Perencanaan untuk Perbaikan Satuan
Pendidikan
MODUL 2
Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan, Latihan
Pemahaman Hingga Post Test
Materi 1: Siklus Perencanaan
- Latihan Pemahaman
1. Siklus perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali
Jawaban: Telusuri
- Cerita Reflektif
1. Dari siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video
pembelajaran, ceritakan tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses
perencanaan program!
Jawaban: Perencanaan dilakukan berdasarkan kekuatan dan
kelemahan untuk membenahi satuan pendidikan berdasarkan data yang ada.
Materi 2: Sumber Data PBD
- Latihan Pemahaman
1. Di bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam
proses PBD di Satuan Pendidikan?
Jawaban: Rapor Pendidikan
- Cerita Reflektif
1. Ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan
untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!
Jawaban: Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan
kekuatan Rapor Pendidikan satuan pendidikan.
Materi 3: Siapa yang Terlibat dalam PBD
- Latihan Pemahaman
1. Siapa yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?
Jawaban: Semua Benar
- Cerita Reflektif
1. Ceritakan siapa saja yang biasanya Anda libatkan dalam proses
perencanaan program di satuan pendidikan!
Jawaban: Yang terlibat dalam proses perencanaan program
satuan pendidikan yaitu seluruh warga sekolah.
Materi 4: Hasil Akhir Perencanaan Berbasis Data
- Latihan Pemahaman
1. Apa hasil akhir dari PBD?
Jawaban: RKT dan RKAS
- Cerita Reflektif
1. Bagaimana selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan
dianggarkan dalam satu tahun ajaran?
Jawaban: Penetapan
program yang dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan
berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKT
& RKAS.
Post Test Modul 2
Bagaimana Proes Perencanaan Dilakukan
Soal 1
1. Inti dari perencanaan
berbasis data adalah
A. Menemukan akar masalah
B. Melakukan pemutakhiran data
C. Membaca Rapor Pendidikan
D. Menentukan Pilihan Kegiatan
Soal 2
2.Jika Satuan Pendidikan
membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?
A. Warga Sekolah
B. Dapodik
C. Tracer Study
D. Data GPK
Soal 3
3.Tujuan diadakannya
Perencanaan Berbasis Data adalah
A. Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih
sederhana dan bermakna
B. Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen
administrasi
C. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
D. Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang
berkali-kali
Soal 4
4.Berikut adalah
perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali
A. Pengadaan buku sekolah
B. Perbaikan lapangan sekolah
C. Pelatihan guru -
D. Pembangunan perpustakaan
E. Semua membutuhkan biaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar