Profil Pelajar Pancasila Modul 5 Dimensi Mandiri

 

Profil Pelajar Pancasila

Modul 5

Dimensi Mandiri

Materi: Dimensi Mandiri

Latihan Pemahaman

Harapan dari dimensi mandiri pada diri pelajar Indonesia adalah…

Jawaban: Mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya


Cerita Reflektif

Saat kita bersekolah dulu, sikap mandiri seperti apakah yang kita punya? Silahkan tuliskan satu hal/kegiatan yang mencerminkan sikap mandiri

Jawaban: Saat diskusi kelompok mengerjakan suatu soal, kita saling berbagi peran sesuai dengan keinginan kita, saya waktu itu diminta untuk mencari referensi di buku catatan dan cetak, sementara teman-teman yang lain bertugas mencatat atau menuliskan.


1. Mampu mengatur perasaan untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya adalah bagian dari

Jawaban: Regulasi emosi

2. Agar mampu memahami diri dan situasi yang dihadapi, murid perlu dilatih untuk…


Jawaban: Semua benar

Cerita Reflektif

Apa pengalaman berkesan ibu dan bapak saat membantu murid mencapai tujuan belajarnya?

Jawaban: Saya teringat akan murid saya yang memiliki keterbatasan soal. Memahami sesuatu, saya meminta murid untuk menuangkan pemahaman sesuai dengan kemampuannya, karena keterbatasan dalam menyampaikan gagasan serta ide maka murid saya ini saya minta untuk menentukan hal yang paling tepat dan sesuai untuk dilakukan, akhirnya sampai pada pilihan mengadaptasi karya teman lain dengan penyesuaian terhadap diri.

 

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Dimensi Mandiri

Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Dimensi Mandiri sebagai berikut :

1. 1. Pemahaman diri dan situasi

2. Regulasi emosi

3. Regulasi diri

4. Refleksi diri

Dari daftar di atas, yang merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 4

2. Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu...

A. Murid sendiri yang menentukan target belajarnya

B. Guru yang menentukan target belajar murid

C. Murid yang menentukan target belajar temannya

D. Guru tidak perlu memantau target muridnya 

3. Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..

A. "Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya" 

B. Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yan bisa saya lakukan"

C. "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv" 

D. Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR

4. Untuk mendukung proses refleksi murid, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan...

A. Memberikan waktu berpikir untuk murid dengan bimbingan penuh dari gurunya 

B. Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan

C. Berikan ruang waktu bagi murid untuk bercerita dengan tanpa paksaan

D. Memberikan kepercayaan untuk murid menghafal pelajarannya 

5. Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?

A. Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?

B. jika bangunanmu tidak tinggi, mau bapak bantu? 

C. Kamu menangis pasti karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus? 

D. Bagaimana kamu tadi menyusunnya sehingga menjadi pendek begini? 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...