Modul 3 Tegas Tanpa Bias

 3 Dosa Pendidikan: Intoleransi

Modul 3

Tegas Tanpa Bias

Latihan Pemahaman

1. Dalam modul ini merupakan mengulas konsep tentang

A. Jenis- jenis bias dan contohnya

B. Kenapa orang memiliki bias

C. Bias pada aktivitas belajar

D. Karakteristik orang yang memiliki bias

Jawaban: A. Jenis- jenis bias dan contohnya

Cerita Reflektif

Cobalah mengingat! Apakah pada dikala mengajar Kamu sempat mengerjakan salah satu bias yang tadi disebutkan? Gimana biar tidak terulang lagi?

Jawaban: Sempat mengerjakan salah satu bias. Biar tidak terulang lagi dengan berdialog langsung secara individu pada kedua belah pihak yang lagi berseteru. Setelah itu tidak memandang latar balik nilai serta Kerutinan mereka.

Latihan Pemahaman

1. Tentang ilham utama modul yang dibahas pada video ini yaitu

A. Kenapa manusia memiliki rasa benci

B. Buat menjauhi kebencian

C. Akibat dan bahaya dari suatu bias kecil melalui piramida kebencian

D. Terdapatnya kejahatan besar, berawal dari yang kecil

Jawaban : C. Akibat dan bahaya dari suatu bias kecil melalui piramida kebencian

Cerita Reflektif

1. Langkah dini apakah yang hendak Kamu ambil buat meruntuhkan piramida kebencian?

Jawaban: Dengan metode mencari ketahui data yang pas serta akurat menimpa kebencian itu.

Latihan Pemahaman

1. Dalam modul video merupakan mangulas tentang

A. 6 Panduan ataupun metode melindungi prasangka

B. Langkah yang berarti dicoba buat melenyapkan prasangka dan bias

C. Ikatan antara prasangka

Jawaban: B. Langkah yang berarti dicoba buat melenyapkan prasangka dan bias

Cerita Reflektif

1. Inisiatif aktivitas apa yang hendak Kamu kerjakan buat meruntuhkan prasangka di kelas pula sekolah?

Jawaban: Dengan metode melaksanakan refleksi biar bisa meruntuhkan prasangka di kelas pula sekolah.

 

 

Soal dan jawaban Post Test Modul 3 Tegas Tanpa Bias

1. Berikut dampak berbahaya dari bias, adalah…

A. Membuat keputusan yang salah dan tidak adil

B. Memicu tindakan diskriminasi

C. Salah satu akar tindakan intoleransi

D. Semua benar

Jawaban D. Semua benar

 

2. Saat Isma tidak mengikuti pelajaran olahraga, Pak Jaka langsung memarahi Isma di depan teman-temannya. Padahal sebenarnya, Isma sedang tidak enak badan. Perilaku Pak Jaka adalah contoh yang berlawanan dengan langkah…

A. Menerima

B. Mengakui

C. Terus belajar

D. Mempertanyakan pilihan

Jawaban C. Terus belajar

 

3. Ibu Ambar menyukai cara Andre mengorganisasi dan rapi dalam membuat notulensi diskusi kelas. Namun, karena Sinta adalah sekretaris kelas, Ibu Ambar tidak meminta Andre. Ibu Ambar jadi berpikir. Mengapa selama ini tugas sekretaris seringkali diberikan kepada murid perempuan. Padahal murid laki-laki mungkin saja memiliki kompetensi yang sama baiknya, seperti Andre. Perilaku Ibu Ambar merupakan contoh dari…

A. Refleksi

B. Menyadari

C. Terus belajar

D. Renungan harian

Jawaban B. Menyadari

 

4. Menganggap kelompoknya yang terbaik/benar/mutlak, sehingga tercipta persepsi bahwa kelompok lain salah adalah…

A. Confirmation bias

B. Bias mengabaikan kemungkinan

C. Ingroup bias

D. Negativity bias

Jawaban A. Confirmation bias

 

5. Tingkatan piramida kebencian yang paling parah dari segi tindakan dan kerusakannya adalah…

A. Prasangka

B. Genosida

C. Diskriminasi

D. Kekerasan

Jawaban B. Genosida

 

6. Beberapa cara yang tepat dalam menerapkan langkah terus belajar, antara lain…

A. Meminta pendapat guru lain mengenai murid, dan mencatat hal menarik yang perlu diperhatikan

B. Bertanya dan berdialog langsung dengan murid, sambil melakukan pendataan mengenai diri, asal dan kondisi murid

C. Meminta murid membuat rangkuman yang menarik mengenai daerah asalnya

D. Mengikuti akun sosial media murid, dan memeriksanya secara berkala

Jawaban B. Bertanya dan berdialog langsung dengan murid, sambil melakukan pendataan mengenai diri, asal dan kondisi murid

 

7. Kecenderungan untuk mencari bukti-bukti yang sesuai dengan pendapat pribadi tanpa mencari bukti-bukti yang berlawanan, adalah…

A. Bias mengabaikan kemungkinan

B. Confirmation bias

C. Status quo bias

D. Ingroup bias

Jawaban B. Confirmation bias

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...