Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Modul 1

 

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Modul 1

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

Berikut yang bukan diatur oleh pemerintah pusat dalam kerangka dasar kurikulum nasional adalah …

A. Prinsip pembelajaran & asesmen

B. Kurikulum operasional satuan Pendidikan

C. Struktur kurikulum

D. Capaian pembelajaran

 

Pemerintah pusat menentukan format dan sistematika kurikulum operasional yang harus digunakan oleh satuan pendidikan.

A. Benar

B. Salah

Apakah Anda sudah terbiasa melakukan adaptasi dari Kurikulum Nasional?

Jawaban : Sudah


B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Acuan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

Latihan Pemahaman : Dua sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah fleksibel dan dinamis.

a. Benar

b. Salah

Jawab : b

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda selama ini memandang kurikulum nasional? Apakah sebagai suatu hal yang tetap atau dinamis?

Jawab : Kurikulum memang sewajarnya dinamis atau suatu saat bisa berubah. Hal tersebut seiring dengan tujuan pendidikan dan perkembangan jaman. Kurikulum nasional adalah sebuah kurikulum yang dilaksanakan secara nasional dengan tujuan mengedepankan pendidikan karakter.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Modul 1

 

1. Hal yang tidak tepat mengenai kurikulum operasional adalah…

A. Kurikulum operasional memungkinkan sekolah mengembangkan kekhasannya masing-masing.

B. Kurikulum operasional disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.

C. Kurikulum operasional menghilangkan standar dalam dunia pendidikan.

D. Kurikulum operasional harus tetap merujuk kepada panduan pemerintah pusat.

 

2. Berikut yang termasuk dalam ranah fleksibel atau dinamis pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...

A. Capaian Pembelajaran

B. Standar nasional pendidikan

C. Konteks dan kebijakan lokal

D. Prinsip pembelajaran dan asesmen

Jawaban B. Konteks dan kebijakan lokal

 

3. Ada dua sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, yaitu:

A. Tetap dan fleksibel

B. Permanen dan temporer

C. Tetap dan temporer

D. Langsung dan tidak langsung

Jawaban A. Tetap dan fleksibel

 

4. Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah…

A. Perangkat ajar

B. Capaian Pembelajaran

C. Konteks dan kebijakan lokal

D. Buku teks yang digunakan satuan pendidikan

Jawab : B. Capaian Pembelajaran

 

5. Satuan pendidikan fleksibel dan dinamis dalam menyusun halhal berikut dalam kurikulum operasional, kecuali…

A. Menganalisis konteks karakteristik

B. Merumuskan visi, misi dan tujuan

C. Merumuskan profil pelajar Pancasila

D. Menyusun rencana pembelajaran

Jawab : C Merumuskan profil pelajar Pancasila

 

6. Yang dimaksud dengan sifat ‘tetap’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah.…

A. dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

B. disusun oleh guru dan kepala sekolah

C. ditetapkan oleh pemerintah pusat

D. bersumber pada Pancasila

Jawab : A dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

 

7. Yang dimaksud dengan ‘dinamis’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah….

A. dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

B. disusun oleh dinas pendidikan setempat

C. ditetapkan oleh pemerintah pusat

D. bersumber pada Pancasila

Jawab : A dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

 

8. Kerangka Kurikulum Merdeka memberikan ruang inovasi dan kemerdekaan, sehingga “dapat dan harus” dikembangkan lebih lanjut oleh setiap satuan pendidikan.

A. Benar

B. Salah

Jawab : A Benar

 

9. Berikut alasan yang tepat mengenai pentingnya menganalisis karakteristik satuan pendidikan dalam penyusunan KOSP adalah…

A. Hasil analisis karakteristik merupakan dokumen yang harus diserahkan kepada dinas pendidikan.

B. Hasil analisis karakteristik merupakan dasar penyusunan kurikulum operasional agar relevan dengan kondisi satuan pendidikan

C. Analisis karakteristik merupakan langkah akhir yang menentukan kualitas sebuah kurikulum operasional di satuan pendidikan.

D. Hasil analisis karakteristik satuan pendidikan akan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbanhan dalam menentukan tujuan pendidikan nasional.

Jawab : B Hasil analisis karakteristik merupakan dasar penyusunan kurikulum operasional agar relevan dengan kondisi satuan pendidikan

 

10. Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …

A. Tujuan pendidikan nasional

B. Visi dan misi satuan pendidikan

C. Capaian Pembelajaran

D. Standar nasional pendidikan
Jawab : C. Capaian Pembelajaran

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...