Semangat Guru 2:
Kompetensi Nonteknis Kurikulum
Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]
Modul 2
Berpikir Kritis dan Menyelesaikan
Masalah
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi 4 Pertanyaan Refleksi
Latihan Pemahaman : Setelah
menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang memancing peserta didik untuk berpikir
kritis, pertanyaan yang memancing peserta didik untuk menyelesaikan masalah
adalah...
A. Apa yang saya pelajari?
B. Apa yang saya sudah mengerti?
C. Apa yang saya belum mengerti?
D. Bagaimana supaya saya
mengerti?
Jawab : D
Cerita Reflektif :
Pertanyaan-pertanyaan refleksi seperti apa saja yang paling sering Anda
tanyakan kepada peserta didik di kelas Anda?
Jawab : Apa
pentingnya materi yang sudah kita pelajari untuk kehidupan sehari-hari?
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Langkah-Langkah Problem Solving
Latihan Pemahaman : Urutan
langkah-langkah yang paling sesuai dalam penyelesaian masalah adalah...
A. Merumuskan masalah - Menggagas
alternatif solusi - Mengevaluasi solusi - Menimbang alternatif solusi -
Mengimplementasi solusi
B. Merumuskan masalah -
Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi
solusi - Mengevaluasi solusi
C. Merumuskan masalah Menggagas alternatif
solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengevaluasi solusi Mengimplementasi
solusi
D. Mengimplementasi solusi -
Mengevaluasi solusi - Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi -
Menimbang alternatif solusi
Jawab : B
Cerita Reflektif : Ceritakan
bagaimana Anda menyelesaikan masalah menggunakan tahap-tahap penyelesaian
masalah yang telah dibahas.
Jawab : Sebelum
saya memahami tahapan penyelesaian masalah yang baik, saya biasanya
menyelesaikan masalah dengan tahapan menganalisis masalah - mencoba alternatif
solusi - pengambilan keputusan - memantau pengambilan keputusan.
C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 5
Disiplin Berpikir Kritis Terhadap Informasi
Latihan Pemahaman : Pilihan yang
sesuai dengan disiplin “pelan-pelan dan berefleksi” dalam disiplin berpikir
kritis terhadap informasi adalah...
A. Kita harus secara tangkas
mengambil keputusan setuju atau menolak ketika dihadapkan dengan suatu
informasi
B. Jika kita merefleksikan
informasi terlebih dahulu, keputusan kita lebih cenderung terkontaminasi bias
C. Kita perlu untuk selalu
“menunda dulu” keputusan kita, walaupun hanya beberapa detik, tergantung
kebutuhan
D. Informasi yang sulit dan
kompleks paling baik ditanggapi dengan sangat cepat
Jawab : C
Cerita Reflektif : Menurut Anda,
disiplin berpikir kritis manakah yang paling butuh dilatih kepada peserta didik
Anda? Berikan penjelasannya.
Jawab : Menurut
saya, peserta didik lebih cenderung membutuhkan pelatihan dan pembiasaan
disiplin 3 : Cari fakta dan bukti pendukung. Karena biasanya peserta didik
mengambil keputusan penyelesaian masalah tanpa berpikir efek positif maupun
negatif.
D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Metakognisi : Berpikir Tentang Berpikir
Latihan
Pemahaman : Pilihan-pilihan di bawah ini menggambarkan metakognisi, kecuali...
A. Kemampuan metakognisi dapat
meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan proses belajar ketika
menghadapi situasi baru.
B. Metakognisi adalah proses
merencanakan, memonitor, dan mengases pemahaman seseorang tentang proses
berpikirnya.
C. Metakognisi merupakan
proses pengenalan diri yang cukup dilakukan sekali
D. Pertanyaan “Apa
keunggulan/kelemahan saya?” dapat membantu kita untuk memahami stimulus apa
saja yang menggiatkan atau menghambat diri kita dalam berpikir
Jawab : C
Cerita Reflektif : Bagaimana
metakognisi dapat membantu peserta didik berpikir kritis di kelas?
Jawab : Metakognisi
dalam memahami stimulus yang menghambat dirinya merasa kesulitan dalam berpikir
kritis.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru
2 Modul 2
1. Seorang guru sejarah
sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang
pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari
sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video
wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai
pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta
didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap
sebuah peristiwa yang sama.
Disiplin berpikir kritis
yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah...
A. Pelan-pelan dan
berefleksi
B. Terbuka terhadap sudut
pandang lain
C. Antisipasi berbagai
dampak
D. Bertanggung jawab
terhadap keputusan
Jawab : B
2. Saat sedang melakukan
eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel,
seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara
organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik
tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara
langsung kepada gurunya.
Peserta didik tersebut
sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi...
A. Apa yang saya pelajari?
B. Apa yang saya sudah
mengerti?
C. Apa yang saya belum
mengerti?
D. Bagaimana supaya saya
mengerti?
Jawab : C
3. Langkah problem-solving
di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa
dipraktikkan dinamakan...
A. Menggagas alternatif
solusi
B. Menimbang alternatif
solusi
C. Mengimplementasi solusi
D. Mengevaluasi solusi
Jawab : A
4. Seorang peserta didik
datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan
belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru
BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik
tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau
terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama
kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali...
A. Apakah kamu merasa
lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di
laboratorium?
B. Apakah kamu belajar
dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?
C. Apakah kamu kuat dalam
menghafal rumus-rumus kimia?
D. Bagaimana cara agar
proses belajarmu lebih efektif?
Jawab : D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar