3 Dosa Pendidikan: Intoleransi
Modul 3
Tegas Tanpa Bias
1. Dalam
modul ini merupakan mengulas konsep tentang
A. Jenis-
jenis bias dan contohnya
B. Kenapa
orang memiliki bias
C. Bias pada
aktivitas belajar
D.
Karakteristik orang yang memiliki bias
Jawaban:
A. Jenis- jenis bias dan contohnya
Cobalah
mengingat! Apakah pada dikala mengajar Kamu sempat mengerjakan salah satu bias
yang tadi disebutkan? Gimana biar tidak terulang lagi?
Jawaban:
Sempat mengerjakan salah satu bias. Biar tidak terulang lagi dengan berdialog
langsung secara individu pada kedua belah pihak yang lagi berseteru. Setelah
itu tidak memandang latar balik nilai serta Kerutinan mereka.
1. Tentang
ilham utama modul yang dibahas pada video ini yaitu
A. Kenapa
manusia memiliki rasa benci
B. Buat
menjauhi kebencian
C. Akibat dan
bahaya dari suatu bias kecil melalui piramida kebencian
D. Terdapatnya kejahatan besar, berawal dari yang kecil
Jawaban :
C. Akibat dan bahaya dari suatu bias kecil melalui piramida kebencian
1. Langkah
dini apakah yang hendak Kamu ambil buat meruntuhkan piramida kebencian?
Jawaban:
Dengan metode mencari ketahui data yang pas serta akurat menimpa kebencian itu.
1. Dalam
modul video merupakan mangulas tentang
A. 6 Panduan
ataupun metode melindungi prasangka
B.
Langkah yang berarti dicoba buat melenyapkan prasangka dan bias
C. Ikatan
antara prasangka
Jawaban: B.
Langkah yang berarti dicoba buat melenyapkan prasangka dan bias
1. Inisiatif aktivitas apa yang hendak Kamu kerjakan buat meruntuhkan prasangka
di kelas pula sekolah?
Jawaban:
Dengan metode melaksanakan refleksi biar bisa meruntuhkan prasangka di kelas
pula sekolah.
Soal dan jawaban Post
Test Modul 3 Tegas Tanpa Bias
1. Berikut dampak
berbahaya dari bias, adalah…
A. Membuat keputusan yang
salah dan tidak adil
B. Memicu tindakan
diskriminasi
C. Salah satu akar
tindakan intoleransi
D. Semua benar
Jawaban D. Semua benar
2. Saat Isma tidak
mengikuti pelajaran olahraga, Pak Jaka langsung memarahi Isma di depan
teman-temannya. Padahal sebenarnya, Isma sedang tidak enak badan. Perilaku Pak
Jaka adalah contoh yang berlawanan dengan langkah…
A. Menerima
B. Mengakui
C. Terus belajar
D. Mempertanyakan pilihan
Jawaban C. Terus
belajar
3. Ibu Ambar menyukai cara
Andre mengorganisasi dan rapi dalam membuat notulensi diskusi kelas. Namun,
karena Sinta adalah sekretaris kelas, Ibu Ambar tidak meminta Andre. Ibu Ambar
jadi berpikir. Mengapa selama ini tugas sekretaris seringkali diberikan kepada
murid perempuan. Padahal murid laki-laki mungkin saja memiliki kompetensi yang
sama baiknya, seperti Andre. Perilaku Ibu Ambar merupakan contoh dari…
A. Refleksi
B. Menyadari
C. Terus belajar
D. Renungan harian
Jawaban B. Menyadari
4. Menganggap kelompoknya
yang terbaik/benar/mutlak, sehingga tercipta persepsi bahwa kelompok lain salah
adalah…
A. Confirmation bias
B. Bias mengabaikan
kemungkinan
C. Ingroup bias
D. Negativity bias
Jawaban A. Confirmation
bias
5. Tingkatan piramida
kebencian yang paling parah dari segi tindakan dan kerusakannya adalah…
A. Prasangka
B. Genosida
C. Diskriminasi
D. Kekerasan
Jawaban B. Genosida
6. Beberapa cara yang
tepat dalam menerapkan langkah terus belajar, antara lain…
A. Meminta pendapat guru lain
mengenai murid, dan mencatat hal menarik yang perlu diperhatikan
B. Bertanya dan
berdialog langsung dengan murid, sambil melakukan pendataan mengenai diri, asal
dan kondisi murid
C. Meminta murid membuat
rangkuman yang menarik mengenai daerah asalnya
D. Mengikuti akun sosial
media murid, dan memeriksanya secara berkala
Jawaban B. Bertanya dan
berdialog langsung dengan murid, sambil melakukan pendataan mengenai diri, asal
dan kondisi murid
7. Kecenderungan untuk
mencari bukti-bukti yang sesuai dengan pendapat pribadi tanpa mencari
bukti-bukti yang berlawanan, adalah…
A. Bias mengabaikan
kemungkinan
B. Confirmation bias
C. Status quo bias
D. Ingroup bias
Jawaban B. Confirmation
bias
Tidak ada komentar:
Posting Komentar