Jawaban post test Modul 5: Merencanakan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD

 

Jawaban post test Modul 5: Merencanakan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD

1. Bu Lita hendak mengajar di kelas 1 di tahun ajaran mendatang. Dari catatan bagian penerimaan peserta didik baru, lebih dari setengah anak dalam kelasnya telah menyelesaikan PAUD. Berdasarkan hal itu, Bu Lita memutuskan untuk langsung melaksanakan kegiatan belajar dengan target anak-anak mampu membaca di 2 minggu pertama.

Berdasarkan deskripsi tersebut, langkah yang diambil Bu Lita menurut Anda....

Jawaban: D. (Tidak tepat, sebab 2 minggu pertama sebaiknya digunakan oleh Bu Lita untuk asesmen awal memetakan kebutuhan dan kondisi anak-anak yang beragam)

2. Bu Diana sebagai guru bahasa Indonesia di kelas 1 sedang memfokuskan pembelajaran pada kemampuan fondasi kesadaran pentingnya menghargai sesama serta kemampuan untuk berempati.

Ketika merancang pembelajaran, Bu Diana berdiskusi dengan Pak Joni selaku guru Pendidikan Jasmani. Kegiatan yang bisa dilakukan Bu Diana dan Pak Joni supaya kemampuan fondasi tersebut dapat dikuasai anak-anak di kelas tersebut yaitu...

Jawaban: A. (Melalui kegiatan berkelompok yakni seperti dalam permainan olahraga, diharapkan anak-anak bisa menerima kelebihan dan kekurangan anggota timnya, serta mengutamakan keikutsertaan semua anggota tim daripada kemenangan)

3. Berikut ini adalah langkah-langkah menyusun penerapan asesmen awal di 2 (dua) minggu pertama awal tahun ajaran baru di kelas 1 secara acak.

1. Identifikasi mata pelajaran yang dapat digunakan.

2. Merancang kegiatan yang bisa digunakan untuk mengamati perilaku dari aspek kemampuan fondasi.

3. Menemukan aspek kemampuan fondasi yang ingin dipantau.

4. Identifikasi pertimbangan yang perlu masuk ke dalam rancangan kegiatan pembelajaran ke depan.

5. Dokumentasikan informasi tersebut di lembar observasi.

Urutan yang tepat yaitu....

Jawaban: C. (3-4-2-1-5)

4. Berikut ini merupakan tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia:


"Anak mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi".

Maka, rencana pembelajaran yang tepat supaya selaras dengan tujuan tersebut yaitu...

Jawaban: B. (Guru memberikan gambar sebagai pemantik, anak-anak menceritakan pendapatnya mengenai gambar yang disajikan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...