Mendalami
Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan (PAUD-SMA)
Modul 4
Mengenal
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
A. Jawaban Latihan
Pemahaman & Cerita Reflektif
1. Terdapat pertanyaan sebagai berikut ini, manakah di
antara pilihan berikut ini yang bukan dalam karakteristik yang tepat?
A.Siswa-siswi adalah subjek yang fokus dalam mutu
B. Adalah gambaran yang ingin dicapai dengan motivasi
serta arahan
C. Adanya realistis, singkat serta gampang dimengerti
D. Memakai kata fantastik supaya orang yang membaca
kagum
Jawaban: D. Memakai kata fantastik supaya orang yang
membaca kagum
Cerita Reflektif
2. Ada sesuatu atau hal yang baru tentang visi dan
misi yang saya pelajari berdasarkan dari materi ini yaitu
Jawaban: Cara merumuskan visi dan misi serta
proses evaluasinya supaya tetap sesuai atau relevan dengan keadaan satuan
pendidikan.
Latihan Pemahaman
3. Adanya tujuan satuan pendidikan adalah komponen yang
harus pada kurikulum satuan pendidikan
A. Betul
B. Salah
Jawaban: A. Betul
4. Berikut ini terdapat pernyataan tentang fokus pada tujuan satuan pendidikan yang ada di bawah ini, kecuali
A. Dengan membantu siswa-siswi agar memahami cara
belajar mereka
B. Untuk memahami hasil yang diinginkan pada siswa-siswi
C. Dengan mengetahui juga membantu siswa-siswi agar
mengenal dirinya
D. Untuk meningkatkan nama baik sekolah
Jawaban: D. Untuk meningkatkan nama baik sekolah
5. Berikut terdapat pertanyaan, apakah kepanjangan
SMART?
A. Specific, Measurable, Achievable, Rational, Time
Bound
B. Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound
C. Special, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound
D. Specific, Marketable, Achievable, Relevant, Time
Bound
Jawaban: B. Specific, Measurable, Achievable, Relevant,
Time Bound
Cerita Reflektif
: Hal baru mengenai tujuan satuan pendidikan/tujuan program keahlian yang
saya pelajari dari materi ini adalah...
Jawab : Cara
mencapai dan menyelaraskan tujuan satuan pendidikan melalui tujuan program
keahlian.
Soal
Post Test dan Jawaban
1. Apakah maksud dari pernyataan berikut ini? Sebuah
tujuan sebaiknya mempunyai jangka waktu yang sesuai.
A. Waktu yang sudah ditentukan memiliki sifat permanen
B. Semakin cepat tujuan yang dicapai maka akan semakin
baik
C. Pencapaian pada tujuan yang sesuai target waktu
dengan melibatkan guru atau pendidik
D. Waktu yang dialokasikan sesuai dengan hasil rapat
pada kurikulum
Jawaban: C. Pencapaian pada tujuan yang sesuai target
waktu dengan melibatkan guru atau pendidik
2. Perhatikan pertanyaan berikut ini, pada implementasi
tahap awal, apa tahap berikutnya sesudah kepala sekolah memperoleh visi, misi
serta tujuan satuan pendidikan yang sudah dipunyai?
A. Dengan mengingatkan kembali serta memastikan kepada
seluruh warga sekolah untuk memahami serta berkomitmen terhadap visi, misi,
serta tujuan di satuan pendidikan yang telah ada.
B. Dengan membuat poster besar kemudian ditempelkan di
dinding yang ada di ruang pendidik
C. Dengan mengarsipkannya ke dalam dokumen kurikulum
D. Dengan berkonsultasi bersama para pengawas
Jawaban: A. Dengan mengingat kan kembali serta
memastikan kepada seluruh warga sekolah untuk memahami serta berkomitmen
terhadap visi, misi, serta tujuan di satuan pendidikan yang telah ada
3. Terdapat alasan yang paling tepat tentang pentingnya tujuan di satuan pendidikan yaitu
A. Pada satuan pendidikan lebih mudah menentukan dimensi
profil pelajar Pancasila
B. Pada tujuan Pendidikan akan lebih terarah
untuk merumuskan program
C. Pada tujuan satuan pendidikan adalah komponen yang
harus dalam dokumen KOSP
D. Pada tujuan dipentingkan merumuskan visi
Jawaban: B. Pada tujuan Pendidikan akan lebih
terarah untuk merumuskan program
4. Berikut terdapat pernyataan tentang fokus pada pembuatan
tujuan satuan pendidikan pada hasilnya akan berkaitan dengan profil pelajar
Pancasila yaitu
A. Menggambarkan tentang karakteristik sekolah
B. Adanya kemajuan belajar dari murid
C. Yang sesuai dengan visi dan misi dari
sekolah
D. Dengan mengacu terhadap hasil karakter yang
diinginkan siswa-siswi
Jawaban: D. Dengan mengacu terhadap hasil karakter yang
diinginkan siswa-siswi
5. Berikut terdapat pertanyaan, Ada salah satu kriteria
tujuan yang baik yaitu spesifik maka apakah artinya?
A. Jelas dan sederhana yang menjadi ciri khas di satuan pendidikan
B. Mengarahkan pada siswa untuk mempunyai keahlian
khusus
C Yang mudah dicapai satuan pendidikan
D. Adalah tidak sama dengan satuan pendidikan lainnya
Jawaban: A. Jelas dan sederhana yang menjadi ciri khas
di satuan pendidikan
6. Perhatikan pernyataan berikut ini, ada salah satu
prinsip pembuatan tujuan yaitu menjadikan profil pelajar Pancasila adalah
prinsip yang utama dalam setiap program pembelajaran. Hal tersebut penting
dikerjakan untuk ….
A. Membantu siswa-siswi supaya berkembang sesuai dengan
keragaman potensinya
B. Dengan mengelola sumber daya di satuan pendidikan
C. Untuk meningkatkan nilai akademis bagi siswa-siswi
D. Untuk mengerjakan analisis pembelajaran di satuan
pendidikan
Jawaban: A. Membantu siswa-siswi supaya berkembang
sesuai dengan keragaman potensinya
7. Hal yang tidak tepat
mengenai tujuan satuan pendidikan adalah….
A. Mendeskripsikan visi
dan misi satuan pendidikan
B. Dinyatakan secara
spesifik dan terukur
C. Wajib dievaluasi dan
direfleksikan minimal setahun sekali
D. Perlu dituangkan dalam
bentuk tujuan program keahlian bagi jenjang SMK
Jawab : D Perlu dituangkan dalam
bentuk tujuan program keahlian bagi jenjang SMK
8. Fokus dalam pembuatan
tujuan satuan pendidikan yang pada hasilnya terkait dengan profil pelajar
Pancasila adalah...
A. Kemajuan belajar
peserta didik
B. Sesuai dengan visi dan
misi sekolah
C. Menggambarkan
karakteristik sekolah
D. Mengacu pada hasil
karakter yang diinginkan pada peserta didik
Jawab : D. Mengacu pada hasil
karakter yang diinginkan pada peserta didik
9. Ciri dari tujuan
program keahlian, kecuali….
A. Memberikan gambaran
kompetensi yang dimiliki oleh lulusan
B. Menunjukkan tujuan umum
satuan pendidikan
C. Melakukan aksi untuk
mencapai visi ,misi, dan tujuan satuan pendidikan
D. Bersifat SMARTER
Jawab : D. Bersifat SMARTER
10. Apa manfaat analisis
karakteristik satuan pendidikan dalam menetapkan tujuan?
A. Tujuan segera tercapai
B. Tujuan selaras dengan
visi misi dan tercapai secara optimal
C. Tujuan sesuai harapan
pemangku kepentingan
D. Tujuan selalu konsisten
dalam situasi apa pun
Jawab : B. Tujuan selaras dengan
visi misi dan tercapai secara optimal
“Sekolah unggul yang
menjunjung akhlakul karimah, berprestasi, dan hijau.”
Contoh visi berikut kurang
tepat karena…
A. Belum menggambarkan
masa depan yang ingin dicapai sebagai arahan dan motivasi.
B. Belum realistis, singkat,
dan mudah dipahami.
C. Belum menjadikan murid
sebagai subject dan berfokus pada mutu.
D. Menggunakan kata yang
fantastik agar orang yang membaca menjadi kagum.
Jawab : D. Menggunakan kata yang
fantastik agar orang yang membaca menjadi kagum.
12. Salah satu tujuan yang
baik adalah spesifik. Apakah artinya?
A. Sederhana, jelas,
menjadi ciri khas satuan pendidikan
B. Mudah dicapai oleh
satuan pendidikan.
C. Tidak sama dengan
satuan pendidikan lain
D. Mengarahkan murid
memiliki kecakapan khusus
Jawab : A. Sederhana, jelas,
menjadi ciri khas satuan pendidikan
13. Hal yang tidak termasuk
ciri tujuan satuan pendidikan yang baik adalah….
A. Harus serasi dan
mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan
B. Fokus pada hasil yang
diinginkan oleh peserta didik
C. Mendukung profil
pelajar Pancasila
D. Bersifat SMART
Jawab : B Fokus pada hasil yang
diinginkan oleh peserta didik
14. Dalam implementasi
tahap awal, apa tahap selanjutnya setelah kepala sekolah menemukan visi, misi
dan tujuan satuan pendidikan yang sudah dimiliki?
A. Mengingatkan kembali
dan memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi
dan tujuan satpen yang sudah ada.
B. Mengarsipkannya dalam
dokumen kurikulum.
C. Berkonsultasi bersama
pengawas.
D. Membuat poster besar
dan ditempelkan di dinding ruang guru.
Jawab : A Mengingatkan kembali dan
memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi dan tujuan
satpen yang sudah ada.
A. Tujuan satuan
pendidikan merupakan komponen wajib dalam dokumen KOSP.
B. Satuan pendidikan akan
lebih terarah dalam merumuskan program.
C. Tujuan diperlukan untuk
merumuskan visi yang kontekstual.
D. Satuan pendidikan akan
lebih mudah menetapkan dimensi profil pelajar pancasila.
Jawab : B. Satuan pendidikan akan lebih terarah dalam
merumuskan program.
16. Salah satu prinsip
pembuatan tujuan adalah menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai prinsip
utama setiap program pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan untuk...
A. Membantu peserta didik
agar berkembang sesuai dengan keragaman potensinya.
B. Meningkatkan nilai
akademis peserta didik.
C. Melakukan refleksi dan
analisis seluruh pembelajaran di satuan pendidikan.
D. Mengelola sumber daya
yang ada pada satuan pendidikan.
Jawab : A Membantu peserta didik
agar berkembang sesuai dengan keragaman potensinya.
17. Mana di antara pilihan berikut yang BUKAN termasuk
karakteristik visi yang tepat?
A.
Berbentuk kalimat tindakan yang merupakan aksi
dari indikator visi.
B.
Menggambarkan upaya bersama warga sekolah.
C.
Satu indikator visi dijabarkan dalam satu
tindakan visi saja.
D.
Misi selalu berkaitan dengan indikator visi.
Jawaban D Satu indikator visi dijabarkan
dalam satu tindakan visi saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar