Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan, Latihan Pemahaman Hingga Post Test

 

Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

MODUL 2

Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan, Latihan Pemahaman Hingga Post Test

Materi 1: Siklus Perencanaan

 

- Latihan Pemahaman

1. Siklus perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali

Jawaban: Telusuri

 

- Cerita Reflektif

1. Dari siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran, ceritakan tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses perencanaan program!

Jawaban: Perencanaan dilakukan berdasarkan kekuatan dan kelemahan untuk membenahi satuan pendidikan berdasarkan data yang ada.

 

Materi 2: Sumber Data PBD

- Latihan Pemahaman

1. Di bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam proses PBD di Satuan Pendidikan?

Jawaban: Rapor Pendidikan

 

- Cerita Reflektif

1. Ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!

Jawaban: Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan Rapor Pendidikan satuan pendidikan.

 

Materi 3: Siapa yang Terlibat dalam PBD

- Latihan Pemahaman

1. Siapa yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?

Jawaban: Semua Benar

 

- Cerita Reflektif

1. Ceritakan siapa saja yang biasanya Anda libatkan dalam proses perencanaan program di satuan pendidikan!

Jawaban: Yang terlibat dalam proses perencanaan program satuan pendidikan yaitu seluruh warga sekolah.

 

Materi 4: Hasil Akhir Perencanaan Berbasis Data

- Latihan Pemahaman

1. Apa hasil akhir dari PBD?

Jawaban: RKT dan RKAS

 

- Cerita Reflektif

1. Bagaimana selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran?

Jawaban: Penetapan program yang dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKT & RKAS.

 

Post Test Modul 2 Bagaimana Proes Perencanaan Dilakukan

Soal 1

1. Inti dari perencanaan berbasis data adalah
A. Menemukan akar masalah
B. Melakukan pemutakhiran data
C. Membaca Rapor Pendidikan
D. Menentukan Pilihan Kegiatan 

 

Soal 2

2.Jika Satuan Pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?
A. Warga Sekolah
B. Dapodik 
C. Tracer Study
D. Data GPK

 

Soal 3

3.Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah
A. Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna 
B. Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi
C. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
D. Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali


Soal 4

4.Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali
A. Pengadaan buku sekolah
B. Perbaikan lapangan sekolah
C. Pelatihan guru -
D. Pembangunan perpustakaan
E. Semua membutuhkan biaya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...