Soal Post Test Modul 3 Topik 19 Pertumbuhan Literasi Platform Merdeka Mengajar dan Kunci Jawaban

 

Soal Post Test Modul 3 Topik 19 Pertumbuhan Literasi Platform Merdeka Mengajar dan Kunci Jawaban

Soal-soal Post Test:

1. Guru Anis memahami bahwa kemampuan literasi numerasi penting dikembangkan semenjak putra-putri berusia dini. Bu Ana mengajarkan bilangan yang sederhana serta bentuk buat mengembangkan kemampuan numerasi. Apakah yang dikerjakan bu Anis sudah cukup untuk mengoptimalkan kemampuan numerasi pada anak didiknya?

    A. Belum, sebab pembelajaran numerasi pada anak usia dini bisa melibatkan operasi bilangan,                         pengukuran bentuk melalui pemecahan masalah, analisis dan komunikasi.

    B. Sudah, karena mengembangkan pada kemampuan literasi lebih penting dari pada numerasi buat                 anak usia dini

    C. Belum, karena apa yang dikerjakan kurang menantang, bu Ana harus dapat menyediakan lingkungan         fisik yang lebih kaya

Jawaban: A. Belum, sebab pembelajaran numerasi pada anak usia dini bisa melibatkan operasi bilangan, pengukuran bentuk, melalui pemecahan masalah, analisis dan komunikasi.

2. Apa saja yang penting dikerjakan guru PAUD SD Awal buat membantu perkembangan literasi anak didik sehingga tidak terjebak pada miskonsepsi?

A. Dengan melatih keterampilan menulis huruf

B. Mengenalkan huruf serta fokus pada kemampuan mengeja kata

C. Menguatkan kemampuan berkomunikasi melalui kegiatan bercakap-cakap, bermain dan bersosialisasi

D. Dengan drilling melafalkan bacaan

Jawaban: C. Menguatkan kemampuan berkomunika melalui kegiatan bercakap-cakap, bermain dan bersosialisasi

3. Dalam observasi, profil seorang murid tampak sebagai berikut ini:

1. Anak dapat menjawab pertanyaan dengan menyebutkan nama benda yang ditunjukkan lewat gambar

2. Anak tidak senang dengan buku, akan tetapi tampak antusias ketika dibacakan buku

3. Anak memiliki kecenderungan mengulang-ulang kata yang baru didengar

Berkaitan dengan profil murid tersebut di atas maka komponen literasi apakah yang sudah dimiliki seorang murid tersebut?

A. Keaksaraan serta kesadaran fonemik

B. Kemampuan bertutur dan kosa kata

C. Keaksaraan serta pengetahuan latar

D. Kosakata dan kesadaran cetak

Jawaban: B. Kemampuan bertutur dan kosa kata

4. Berdasarkan asesmen awal pembelajaran yang dikerjakan di kelasnya melalui kegiatan membaca lantang. Pak Ali tetap fokus terhadap kemampuan menyimak serta mengolah informasi dengan lisan. Pak Ali sedang mengidentifikasi pada 2 kelompok anak didik berdasarkan level membaca adalah

Kelompok A = Merespon serta mengungkapkan ide tentang peristiwa sehari-hari. Mereka belum bisa mengenali huruf serta bunyinya.

Kelompok B = Mereka mulai menunjukkan untuk tertarik pada buku dengan menanyakan arti kata baru yang dikenalnya dan mengenali beberapa huruf. Mereka bisa menangkap isi cerita serta informasi dari hasil menyimak cerita yang dibacakan.

Maka komponen literasi apa sajakah yang penting diprioritaskan pak Aldar buat mengembangkan kemampuan literasi anak didik pada kelompok A secara bertahap?

A. Kesadaran fonemik

B. Kesadaran cetak

C. Kosakata

D. Keaksaraan

Jawaban: D. Keaksaraan

5. Berdasarkan dari hasil observasi Bu Lisa pada para murid di kelasnya, sebagian besar dari mereka senang mengerjakan kegiatan di luar kelas. Dengan adanya hal tersebut maka bu Lisa memakai kegiatan di lapangan buat mengembangkan kemampuan numerasi pada para muridnya.

Bu Lisa mengerjakan 2 kegiatan inti:

Kegiatan 1

Para murid diminta membuat kelompok, setiap kelompok ada 6 murid. Kemudian para murid berbaris serta bergantian menyebutkan bilangan dengan urut dari angka 1. Pada setiap kelompok sudah selesai berhitung. Kemudian bu Lisa menanyakan ada berapa murid dalam setiap kelompok?

Kegiatan 2

Para murid diberi tugas membuat kelompok berdasarkan bulan kelahiran mereka. Pada murid yang lahir di bulan Januari membentuk satu kelompok, yang lahir di bulan Februari membentuk satu kelompok dan seterusnya. Tidak perlu menghitung. Kemudian bu Lila menanyakan pada kelompok bulan apa yang banyak muridnya?

Berdasarkan pernyataan kegiatan 1 maka kemampuan numerasi apa yang dikembangkan?

A. Bilangan – memahami makna berdasarkan operasi bilangan

B. Pola – pada pemahaman pola relasi serta fungsi

C. Pola – struktur matematis yang memakai simbol

D. Bilangan – mengetahui cara menampilkan bilangan dan hubungan antar bilangan

Jawaban: D. Bilangan – mengetahui cara menampilkan bilangan dan hubungan antar bilangan

6. Pernyataan di bawah ini merupakan kalimat yang dapat membantu anak didik menghubungkan informasi, kecuali

A. Jadi kamu merasa bahwa bilangan ini hampir sama dengan kejadian ini karena?

B. Wah, pembelajaran hitungnya lengkap karena seperti pada saat kita membantu ibumu membungkus keripik. Pernah kamu beritahukan bahwa ada 5 keripik pada tiap bungkusnya.

C. Iya, kita sudah paham seperti apa bilangan 3 itu. Maka jika bu guru memberi tugas membawa 3 buku tulis buat besok, kamu sudah dapat menyiapkan buku sendiri.

D. Wah, kamu pandai ya.

Jawaban: D Wah, kamu pandai ya.


Latihan Pemahaman

7.Pernyataan berikut ini manakah yang termasuk miskonsepsi literasi anak usia dini?

A. Pengenalan aksara kata dikenalkan saat konteks bermain, belajar

B. Lancar membaca bukan berarti mengerti isi bacaan

C. Untuk belajar membaca diawali dengan menghafal huruf A-Z

D. Untuk kesiapan membaca pemula dapat dilihat dari anak yang bercerita

Jawaban: C Untuk belajar membaca diawali dengan menghafal huruf A-Z

8. Manakah yang bukan termasuk miskonsepsi numerasi anak usia dini?

A. anak didik belajar matematika hanya lewat interaksi benda konkret

B. Untuk anak usia dini bahasa dan literasi lebih urgen daripada matematika

C. Anak usia dini belum siap dengan pelajaran matematika

D. Matematika tidak selalu penting diintegrasikan dengan kegiatan lainnya

Jawaban: D Matematika tidak selalu penting diintegrasikan dengan kegiatan lainnya


Cerita Reflektif 

1. Apa ada hal baru yang pendidik pelajari dari materi ini? Tulilah respon pendidik secara singkat

Jawaban: Kemampuan literasi anak didik dimulai dari kemampuannya dapat berkomunikasi, anak didik dapat bertukar informasi melalui interaksi dengan lingkungannya.

Latihan Pemahaman

1. Ketika anak didik mendengarkan kata dengan melihat gestur serta mimik lawan bicara, hal itu menandakan bahwa dia menggunakan kemampuan bahasa?

A. Bahasa penginderaan

B. Bahasa reseptif

C. Bahasa produktif

D. Bahasa ekspresif

Jawaban: B Bahasa reseptif

2. Kemampuan murid untuk mengetahui dunia serta sekitarnya termasuk komponen literasi apa?

A. Mampu tutur kata

Jawaban: D.

3. Untuk literasi yang paling banyak dilakukan siswa SD dan PAUD adalah keaksaraan. Apakah keaksaraan itu?

A. Kemampuan murid menghubungkan huruf serta bunyi

B. Kemampuan murid untuk bertutur

C. Kemampuan murid paham pada simbol

D. Kemampuan murid mengetahui bahasa lisan

Jawaban: A Kemampuan murid menghubungkan huruf serta bunyi


Latihan Pemahaman

1. Langkah pemula yang dikerjakan guru untuk merancang penguatan literasi anak usia dini adalah

A. Rencana materi

B. Mengerjakan asesmen awal

C. Merancang pembelajaran

D. Menyusun ATP

Jawaban: B Mengerjakan asesmen awal

2. Pada pembelajaran Hobiku term ke 2, bapak Yono memberi tugas siswa kelas 1B, membawa benda-benda yang sesuai dengan hobi mereka dan bercerita depan di kelas.

Lalu 2 cakupan literasi manakah yang dibangun pak Yono lewat kegiatan itu?

A. Pengetahuan latar

B. Keaksaraan

C. Fonemik

D. Kosa kata serta kemampuan bercerita

Jawaban: D Kosa kata serta kemampuan bercerita

3.Mainan kesukaan murid ada di dalam kelas. Bu Lani menyuruh murid menyebutkan nama benda dan mengeja, lalu mengajari menulis pada kertas yang tersedia. 2 cakupan literasi yang ingin dikembangkan bu Lani:

A. Kesadaran fonemik serta keaksaraan

B. Kesadaran mampu bercerita

C. Pengetahuan latar

D. Bercerita dengan kosa kata

Jawaban: A Kesadaran fonemik serta keaksaraan

Latihan Pemahaman

1. Manakah yang tidak termasuk kegunaan dari pengembangan kemampuan numerasi pada kehidupan kita?

A. Meningkatkan memecahkan masalah dengan sistematis

B. Mengajarkan menghafal rumus

C. Mengajarkan keterampilan dan estimasi

D. Menjelaskan ide logis dan kritis

Jawaban: B Mengajarkan menghafal rumus

2. Mengapa penting siswa-siswi mempunyai kesadaran bilangan?

A. Mengembangkan, mengenal karakteristik

B. Mengembangkan kesadaran siswa-siswi

C. Kemampuan siswa-siswi membuat keputusan

D. Memberikan penguatan pada kemampuan numerasi lainnya.

Jawaban: D Memberikan penguatan pada kemampuan numerasi lainnya.

3. Bu Rani di dalam kelas mengumpulkan bunga-bunga yang jatuh di halaman sekolah. Bu Rani menyuruh murid mendeskripsikan bunga sesuai warnanya.

Bu Rani bertanya,berapa jumlah bunga setiap kelompok? Selanjutnya murid menempelkan bunga membentuk benda. Dari kegiatan tersebut kemampuan numerasi apa yang dibangun?

A. Geometri, pola, pengukuran

B. Pengukuran, geometri, fungsi

C. Analisa data, kesadaran bilangan, geometri

D. Kesadaran bilangan, pengukuran

Jawaban: C Analisa data, kesadaran bilangan, geometri

Latihan Pemahaman

1. Menggolongkan benda berdasar ciri, menghitung pada masing-masing kategori, mengumpulkan, mengelompokkan data untuk menjawab pertanyaan misalnya,”Apa minuman kesukaanmu?” yaitu contoh cara membangun kemampuan

A. Pola

B. Geometri

C. Bilangan

D. Analisa data

Jawaban: D Analisa data

2. Dengan menyebutkan posisi benda yang dilihat adalah dari atas, bawah, belakang, depan, samping dan membedakan kanan, kiri, termasuk ke dalam komponen mengenalkan?

A. Pola

B. Data

C. Geometri

D. Bilangan

Jawaban: C.Geometri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...