Agar Sama, Meski Beda Beda
Modul 4
3 Dosa Pendidikan
Latihan
Memahaman
1. Tentang
konsep yang dibahas dalam video yaitu
A. Dampak
dari ancaman serta kerentanan di sekolah
B. Menjadi
sekolah yang bebas dari resiko
C.
Mengidentifikasi tentang kerentanan di sekolah
D. Mengukur
resiko yang dapat menghambat sekolah, sehingga menjadi sekolah yang damai serta
toleran
Jawaban: D.
Mengukur resiko yang dapat menghambat sekolah, sehingga menjadi sekolah yang
damai serta toleransi
Cerita Reflektif
1. Apa
sajakah kerentanan serta kekuatan yang dipunyai sekolah Anda?
Jawaban:
Tentang kerentanan seperti perundungan. Untuk kekuatan dengan cara menjalankan
doa, usaha juga didukung kekompakan dari para guru.
Latihan
Pemahaman
1. Tentang
ide besar dalam materi yang dibahas pada video yaitu
A. Kisah
tentang ibu Wati dalam mendapatkan jati dirinya
B. Merespon
masalah dengan cara elegan
C. Adanya
perbedaan antara sikap reaktif serta emosi yang stabil untuk merespons kejadian
D. Mengidentifikasi kejadian yang dapat memancing emosi
Jawaban: C.
Adanya perbedaan antara sikap reaktif serta emosi yang stabil untuk merespon
kejadian
Cerita Reflektif
1.
Ceritakanlah tentang pengalaman Anda pada saat pernah menjadi stabilizer atau
termometer?
Jawaban:
Stabilizer yaitu pada saat ada murid yang dituduh karena mengambil uang yang
bukan miliknya. Guru mengamati terlebih dahulu. Selanjutnya mengobrol dengan
murid, mengumpulkan saksi, terakhir membuat kesimpulan.
Latihan
Pemahaman
1. Ada 2 hal
yang utama dan penting untuk disampaikan melalui materi video yaitu
A. Dari hasil
penelitian Goleman tentang hasil penelitian
B. Strategi
tentang menjadi orang yang empatik
C. Adanya
contoh, jenis empati
D. Tentang
jenis-jenis empati oleh Goleman serta strategi buat mengasahnya
Jawaban: D.
Tentang jenis-jenis empati oleh Goleman serta strategi buat mengasahnya
Cerita Reflektif
Apakah Anda
sudah menerapkan empati di kelas? Jika sudah praktek apa yang pernah Anda
kerjakan?
Jawaban sakit
me: Sudah praktek yaitu murid satu kelas bersama-sama menjenguk kawan yang ngalami
opname.
Latihan Pemahaman
1. Pelajaran
yang bisa diambil sesudah melihat materi ini yaitu
A. Tentang
toleransi yang dilakukan di area pendidikan
B. Adanya
contoh praktek kegiatan yang dapat dikerjakan di sekolah buat meningkatkan
toleransi
C. Adanya
kegiatan yang harus dikerjakan di satuan pendidikan
D. Kegiatan
yang membutuhkan persiapan yang panjang
Jawaban: B.
Adanya contoh praktek kegiatan yang dapat dikerjakan di sekolah buat
meningkatkan toleransi.
1.
Bagaimanakah Anda bisa merayakan kebhinekaan di sekolah?
Jawaban:
Adanya rasa persatuan bisa ditumbuhkan dengan proses nilai kehidupan
siswa-siswi. Contohnya di sekolah siswa-siswi dibiasakan untuk menghargai
adanya perbedaan atau ragam kebhinekaan dan menjaga persatuan kesatuan.
Agar Sama
sama meski berbeda
Materi 1
Rumus Mengukur Resiko
Latihan Pemahaman
Konsep yang dibahas pada video ini adalah...
A. Rumus menjadi sekolah bebas resiko
B. Mengidentifikasi masalah dan kerentanan di sekolah
C. Dampak serta bahaya dari ancaman dan kerentanan di sekolah
D. Mengukur resiko yang bisa menghambat sekolah menjadi sekolah yang damai dan
toleran
Jawaban: D.
Mengukur resiko yang bisa menghambat sekolah menjadi sekolah yang damai dan
toleran
Cerita
Reflektif
Apa saja kerentanan dan kekuatan yang dimiliki sekolah Ibu dan Bapak?
Jawaban:
kerentanan: perundungan akibat broken home
kekuatan: usaha, doa, kerja keras dan kekompakan guru
Materi 2 Jadi
Termometer atau Stabilizer?
Latihan Pemahaman
Ide besar pada materi yang dibahas dalam video ini adalah...
A. cara merespon masalah dengan elegan
B. Mengidentifikasi tipe kepribadian saat merespon kejadian yang memancing emosi
C. Perbedaan antara sikap reaktif dan emosi yang stabil dalam merespon suatu
kejadian
D. Kisah Ibu wati menemukan jati diri
Jawaban: C.
Perbedaan antara sikap reaktif dan emosi yang stabil dalam merespon suatu
kejadian
Cerita
Reflektif
Ceritakan pengalaman Ibu dan Bapak ketika pernah menjadi termometer atau
stabilizer.
Jawaban:
Stabilizer,
ketika siswa ada masalah saya akan mendengarkan cerita kesalahan tersebut dari
berbagai sisi untuk menimbang dan membuat kesimpulan.
Materi 3 (3
Strategi Mengasah Empati)
Latihan Pemahaman
Dua hal utama yang disampaikan melalui materi video adalah...
A. Strategi dan alasan menjadi orang yang empatik
B. Jenis-jenis dan contoh empati
C. Hasil penelitian Ekman dan Goleman serta dampak hasil penelitiannya
D. Jenis-jenis empati menurut Goleman dan strategi untuk mengasahnya
Jawaban: D.
Jenis-jenis empati menurut Goleman dan strategi untuk mengasahnya
Cerita
Reflektif
Sudahkan Ibu dan Bapak menerapkan empati di kelas? Kalau sudah, praktik apa
yang Ibu dan Bapak pernah lakukan?
Jawaban: menjenguk peserta didik yang sakit bersama teman satu kelasnya.
Materi 4 Festival Bineka: 7 Aktivitas Kebinekaan di Sekolah
Latihan Pemahaman
Pelajaran yang dapat diambil setelah menyaksikan materi ini adalah...
A. Beberapa kegiatan yang wajib dilakukan oleh institusi pendidikan
B. Contoh praktik baik kegiatan yang bisa dilakukan sekolah untuk meningkatkan
toleransi
C. Contoh kegiatan festival yang memerlukan persiapan panjang dan biaya yang
banyak
D. Cara merayakan toleransi yang harus dilakukan dilingkungan pendidikan
Jawaban: B. Contoh praktik baik kegiatan yang bisa dilakukan sekolah untuk
meningkatkan toleransi
Cerita
Reflektif
Bagaimana sekolah Ibu dan Bapak merayakan kebinekaan di sekolah?
Jawaban:
Dengan mengenalkan, mengajak, dan mencintai berbagai perbedaan yang ada di
Indonesia
1. Ciri dari aspek kerentanan adalah...
A. Berasal dari eksternal dan bisa dikendalikan
B. Tidak bisa dikondisikan dan berasal darimana saja
C. Berasal dari internal dan bisa dikondisikan
D. Tidak bisa dikondisikan karena berasal dari eksternal
Jawaban: C.
Berasal dari internal dan bisa dikondisikan
2. Yang bisa
dilakukan agar tidak merespon kejadian dengan reaktif adalah...
A. Tarik nafas dan mengamati
B. Menghindar dari masalah
C. Memprovokasi agar tidak sendiri
D. tarik nafas dan melarikan diri
Jawaban: A.
Tarik nafas dan mengamati
3. Salah satu
contoh yang tepat menggambarkan empati emosional adalah...
A. Ibu/Bapak Guru menahan diri untuk memarahi peserta didik di depan
teman-temannya karena khawatir mereka merasa malu
B. Ibu/Bapak Guru mengerti alasan peserta didik bertengkar salah satunya karena
dihina secara fisik
C. Ibu/Bapak Guru ikut merasa bangga, karena peserta didik yang berlatih dengan
rajin berhasil menang di kompetisi
D. Ibu/Bapak Guru mau memberikan waktu tambahan untuk mengumpulkan tugas kepada
peserta didik yang seminggu dirawat di Rumah Sakit
Jawaban: A. Ibu/Bapak Guru menahan diri untuk memarahi peserta didik di depan
teman-temannya karena khawatir mereka merasa malu
4. Yang bukan
merupakan contoh praktik baik yang dapat meningkatkan toleransi adalah...
A. Melakukan ibadah di tempat ibadah yang berbeda
B. Bermain permainan dari berbagai macam daerah
C. Mempromosikan nilai perdamaian melalui fashion
D. Kompetisi olahraga yang melibatkan keragaman
Jawaban: A. Melakukan ibadah di tempat ibadah yang berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar