3 Dosa Pendidikan
Mencegah
Perundungan di Satuan Pendidikan
Modul 3
A.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tanggap Cegah
Perundungan
Latihan Pemahaman :
1. Pencegahan perundungan dapat dilakukan dalam tiga kerangka
layanan yang berdasar pada Prinsip Penanggulangan di Satuan Pendidikan, antara
lain...
a. Layanan Standar
b. Layanan Dasar
c. Layanan Menengah
d. Layanan Atas
Jawab : b
2. Seberapa tepatkah penanganan guru yang langsung
menasehati korban dan pelaku pada saat perundungan terjadi?
a. Tepat
b. Sangat Tepat
c. Tepat Sekali
d. Kurang Tepat
Jawab : d
Cerita Reflektif : Bagaimana cara satuan pendidikan
Anda melakukan pencegahan perundungan?
Jawab : Melakukan
sosialisasi dan penyuluhan tentang perudungan.Mengajak siswa untuk diskusi dan
membuat mind map dan presentasi tentang perundungan, bahaya, dampak, dan cara
pencegahannya
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Semua Berperan dalam Mencegah Perundungan
Latihan Pemahaman :
1. Pencegahan perundungan di satuan pendidikan perlu diupayakan
oleh…
a. Orang tua
b. Murid
c. Guru
d. Semua benar
Jawab : d
2. Menciptakan iklim sekolah yang positif dapat dilakukan
dengan...
a. Terlibat dalam program pencegahan perundungan
b. Membuat kebijakan anti kekerasan
c. Interaksi terbuka dengan peserta didik
d. Semua benar
Jawab : d
3. Di sekolah, murid menjadikan guru sebagai teladan. Hal yang
perlu dihindari saat berinteraksi dengan murid adalah…
a. Mendengarkan murid secara aktif
b. Tidak menghakimi perasaan murid
c. Menasehati murid secara berlebihan
d. Menunjukkan gestur tubuh yang hangat
Jawab : c
Cerita Reflektif : Menurut Anda, mengapa pelibatan seluruh
warga sekolah menjadi hal yang penting dalam mencegah perundungan?
Jawab : Karena
perundungan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Selain itu kerja sama
yang baik antar warga sekolah untuk mencegah perundungan akan lebih maksimal
1. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan
di sekolah berdasarkan kerangka layanan responsif, yaitu…
A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan
menggunakan prosedur penanganan yang telah ada
B. Bekerja sama dengan klinik kesehatan mental
terdekat
C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa
Orientasi Peserta Didik Baru
D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk
membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan
Jawaban A. Tanggap menangani kasus
perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada
2. Berikut ini yang bukan termasuk pelibatan
murid dalam upaya pencegahan kasus perundungan adalah…
A. Mengajak murid menjadi sekutu untuk melawan
perundungan di sekolah
B. Mengajak murid untuk mengasah empati melalui
kegiatan bonding di kelas
C. Mengajak murid untuk melaporkan kasus
perundungan yang mereka saksikan
D. Mengajak murid untuk fokus belajar secara
mandiri di dalam kelas
Jawaban D. Mengajak murid untuk fokus belajar
secara mandiri di dalam kelas
3. Di bawah ini yang bukan merupakan informasi
layanan pengaduan perundungan di satuan pendidikan yang tepat adalah…
A. http://sekolahaman.kemdikbud.go.id
B. Nomor telepon sekolah
C. www.lapor.go.id
D. Nomor telepon kantor polisi terdekat
Jawaban C. www.lapor.go.id
4. Mengajak peserta didik untuk berperan aktif
mencegah perundungan dapat dilakukan dengan…
A. Membuat tata tertib terkait isu perundungan
B. Membuat larangan tindak kekerasan di sekolah
C. Membuat alur pengaduan yang jelas dan mudah
diikuti
D. Mengajak murid terlibat dalam Program Roots
Jawaban D. Mengajak murid terlibat dalam
Program Roots
5. Cara yang kurang tepat dalam berempati dengan
korban perundungan adalah…
A. Memberikan opini saat korban tengah bercerita
B. Menghampiri dan menanyakan kondisi korban
C. Menanyakan apa yang korban butuhkan agar lebih
nyaman
D. Mendukung korban untuk menceritakan
pengalamannya dirundung ke orang tua, guru, atau pihak berwenang lain
Jawaban A. Memberikan opini saat korban
tengah bercerita
6. Salah satu kegiatan menumbuhkan empati yang
dapat dilakukan pada jenjang PAUD adalah…
A. Membuat lomba esai anti-perundungan
B. Menonton dan menganalisis film
C. Membuat lomba debat mengenai isu perundungan
D. Menceritakan perasaan
Jawaban D. Menceritakan perasaan
7. Berikut ini yang bukan termasuk pelibatan
orangtua dalam upaya pencegahan kasus perundungan adalah…
A. Memberikan layanan dasar kepada orangtua terkait
isu perundungan di sekolah
B. Meminta orangtua memberikan donasi agar
sekolah dapat bekerja sama dengan psikolog/ psikiater
C. Membangun komunikasi yang efektif dengan
orangtua
D. Mengajak orangtua untuk lebih peka terhadap
keadaan anak di rumah
Jawaban B. Meminta orangtua memberikan
donasi agar sekolah dapat bekerja sama dengan psikolog/ psikiater
8. Jika peserta didik mengalami perundungan,
sebaiknya ia melakukan mekanisme pelaporan kepada...
A. Satpam
B. Guru BK/ wali kelas
C. Kepala koperasi
D. Kepala sekolah
Jawaban B. Guru BK/ wali kelas
9. Bagaimana Fasilitator Guru harus bersikap
selama pertemuan Program Roots?
A. Mengadakan pertemuan yang interaktif dan ceria
B. Meneruskan pertemuan walaupun murid belum
memahami
C. Menyampaikan materi dengan metode ceramah
D. Meminimalisasi terjadinya diskusi agar durasi
program tidak terlalu lama
Jawaban A. Mengadakan pertemuan yang
interaktif dan ceria
10. Kegiatan menumbuhkan empati yang kurang tepat
dilakukan di jenjang SMA adalah…
A. Melakukan kegiatan bermain peran
B. Mengadakan lomba esai anti-perundungan
C. Menonton dan menganalisis film tentang
perundungan
D. Mempraktikkan tindakan kekerasan secara nyata
Jawaban D. Mempraktikkan tindakan
kekerasan secara nyata
11. Di bawah ini adalah aktor yang tidak
diwajibkan menjadi tim pencegahan perundungan di internal sekolah adalah...
A. Guru
B. Peserta didik
C. Kepala sekolah
D. Kepala koperasi
Jawaban D. Kepala koperasi
12. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan
di sekolah berdasarkan kerangka layanan dukungan sistem, yaitu…
A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan
menggunakan prosedur penanganan yang telah ada
B. Bekerja sama dengan kepolisian setempat
C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa
Orientasi Peserta Didik Baru
D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk
membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan
Jawaban D. Konsultasi dengan Dinas
Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan
13. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan
di sekolah berdasarkan kerangka layanan dasar, yaitu…
A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan
menggunakan prosedur penanganan yang telah ada
B. Bekerja sama dengan klinik kesehatan mental
terdekat
C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa
Orientasi Peserta Didik Baru
D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk
membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan
Jawaban C. Seminar Anti Cyber-bullying saat
Masa Orientasi Peserta Didik Baru
14. Salah satu langkah yang dapat dilakukan guru
untuk mencegah terjadinya perundungan di sekolah adalah…
A. Memastikan keadaan anak di rumah baik-baik saja
B. Berkunjung ke seluruh rumah peserta didik
untuk memastikan keadaan murid
C. Memberikan pengetahuan mengenai perundungan
kepada murid
D. Menjadi narasumber terkait isu perundungan di
lingkungan tempat tinggal
Jawaban C. Memberikan pengetahuan mengenai
perundungan kepada murid
15. Berikut ini yang bukan termasuk metode antara
fasilitator dengan murid agen perubahan pada Program Roots adalah…
A. Diskusi tatap muka
B. Diskusi daring
C. Pemaparan dengan ceramah
D. Bermain peran
Jawaban C. Pemaparan dengan ceramah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar