Agar Sama, Meski Beda Beda

 Agar Sama, Meski Beda Beda 

Modul 4

3 Dosa Pendidikan

Latihan Memahaman

1. Tentang konsep yang dibahas dalam video yaitu

A. Dampak dari ancaman serta kerentanan di sekolah

B. Menjadi sekolah yang bebas dari resiko

C. Mengidentifikasi tentang kerentanan di sekolah

D. Mengukur resiko yang dapat menghambat sekolah, sehingga menjadi sekolah yang damai serta toleran

Jawaban: D. Mengukur resiko yang dapat menghambat sekolah, sehingga menjadi sekolah yang damai serta toleransi

Cerita Reflektif

1. Apa sajakah kerentanan serta kekuatan yang dipunyai sekolah Anda?

Jawaban: Tentang kerentanan seperti perundungan. Untuk kekuatan dengan cara menjalankan doa, usaha juga didukung kekompakan dari para guru.

Latihan Pemahaman

1. Tentang ide besar dalam materi yang dibahas pada video yaitu

A. Kisah tentang ibu Wati dalam mendapatkan jati dirinya

B. Merespon masalah dengan cara elegan

C. Adanya perbedaan antara sikap reaktif serta emosi yang stabil untuk merespons kejadian

D. Mengidentifikasi kejadian yang dapat memancing emosi

Jawaban: C. Adanya perbedaan antara sikap reaktif serta emosi yang stabil untuk merespon kejadian

Cerita Reflektif

1. Ceritakanlah tentang pengalaman Anda pada saat pernah menjadi stabilizer atau termometer?

Jawaban: Stabilizer yaitu pada saat ada murid yang dituduh karena mengambil uang yang bukan miliknya. Guru mengamati terlebih dahulu. Selanjutnya mengobrol dengan murid, mengumpulkan saksi, terakhir membuat kesimpulan.

Latihan Pemahaman

1. Ada 2 hal yang utama dan penting untuk disampaikan melalui materi video yaitu

A. Dari hasil penelitian Goleman tentang hasil penelitian

B. Strategi tentang menjadi orang yang empatik

C. Adanya contoh, jenis empati

D. Tentang jenis-jenis empati oleh Goleman serta strategi buat mengasahnya

Jawaban: D. Tentang jenis-jenis empati oleh Goleman serta strategi buat mengasahnya

Cerita Reflektif

Apakah Anda sudah menerapkan empati di kelas? Jika sudah praktek apa yang pernah Anda kerjakan?

Jawaban sakit me: Sudah praktek yaitu murid satu kelas bersama-sama menjenguk kawan yang ngalami opname.

Latihan Pemahaman

1. Pelajaran yang bisa diambil sesudah melihat materi ini yaitu

A. Tentang toleransi yang dilakukan di area pendidikan

B. Adanya contoh praktek kegiatan yang dapat dikerjakan di sekolah buat meningkatkan toleransi

C. Adanya kegiatan yang harus dikerjakan di satuan pendidikan

D. Kegiatan yang membutuhkan persiapan yang panjang

Jawaban: B. Adanya contoh praktek kegiatan yang dapat dikerjakan di sekolah buat meningkatkan toleransi.

1. Bagaimanakah Anda bisa merayakan kebhinekaan di sekolah?

Jawaban: Adanya rasa persatuan bisa ditumbuhkan dengan proses nilai kehidupan siswa-siswi. Contohnya di sekolah siswa-siswi dibiasakan untuk menghargai adanya perbedaan atau ragam kebhinekaan dan menjaga persatuan kesatuan.

 MODUL 4

Agar Sama sama meski berbeda

Materi 1 Rumus Mengukur Resiko
Latihan Pemahaman
Konsep yang dibahas pada video ini adalah...
A. Rumus menjadi sekolah bebas resiko
B. Mengidentifikasi masalah dan kerentanan di sekolah
C. Dampak serta bahaya dari ancaman dan kerentanan di sekolah
D. Mengukur resiko yang bisa menghambat sekolah menjadi sekolah yang damai dan toleran

Jawaban: D. Mengukur resiko yang bisa menghambat sekolah menjadi sekolah yang damai dan toleran

Cerita Reflektif
Apa saja kerentanan dan kekuatan yang dimiliki sekolah Ibu dan Bapak?

Jawaban:
kerentanan: perundungan akibat broken home
kekuatan: usaha, doa, kerja keras dan kekompakan guru

Materi 2 Jadi Termometer atau Stabilizer?
Latihan Pemahaman
Ide besar pada materi yang dibahas dalam video ini adalah...
A. cara merespon masalah dengan elegan
B. Mengidentifikasi tipe kepribadian saat merespon kejadian yang memancing emosi
C. Perbedaan antara sikap reaktif dan emosi yang stabil dalam merespon suatu kejadian
D. Kisah Ibu wati menemukan jati diri

Jawaban: C. Perbedaan antara sikap reaktif dan emosi yang stabil dalam merespon suatu kejadian

Cerita Reflektif
Ceritakan pengalaman Ibu dan Bapak ketika pernah menjadi termometer atau stabilizer.

Jawaban:
Stabilizer,
ketika siswa ada masalah saya akan mendengarkan cerita kesalahan tersebut dari berbagai sisi untuk menimbang dan membuat kesimpulan.

Materi 3 (3 Strategi Mengasah Empati)
Latihan Pemahaman
Dua hal utama yang disampaikan melalui materi video adalah...
A. Strategi dan alasan menjadi orang yang empatik
B. Jenis-jenis dan contoh empati
C. Hasil penelitian Ekman dan Goleman serta dampak hasil penelitiannya
D. Jenis-jenis empati menurut Goleman dan strategi untuk mengasahnya

Jawaban: D. Jenis-jenis empati menurut Goleman dan strategi untuk mengasahnya

Cerita Reflektif
Sudahkan Ibu dan Bapak menerapkan empati di kelas? Kalau sudah, praktik apa yang Ibu dan Bapak pernah lakukan?

Jawaban: menjenguk peserta didik yang sakit bersama teman satu kelasnya.

Materi 4 Festival Bineka: 7 Aktivitas Kebinekaan di Sekolah

Latihan Pemahaman
Pelajaran yang dapat diambil setelah menyaksikan materi ini adalah...
A. Beberapa kegiatan yang wajib dilakukan oleh institusi pendidikan
B. Contoh praktik baik kegiatan yang bisa dilakukan sekolah untuk meningkatkan toleransi
C. Contoh kegiatan festival yang memerlukan persiapan panjang dan biaya yang banyak
D. Cara merayakan toleransi yang harus dilakukan dilingkungan pendidikan

 Jawaban: B. Contoh praktik baik kegiatan yang bisa dilakukan sekolah untuk meningkatkan toleransi

Cerita Reflektif
Bagaimana sekolah Ibu dan Bapak merayakan kebinekaan di sekolah?

Jawaban: Dengan mengenalkan, mengajak, dan mencintai berbagai perbedaan yang ada di Indonesia

  Post Test

1. Ciri dari aspek kerentanan adalah...
A. Berasal dari eksternal dan bisa dikendalikan
B. Tidak bisa dikondisikan dan berasal darimana saja
C. Berasal dari internal dan bisa dikondisikan
D. Tidak bisa dikondisikan karena berasal dari eksternal

Jawaban: C. Berasal dari internal dan bisa dikondisikan

2. Yang bisa dilakukan agar tidak merespon kejadian dengan reaktif adalah...
A. Tarik nafas dan mengamati
B. Menghindar dari masalah
C. Memprovokasi agar tidak sendiri
D. tarik nafas dan melarikan diri

Jawaban: A. Tarik nafas dan mengamati

3. Salah satu contoh yang tepat menggambarkan empati emosional adalah...
A. Ibu/Bapak Guru menahan diri untuk memarahi peserta didik di depan teman-temannya karena khawatir mereka merasa malu
B. Ibu/Bapak Guru mengerti alasan peserta didik bertengkar salah satunya karena dihina secara fisik
C. Ibu/Bapak Guru ikut merasa bangga, karena peserta didik yang berlatih dengan rajin berhasil menang di kompetisi
D. Ibu/Bapak Guru mau memberikan waktu tambahan untuk mengumpulkan tugas kepada peserta didik yang seminggu dirawat di Rumah Sakit

Jawaban: A. Ibu/Bapak Guru menahan diri untuk memarahi peserta didik di depan teman-temannya karena khawatir mereka merasa malu

4. Yang bukan merupakan contoh praktik baik yang dapat meningkatkan toleransi adalah...
A. Melakukan ibadah di tempat ibadah yang berbeda
B. Bermain permainan dari berbagai macam daerah
C. Mempromosikan nilai perdamaian melalui fashion
D. Kompetisi olahraga yang melibatkan keragaman

Jawaban: A. Melakukan ibadah di tempat ibadah yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...