Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Reflektif Modul 6 Bagaimana Melaporkan Transisi PAUD SD

 

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Reflektif Modul 6 Bagaimana Melaporkan Transisi PAUD SD


Latihan Pemahaman:

1. Asesmen merupakan proses mengumpulkan sampai melaporkan informasi berdasar hasil pengamatan pada perilaku. Dalam konteks pendidikan, mengapa guru atau pendidik perlu mengerti asesmen dengan tepat?

A. Asesmen dibutuhkan pendidik buat mengukur kemampuan membaca anak usia dini

B. Asesmen dibutuhkan guru buat melabelkan kemampuan anak didik

C. Asesmen diperlukan guru untuk menilai capaian belajar anak usia dini pada akhir pembelajaran

D. Asesmen diperlukan pendidik membuat asumsi murid

Jawaban: C. Asesmen diperlukan guru untuk menilai capaian belajar anak usia dini pada akhir pembelajaran


2. Pada anak usia dini pada perilaku teramati pada proses belajar adalah indikator ketercapaian dari tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pendidik. Dalam perilaku teramati dapat membantu guru guna melakukan asesmen dengan baik dan tercermin pada kegiatan dibawah ini

A. Pada setiap perilaku anak didik dipakai guru buat nilai akhir

B. Adanya pengamatan akan diketahui guru dengan mudah

C. Adanya perilaku teramati akan membantu guru mencari kelemahan anak didik

D. Dengan fokus pada perilaku teramati, guru akan memahami apa saja kebutuhan belajar anak didik dan seperti apa untuk tindak lanjutnya

Jawaban: D. Dengan fokus pada perilaku teramati, guru akan memahami apa saja kebutuhan belajar anak didik dan seperti apa untuk tindak lanjutnya


Latihan Pemahaman:

1. Pada asesmen anak usia dini memerlukan teknik serta instrumen yang tepat. Untuk pengambilan data dilakukan pada situasi yang autentik. Bagaimanakah maksud data autentik itu?

A. Pengambilan data yang dikerjakan tidak ada perencanaan

B. Pengambilan data yang dilakukan berdasarkan pengamatan yang ditampilkan anak secara natural

C. Pengambilan data yang dikerjakan dalam 1 kali pengamatan

D. Pengambilan data dilakukan dalam waktu singkat

Jawaban: B. Pengambilan data yang dilakukan berdasarkan pengamatan yang ditampilkan anak secara natural

2. Bagaimana peranan guru sebaiknya dalam melakukan proses pengumpulan data asesmen secara autentik?

A. Pengumpulan dikerjakan dengan cara observasi pada 1 kegiatan

B. Dibutuhkan jangka waktu yang singkat dalam 1 kali pengamatan

C.Untuk memperoleh asesmen autentik yang tepat yaitu 1 bulan

D. D. Durasi dalam jangka waktu yang lama 1 hingga 2 pekan pengamatan

Jawaban: D. Durasi dalam jangka waktu yang lama 1 hingga 2 pekan pengamatan

3. Tujuan asesmen yaitu mengamati perilaku autentik anak, teknik yang dipakai buat pengambilan data anak usia dini serta SD Awal yaitu teknik observasi dan kinerja. Maka apa sajakah instrumen yang sesuai?

A. Anekdotat, proyek, wawancara, rekomendasi guru

B. Wawancara, portofolio, penugasan serta kuis

C. Produk, lembar observasi atau ceklis, catatan anekdotal, serta portofolio

D. Observasi, isian singkat, penilaian kawan serta penugasan

Jawaban: C. Produk, lembar observasi atau ceklis, catatan anekdotal, serta portofolio


Cerita Reflektif:

1. Apakah ada hal yang baru yang ibu dan bapak pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon ibu dan bapak guru dengan cara singkat!

Jawaban: Teknik serta instrumen yang tepat untuk anak usia dini

Latihan Pemahaman:

1. Pada proses asesmen dikerjakan dengan observasi berbasis kinerja. Bagaimanakah data hasil asesmen bisa diolah serta dilaporkan, apakah semuanya harus dilaporkan?

A. Ya, semua data akan dilaporkan, kemudian data menjadi 2 area

B. Tidak semua data dilaporkan, data menjadi 2 kelompok area. Ada area sudah dikuasai serta area butuh bantuan orang tua atau guru. Kemudian membuat laporan Narasi untuk dilaporkan kepada orang tua

Jawaban: B. Tidak semua data dilaporkan, data menjadi 2 kelompok area. Ada area sudah dikuasi serta area butuh bantuan orang tua atau guru. Kemudian membuat laporan Narasi untuk dilaporkan kepada orang tua

2. Pada urutan tahapan pembuatan laporan terhadap hasil pembelajaran yang tepat, sebagaimana ada di bawah ini

A. Dengan mengelompokkan bukti asesmen-adanya rekomendasi yang dapat dibantu orang tua atau guru - membuat narasi

B. Dengan mengumpulkan bukti asesmen - dikerjakan mandiri serta masih dibantu

C. Mengumpulkan bukti dari asesmen - rekomendasi kegiatan yang dapat dibantu orang tua atau guru

D. Mengumpulkan bukti hasil asesmen - mengelompokkan menjadi apa yang sudah dilakukan mandiri serta yang masih perlu dibantu - rekomendasi kegiatan yang dapat dibantu orang tua atau guru - membuat narasi

Jawaban: D. Mengumpulkan bukti hasil asesmen - mengelompokkan apa yang sudah dilakukan mandiri serta yang masih perlu dibantu - rekomendasi kegiatan yang dapat dibantu orang tua atau guru - membuat narasi


Latihan Pemahaman:

1. Ketika guru  melaporkan  hasil pembelajaran kepada orang kepada orang tua siswa maka ada yang harus diperhatikan guru sebagaimana ada di bawah ini, kecuali

A. Dengan memberikan kesempatan pada orang tua buat menanggapi laporan hasil pembelajaran

B. Menceritakan sebagian laporan dari hasil pembelajaran

C. Memberikan waktu kepada orang tua untuk membaca serta memahami laporan dari hasil pembelajaran

D. Dengan menceritakan hal-hal yang positif yang sudah dikerjakan secara mandiri terlebih dahulu sebelum merekomendasikan kegiatan yang didampingi orang tua

Jawaban: B. Menceritakan sebagian laporan dari hasil pembelajaran

2. Apakah akibatnya yang dirasakan para orang tua apabila guru hanya menceritakan sebagian laporan dari hasil pembelajaran?

A. Orang tua merasa seharusnya pendidik tidak lama dalam melaporkan hasil pembelajaran

B. Orang tua senang sebab tidak perlu waktu yang lama untuk laporan hasil pembelajaran

C. Orang tua merasa senang sebab dalam waktu singkat sudah tahu perkembangan anaknya

D. Orang tua merasa sedih karena mereka merasa bahwa guru tanpa sadar sudah menstigma anak mereka adalah sebagai anak yang kurang.


Post Test

1. Bu Dea pun ingin menggunakan instrumen dokumentasi hasil karya. Apa yang perlu dipahami Bu Dea mengenai dokumentasi hasil karya anak?

A. Catatan dalam bentuk tertulis yang difokuskan pada performa atau perilaku menonjol murid.

B. Kumpulan hasil karya anak dapat berupa foto untuk kemudian guru memberikan keterangan berdasarkan cerita anak terhadap hasil karyanya.

C. Lembar ceklis berupa daftar informasi, data, ciri-ciri, karakteristik, atau elemen yang dituju.

D. Kumpulan rekam jejak pembelajaran anak dalam kurun waktu tertentu.

Jawaban: B. Kumpulan hasil karya anak dapat berupa foto untuk kemudian guru memberikan keterangan berdasarkan cerita anak terhadap hasil karyanya.

2. Pada anak usia dini, teknik asesmen yang digunakan ialah kinerja dan observasi. Bu Dea ingin mengumpulkan informasi sebagai data asesmen dari tujuan pembelajaran dan indikator berikut:

Tujuan pembelajaran: Anak dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya melalui berbagai media

Indikator ketercapaian: Adanya hasil karya berupa gambar maupun media lain

Pada prosesnya, data yang terkumpul digunakan Bu Dea untuk merancang teknik kinerja. Apa yang perlu dipahami Bu Dea terkait teknik kinerja?

A. Teknik kinerja memberikan kesempatan anak untuk mendemonstrasikan serta mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang ditentukan guru.

B. Teknik kinerja dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penilaian dari hasil akhir produk sesuai perintah guru, kar yang dihasilkan seragam dan dibatasi ketentuannya.

C. Guru dapat menilai kinerja murid dalam satu kali pengamatan, tidak perlu secara berkala.

D. Teknik kinerja menekankan pada hasil akhir produk, bukan pada proses pembuatannya.

Jawaban: A. Teknik kinerja memberikan kesempatan anak untuk mendemonstrasikan serta mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang ditentukan guru.

3. Dari pengamatan didapatkan data bahwa Doni :

Dapat mengenali nama-nama emosi :

- Doni dapat melabeli emosi “marah” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

- Doni dapat melabeli emosi “senang” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

- Doni dapat melabeli emosi “takut” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

- Doni dapat melabeli emosi “sedih” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

Belum terlihat dapat memilih dan menggunakan strategi pengelolaan emosi yang dikenalkan oleh guru karena Doni tidak mengalami emosi sedih, marah ataupun takut selama 2 minggu pengamatan

Dapat menginisiasi permainan, terlibat dalam permainan, atau mengajak teman bermain bersama :

- Doni mengajak Frea bermain

- Doni menerima ajakan Adit untuk bermain Dinosaurus

- Doni ikut bergabung ketika melihat teman-temannya bermain bola

Dari data pengamatan tersebut maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh Guru adalah sebagai berikut :

A. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di sekolah dan rumah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

B. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di sekolah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

C. Langsung membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

D. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di rumah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

Jawaban: A. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di sekolah dan rumah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

4Saat pembagian raport atau penyampaian hasil belajar murid tiba. Guru Ratna menyambut para orangtua dan kemudian mereka bergiliran masuk untuk mengambil raport dan mendengarkan perkembangan kompetensi dan karakter anak selama pembelajaran dari Guru Ratna. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.45 WIB, masih ada orangtua Dion dan orangtua Ika, sedangkan sesi pembagian raport diharapkan selesai jam 12.00 WIB

Orangtua Dion adalah orangtua yang sangat memperhatikan tumbuh kembang anaknya. Mereka akan sangat detail menanggapi dan bertanya tentang perkembangan Dion.

Dion : Dion dapat mengenali emosi dan berinteraksi dengan teman-temannya. Doni masih belum terlihat dapat mengelola emosi karena dalam pengamatan selama 2 minggu, Doni belum memperlihatkan emosi sedih, marah dan takut.

Orangtua Ika adalah orangtua yang sibuk sehingga tidak punya waktu banyak untuk berdiskusi tentang perkembangan anaknya di sekolah.

Ika : Ika dapat mengenali emosi tetapi Ika masih butuh bantuan saat harus berinteraksi dengan teman-temannya.

Apa yang harus Guru Ratna lakukan untuk dapat memfasilitasi kedua orang tua murid dalam sesi pembagian laporan hasil belajar?

A. Mempersilahkan sesuai urutan dan Guru Ratna langsung menerangkan laporan hasil belajar kepada kedua orang tua murid tersebut.

B. Menawarkan kepada kedua orang tua untuk konsultasi laporan belajar secara bersamaan karena waktu yang tinggal 15 menit.

C. Memberikan Laporan hasil belajar kepada kedua orang tua untuk dibaca terlebih dahulu sebelum mendiskusikannya secara personal.

D. Memberikan laporan hasil belajar kepada kedua orang tua untuk dibaca terlebih dulu dan menawarkan kepada kedua orangtua siapa yang terlebih dahulu ingin konsultasi.

Jawaban D. Memberikan laporan hasil belajar kepada kedua orang tua untuk dibaca terlebih dulu dan menawarkan kepada kedua orangtua siapa yang terlebih dahulu ingin konsultasi.

5. Bu Rani mengajar di sebuah PAUD. Dalam prosesnya, Bu Rani mengumpulkan data melalui perilaku teramati yang ditampilkan anak. Adapun hasil pengamatan Bu Rani terhadap salah satu muridnya, Sasya sebagai berikut:

- Jika tidak diajak ngobrol dan bermain bersama temannya, Sasya cenderung menyendiri dan diam.

- Pada saat membuat prakarya hiasan gantung, Sasya menunjukkan ekspresi senang dan antusias. Ia tampak detail menyelesaikan tiap tahapannya.

- Melihat temannya yang kesulitan membuat prakarya, Sasya menunjukkan inisiatif untuk membantu temannya

- Sasya selalu menghabiskan bekal snacknya, mampu membereskan peralatan makan dengan baik

- Disaat teman-temannya antusias mengangkat tangan ketika guru memberikan kesempatan untuk tampil di depan kelas, Sasya tampak tidak antusias dan menunjukkan ekspresi kurang nyaman.

A. Perilaku yang ditampilkan anak dalam kelas yaitu hasil belajar

B. Segala hal yang dapat diamati secara langsung, mencakup tingkah laku, proses membuat karya, interaksi sosial

C. Segala hal yang dapat diamati saat anak menyajikan presentasi tugas

D. Segala hal yang bisa diamati dalam satu kali kegiatan

Jawaban: B Segala hal yang dapat diamati secara langsung, mencakup tingkah laku, proses membuat karya, interaksi sosial

  • Dari data pengamatan tersebut maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh Guru adalah sebagai berikut :

  • Dari pengamatan didapatkan data bahwa Doni :

    Dapat mengenali nama-nama emosi :

    - Doni dapat melabeli emosi “marah” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “senang” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “takut” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “sedih” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.


    Belum terlihat dapat memilih dan menggunakan strategi pengelolaan emosi yang dikenalkan oleh guru karena Doni tidak mengalami emosi sedih, marah ataupun takut selama 2 minggu pengamatan


    Dapat menginisiasi permainan, terlibat dalam permainan, atau mengajak teman bermain bersama :

    - Doni mengajak Frea bermain

    - Doni menerima ajakan Adit untuk bermain Dinosaurus

    - Doni ikut bergabung ketika melihat teman-temannya bermain bola


    Dari data pengamatan tersebut maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh Guru adalah sebagai berikut :

  • Dari pengamatan didapatkan data bahwa Doni :

    Dapat mengenali nama-nama emosi :

    - Doni dapat melabeli emosi “marah” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “senang” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “takut” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “sedih” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.


    Belum terlihat dapat memilih dan menggunakan strategi pengelolaan emosi yang dikenalkan oleh guru karena Doni tidak mengalami emosi sedih, marah ataupun takut selama 2 minggu pengamatan


    Dapat menginisiasi permainan, terlibat dalam permainan, atau mengajak teman bermain bersama :

    - Doni mengajak Frea bermain

    - Doni menerima ajakan Adit untuk bermain Dinosaurus

    - Doni ikut bergabung ketika melihat teman-temannya bermain bola


    Dari data pengamatan tersebut maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh Guru adalah sebagai berikut :

  • Dari pengamatan didapatkan data bahwa Doni :

    Dapat mengenali nama-nama emosi :

    - Doni dapat melabeli emosi “marah” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “senang” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “takut” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

    - Doni dapat melabeli emosi “sedih” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.


    Belum terlihat dapat memilih dan menggunakan strategi pengelolaan emosi yang dikenalkan oleh guru karena Doni tidak mengalami emosi sedih, marah ataupun takut selama 2 minggu pengamatan


    Dapat menginisiasi permainan, terlibat dalam permainan, atau mengajak teman bermain bersama :

    - Doni mengajak Frea bermain

    - Doni menerima ajakan Adit untuk bermain Dinosaurus

    - Doni ikut bergabung ketika melihat teman-temannya bermain bola


    Dari data pengamatan tersebut maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh Guru adalah sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...