Mencegah Perundungan di Satuan Pendidikan Modul 3

3 Dosa Pendidikan

Mencegah Perundungan di Satuan Pendidikan

Modul 3

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tanggap Cegah Perundungan

 Latihan Pemahaman : 

1. Pencegahan perundungan dapat dilakukan dalam tiga kerangka layanan yang berdasar pada Prinsip Penanggulangan di Satuan Pendidikan, antara lain...

a. Layanan Standar

b. Layanan Dasar

c. Layanan Menengah

d. Layanan Atas

Jawab : b

 2. Seberapa tepatkah penanganan guru yang langsung menasehati korban dan pelaku pada saat perundungan terjadi?

a. Tepat

b. Sangat Tepat

c. Tepat Sekali

d. Kurang Tepat

Jawab : d

 Cerita Reflektif : Bagaimana cara satuan pendidikan Anda melakukan pencegahan perundungan?

Jawab : Melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang perudungan.Mengajak siswa untuk diskusi dan membuat mind map dan presentasi tentang perundungan, bahaya, dampak, dan cara pencegahannya

 B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Semua Berperan dalam Mencegah Perundungan

 Latihan Pemahaman : 

1. Pencegahan perundungan di satuan pendidikan perlu diupayakan oleh…

a. Orang tua

b. Murid

c. Guru

d. Semua benar

Jawab : d

2. Menciptakan iklim sekolah yang positif dapat dilakukan dengan...

a. Terlibat dalam program pencegahan perundungan

b. Membuat kebijakan anti kekerasan

c. Interaksi terbuka dengan peserta didik

d. Semua benar

Jawab : d

3. Di sekolah, murid menjadikan guru sebagai teladan. Hal yang perlu dihindari saat berinteraksi dengan murid adalah…

a. Mendengarkan murid secara aktif

b. Tidak menghakimi perasaan murid

c. Menasehati murid secara berlebihan

d. Menunjukkan gestur tubuh yang hangat

Jawab : c

Cerita Reflektif : Menurut Anda, mengapa pelibatan seluruh warga sekolah menjadi hal yang penting dalam mencegah perundungan?

Jawab : Karena perundungan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Selain itu kerja sama yang baik antar warga sekolah untuk mencegah perundungan akan lebih maksimal

 Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan Modul 3

1. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan di sekolah berdasarkan kerangka layanan responsif, yaitu…

A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada

B. Bekerja sama dengan klinik kesehatan mental terdekat

C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru

D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan

Jawaban A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada

 

2. Berikut ini yang bukan termasuk pelibatan murid dalam upaya pencegahan kasus perundungan adalah…

A. Mengajak murid menjadi sekutu untuk melawan perundungan di sekolah

B. Mengajak murid untuk mengasah empati melalui kegiatan bonding di kelas

C. Mengajak murid untuk melaporkan kasus perundungan yang mereka saksikan

D. Mengajak murid untuk fokus belajar secara mandiri di dalam kelas

Jawaban D. Mengajak murid untuk fokus belajar secara mandiri di dalam kelas

 

3. Di bawah ini yang bukan merupakan informasi layanan pengaduan perundungan di satuan pendidikan yang tepat adalah…

A. http://sekolahaman.kemdikbud.go.id

B. Nomor telepon sekolah

C. www.lapor.go.id

D. Nomor telepon kantor polisi terdekat

Jawaban C. www.lapor.go.id

 

4. Mengajak peserta didik untuk berperan aktif mencegah perundungan dapat dilakukan dengan…

A. Membuat tata tertib terkait isu perundungan

B. Membuat larangan tindak kekerasan di sekolah

C. Membuat alur pengaduan yang jelas dan mudah diikuti

D. Mengajak murid terlibat dalam Program Roots

Jawaban D. Mengajak murid terlibat dalam Program Roots

 

5. Cara yang kurang tepat dalam berempati dengan korban perundungan adalah…

A. Memberikan opini saat korban tengah bercerita

B. Menghampiri dan menanyakan kondisi korban

C. Menanyakan apa yang korban butuhkan agar lebih nyaman

D. Mendukung korban untuk menceritakan pengalamannya dirundung ke orang tua, guru, atau pihak berwenang lain

Jawaban A. Memberikan opini saat korban tengah bercerita

 

6. Salah satu kegiatan menumbuhkan empati yang dapat dilakukan pada jenjang PAUD adalah…

A. Membuat lomba esai anti-perundungan

B. Menonton dan menganalisis film

C. Membuat lomba debat mengenai isu perundungan

D. Menceritakan perasaan

Jawaban D. Menceritakan perasaan

 

7. Berikut ini yang bukan termasuk pelibatan orangtua dalam upaya pencegahan kasus perundungan adalah…

A. Memberikan layanan dasar kepada orangtua terkait isu perundungan di sekolah

B. Meminta orangtua memberikan donasi agar sekolah dapat bekerja sama dengan psikolog/ psikiater

C. Membangun komunikasi yang efektif dengan orangtua

D. Mengajak orangtua untuk lebih peka terhadap keadaan anak di rumah

Jawaban B. Meminta orangtua memberikan donasi agar sekolah dapat bekerja sama dengan psikolog/ psikiater

 

8. Jika peserta didik mengalami perundungan, sebaiknya ia melakukan mekanisme pelaporan kepada...

A. Satpam

B. Guru BK/ wali kelas

C. Kepala koperasi

D. Kepala sekolah

Jawaban B. Guru BK/ wali kelas

 

9. Bagaimana Fasilitator Guru harus bersikap selama pertemuan Program Roots?

A. Mengadakan pertemuan yang interaktif dan ceria

B. Meneruskan pertemuan walaupun murid belum memahami

C. Menyampaikan materi dengan metode ceramah

D. Meminimalisasi terjadinya diskusi agar durasi program tidak terlalu lama

Jawaban A. Mengadakan pertemuan yang interaktif dan ceria

 

10. Kegiatan menumbuhkan empati yang kurang tepat dilakukan di jenjang SMA adalah…

A. Melakukan kegiatan bermain peran

B. Mengadakan lomba esai anti-perundungan

C. Menonton dan menganalisis film tentang perundungan

D. Mempraktikkan tindakan kekerasan secara nyata

Jawaban D. Mempraktikkan tindakan kekerasan secara nyata

 

11. Di bawah ini adalah aktor yang tidak diwajibkan menjadi tim pencegahan perundungan di internal sekolah adalah...

A. Guru

B. Peserta didik

C. Kepala sekolah

D. Kepala koperasi

Jawaban D. Kepala koperasi

 

12. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan di sekolah berdasarkan kerangka layanan dukungan sistem, yaitu…

A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada

B. Bekerja sama dengan kepolisian setempat

C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru

D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan

Jawaban D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan

 

13. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan di sekolah berdasarkan kerangka layanan dasar, yaitu…

A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada

B. Bekerja sama dengan klinik kesehatan mental terdekat

C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru

D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan

Jawaban C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru

 

14. Salah satu langkah yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya perundungan di sekolah adalah…

A. Memastikan keadaan anak di rumah baik-baik saja

B. Berkunjung ke seluruh rumah peserta didik untuk memastikan keadaan murid

C. Memberikan pengetahuan mengenai perundungan kepada murid

D. Menjadi narasumber terkait isu perundungan di lingkungan tempat tinggal

Jawaban C. Memberikan pengetahuan mengenai perundungan kepada murid

 

15. Berikut ini yang bukan termasuk metode antara fasilitator dengan murid agen perubahan pada Program Roots adalah…

A. Diskusi tatap muka

B. Diskusi daring

C. Pemaparan dengan ceramah

D. Bermain peran

Jawaban C. Pemaparan dengan ceramah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...