Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1
"Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil
mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator
ketercapaian tujuan pembelajaran. Lalu apa itu kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran? Apa perbedaannya dengan KKM?
1. Tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Apa Itu Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran?
Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman :
Serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses
peserta didik untuk mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran dikenal dengan
istilah …
A. Kriteria diagnostik tujuan pembelajaran
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
C. Kriteria kelulusan
D. Kriteria pemahaman tujuan pembelajaran
Di bawah ini merupakan pendekatan yang dapat digunakan
pendidik dalam menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, KECUALI…
A. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria
B. Pendekatan menggunakan rubrik
C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio
D. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai
2. Pendekatan untuk Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran
Pendekatan Rubrik
Pendekatan Deskripsi Kriteria
Pendekatan Interval Nilai
Di bawah ini, pernyataan yang paling tepat terkait pendekatan rubrik adalah...
A. Kriteria disusun secara detail untuk setiap murid
B. Capaian kriteria dikonversi dengan angka
C. Kriteria dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman
murid
D. Capaian kriteria disusun berdasarkan materi
Jawaban C. Kriteria dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman murid
Manakah alur yang tepat yang dilakukan Ibu Amrita untuk
membuat deskripsi kriteria?
A. Menyusun kompetensi sesuai dengan kata kerja operasional,
menetapkan instrumen pengukuran dan melakukan pengukuran
B. Memeriksa prasyarat kompetensi, menetapkan indikator
tujuan pembelajaran, menyusun instrumen pengukuran sesuai dengan kompetensi dan
bentuk asesmen
C. Menetapkan tujuan pembelajaran, menyusun kompetensi dan
menentukan kata kerja operasional
D. Menentukan kata kerja operasional, menetapkan tujuan
pembelajaran dan menyusun kompetensi yang sesuai dengan kata kerja operasional
Hal-hal berikut ini yang tidak ditetapkan pada saat membuat
pendekatan interval nilai adalah...
A. Kriteria penilaian
B. Interval nilai
C. Tindak lanjut (misalnya, terkait remedial)
D. Capaian pembelajaran
Jawaban : D. Capaian pembelajaran
Soal Post Test Modul Mengenal Kriteria Ketercapaian
Tujuan Pembelajaran :
1. Fungsi kolom “Kesimpulan” baik pada rubrik, deskripsi
kriteria, dan skala interval nilai berfungsi untuk…
A. Menentukan predikat ‘lulus’ atau ‘tidak lulus’ bagi
peserta didik.
B.Memberikan informasi bahwa peserta didik sudah
mengumpulkan tugasnya
C. Menentukan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik
D. Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus
menunjukkan bentuk intervensi yang perlu dilakukan oleh pendidik
2. Pada pendekatan jenis ini, pendidik menetapkan
serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas,
projek akhir, projek penutup tema, atau apapun yang hendak dinilai. Apa
pendekatan yang dimaksud?
A. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai
B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria
C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio
D. Pendekatan menggunakan rubrik
Jawaban : D. Pendekatan menggunakan rubrik
3. Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat
deskripsi berdasarkan….
A. Performa belajar peserta didik
B. Indikator belajar peserta didik
C. Media belajar peserta didik
D. Model belajar peserta didik
4. Pada tujuan pembelajaran “Peserta didik mampu memahami
dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio” Berikut ini indikator
tujuan pembelajaran yang tepat adalah….
A. Peserta didik mampu menunjukkan bagian teks narasi
B. Peserta didik menjelaskan kembali cerita teks narasi
secara runtut
C. Peserta didik menulis cerita yang dibacakan guru
D. Peserta didik mendengarkan teks narasi yang dibacakan
guru
5. Interval nilai olahraga kasti:
0-40
Belum mencapai, remedial di seluruh bagian
41-75
Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian tertentu
Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial
Di atas ketuntasan, perlu pengayaan
A. Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan
B. Mengulang asesmen untuk seluruh kelas
C. Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara
berlatih berpasangan (sparring partner)
D. Tidak perlu ada pengulangan apapun
6. Dari hasil asesmen olahraga kasti yang dilakukan, Pak
Arto mendapati bahwa mayoritas murid kelas 5 mendapat poin di bawah 75. Bagi
Pak Arto, data ini …
A. Merupakan nilai akhir saja
B. Adalah cerminan bahwa murid kelas 5 tidak tangkas
C. Menjadi informasi bahwa kasti adalah olahraga yang sulit
D. Menjadi dasar untuk memperbaiki perencanaan dan rancangan
kegiatan olahraga kasti berikutnya
7. Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan
menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan menggunakan rubrik?
A. Pada pendekatan rubrik, penjelasan untuk tiap indikator
lebih komprehensif dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria
B. Pada pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan
pada pendekatan deskripsi kriteria hanya ada 2 tahap
C. Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek
jangka panjang, sedangkan pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk
proyek jangka pendek hingga menengah
D. Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sedangkan
pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya
Jawaban :A. Pada pendekatan rubrik, penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria
8. Manakah pernyataan yang kurang tepat mengenai fungsi
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?
