Jawaban post test Modul 6 Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD SD

 

Jawaban post test Modul 6 Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD SD



1. Bu Rani mengajar di sebuah PAUD. Dalam prosesnya, Bu Rani mengumpulkan data melalui perilaku teramati yang ditampilkan anak. Adapun hasil pengamatan Bu Rani terhadap salah satu peserta didiknya, Sasya yakni sebagai berikut:

- Jika tidak diajak ngobrol dan bermain bersama temannya, Sasya cenderung menyendiri serta diam.

- Ketika membuat prakarya hiasan gantung, Sasya menunjukkan ekspresi senang dan antusias. la terlihat detail menyelesaikan tiap tahapannya.

- Melihat temannya yang kesulitan membuat prakarya, Sasya menunjukkan inisiatif untuk membantu temannya.

- Sasya selalu menghabiskan bekal snacknya, serta mampu membereskan peralatan makan dengan baik.

- Ketika teman-temannya antusias mengangkat tangan ketika guru memberikan kesempatan untuk tampil di depan kelas, Sasya tampak tidak antusias serta menunjukkan ekspresi kurang nyaman.

Berdasarkan hasil pengamatan Sasya oleh Bu Rani, berikut ini manakah yang termasuk perilaku teramati?

A. Perilaku yang ditampilkan anak dalam kelas yaitu hasil belajar
B. Segala hal yang dapat diamati secara langsung, mencakup tingkah laku, proses membuat     karya, interaksi sosial
C. Segala hal yang dapat diamati saat anak menyajikan presentasi tugas
D. Segala hal yang bisa diamati dalam satu kali kegiatan

Jawaban: B Segala hal yang dapat diamati secara langsung, mencakup tingkah laku,                             proses membuat karya, interaksi sosial


2. Pada anak usia dini, teknik asesmen yang digunakan yakni kinerja dan observasi. Bu Dea ingin mengumpulkan informasi sebagai data asesmen dari tujuan pembelajaran dan indikator seperti berikut ini:

- Tujuan pembelajaran: Anak bisa mengungkapkan pikiran serta perasaannya melalui berbagai media

- Indikator ketercapaian: Adanya hasil karya berupa gambar maupun media lain.

Pada prosesnya, data yang terkumpul digunakan Bu Dea untuk merancang teknik kinerja. Apa yang perlu dipahami Bu Dea mengenai teknik kinerja?

A. Teknik kinerja memberikan kesempatan anak untuk mendemonstrasikan serta                         mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan             kriteria yang ditentukan guru.
B. Teknik kinerja dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penilaian dari hasil akhir             produk sesuai perintah guru, kar yang dihasilkan seragam dan dibatasi ketentuannya.
C. Guru dapat menilai kinerja murid dalam satu kali pengamatan, tidak perlu secara berkala.
D. Teknik kinerja menekankan pada hasil akhir produk, bukan pada proses pembuatannya.

Jawaban: A Teknik kinerja memberikan kesempatan anak untuk mendemonstrasikan                             serta mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam                                     konteks sesuai dengan kriteria yang ditentukan guru.

3. Bu Dea ingin menggunakan instrumen dokumentasi hasil karya.
Apa yang perlu dipahami Bu Dea mengenai dokumentasi hasil karya anak?

A. Catatan dalam bentuk tertulis yang difokuskan pada performa atau perilaku menonjol murid.
B. Kumpulan hasil karya anak dapat berupa foto untuk kemudian guru memberikan keterangan berdasarkan cerita anak terhadap hasil karyanya.
C. Lembar ceklis berupa daftar informasi, data, ciri-ciri, karakteristik, atau elemen yang dituju.
D. Kumpulan rekam jejak pembelajaran anak dalam kurun waktu tertentu.


Jawaban: B Kumpulan hasil karya anak dapat berupa foto untuk kemudian guru memberikan keterangan berdasarkan cerita anak terhadap hasil karyanya.


4. Saat pembagian raport atau penyampaian hasil belajar peserta didik tiba. Guru Ratna menyambut para orang tua dan kemudian mereka bergiliran masuk untuk mengambil raport dan mendengarkan perkembangan kompetensi dan karakter anak selama pembelajaran dari Guru Ratna. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.45 WIB, namun masih ada orang tua Dion serta orang tua Ika, sementara sesi pembagian raport diharapkan selesai pukul 12.00 WIB.

Orang tua Dion merupakan orangtua yang sangat memperhatikan tumbuh kembang anaknya. Mereka akan sangat detail menanggapi serta bertanya mengenai perkembangan Dion.

Dion: Dion dapat mengenali emosi dan berinteraksi dengan teman- temannya. Dion masih belum terlihat dapat mengelola emosi karena dalam pengamatan selama 2 minggu, Dion belum memperlihatkan emosi sedih, marah dan takut.

Orang tua Ika merupakan orang tua yang sibuk sehingga tidak punya waktu banyak untuk berdiskusi tentang perkembangan anaknya di sekolah.

Ika: Ika dapat mengenali emosi tetapi Ika masih butuh bantuan ketika harus berinteraksi dengan teman-temannya.

Apa yang perlu Guru Ratna lakukan untuk dapat memfasilitasi kedua orang tua murid dalam sesi pembagian laporan hasil belajar ?

A. Mempersilahkan sesuai urutan dan Guru Ratna langsung menerangkan laporan hasil belajar kepada kedua orang tua murid tersebut.

B. Menawarkan kepada kedua orang tua untuk konsultasi laporan belajar secara bersamaan karena waktu yang tinggal 15 menit.

C. Memberikan Laporan hasil belajar kepada kedua orang tua untuk dibaca terlebih dahulu sebelum mendiskusikannya secara personal.

D. Memberikan laporan hasil belajar kepada kedua orang tua untuk dibaca terlebih dulu dan menawarkan kepada kedua orangtua siapa yang terlebih dahulu ingin konsultasi.

Jawaban D Memberikan laporan hasil belajar kepada kedua orang tua untuk dibaca                             terlebih dulu dan menawarkan kepada kedua orangtua siapa yang terlebih                      dahulu ingin konsultasi.

5. Berdasarkan pengamatan diperoleh data bahwa Doni dapat mengenali nama-nama emosi, yakni sebagai berikut:

- Doni dapat melabeli emosi "marah" yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.
- Doni bisa melabeli emosi "senang" yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.
- Doni dapat melabeli emosi "takut" yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.
- Doni bisa melabeli emosi "sedih" yang terlihat pada raut wajah pada berbagai karakter yang ada di buku.

Belum terlihat dapat memilih dan menggunakan strategi pengelolaan emosi yang dikenalkan oleh guru, karena Doni tidak mengalami emosi sedih, marah ataupun takut selama 2 minggu pengamatan.

Dapat menginisiasi permainan, terlibat dalam permainan, atau mengajak teman bermain bersama :

- Doni mengajak Frea bermain
- Doni menerima ajakan Adit untuk bermain Dinosaurus
- Doni ikut bergabung ketika melihat teman-temannya bermain bola

Berdasarkan data pengamatan tersebut, maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh guru yaitu...

A. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di sekolah dan rumah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

B. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di sekolah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

C. Langsung membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

D. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru merancang kegiatan di rumah yang dapat membantu Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

Jawaban: A. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yakni yang                                sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) - Guru                            merancang kegiatan di sekolah dan rumah yang dapat membantu                                    Doni - Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama                         proses pengamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...