Jawaban Latihan Pemahaman Membangun Fondasi secara Holistik

 

Jawaban Latihan Pemahaman Membangun Fondasi secara Holistik


Jawaban Latihan Pemahaman Membangun Fondasi secara Holistik:


1. Di bawah ini, manakah pernyataan yang tepat mengenai membangun kemampuan fondasi?

1) Kemampuan fondasi perlu dibangun secara menyeluruh pada setiap aspek.

2) Ada kemampuan fondasi yang lebih penting daripada kemampuan fondasi yang lain.

3) Kemampuan fondasi memiliki keterkaitan dengan aspek perkembangan anak.

4) Kemampuan fondasi tidak berkaitan dengan mata pelajaran tertentu.

a. 2 dan 4

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 1 dan 4

Jawaban b. 1 dan 3

2. Pemahaman diri sebagai entitas yang unik dan berbeda dengan orang lain yang ditunjukkan dengan dapat menyebutkan perbedaan dan persamaan karakteristik fisik dan non fisik dirinya dibandingkan saudara-saudaranya atau teman sekelasnya. Merupakan keterampilan pada kemampuan fondasi pada aspek …

a. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

b. Pemaknaan terhadap belajar yang positif

c. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.

d. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Jawaban d. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

3. Di bawah ini merupakan keterampilan yang merupakan bagian dari kemampuan fondasi pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri, kecuali…

a. Rasa syukur telah diciptakan oleh Tuhan YME yang tertampil dalam perilaku-perilaku positif seperti menjaga kebersihan diri, kesehatan diri serta keselamatan diri.

b. Kepemilikan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri.

c. Kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan mengenai objek, fenomena alam, atau fenomena sosial melalui pengamatan dan eksplorasi untuk kemudian diutarakan melalui bahasa atau media sederhana.

d. Kepemilikan kemampuan motorik kasar maupun motorik halus.

Jawaban c. Kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan mengenai objek, fenomena alam, atau fenomena sosial melalui pengamatan dan eksplorasi untuk kemudian diutarakan melalui bahasa atau media sederhana.

Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawaban: Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi paham tentang enam aspek kemampuan fondasi yang harus dibangun pada siswa. Aspek kemampuan fondasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Agama dan budi pekerti

2. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar

3. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

4. Pemaknaan terhadap belajar yang positif

5. Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri

6. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja


Jawaban POST TEST


1. Niam adalah peserta didik kelas 4 SD yang memiliki prestasi akademik yang cukup baik mulai dari kelas 1 hingga dengan kelas 3. Namun, riwayat ketidakhadiran Niam di sekolah cukup tinggi. Hal ini semakin terlihat di awal kelas 4 SD.

Pada bulan pertama tahun ajaran baru, Niam sudah 6 hari tidak masuk sekolah. Informasi yang diperoleh dari orang tua, Niam berpura-pura sakit supaya tidak masuk sekolah, "Aku tidak bisa belajar, aku sakit". Orang tua juga mengeluhkan kalau Niam baru mau untuk belajar ketika dijanjikan hadiah.

Berdasarkan pengamatan guru ketika di sekolah, Niam tidak mempunyai masalah dengan teman di kelas. Bahkan, bermain dengan teman adalah hal yang memotivasi Niam untuk masuk sekolah, "Ma, aku kangen sama teman-teman, aku sudah sembuh".

Kemampuan fondasi apa yang masih belum terbangun dengan baik dalam diri Niam?

Jawaban: C. (Pemaknaan terhadap belajar yang positif)

2. Nanda merupakan peserta didik kelas 1 SD. Ketika di sekolah, Nanda selalu aktif terlibat dalam kegiatan piket kelas untuk membersihkan papan tulis serta menyapu lantai. Apabila tempat sampah di kelas sudah terisi penuh, ia dengan suka rela membuang sampahnya ke tempat sampah di depan kelas yang lebih besar supaya bisa digunakan kembali.

Berdasarkan deskripsi tersebut, Kemampuan fondasi apakah yang terlihat berkembang cukup baik pada diri Nanda?

Jawaban: A. (Mengenal nilai agama dan budi pekerti)

3. Bu Putri seorang guru PAUD. Ketika mengajak anak-anak belajar pada tema profesi, beliau terlebih dahulu mencari tahu profesi apa saja yang telah diketahui anak, serta juga profesi apa sajakah yang diminati anak.

Data yang Bu Putri dapatkan nantinya digunakan untuk menyesuaikan jenis profesi yang akan dipelajari. Ketika proses belajar, anak-anak terlihat antusias, dan mereka aktif dalam kegiatan yang disediakan, serta juga terlihat ingin mencari tahu lebih dalam terkait profesi-profesi yang dipelajari. Bahkan, beberapa diantara mereka menyatakan ingin menjadi profesi tersebut ketika sudah besar.

Manakah pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan deskripsi di atas?

Jawaban: C. (Anak akan semangat belajar apabila diberi hadiah)

4. Bu Tania merupakan seorang guru PAUD. Untuk melatih Kemampuan motorik halus anak, beliau mengajak anak-anak mewarnai gambar hewan. Adapun gambar yang diberikan Bu Tania, disesuaikan dengan hewan kesukaan anak-anak.

Dalam setiap pilihan gambar, terdapat tingkat kesulitan mewarnai yang berbeda berdasarkan ukuran kertas serta luasnya bidang yang perlu diwarnai. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk memilih tingkat kesulitan gambar yang ingin diwarnai.

Berdasarkan hal tersebut, strategi yang dilakukan Bu Tania di kelasnya menggunakan landasan...

Jawaban: C. (Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit)

5. Respon apakah yang bisa diucapkan guru untuk memvalidasi perasaan anak ketika terdapat anak yang terjatuh ketika sedang berlari di halaman, guna menguatkan Kemampuan fondasinya?

Jawaban: B. ("Tidak apa-apa, tidak sakit kok, kan jatuhnya pelan").

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...