Adakah Perundungan di Sekolahku?

3 Dosa Pendidikan  Perundungan

Modul 2

Adakah Perundungan di Sekolahku?

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa itu Perundungan?

Latihan Pemahaman : 

1. Apa indikator dari perundungan?

a. Tindakan yang disengaja

b. Adanya ketidakseimbangan kekuatan

c. Dilakukan secara berulang

d. Semua benar

Jawab : d Semua benar

 2. Yang termasuk jenis-jenis perundungan dari pilihan berikut adalah...

a. Perundungan Fisik

b. Perundungan Daring

c. Perundungan Verbal

d. Benar semua

Jawab : d Benar semua

 

3. Perundungan dapat terjadi di:

a. Area publik

b. Dunia maya

c. Rumah

d. Semua benar

Jawab : d Semua benar

4. Jika pendidik melihat situasi perundungan dan tidak mengambil tindakan, peran apakah yang diemban pendidik?

a. Pelaku

b. Korban

c. Bystander aktif

d. Bystander pasif

Jawab : d Bystander pasif

Cerita Reflektif : Saat bersekolah dahulu, apakah Anda pernah terlbat dalam kejadian perundungan? Ceritakan peranmu dalam kejadian tersebut.

Jawab : Pernah. Saya menjadi korban perundungan fisik yang diistilahkan sebagai "kleang" atau sampah daun. Mereka mengatakan hal tersebutll karena menganggap saya kurus, tipis, hitam, dan kecil

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mitos dan Fakta Mengenai Perundungan

 

Latihan Pemahaman :

Jika didiamkan saja, kasus perundungan akan…

a. Berhenti dengan sendirinya

b. Memiliki dampak lebih ringan terhadap korban

c. Terkesan seolah dibenarkan oleh lingkungan

d. Membangun karakter korban

Jawab : c Terkesan seolah dibenarkan oleh lingkungan

Cerita Reflektif : Ceritakan salah satu mitos mengenai perundungan yang pernah Anda saksikan atau alami.

Jawab : Mendeskripsikan seseorang sesuai dengan ciri fisik yang sesungguhnya dengan bahasa yang kurang baik dianggap lumrah dan tidak salah

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan Modul 2

1. Orang yang sering menyalahkan orang lain dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk perundungan disebut...

a.Bystander aktif

b.Pelaku

c.Korban

d.Bystander pasif

Jawaban :  Bystander pasif

2. Apa yang membedakan perundungan dari lelucon belaka?

a.Menimbulkan kerugian

b.Menyakiti seseorang

c.Korban tidak menganggap lucu ulah pelaku

d.Semua benar

Jawaban : Korban tidak menganggap lucu ulah pelaku

3. Di Indonesia, kebijakan yang pernah dan sedang mengatur tentang perundungan di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut, kecuali….

a.Undang-Undang No. 35 tahun 2014

b.Permendikbud No. 82 Tahun 2015

c.Undang-Undang No. 34 tahun 2015

d.Undang-Undang No. 23 Tahun 2002

Jawaban : Undang-Undang No. 34 tahun 2015

 4. Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….

A. Kemudahan dan Keamanan

B. Kemudahan dan Kerahasiaan

C. Kerahasiaan dan Keamanan

D. Kerahasiaan dan Pengertian

Jawab : B. Kemudahan dan Kerahasiaan

5. Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…

A. Ranking di kelas

B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas

C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah

D. Akreditasi sekolah

Jawab : B Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas

6. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…

A. Beasiswa pendidikan

B. Voucher membeli buku gratis

C. Bantuan alat belajar

D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

Jawab : D Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

7. Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…

A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat

B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban

C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas

D. Berdiskusi dengan orang tua korban

Jawab : B Mendiskusikan kebutuhan akademis korban

8. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…

A. Keluarga dan sekolah

B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya

C. Tayangan di media massa

D. Semua benar

Jawab : D Semua benar

9. Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya perundungan?

A. Guru

B. Teman sekelas korban

C. Perundung

D. Semua salah

Jawab : D Semua salah

10. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...

A. Melaporkan ke kepolisian

B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak

D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan

Jawab : B Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

11. Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah...

A. Menyalahkannya karena bersikap pasif

B. Menanyakan kondisinya

C. Acuh atas keberadaannya

D. Ikut menghukum bystander

Jawab : B Menanyakan kondisinya

12. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?

A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya.

B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan.

C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi

D. Semua benar

Jawab : D Semua benar

13. Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah...

A. Kurang berempati

B. Mengganggu teman-teman

C. Tidak peduli perasaan orang lain

D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

Jawab : D Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

14. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?

A. Melaporkan perundungan

B. Menghiraukan korban

C. Menghiraukan perundungan

D. Menghentikan tindakan perundungan

Jawab : A Melaporkan perundungan

 15. Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….

A. Kemudahan dan Keamanan

B. Kemudahan dan Kerahasiaan

C. Kerahasiaan dan Keamanan

D. Kerahasiaan dan Pengertian

Jawab : B Kemudahan dan Kerahasiaan

 16. Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…

A. Ranking di kelas

B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas

C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah

D. Akreditasi sekolah

Jawab : B Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas

 17. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…

A. Beasiswa pendidikan

B. Voucher membeli buku gratis

C. Bantuan alat belajar

D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

Jawab : D Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

 18. Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…

A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat

B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban

C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas

D. Berdiskusi dengan orang tua korban

Jawab : B Mendiskusikan kebutuhan akademis korban

 19. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…

A. Keluarga dan sekolah

B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya

C. Tayangan di media massa

D. Semua benar

Jawab : D Semua benar

 20. Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya perundungan?

A. Guru

B. Teman sekelas korban

C. Perundung

D. Semua salah

Jawab : D Semua salah

 21. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...

A. Melaporkan ke kepolisian

B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak

D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan

Jawab : B Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

 22. Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah...

A. Menyalahkannya karena bersikap pasif

B. Menanyakan kondisinya

C. Acuh atas keberadaannya

D. Ikut menghukum bystander

Jawab : B Menanyakan kondisinya

 23. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?

A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya.

B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan.

C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi

D. Semua benar

Jawab : D Semua benar

 24. Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah...

A. Kurang berempati

B. Mengganggu teman-teman

C. Tidak peduli perasaan orang lain

D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

Jawab : D Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

 25. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?

A. Melaporkan perundungan

B. Menghiraukan korban

C. Menghiraukan perundungan

D. Menghentikan tindakan perundungan

Jawab : A Melaporkan perundungan

 26. Di bawah ini yang bukan merupakan fakta mengenai korban perundungan adalah...

A. Korban biasanya adalah orang yang terisolasi dalam lingkungan sosial

B. Korban biasanya adalah orang memiliki trauma masa kecil

C. Korban biasanya adalah orang yang superior dan memiliki banyak teman bahkan populer di sekolah

D. Korban biasanya adalah orang yang terlihat murung dan tidak senang bergaul di sekolah

Jawaban C. Korban biasanya adalah orang yang superior dan memiliki banyak teman bahkan populer di sekolah

 27. Lengkapi pernyataan berikut dengan fakta perundungan. Perundungan di lingkungan sekolah…

A. Tidak selalu terlihat langsung

B. Tidak meninggalkan luka emosional

C. Wajar terjadi

D. Merupakan lelucon peserta didik

Jawaban A. Tidak selalu terlihat langsung

 28. Cyberbullying atau perundungan di dunia maya memiliki kekhasan dibandingkan perundungan pada umumnya, salah satunya adalah…

A. Dilakukan secara berulang

B. Anonimitas

C. Tindakan yang disengaja

D. Adanya ketidakseimbangan kekuatan

Jawaban B. Anonimitas

 29.  Yang termasuk ‘hazing’ (perpeloncoan) dari kasus-kasus berikut adalah…

A. Tiko memerintah adik kelasnya membelikan cemilan di kantin

B. Doni memerintah temannya untuk membawakan tas Doni yang berat dari sekolah sampai rumah, tanpa alasan darurat

C. Joni memukuli Soni yang melihat dia merokok di sekolah

D. a dan b benar

Jawaban D. a dan b benar

 30. Berikut ini yang bukan merupakan dampak perundungan adalah…

A. Cemas berlebihan

B. Percaya diri

C. Enggan bersosialisasi

D. Rendah diri

Jawaban B. Percaya diri

 31. Di bawah ini yang merupakan contoh perundungan di dunia maya adalah…

A. Toni bertanding sepak bola dengan sekolah lain

B. Ani diejek teman kelasnya karena berhidung pesek

C. Foto-foto Nuna sedang menangis disebar di media sosial

D. Tidak ada yang benar

Jawaban C. Foto-foto Nuna sedang menangis disebar di media sosial

 32. Yang termasuk perundungan fisik dari kasus-kasus berikut adalah…

A. Banu memukul Doni dan memaksa agar Doni mau diperintah untuk membeli makanan di kantin

B. Seorang anak yang menjelek-jelekkan tubuh seseorang hanya karena dia berbadan gemuk

C. Komentar negatif di akun Tiktok

D. Komentar negatif di akun Instagram

Jawaban A. Banu memukul Doni dan memaksa agar Doni mau diperintah untuk membeli makanan di kantin

 33. Yang termasuk fakta mengenai alasan seseorang menjadi penonton/bystander dalam situasi perundungan adalah...

A. Ia takut bahwa ia akan menjadi target perundungan berikutnya jika membela temannya

B. Ia tidak mau repot dan ikut campur urusan orang lain

C. Ia tidak mengetahui bahwa suatu perilaku adalah perundungan dan merupakan hal yang tidak benar

D. Semua benar

Jawaban D. Semua benar

 34. Apa yang membedakan perundungan dari lelucon belaka?

A. Menimbulkan kerugian

B. Menyakiti seseorang

C. Korban tidak menganggap lucu ulah pelaku

D. Semua benar

Jawaban C. Korban tidak menganggap lucu ulah pelaku

 35. Yang termasuk perundungan daring dari kasus-kasus berikut  adalah...

A. Memberikan komentar negatif dengan akun anonim

B. Menyebarluaskan informasi palsu tentang seseorang

C. Membuat akun palsu

D. a dan b benar

Jawaban D. a dan b benar

 36. Cyberbullying atau perundungan di dunia maya dapat terjadi secara...

A. Langsung dan tidak langsung

B. Baik dan buruk

C. Digital dan analog

D. Cepat dan lambat

Jawaban B. Baik dan buruk

37. Apa dampak dari kasus perundungan?

Jawab: D. Semua Benar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...