Profil Pelajar Pancasila
Modul 5
Dimensi Mandiri
Materi: Dimensi Mandiri
Harapan dari dimensi mandiri pada diri pelajar Indonesia adalah…
Jawaban: Mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya
Saat kita bersekolah dulu, sikap mandiri seperti apakah yang kita
punya? Silahkan tuliskan satu hal/kegiatan yang mencerminkan sikap mandiri
Jawaban: Saat diskusi kelompok mengerjakan suatu soal,
kita saling berbagi peran sesuai dengan keinginan kita, saya waktu itu diminta
untuk mencari referensi di buku catatan dan cetak, sementara teman-teman yang
lain bertugas mencatat atau menuliskan.
1. Mampu mengatur perasaan untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan
dirinya adalah bagian dari
Jawaban: Regulasi emosi
2. Agar mampu memahami diri dan situasi yang dihadapi, murid perlu
dilatih untuk…
Jawaban: Semua benar
Apa pengalaman berkesan ibu dan bapak saat membantu murid
mencapai tujuan belajarnya?
Jawaban: Saya teringat akan murid saya yang memiliki
keterbatasan soal. Memahami sesuatu, saya meminta murid untuk menuangkan
pemahaman sesuai dengan kemampuannya, karena keterbatasan dalam menyampaikan
gagasan serta ide maka murid saya ini saya minta untuk menentukan hal yang
paling tepat dan sesuai untuk dilakukan, akhirnya sampai pada pilihan
mengadaptasi karya teman lain dengan penyesuaian terhadap diri.
Kunci
Jawaban Post Test Modul 5 Dimensi Mandiri
Adapun soal dan Kunci
Jawaban Post Test Modul 5 Dimensi Mandiri sebagai berikut :
1. 1. Pemahaman diri dan
situasi
2. Regulasi emosi
3. Regulasi diri
4. Refleksi diri
Dari daftar di atas, yang
merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
2. Pembuatan target
belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu...
A. Murid sendiri yang menentukan target
belajarnya
B. Guru yang menentukan
target belajar murid
C. Murid yang menentukan
target belajar temannya
D. Guru tidak perlu
memantau target muridnya
3. Berikut adalah salah
satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..
A. "Saya sudah bisa
menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya"
B. Saat ada tantangan, saya lebih memilih
mencoba hal lain yan bisa saya lakukan"
C. "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu
ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv"
D. Saya sulit mengerjakan
PR pada malam hari karena mengantuk, saat pulang sekolah saya langsung
mengerjakan PR
4. Untuk mendukung proses
refleksi murid, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan...
A. Memberikan waktu
berpikir untuk murid dengan bimbingan penuh dari gurunya
B. Mengajak murid untuk menuliskan
rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan
C. Berikan ruang waktu
bagi murid untuk bercerita dengan tanpa paksaan
D. Memberikan kepercayaan
untuk murid menghafal pelajarannya
5. Hans tidak berhasil
menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya
tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans
untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?
A. Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang
kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?
B. jika bangunanmu tidak
tinggi, mau bapak bantu?
C. Kamu menangis pasti
karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus?
D. Bagaimana kamu tadi
menyusunnya sehingga menjadi pendek begini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar