3 Dosa Pendidikan Perundungan
Modul 2
Adakah
Perundungan di Sekolahku?
A.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa itu Perundungan?
Latihan Pemahaman :
1. Apa indikator dari perundungan?
a. Tindakan yang disengaja
b. Adanya ketidakseimbangan kekuatan
c. Dilakukan secara berulang
d. Semua benar
Jawab : d Semua
benar
2. Yang termasuk jenis-jenis perundungan dari pilihan berikut adalah...
a. Perundungan Fisik
b. Perundungan Daring
c. Perundungan Verbal
d. Benar semua
Jawab : d Benar
semua
3. Perundungan dapat terjadi di:
a. Area publik
b. Dunia maya
c. Rumah
d. Semua benar
Jawab : d Semua
benar
4. Jika pendidik melihat situasi perundungan dan tidak mengambil
tindakan, peran apakah yang diemban pendidik?
a. Pelaku
b. Korban
c. Bystander aktif
d. Bystander pasif
Jawab : d Bystander
pasif
Cerita Reflektif : Saat bersekolah dahulu, apakah Anda
pernah terlbat dalam kejadian perundungan? Ceritakan peranmu dalam kejadian
tersebut.
Jawab : Pernah.
Saya menjadi korban perundungan fisik yang diistilahkan sebagai
"kleang" atau sampah daun. Mereka mengatakan hal tersebutll karena
menganggap saya kurus, tipis, hitam, dan kecil
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita
Reflektif Materi Mitos dan Fakta Mengenai Perundungan
Latihan Pemahaman :
Jika didiamkan saja, kasus perundungan akan…
a. Berhenti dengan sendirinya
b. Memiliki dampak lebih ringan terhadap korban
c. Terkesan seolah dibenarkan oleh lingkungan
d. Membangun karakter korban
Jawab : c Terkesan
seolah dibenarkan oleh lingkungan
Cerita Reflektif : Ceritakan salah satu mitos mengenai
perundungan yang pernah Anda saksikan atau alami.
Jawab : Mendeskripsikan
seseorang sesuai dengan ciri fisik yang sesungguhnya dengan bahasa yang kurang
baik dianggap lumrah dan tidak salah
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik 3 Dosa
Pendidikan: Perundungan Modul 2
1. Orang yang sering menyalahkan orang lain dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk perundungan disebut...
a.Bystander aktif
b.Pelaku
c.Korban
d.Bystander pasif
Jawaban : Bystander pasif
2. Apa yang membedakan perundungan dari lelucon belaka?
a.Menimbulkan kerugian
b.Menyakiti seseorang
c.Korban tidak menganggap lucu ulah pelaku
d.Semua benar
Jawaban : Korban tidak menganggap lucu
ulah pelaku
3. Di Indonesia, kebijakan yang pernah dan sedang mengatur tentang perundungan di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut, kecuali….
a.Undang-Undang No. 35 tahun 2014
b.Permendikbud No. 82 Tahun 2015
c.Undang-Undang No. 34 tahun 2015
d.Undang-Undang No. 23 Tahun 2002
Jawaban : Undang-Undang No. 34 tahun 2015
4. Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….
A. Kemudahan dan Keamanan
B. Kemudahan dan Kerahasiaan
C. Kerahasiaan dan Keamanan
D. Kerahasiaan dan Pengertian
Jawab : B. Kemudahan dan
Kerahasiaan
5. Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus
mempertimbangkan…
A. Ranking di kelas
B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas
C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah
D. Akreditasi sekolah
Jawab : B Kesesuaian
tindakan dan proporsionalitas
6. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi
korban perundungan adalah…
A. Beasiswa pendidikan
B. Voucher membeli buku gratis
C. Bantuan alat belajar
D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis
Jawab : D Rujukan
dan pembiayaan konseling gratis
7. Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat
melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…
A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat
B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban
C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas
D. Berdiskusi dengan orang tua korban
Jawab : B Mendiskusikan
kebutuhan akademis korban
8. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi
pelaku perundungan adalah…
A. Keluarga dan sekolah
B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya
C. Tayangan di media massa
D. Semua benar
Jawab : D Semua
benar
9. Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya
perundungan?
A. Guru
B. Teman sekelas korban
C. Perundung
D. Semua salah
Jawab : D Semua
salah
10. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal
pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...
A. Melaporkan ke kepolisian
B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan
Jawab : B Melihat
kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
11. Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah...
A. Menyalahkannya karena bersikap pasif
B. Menanyakan kondisinya
C. Acuh atas keberadaannya
D. Ikut menghukum bystander
Jawab : B Menanyakan
kondisinya
12. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial
yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?
A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman
dekatnya.
B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan.
C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi
D. Semua benar
Jawab : D Semua
benar
13. Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan
pada pelaku perundungan adalah...
A. Kurang berempati
B. Mengganggu teman-teman
C. Tidak peduli perasaan orang lain
D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah
Jawab : D Sering
mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah
14. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?
A. Melaporkan perundungan
B. Menghiraukan korban
C. Menghiraukan perundungan
D. Menghentikan tindakan perundungan
Jawab : A Melaporkan
perundungan
A. Kemudahan dan Keamanan
B. Kemudahan dan Kerahasiaan
C. Kerahasiaan dan Keamanan
D. Kerahasiaan dan Pengertian
Jawab : B Kemudahan
dan Kerahasiaan
16. Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…
A. Ranking di kelas
B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas
C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah
D. Akreditasi sekolah
Jawab : B Kesesuaian
tindakan dan proporsionalitas
17. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…
A. Beasiswa pendidikan
B. Voucher membeli buku gratis
C. Bantuan alat belajar
D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis
Jawab : D Rujukan
dan pembiayaan konseling gratis
18. Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…
A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat
B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban
C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas
D. Berdiskusi dengan orang tua korban
Jawab : B Mendiskusikan
kebutuhan akademis korban
19. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…
A. Keluarga dan sekolah
B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya
C. Tayangan di media massa
D. Semua benar
Jawab : D Semua
benar
20. Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya perundungan?
A. Guru
B. Teman sekelas korban
C. Perundung
D. Semua salah
Jawab : D Semua
salah
21. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...
A. Melaporkan ke kepolisian
B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan
Jawab : B Melihat
kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
22. Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah...
A. Menyalahkannya karena bersikap pasif
B. Menanyakan kondisinya
C. Acuh atas keberadaannya
D. Ikut menghukum bystander
Jawab : B Menanyakan
kondisinya
23. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?
A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman
dekatnya.
B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan.
C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi
D. Semua benar
Jawab : D Semua
benar
24. Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah...
A. Kurang berempati
B. Mengganggu teman-teman
C. Tidak peduli perasaan orang lain
D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah
Jawab : D Sering
mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah
25. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?
A. Melaporkan perundungan
B. Menghiraukan korban
C. Menghiraukan perundungan
D. Menghentikan tindakan perundungan
Jawab : A Melaporkan
perundungan
A. Korban biasanya adalah orang yang terisolasi
dalam lingkungan sosial
B. Korban biasanya adalah orang memiliki trauma
masa kecil
C. Korban biasanya adalah orang yang superior dan
memiliki banyak teman bahkan populer di sekolah
D. Korban biasanya adalah orang yang terlihat
murung dan tidak senang bergaul di sekolah
Jawaban C. Korban biasanya adalah orang
yang superior dan memiliki banyak teman bahkan populer di sekolah
A. Tidak selalu terlihat langsung
B. Tidak meninggalkan luka emosional
C. Wajar terjadi
D. Merupakan lelucon peserta didik
Jawaban A. Tidak selalu terlihat langsung
A. Dilakukan secara berulang
B. Anonimitas
C. Tindakan yang disengaja
D. Adanya ketidakseimbangan kekuatan
Jawaban B. Anonimitas
A. Tiko memerintah adik kelasnya membelikan
cemilan di kantin
B. Doni memerintah temannya untuk membawakan tas
Doni yang berat dari sekolah sampai rumah, tanpa alasan darurat
C. Joni memukuli Soni yang melihat dia merokok di
sekolah
D. a dan b benar
Jawaban D. a dan b benar
A. Cemas berlebihan
B. Percaya diri
C. Enggan bersosialisasi
D. Rendah diri
Jawaban B. Percaya diri
A. Toni bertanding sepak bola dengan sekolah lain
B. Ani diejek teman kelasnya karena berhidung
pesek
C. Foto-foto Nuna sedang menangis disebar di
media sosial
D. Tidak ada yang benar
Jawaban C. Foto-foto Nuna sedang menangis
disebar di media sosial
A. Banu memukul Doni dan memaksa agar Doni mau
diperintah untuk membeli makanan di kantin
B. Seorang anak yang menjelek-jelekkan tubuh
seseorang hanya karena dia berbadan gemuk
C. Komentar negatif di akun Tiktok
D. Komentar negatif di akun Instagram
Jawaban A. Banu memukul Doni dan memaksa
agar Doni mau diperintah untuk membeli makanan di kantin
A. Ia takut bahwa ia akan menjadi target
perundungan berikutnya jika membela temannya
B. Ia tidak mau repot dan ikut campur urusan
orang lain
C. Ia tidak mengetahui bahwa suatu perilaku
adalah perundungan dan merupakan hal yang tidak benar
D. Semua benar
Jawaban D. Semua benar
A. Menimbulkan kerugian
B. Menyakiti seseorang
C. Korban tidak menganggap lucu ulah pelaku
D. Semua benar
Jawaban C. Korban tidak menganggap lucu
ulah pelaku
A. Memberikan komentar negatif dengan akun anonim
B. Menyebarluaskan informasi palsu tentang
seseorang
C. Membuat akun palsu
D. a dan b benar
Jawaban D. a dan b benar
A. Langsung dan tidak langsung
B. Baik dan buruk
C. Digital dan analog
D. Cepat dan lambat
Jawaban B. Baik dan buruk
37. Apa dampak dari kasus perundungan?
Jawab: D. Semua Benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar