Mendalami Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan (PAUD-SMA) Modul 4

 

Mendalami Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan (PAUD-SMA)

Modul 4

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

A.    Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

1. Terdapat pertanyaan sebagai berikut ini, manakah di antara pilihan berikut ini yang bukan dalam karakteristik yang tepat?

A.Siswa-siswi adalah subjek yang fokus dalam mutu

B. Adalah gambaran yang ingin dicapai dengan motivasi serta arahan

C. Adanya realistis, singkat serta gampang dimengerti

D. Memakai kata fantastik supaya orang yang membaca kagum

Jawaban: D. Memakai kata fantastik supaya orang yang membaca kagum

 

Cerita Reflektif 

2. Ada sesuatu atau hal yang baru tentang visi dan misi yang saya pelajari berdasarkan dari materi ini yaitu

Jawaban: Cara merumuskan visi dan misi  serta proses evaluasinya supaya tetap sesuai atau relevan dengan keadaan satuan pendidikan.

Latihan Pemahaman

3. Adanya tujuan satuan pendidikan adalah komponen yang harus pada kurikulum satuan pendidikan

A. Betul

B. Salah

Jawaban: A. Betul

4. Berikut ini terdapat pernyataan tentang fokus pada tujuan satuan pendidikan yang ada di bawah ini, kecuali

A. Dengan membantu siswa-siswi agar memahami cara belajar mereka

B. Untuk memahami hasil yang diinginkan pada siswa-siswi

C. Dengan mengetahui juga membantu siswa-siswi agar mengenal dirinya

D. Untuk meningkatkan nama baik sekolah

Jawaban: D. Untuk meningkatkan nama baik sekolah

 

5. Berikut terdapat pertanyaan, apakah kepanjangan SMART?

A. Specific, Measurable, Achievable, Rational, Time Bound

B. Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound

C. Special, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound

D. Specific, Marketable, Achievable, Relevant, Time Bound

Jawaban: B. Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound

Cerita Reflektif : Hal baru mengenai tujuan satuan pendidikan/tujuan program keahlian yang saya pelajari dari materi ini adalah...

 

Jawab : Cara mencapai dan menyelaraskan tujuan satuan pendidikan melalui tujuan program keahlian.

 

Soal Post Test dan Jawaban

1. Apakah maksud dari pernyataan berikut ini? Sebuah tujuan sebaiknya mempunyai jangka waktu yang sesuai.

A. Waktu yang sudah ditentukan memiliki sifat permanen

B. Semakin cepat tujuan yang dicapai maka akan semakin baik

C. Pencapaian pada tujuan yang sesuai target waktu dengan melibatkan guru atau pendidik

D. Waktu yang dialokasikan sesuai dengan hasil rapat pada kurikulum

Jawaban: C. Pencapaian pada tujuan yang sesuai target waktu dengan melibatkan guru atau pendidik

 

2. Perhatikan pertanyaan berikut ini, pada implementasi tahap awal, apa tahap berikutnya sesudah kepala sekolah memperoleh visi, misi serta tujuan satuan pendidikan yang sudah dipunyai?

A. Dengan mengingatkan kembali serta memastikan kepada seluruh warga sekolah untuk memahami serta berkomitmen terhadap visi, misi, serta tujuan di satuan pendidikan yang telah ada.

B. Dengan membuat poster besar kemudian ditempelkan di dinding yang ada di ruang pendidik

C. Dengan mengarsipkannya ke dalam dokumen kurikulum

D. Dengan berkonsultasi bersama para pengawas

Jawaban: A. Dengan mengingat kan kembali serta memastikan kepada seluruh warga sekolah untuk memahami serta berkomitmen terhadap visi, misi, serta tujuan di satuan pendidikan yang telah ada


3. Terdapat alasan yang paling tepat tentang pentingnya tujuan di satuan pendidikan yaitu

A. Pada satuan pendidikan lebih mudah menentukan dimensi profil pelajar Pancasila

B. Pada tujuan Pendidikan akan lebih terarah untuk merumuskan program

C. Pada tujuan satuan pendidikan adalah komponen yang harus dalam dokumen KOSP

D. Pada tujuan dipentingkan merumuskan visi

Jawaban: B. Pada tujuan Pendidikan akan lebih terarah untuk merumuskan program

 

4. Berikut terdapat pernyataan tentang fokus pada pembuatan tujuan satuan pendidikan pada hasilnya akan berkaitan dengan profil pelajar Pancasila yaitu

A. Menggambarkan tentang karakteristik sekolah

B. Adanya kemajuan belajar dari murid

C. Yang sesuai dengan visi dan misi  dari sekolah

D. Dengan mengacu terhadap hasil karakter yang diinginkan siswa-siswi

Jawaban: D. Dengan mengacu terhadap hasil karakter yang diinginkan siswa-siswi

 

5. Berikut terdapat pertanyaan, Ada salah satu kriteria tujuan yang baik yaitu spesifik maka apakah artinya?

A. Jelas dan sederhana yang menjadi ciri khas di satuan pendidikan

B. Mengarahkan pada siswa untuk mempunyai keahlian khusus

C Yang mudah dicapai satuan pendidikan

D. Adalah tidak sama dengan satuan pendidikan lainnya

Jawaban: A. Jelas dan sederhana yang menjadi ciri khas di satuan pendidikan

 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini, ada salah satu prinsip pembuatan tujuan yaitu menjadikan profil pelajar Pancasila adalah prinsip yang utama dalam setiap program pembelajaran. Hal tersebut penting dikerjakan untuk ….

A. Membantu siswa-siswi supaya berkembang sesuai dengan keragaman potensinya

B. Dengan mengelola sumber daya di satuan pendidikan

C. Untuk meningkatkan nilai akademis bagi siswa-siswi

D. Untuk mengerjakan analisis pembelajaran di satuan pendidikan

Jawaban: A. Membantu siswa-siswi supaya berkembang sesuai dengan keragaman potensinya

 

7. Hal yang tidak tepat mengenai tujuan satuan pendidikan adalah….

A. Mendeskripsikan visi dan misi satuan pendidikan

B. Dinyatakan secara spesifik dan terukur

C. Wajib dievaluasi dan direfleksikan minimal setahun sekali

D. Perlu dituangkan dalam bentuk tujuan program keahlian bagi jenjang SMK

Jawab : D Perlu dituangkan dalam bentuk tujuan program keahlian bagi jenjang SMK

 

8. Fokus dalam pembuatan tujuan satuan pendidikan yang pada hasilnya terkait dengan profil pelajar Pancasila adalah...

A. Kemajuan belajar peserta didik

B. Sesuai dengan visi dan misi sekolah 

C. Menggambarkan karakteristik sekolah

D. Mengacu pada hasil karakter yang diinginkan pada peserta didik

Jawab : D. Mengacu pada hasil karakter yang diinginkan pada peserta didik

 

9. Ciri dari tujuan program keahlian, kecuali….

A. Memberikan gambaran kompetensi yang dimiliki oleh lulusan

B. Menunjukkan tujuan umum satuan pendidikan

C. Melakukan aksi untuk mencapai visi ,misi, dan tujuan satuan pendidikan

D. Bersifat SMARTER

Jawab : D. Bersifat SMARTER

 

10. Apa manfaat analisis karakteristik satuan pendidikan dalam menetapkan tujuan?

A. Tujuan segera tercapai

B. Tujuan selaras dengan visi misi dan tercapai secara optimal

C. Tujuan sesuai harapan pemangku kepentingan

D. Tujuan selalu konsisten dalam situasi apa pun

Jawab : B. Tujuan selaras dengan visi misi dan tercapai secara optimal

 

 11. Perhatikan visi sekolah berikut;

“Sekolah unggul yang menjunjung akhlakul karimah, berprestasi, dan hijau.”

Contoh visi berikut kurang tepat karena…

A. Belum menggambarkan masa depan yang ingin dicapai sebagai arahan dan motivasi.

B. Belum realistis, singkat, dan mudah dipahami.

C. Belum menjadikan murid sebagai subject dan berfokus pada mutu.

D. Menggunakan kata yang fantastik agar orang yang membaca menjadi kagum.

Jawab : D. Menggunakan kata yang fantastik agar orang yang membaca menjadi kagum.

 

12. Salah satu tujuan yang baik adalah spesifik. Apakah artinya?

A. Sederhana, jelas, menjadi ciri khas satuan pendidikan

B. Mudah dicapai oleh satuan pendidikan.

C. Tidak sama dengan satuan pendidikan lain

D. Mengarahkan murid memiliki kecakapan khusus

Jawab : A. Sederhana, jelas, menjadi ciri khas satuan pendidikan

 

13. Hal yang tidak termasuk ciri tujuan satuan pendidikan yang baik adalah….

A. Harus serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan

B. Fokus pada hasil yang diinginkan oleh peserta didik

C. Mendukung profil pelajar Pancasila

D. Bersifat SMART

Jawab : B Fokus pada hasil yang diinginkan oleh peserta didik

 

14. Dalam implementasi tahap awal, apa tahap selanjutnya setelah kepala sekolah menemukan visi, misi dan tujuan satuan pendidikan yang sudah dimiliki?

A. Mengingatkan kembali dan memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi dan tujuan satpen yang sudah ada.

B. Mengarsipkannya dalam dokumen kurikulum.

C. Berkonsultasi bersama pengawas.

D. Membuat poster besar dan ditempelkan di dinding ruang guru.

Jawab : A Mengingatkan kembali dan memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi dan tujuan satpen yang sudah ada.

 

 15. Alasan yang paling tepat mengenai pentingnya tujuan satuan pendidikan adalah...

A. Tujuan satuan pendidikan merupakan komponen wajib dalam dokumen KOSP.

B. Satuan pendidikan akan lebih terarah dalam merumuskan program.

C. Tujuan diperlukan untuk merumuskan visi yang kontekstual.

D. Satuan pendidikan akan lebih mudah menetapkan dimensi profil pelajar pancasila.

Jawab :  B. Satuan pendidikan akan lebih terarah dalam merumuskan program.

 

 

16. Salah satu prinsip pembuatan tujuan adalah menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai prinsip utama setiap program pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan untuk...

A. Membantu peserta didik agar berkembang sesuai dengan keragaman potensinya.

B. Meningkatkan nilai akademis peserta didik.

C. Melakukan refleksi dan analisis seluruh pembelajaran di satuan pendidikan.

D. Mengelola sumber daya yang ada pada satuan pendidikan.

Jawab : A Membantu peserta didik agar berkembang sesuai dengan keragaman potensinya.


17. Mana di antara pilihan berikut yang BUKAN termasuk karakteristik visi yang tepat?

A.      Berbentuk kalimat tindakan yang merupakan aksi dari indikator visi.

B.      Menggambarkan upaya bersama warga sekolah.

C.      Satu indikator visi dijabarkan dalam satu tindakan visi saja.

D.      Misi selalu berkaitan dengan indikator visi.

Jawaban D Satu indikator visi dijabarkan dalam satu tindakan visi saja.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...