Mengenal
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
Modul
1
Mengenal Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan
A. Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Prinsip Kurikulum Operasional
Satuan Pendidikan
Berikut
yang bukan diatur oleh pemerintah pusat dalam kerangka dasar kurikulum nasional
adalah …
A. Prinsip
pembelajaran & asesmen
B. Kurikulum
operasional satuan Pendidikan
C. Struktur
kurikulum
D. Capaian
pembelajaran
Pemerintah
pusat menentukan format dan sistematika kurikulum operasional yang harus
digunakan oleh satuan pendidikan.
A. Benar
B. Salah
Apakah
Anda sudah terbiasa melakukan adaptasi dari Kurikulum Nasional?
Jawaban
: Sudah
B. Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Acuan Kurikulum Operasional
Satuan Pendidikan
Latihan Pemahaman : Dua sifat dalam penyusunan
kurikulum operasional satuan pendidikan adalah fleksibel dan dinamis.
a. Benar
b. Salah
Jawab : b
Cerita Reflektif : Bagaimana
Anda selama ini memandang kurikulum nasional? Apakah sebagai suatu hal yang
tetap atau dinamis?
Jawab : Kurikulum
memang sewajarnya dinamis atau suatu saat bisa berubah. Hal tersebut seiring
dengan tujuan pendidikan dan perkembangan jaman. Kurikulum nasional adalah
sebuah kurikulum yang dilaksanakan secara nasional dengan tujuan mengedepankan
pendidikan karakter.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Mengenal
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Modul 1
1. Hal
yang tidak tepat mengenai kurikulum operasional adalah…
A. Kurikulum
operasional memungkinkan sekolah mengembangkan kekhasannya masing-masing.
B. Kurikulum
operasional disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.
C. Kurikulum
operasional menghilangkan standar dalam dunia pendidikan.
D. Kurikulum
operasional harus tetap merujuk kepada panduan pemerintah pusat.
2. Berikut
yang termasuk dalam ranah fleksibel atau dinamis pada penyusunan
kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
A. Capaian
Pembelajaran
B. Standar
nasional pendidikan
C. Konteks
dan kebijakan lokal
D. Prinsip
pembelajaran dan asesmen
Jawaban B.
Konteks dan kebijakan lokal
3. Ada dua
sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, yaitu:
A.
Tetap dan fleksibel
B.
Permanen dan temporer
C. Tetap
dan temporer
D.
Langsung dan tidak langsung
Jawaban
A. Tetap dan fleksibel
4. Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada
penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah…
A. Perangkat ajar
B. Capaian Pembelajaran
C. Konteks dan kebijakan lokal
D. Buku teks yang digunakan satuan
pendidikan
Jawab : B. Capaian Pembelajaran
5. Satuan pendidikan fleksibel dan dinamis dalam
menyusun halhal berikut dalam kurikulum operasional, kecuali…
A. Menganalisis konteks
karakteristik
B. Merumuskan visi, misi dan
tujuan
C. Merumuskan profil pelajar
Pancasila
D. Menyusun rencana pembelajaran
Jawab : C Merumuskan profil pelajar
Pancasila
6. Yang dimaksud dengan sifat ‘tetap’ pada penyusunan
kurikulum operasional satuan pendidikan adalah.…
A. dapat dimodifikasi sesuai
kebutuhan
B. disusun oleh guru dan kepala sekolah
C. ditetapkan oleh pemerintah
pusat
D. bersumber pada Pancasila
Jawab : A dapat dimodifikasi sesuai
kebutuhan
7. Yang dimaksud dengan ‘dinamis’ pada penyusunan
kurikulum operasional satuan pendidikan adalah….
A. dapat dimodifikasi sesuai
kebutuhan
B. disusun oleh dinas pendidikan
setempat
C. ditetapkan oleh pemerintah pusat
D. bersumber pada Pancasila
Jawab : A dapat dimodifikasi sesuai
kebutuhan
8. Kerangka Kurikulum Merdeka memberikan ruang
inovasi dan kemerdekaan, sehingga “dapat dan harus” dikembangkan lebih lanjut
oleh setiap satuan pendidikan.
A. Benar
B. Salah
Jawab : A Benar
9. Berikut alasan yang tepat mengenai pentingnya
menganalisis karakteristik satuan pendidikan dalam penyusunan KOSP adalah…
A. Hasil analisis karakteristik
merupakan dokumen yang harus diserahkan kepada dinas pendidikan.
B. Hasil analisis karakteristik merupakan dasar penyusunan kurikulum
operasional agar relevan dengan kondisi satuan pendidikan
C. Analisis karakteristik
merupakan langkah akhir yang menentukan kualitas sebuah kurikulum operasional
di satuan pendidikan.
D. Hasil analisis karakteristik
satuan pendidikan akan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbanhan
dalam menentukan tujuan pendidikan nasional.
Jawab : B
Hasil analisis karakteristik merupakan
dasar penyusunan kurikulum operasional agar relevan dengan kondisi satuan
pendidikan
10. Berikut yang termasuk dalam
ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …
A. Tujuan pendidikan nasional
B. Visi dan misi satuan pendidikan
C. Capaian Pembelajaran
D. Standar nasional pendidikan
Jawab : C.
Capaian Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar