Membaca Terbimbing

 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing [Kemitraan dengan Inovasi]

Modul 2

Membaca Terbimbing

 

Jawaban Latihan Pemahaman Kegiatan Membaca Terbimbing

1. Pada buku berjenjang untuk kelompok membaca kalimat, teks pada bacaan terdiri dari…

a. 1 kalimat

b. 2 kalimat

c. 3 kalimat

d. 4 kalimat

Jawaban a. 1 kalimat

 

2. Salah satu kegiatan membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok membaca kata adalah…

a. Kegiatan membaca bersama

b. Kegiatan membaca nyaring

c. Kegiatan membaca terbimbing

d. Kegiatan membaca mandiri

Jawaban c. Kegiatan membaca terbimbing

3. Pada kegiatan membaca terbimbing untuk kelompok membaca paragraf singkat, peserta didik diminta untuk…

a. Menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan

b. Membaca kata dengan mengidentifikasi suku kata

c. Mengenali dan menyebut nama huruf pada teks

d. Membaca paragraf yang terdiri dari 10 kalimat

Jawaban a. Menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan

 

Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu? Apa yang guru lakukan saat itu?

Contoh Jawaban:

Perasaan saya saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu adalah merasa senang, bangga, dan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Saat saya mendapatkan nilai yang bagus, guru memberikan apresiasi kepada saya. Bahkan terkadang saya diberi hadiah.

1. Saat membagi kelompok pembelajaran terdiferensiasi, pendidik harus menghindari penggunaan nama yang bersifat melabel kemampuan peserta didik.

Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban a. Benar

 

2. Fungsi buku berjenjang adalah agar peserta didik dapat membaca buku yang sesuai dengan tahap instruksional mereka.

Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban a. Benar

 

Menurut ibu dan bapak, seperti apakah lingkungan belajar yang membosankan?

Jawaban:

Menurut saya, lingkungan belajar yang membosankan adalah lingkungan belajar yang tidak atau sedikit menyediakan sumber belajar. Sebagai contoh kelas sebagai lingkungan belajar akan terasa membosankan jika tidak memiliki buku bacaan menarik bagi murid serta tidak memiliki alat peraga atau media pembelajaran yang membantu murid lebih memahami meteri pelajaran.

Jawaban Topik 14 Modul 2 Membaca Terbimbing (Post Test)

1. Yang bukan merupakan tujuan pembelajaran dalam kelompok membaca kalimat adalah…

a. Mampu mengenali awal dan akhir kalimat

b. Mampu membaca teks paragraf dengan lancar dan lantang

c. Mampu membaca dengan akurasi dan kelancaran yang memadai untuk mendukung pemahaman

d. Mampu menghubungkan teks dengan pengalaman pribadi atau kehidupan nyata

Jawaban b. Mampu membaca teks paragraf dengan lancar dan lantang

 

2. Yang bukan merupakan tujuan pembelajaran dalam kelompok membaca kata adalah…

a. Mampu mengenal dan menyebutkan nama huruf

b. Mampu membaca kalimat dengan lancar

c. Mampu membaca kata dengan lancar

d. Mampu memahami kata baru dengan bantuan gambar

Jawaban b. Mampu membaca kalimat dengan lancar

 

3. Hal penting yang perlu pendidik lakukan untuk menciptakan area kegiatan membaca terbimbing yang nyaman dan kondusif adalah…

a. Memperhatikan jarak antara peserta didik di kelompok kecil dengan peserta didik lainnya

b. Hanya fokus pada peserta didik yang sedang melakukan kegiatan membaca terbimbing

c. Hanya fokus pada peserta didik yang sedang melakukan tugas mandiri

d. Memberi kebebasan pada peserta didik yang sedang tidak melakukan kegiatan membaca terbimbing

Jawaban a. Memperhatikan jarak antara peserta didik di kelompok kecil dengan peserta didik lainnya

 

4. Yang bukan merupakan tujuan pembelajaran dalam kelompok membaca kalimat adalah…

a. Mampu membaca dengan akurasi dan kelancaran untuk pemahaman

b. Mampu mengingat detail informasi pada bacaan

c. Mampu mengingat kalimat pada bacaan secara akurat

d. Mampu mencocokkan kata pada halaman dengan bantuan konteks kalimat dan gambar.

Jawaban c. Mampu mengingat kalimat pada bacaan secara akurat

 

5. Lulu termasuk ke dalam kelompok membaca jenjang awal. Maka, buku berjenjang yang tepat untuk Lulu adalah buku dengan…

a. Jumlah kata yang banyak

b. Cerita yang sederhana

c. Kalimat yang banyak

d. Ilustrasi yang sedikit

Jawaban b. Cerita yang sederhana

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...