A. Untuk merefleksikan proses pembelajaran
B. Untuk menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta
didik
C. Untuk membantu pendidik memperbaiki proses pembelajaran
D. Untuk menentukan nilai minimal yang harus dicapai peserta
didik
9. Keempat pernyataan di bawah ini menjelaskan tentang
hubungan antara kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan asesmen.
Manakah pernyataan yang kurang tepat mengenai hubungan keduanya?
A. Asesmen dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
merupakan dua komponen yang saling terpisah dan tidak berkaitan
B. Asesmen yang disusun harus selaras dengan kriteria
ketercapaian dari tiap tujuan pembelajaran
C. Saat pendidik merancang asesmen, maka mereka perlu
menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajarannya pula
D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi acuan
dalam perumusan deskripsi kriteria pada instrumen asesmen
Jawaban : A. Asesmen dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan dua komponen yang saling terpisah dan tidak berkaitan
10. Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran?
A. KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar
B. KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian
tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu
dikuasai peserta didik
C. KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian
tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru
D. KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan
materi
11. Ibu sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia
pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera "Peserta didik mampu
membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini
indikator kompetensi yang tepat untuk membantu Ibu Sulis menulis deskripsi
kriteria tersebut adalah….
A. Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks
eksplanasi dengan runut
B. Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik
C. Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik
D. Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik
12. Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen
menggunakan interval nilai, adalah...
A. Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas
B. Merancang proses pembelajaran berikutnya
C. Bahan akreditasi sekolah
D. Mengevaluasi proses pembelajaran
13. Guru menetapkan tentang serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan dan berhubungan dengan projek akhir, projek penutup tema, tugas serta apa saja yang akan dinilai. Maka pendekatan apakah yang dimaksud?
A. Pendekatan dalam pemakaian rubrik
B. Pendekatan dengan menggunakan deskripsi kriteria
C. Pendekatan dengan memakai skala
D. Pendekatan dengan menggunakan jurnal
Jawaban: B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria
14. Guru menetapkan tentang serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan dan berhubungan dengan projek akhir, projek penutup tema, tugas serta apa saja yang akan dinilai. Maka pendekatan apakah yang dimaksud?
A. Pendekatan dalam pemakaian rubrik
B. Pendekatan dengan menggunakan deskripsi kriteria
C. Pendekatan dengan memakai skala
D. Pendekatan dengan menggunakan jurnal
Jawaban: B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria
15. Manakah yang kurang tepat tentang fungsi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?
A. Buat membantu guru untuk memperbaiki proses pembelajaran
B. Buat merefleksikan pada proses pembelajaran
C. Buat menganalisis pada tingkat kompetensi para murid
D. Buat menentukan nilai minimal yang wajib dicapai para murid
Jawaban: D. Buat menentukan nilai minimal yang wajib dicapai para murid
16. Dalam setiap tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada
A. Model belajar dari murid
B. Indikator belajar pada murid
C. Performa belajar dari murid
D. Media belajar pada murid
Jawaban: B. Indikator belajar pada murid
17. Para murid dapat mengerti serta memaknai teks narasi yang telah dibacakan dari media audio. Pernyataan di bawah ini adalah indikator tujuan pembelajaran yang tepat....
A. Murid menulis cerita yang sedang dibaca guru
B. Murid menjelaskan kembali tentang cerita teks narasi secara runtut
C. Murid dapat menunjuk bagian narasi
D. Murid mendengarkan teks narasi yang dibaca guru
Jawaban: B. Murid menjelaskan kembali tentang cerita teks narasi secara runtut
18. Bukan tujuan utama dari hasil asesmen memakai interval nilai, yaitu
A. Untuk mengevaluasi proses pembelajaran
B. Agar memperoleh pemetaan kemampuan murid di kelas
C. Untuk bahan akreditasi sekolah
D. Untuk merancang proses pembelajaran selanjutnya
Jawaban: C. Untuk bahan akreditasi sekolah
Latihan Pemahaman
19. Ada serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses siswa untuk mencapai kompetensi terhadap tujuan pembelajaran dan dipahami dengan istilah
A. Kriteria pemahaman pembelajaran
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
C. Kriteria diagnostik
D. Kriteria kelulusan
Jawaban: B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
20. Terdapat pendekatan yang dapat dipergunakan pendidik untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, kecuali
A. Pendekatan menggunakan skala, interval nilai
B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria
C. Pendekatan menggunakan portofolio, instrumen jurnal
D. Pendekatan menggunakan rubrik
Jawaban: C. Pendekatan menggunakan portofolio, instrumen jurnal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar