Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications] Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

 Semangat Guru 2:

Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]

Modul 2

Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 4 Pertanyaan Refleksi

 

Latihan Pemahaman : Setelah menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang memancing peserta didik untuk berpikir kritis, pertanyaan yang memancing peserta didik untuk menyelesaikan masalah adalah...

A. Apa yang saya pelajari?

B. Apa yang saya sudah mengerti?

C. Apa yang saya belum mengerti?

D. Bagaimana supaya saya mengerti?

Jawab : D

 

Cerita Reflektif : Pertanyaan-pertanyaan refleksi seperti apa saja yang paling sering Anda tanyakan kepada peserta didik di kelas Anda?

Jawab : Apa pentingnya materi yang sudah kita pelajari untuk kehidupan sehari-hari?

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Langkah-Langkah Problem Solving

 

Latihan Pemahaman : Urutan langkah-langkah yang paling sesuai dalam penyelesaian masalah adalah...

A. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Mengevaluasi solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi

B. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi - Mengevaluasi solusi

C. Merumuskan masalah Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengevaluasi solusi Mengimplementasi solusi

D. Mengimplementasi solusi - Mengevaluasi solusi - Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi

Jawab : B

 

Cerita Reflektif : Ceritakan bagaimana Anda menyelesaikan masalah menggunakan tahap-tahap penyelesaian masalah yang telah dibahas.

Jawab : Sebelum saya memahami tahapan penyelesaian masalah yang baik, saya biasanya menyelesaikan masalah dengan tahapan menganalisis masalah - mencoba alternatif solusi - pengambilan keputusan - memantau pengambilan keputusan.

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 5 Disiplin Berpikir Kritis Terhadap Informasi

 

Latihan Pemahaman : Pilihan yang sesuai dengan disiplin “pelan-pelan dan berefleksi” dalam disiplin berpikir kritis terhadap informasi adalah...

A. Kita harus secara tangkas mengambil keputusan setuju atau menolak ketika dihadapkan dengan suatu informasi

B. Jika kita merefleksikan informasi terlebih dahulu, keputusan kita lebih cenderung terkontaminasi bias

C. Kita perlu untuk selalu “menunda dulu” keputusan kita, walaupun hanya beberapa detik, tergantung kebutuhan

D. Informasi yang sulit dan kompleks paling baik ditanggapi dengan sangat cepat

Jawab : C

 

Cerita Reflektif : Menurut Anda, disiplin berpikir kritis manakah yang paling butuh dilatih kepada peserta didik Anda? Berikan penjelasannya.

Jawab : Menurut saya, peserta didik lebih cenderung membutuhkan pelatihan dan pembiasaan disiplin 3 : Cari fakta dan bukti pendukung. Karena biasanya peserta didik mengambil keputusan penyelesaian masalah tanpa berpikir efek positif maupun negatif.

 

 

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Metakognisi : Berpikir Tentang Berpikir

 

Latihan Pemahaman : Pilihan-pilihan di bawah ini menggambarkan metakognisi, kecuali...

A. Kemampuan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan proses belajar ketika menghadapi situasi baru.

B. Metakognisi adalah proses merencanakan, memonitor, dan mengases pemahaman seseorang tentang proses berpikirnya.

C. Metakognisi merupakan proses pengenalan diri yang cukup dilakukan sekali

D. Pertanyaan “Apa keunggulan/kelemahan saya?” dapat membantu kita untuk memahami stimulus apa saja yang menggiatkan atau menghambat diri kita dalam berpikir

Jawab : C

 

Cerita Reflektif : Bagaimana metakognisi dapat membantu peserta didik berpikir kritis di kelas?

Jawab : Metakognisi dalam memahami stimulus yang menghambat dirinya merasa kesulitan dalam berpikir kritis.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2 Modul 2

 

1. Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.

Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah...

A. Pelan-pelan dan berefleksi

B. Terbuka terhadap sudut pandang lain

C. Antisipasi berbagai dampak

D. Bertanggung jawab terhadap keputusan

Jawab : B

 

 

2. Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya.

Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi...

A. Apa yang saya pelajari?

B. Apa yang saya sudah mengerti?

C. Apa yang saya belum mengerti?

D. Bagaimana supaya saya mengerti?

Jawab : C

 

3. Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan...

A. Menggagas alternatif solusi

B. Menimbang alternatif solusi

C. Mengimplementasi solusi

D. Mengevaluasi solusi

Jawab : A

 

4. Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali...

A. Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?

B. Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?

C. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?

D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

Jawab : D

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...