Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan
dengan Inovasi]
Modul 2
Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Dekoding
1.
Berikut ini, strategi yang tepat dalam melakukan pembelajaran pada kelompok
penguasaan huruf ialah ....
a.
mengenalkan huruf dari kata-kata yang peserta didik kenal
b.
mengenalkan suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna
c.
mengenalkan kata yang berhubungan dengan konteks tertentu
d. meminta
peserta didik membaca buku cerita secara mandiri
Reflektif
:
Kesulitan
apa yang pernah ibu dan bapak hadapi saat belajar membaca dahulu?
Jawaban
: Merangkai kata
pada huruf yang berakhiran konsonan dan menggabungkan suatu kata tertentu.
Jawaban:
A
2. Berikut
merupakan variasi kegiatan dalam kelompok suku kata, kecuali ....
a. mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, i, m, n dan t
b.
membuat kata dari suku-suku kata
c. menghitung
jumlah suku kata dengan menggunakan tutup botol
d. mengenali suku-suku
kata sebagai agian dari kata bermakna
Jawaban:
A
Reflektif
: Pengalaman kegiatan membaca menarik
apa yang pernah ibu dan bapak rasakan di kelas?
Jawaban : Pengalaman kegiatan membaca menarik yang pernah
saya rasakan di kelas adalah membaca dengan memperagakan isi bacaan.
3. Selain
belajar memahami makna kata, pada kelompok kata, peserta didik juga belajar
memahami bahwa ....
a. kalimat
adalah serangkaian kata bermakna yang memiliki struktur
b. huruf
memiliki nama dan bunyi yang berbeda
c. kata yang
jarang dijumpai lebih sulit untuk dibaca
d. kalimat
harus dibaca dengan tepat sesuai dengan tanda baca
Jawaban: A
Hal
tersulit apa yang ibu dan bapak temukan saat membimbing siswa membaca?
Jawaban : Siswa cepat merasa bosan ketika diajarkan.
Siswa kesulitan dalam merangkai huruf. Siswa kesulitan dalam membaca kata
dasar. Siswa lambat dalam mengeja huruf pada kata yang dibaca.
4. Peserta
didik perlu belajar untuk membaca menggunakan tanda baca yang tepat, agar ....
a. peserta
didik mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan
b.
pendengar dapat memahami informasi yang disampaikan dengan lebih baik
c. sesuai
dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan
d.
pendidik dapat memberikan nilai yang bagus pada peserta didik
Jawaban: B
Refleksi
Hal apa yang memotivasi ibu dan bapak
untuk membaca?
Jawaban
: memahami manfaat dari membaca, maka akan menyadari betapa pentingnya membaca
dan ketertarikannya akan semakin tinggi untuk membaca. Untuk meningkatkan minat
baca Ibu dan Bapak, maka hendaknya kita wajib membangun lingkungan yang positif
dengan ajakan dan dorongan tingkat baca yang tinggi.
1.
Variasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam kelompok penguasaan huruf adalah...
a. Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, b, i, k, dan m
b. Mengenal huruf dari kata-kata yang menantang
c. Menghitung jumlah huruf dengan bertepuk tangan
d. Mengenal suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna
Jawaban : A
2. Selama
kegiatan terdiferensiasi, sebaiknya ibu dan bapak guru menggunakan kata yang
sering dijumpai oleh peserta didik. Misalnya, kata dari buku cerita yang sedang
digunakan.
Pernyataan di atas adalah...
a. Benar
b. Salah
Jawaban : A
3. Dalam
kegiatan terdiferensiasi pada kelompok kata, pendidik hanya dapat menggunakan
satu jenis kegiatan saja.
Pernyataan di atas adalah...
a. Benar
b. Salah
Jawaban :
B
4. Aden sudah
fasih dalam membaca kata dan memahami makna kata. Aden pun sudah memahami bahwa
kalimat terdiri dari serangkaian kata dan memiliki struktur. Maka, pada
kegiatan membaca Aden dapat masuk ke dalam kelompok...
a. Penguasaan
huruf
b. Suku kata
c. Kata
d. Membaca lancar
Jawaban : D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar