yang disesuaikan dengan kesiapan setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali….

A. agar pendidik dan satuan pendidikan bisa lebih leluasa dalam mengimplementasi kurikulum operasional

B. agar mengikuti keinginan pemerintah

C. agar disesuaikan dengan kesiapan masing-masing

D. agar satuan pendidikan lebih percaya diri dalam mengimplementasi kurikulum operasional

Jawaban B. agar mengikuti keinginan pemerintah

 

6. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...

A. Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.

B. Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

C. Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.

D. Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.

Jawaban A. Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.

 

 

7. Profil pelajar Pancasila dapat terbangun/tercapai pada diri peserta didik apabila pengorganisasian pembelajaran dapat mengoptimalkan:

A. Projek penguatan profil pelajar Pancasila

B. Kegiatan intrakurikuler

C. Kegiatan ekstrakurikuler

D. Jawaban a, b dan c benar

Jawaban D. Jawaban a, b dan c benar

 

8. Berikut ini yang tidak perlu dilakukan oleh pendidik dalam perencanaan pembelajaran adalah 

A. Merumuskan Capaian Pembelajaran

B. Membuat tujuan pembelajaran

C. Menentukan metode pembelajaran

D. Menentukan sumber-sumber pembelajaran

Jawaban A. Merumuskan Capaian Pembelajaran

 

9. Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...

A. Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat

B. Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah

C. Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik

D. Semua benar

Jawaban C. Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik

 

10. Pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan harus mampu memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Pernyataan diatas sesuai dengan prinsip....

A. esensial

B. akuntabel

C. berpusat pada murid

D. melibatkan berbagai pemangku kepentingan

Jawaban C. berpusat pada murid

 

 

11. Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis adalah sebagai berikut, kecuali …

A. Potensi daerah

B. Sosial ekonomi

C. Budaya

D. Keunggulan sekolah

Jawaban D. Keunggulan sekolah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...