Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi] Modul 2 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

 

Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi]

Modul 2

Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

1. Berikut ini, strategi yang tepat dalam melakukan pembelajaran pada kelompok penguasaan huruf ialah ....

a. mengenalkan huruf dari kata-kata yang peserta didik kenal

b. mengenalkan suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna

c. mengenalkan kata yang berhubungan dengan konteks tertentu

d. meminta peserta didik membaca buku cerita secara mandiri

Reflektif :

Kesulitan apa yang pernah ibu dan bapak hadapi saat belajar membaca dahulu?

Jawaban : Merangkai kata pada huruf yang berakhiran konsonan dan menggabungkan suatu kata tertentu.

Jawaban: A

2. Berikut merupakan variasi kegiatan dalam kelompok suku kata, kecuali ....

a. mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, i, m, n dan t

b. membuat kata dari suku-suku kata

c. menghitung jumlah suku kata dengan menggunakan tutup botol

d. mengenali suku-suku kata sebagai agian dari kata bermakna

Jawaban: A

Reflektif : Pengalaman kegiatan membaca menarik apa yang pernah ibu dan bapak rasakan di kelas?

Jawaban : Pengalaman kegiatan membaca menarik yang pernah saya rasakan di kelas adalah membaca dengan memperagakan isi bacaan.

3. Selain belajar memahami makna kata, pada kelompok kata, peserta didik juga belajar memahami bahwa ....

a. kalimat adalah serangkaian kata bermakna yang memiliki struktur

b. huruf memiliki nama dan bunyi yang berbeda

c. kata yang jarang dijumpai lebih sulit untuk dibaca

d. kalimat harus dibaca dengan tepat sesuai dengan tanda baca

Jawaban: A

Hal tersulit apa yang ibu dan bapak temukan saat membimbing siswa membaca?

Jawaban : Siswa cepat merasa bosan ketika diajarkan. Siswa kesulitan dalam merangkai huruf. Siswa kesulitan dalam membaca kata dasar. Siswa lambat dalam mengeja huruf pada kata yang dibaca.

4. Peserta didik perlu belajar untuk membaca menggunakan tanda baca yang tepat, agar ....

a. peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan

b. pendengar dapat memahami informasi yang disampaikan dengan lebih baik

c. sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan

d. pendidik dapat memberikan nilai yang bagus pada peserta didik

Jawaban: B

Refleksi

Hal apa yang memotivasi ibu dan bapak untuk membaca?

Jawaban : memahami manfaat dari membaca, maka akan menyadari betapa pentingnya membaca dan ketertarikannya akan semakin tinggi untuk membaca. Untuk meningkatkan minat baca Ibu dan Bapak, maka hendaknya kita wajib membangun lingkungan yang positif dengan ajakan dan dorongan tingkat baca yang tinggi.

 

 

1. Variasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam kelompok penguasaan huruf adalah...
a. Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, b, i, k, dan m
b. Mengenal huruf dari kata-kata yang menantang
c. Menghitung jumlah huruf dengan bertepuk tangan
d. Mengenal suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna

Jawaban : A

2. Selama kegiatan terdiferensiasi, sebaiknya ibu dan bapak guru menggunakan kata yang sering dijumpai oleh peserta didik. Misalnya, kata dari buku cerita yang sedang digunakan.
Pernyataan di atas adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban : A

3. Dalam kegiatan terdiferensiasi pada kelompok kata, pendidik hanya dapat menggunakan satu jenis kegiatan saja.
Pernyataan di atas adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban : B

4. Aden sudah fasih dalam membaca kata dan memahami makna kata. Aden pun sudah memahami bahwa kalimat terdiri dari serangkaian kata dan memiliki struktur. Maka, pada kegiatan membaca Aden dapat masuk ke dalam kelompok...

a. Penguasaan huruf
b. Suku kata
c. Kata
d. Membaca lancar

Jawaban : D

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...