Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1

"Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. Lalu apa itu kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran? Apa perbedaannya dengan KKM?

 Pada modul ini, kita akan mengenal apa itu kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dan pendekatan apa saja yang dapat kita gunakan untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran."

 Daftar Materi:

1. Tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Apa Itu Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Latihan Pemahaman :

Serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses peserta didik untuk mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran dikenal dengan istilah …

A. Kriteria diagnostik tujuan pembelajaran

B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

C. Kriteria kelulusan

D. Kriteria pemahaman tujuan pembelajaran

 Jawaban B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

Di bawah ini merupakan pendekatan yang dapat digunakan pendidik dalam menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, KECUALI…

A. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria

B. Pendekatan menggunakan rubrik

C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio

D. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai

 Jawaban C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio

2. Pendekatan untuk Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Pendekatan Rubrik

Pendekatan Deskripsi Kriteria

Pendekatan Interval Nilai

Di bawah ini, pernyataan yang paling tepat terkait pendekatan rubrik adalah...

A. Kriteria disusun secara detail untuk setiap murid

B. Capaian kriteria dikonversi dengan angka

C. Kriteria dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman murid

D. Capaian kriteria disusun berdasarkan materi

Jawaban C. Kriteria dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman murid

 Latihan Pemahaman :

Manakah alur yang tepat yang dilakukan Ibu Amrita untuk membuat deskripsi kriteria?

A. Menyusun kompetensi sesuai dengan kata kerja operasional, menetapkan instrumen pengukuran dan melakukan pengukuran

B. Memeriksa prasyarat kompetensi, menetapkan indikator tujuan pembelajaran, menyusun instrumen pengukuran sesuai dengan kompetensi dan bentuk asesmen

C. Menetapkan tujuan pembelajaran, menyusun kompetensi dan menentukan kata kerja operasional

D. Menentukan kata kerja operasional, menetapkan tujuan pembelajaran dan menyusun kompetensi yang sesuai dengan kata kerja operasional

 Jawaban : B. Memeriksa prasyarat kompetensi, menetapkan indikator tujuan pembelajaran, menyusun instrumen pengukuran sesuai dengan kompetensi dan bentuk asesmen

Hal-hal berikut ini yang tidak ditetapkan pada saat membuat pendekatan interval nilai adalah...

A. Kriteria penilaian

B. Interval nilai

C. Tindak lanjut (misalnya, terkait remedial)

D. Capaian pembelajaran

 Jawaban : D. Capaian pembelajaran


Soal Post Test Modul Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran :

1. Fungsi kolom “Kesimpulan” baik pada rubrik, deskripsi kriteria, dan skala interval nilai berfungsi untuk…

A. Menentukan predikat ‘lulus’ atau ‘tidak lulus’ bagi peserta didik.

B.Memberikan informasi bahwa peserta didik sudah mengumpulkan tugasnya

C. Menentukan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik

D. Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus menunjukkan bentuk intervensi yang perlu dilakukan oleh pendidik

Jawaban : D. Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus menunjukkan bentuk intervensi yang perlu dilakukan oleh pendidik


2. Pada pendekatan jenis ini, pendidik menetapkan serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apapun yang hendak dinilai. Apa pendekatan yang dimaksud?

A. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai

B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria

C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio

D. Pendekatan menggunakan rubrik

Jawaban : D. Pendekatan menggunakan rubrik


3. Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan….

A. Performa belajar peserta didik

B. Indikator belajar peserta didik

C. Media belajar peserta didik

D. Model belajar peserta didik

 Jawaban : C. Media belajar peserta didik


4. Pada tujuan pembelajaran “Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio” Berikut ini indikator tujuan pembelajaran yang tepat adalah….

A. Peserta didik mampu menunjukkan bagian teks narasi

B. Peserta didik menjelaskan kembali cerita teks narasi secara runtut

C. Peserta didik menulis cerita yang dibacakan guru

D. Peserta didik mendengarkan teks narasi yang dibacakan guru

 Jawaban : C. Peserta didik menulis cerita yang dibacakan guru


5. Interval nilai olahraga kasti:

0-40

Belum mencapai, remedial di seluruh bagian

41-75

Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian tertentu

 76-100

Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial

 101-150

Di atas ketuntasan, perlu pengayaan

 Ternyata, dari total 30 peserta didik di kelas, 20 diantaranya mendapat nilai 60, karena kemampuan menangkap bola yang perlu ditingkatkan. Contoh tindak lanjut yang bisa diberikan bagi para peserta didik tersebut adalah...

A. Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan

B. Mengulang asesmen untuk seluruh kelas

C. Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)

D. Tidak perlu ada pengulangan apapun

Jawaban : C. Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)

6. Dari hasil asesmen olahraga kasti yang dilakukan, Pak Arto mendapati bahwa mayoritas murid kelas 5 mendapat poin di bawah 75. Bagi Pak Arto, data ini …

A. Merupakan nilai akhir saja

B. Adalah cerminan bahwa murid kelas 5 tidak tangkas

C. Menjadi informasi bahwa kasti adalah olahraga yang sulit

D. Menjadi dasar untuk memperbaiki perencanaan dan rancangan kegiatan olahraga kasti berikutnya

Jawaban : D. Menjadi dasar untuk memperbaiki perencanaan dan rancangan kegiatan olahraga kasti berikutnya


7. Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan menggunakan rubrik?

A. Pada pendekatan rubrik, penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria

B. Pada pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria hanya ada 2 tahap

C. Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sedangkan pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek hingga menengah

D. Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sedangkan pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya

Jawaban :A. Pada pendekatan rubrik, penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria


8. Manakah pernyataan yang kurang tepat mengenai fungsi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A. Untuk merefleksikan proses pembelajaran

B. Untuk menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik

C. Untuk membantu pendidik memperbaiki proses pembelajaran

D. Untuk menentukan nilai minimal yang harus dicapai peserta didik

 Jawaban : D. Untuk menentukan nilai minimal yang harus dicapai peserta didik

9. Keempat pernyataan di bawah ini menjelaskan tentang hubungan antara kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan asesmen. Manakah pernyataan yang kurang tepat mengenai hubungan keduanya?

A. Asesmen dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan dua komponen yang saling terpisah dan tidak berkaitan

B. Asesmen yang disusun harus selaras dengan kriteria ketercapaian dari tiap tujuan pembelajaran

C. Saat pendidik merancang asesmen, maka mereka perlu menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajarannya pula

D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi acuan dalam perumusan deskripsi kriteria pada instrumen asesmen

Jawaban : A. Asesmen dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan dua komponen yang saling terpisah dan tidak berkaitan



10. Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A. KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar

B. KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik

C. KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru

D. KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi

 

11. Ibu sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera "Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu Ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….

A. Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut

B. Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik

C. Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik

D. Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik

 

12. Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, adalah...

A. Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas

B. Merancang proses pembelajaran berikutnya

C. Bahan akreditasi sekolah

D. Mengevaluasi proses pembelajaran


13. Guru menetapkan tentang serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan dan berhubungan dengan projek akhir, projek penutup tema, tugas serta apa saja yang akan dinilai. Maka pendekatan apakah yang dimaksud?

A. Pendekatan dalam pemakaian rubrik

B. Pendekatan dengan menggunakan deskripsi kriteria

C. Pendekatan dengan memakai skala

D. Pendekatan dengan menggunakan jurnal

Jawaban: B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria


14. Guru menetapkan tentang serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan dan berhubungan dengan projek akhir, projek penutup tema, tugas serta apa saja yang akan dinilai. Maka pendekatan apakah yang dimaksud?

A. Pendekatan dalam pemakaian rubrik

B. Pendekatan dengan menggunakan deskripsi kriteria

C. Pendekatan dengan memakai skala

D. Pendekatan dengan menggunakan jurnal

Jawaban: B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria


15. Manakah yang kurang tepat tentang fungsi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A. Buat membantu guru untuk memperbaiki proses pembelajaran

B. Buat merefleksikan pada proses pembelajaran

C. Buat menganalisis pada tingkat kompetensi para murid

D. Buat menentukan nilai minimal yang wajib dicapai para murid

Jawaban: D. Buat menentukan nilai minimal yang wajib dicapai para murid


16. Dalam setiap tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada

A. Model belajar dari murid

B. Indikator belajar pada murid

C. Performa belajar dari murid

D. Media belajar pada murid

Jawaban: B. Indikator belajar pada murid

17. Para murid dapat mengerti serta memaknai teks narasi yang telah dibacakan dari media audio. Pernyataan di bawah ini adalah indikator tujuan pembelajaran yang tepat....

A. Murid menulis cerita yang sedang dibaca guru

B. Murid menjelaskan kembali tentang cerita teks narasi secara runtut

C. Murid dapat menunjuk bagian narasi

D. Murid mendengarkan teks narasi yang dibaca guru

Jawaban: B. Murid menjelaskan kembali tentang cerita teks narasi secara runtut

18. Bukan tujuan utama dari hasil asesmen memakai interval nilai, yaitu

A. Untuk mengevaluasi proses pembelajaran

B. Agar memperoleh pemetaan kemampuan murid di kelas

C. Untuk bahan akreditasi sekolah

D. Untuk merancang proses pembelajaran selanjutnya

Jawaban: C. Untuk bahan akreditasi sekolah

Latihan Pemahaman 

19. Ada serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses siswa untuk mencapai kompetensi terhadap tujuan pembelajaran dan dipahami dengan istilah

A. Kriteria pemahaman pembelajaran

B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

C. Kriteria diagnostik

D. Kriteria kelulusan

Jawaban: B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

20. Terdapat pendekatan yang dapat dipergunakan pendidik untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, kecuali

A. Pendekatan menggunakan skala, interval nilai

B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria

C. Pendekatan menggunakan portofolio, instrumen jurnal

D. Pendekatan menggunakan rubrik

Jawaban: C. Pendekatan menggunakan portofolio, instrumen jurnal 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...