awaban Latihan Benahi dalam PBD dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Benahi dalam PBD



Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

MODUL 3

Benahi dalam PBD

A. Jawaban Latihan Benahi dalam PBD dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Benahi dalam PBD

 

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Prinsip Penting dalam Tahap Benahi

 

Latihan Pemahaman :

Apa tujuan dilakukannya solusi pembenahan?

A. Untuk memperbaiki dan meningkatkan capaian pada indikator bermasalah

B. Untuk memperbaiki dan meningkatkan capaian pada indikator yang menjadi akar permasalahan

C. Untuk penyusunan program Rencana Kerja Tahunan

D. Untuk penyusunan anggaran pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

Jawab : B

 

Cerita Reflektif : Kesulitan apa yang Anda alami saat hendak menentukan program yang tepat untuk satuan pendidikan selama ini?

Jawab : Kesulitannya adalah minimnya observasi serta data valid tentang satuan pendidikan

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Memahami Lembar Rekomendasi PBD (Dikdasmen)

Latihan Pemahaman : Dari mana satuan pendidikan bisa mendapatkan Lembar Rekomendasi?

A. Minta sama satuan pendidikan lain

B. Mencari tahu sendiri

C. Mengunduh dari Platform Rapor Pendidikan

D. Mengunduh dari Platform Merdeka Mengajar

Jawab : C

  

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda akan memanfaatkan lembar yang berisi rekomendasi ini untuk satuan pendidikan Anda?

Jawab : Satuan Pendidikan dapat menentukan akar permasalahan berdasarkan lembar rekomendasi.

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tahap Benahi Dikdasmen

 

Latihan Pemahaman :

Ada berapa rekomendasi benahi yang direkomendasikan kemdibudristek ?

A. 1 (satu)

B. 3 (tiga)

C. 5 (lima)

D. 10 (sepuluh)

Jawab : D

Cerita Reflektif : Hal-hal penting apa yang Anda pahami tentang memutuskan program pembenahan yang tepat di satuan pendidikan Anda berdasarkan materi ini?

Jawab : Hal pentingnya adalah satuan pendidikan dalam memutuskan program pembenahan sesuai rekomendasi Kemendikbudristek.

 

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Pengembangan Kegiatan Benahi

 Latihan Pemahaman :

Di manakah satuan pendidikan dapat menemukan rekomendasi kegiatan untuk membenahi akar masalahnya?

A. Lembar Rekomendasi PBD untuk Dikdasmen

B. Lembar PBD PAUD

C. Lembar Uraian ARKAS untuk Dikdasmen

D. Semua benar

Jawab : D

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda akan menyesuaikan rekomendasi yang telah ada dengan kondisi dan kemampuan di satuan pendidikan Anda?

 

Jawab : Satuan Pendidikan dapat memilih yang sekiranya dapat dilaksanakan dan memiliki dampak positif yang signifikan.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 4

 

1. Apa yang harus dipertimbangkan oleh satuan pendidikan untuk menentukan kegiatan benahi ?

A. Dana BOS yang diterima

B. Nilai pada indikator di Rapor Pendidikan

C. Kondisi, kemampuan, dan sumberdaya satuan pendidikan

D. Instruksi dari kepala sekolah

Jawaban : C. Kondisi, kemampuan, dan sumberdaya satuan pendidikan

 

2. Dalam Perencanaan Berbasis Data, apa yang dilakukan setelah menentukan akar masalah dalam refleksi ?

A. Menentukan kegiatan secara detail

B. Mencermati kegiatan benahi pada rekomendasi dari Kemdikbudristek

C. Mencermati indikator prioritas

D. Menyusun tujuan kegiatan

Jawaban : B. Mencermati kegiatan benahi pada rekomendasi dari Kemdikbudristek

 

3. Rekomendasi kegiatan Benahi yang ada saat ini disusun berdasarkan sejumlah kategori, kecuali:

A. Kurikulum

B. Wilayah satuan pendidikan

C. Proses pembelajaran peserta didik

D. Pendidik dan tenaga kependidikan

Jawaban : B. Wilayah satuan pendidikan

 

4. Berdasarkan cerita Bu Hesti dalam video ini, bagaimana satuan pendidikannya menetapkan kegiatan Benahi untuk akar masalah Sikap Inklusif yang masih rendah?

A. Mengikuti beberapa rekomendasi dan merancang satu kegiatan sendiri

B. Mengikuti semua rekomendasi tanpa merancang kegiatan sendiri

C. Mengikuti beberapa rekomendasi saja

D. Tidak mengikuti rekomendasi, merancan semua program sendiri

Jawaban : C. Mengikuti beberapa rekomendasi saja

 

5. Apakah prinsip penting dalam menetapkan dan meyakini bahwa kegiatan pembenahan sudah tepat?

A. Memiliki potensi dampak paling rendah

B. Memiliki potensi permasalahan lanjutan paling rendah

C. Dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi seluruh permasalahan

D. Memiliki anggaran yang paling efisien

Jawaban : C. Dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi seluruh permasalahan

 

6.

1 Perlu merujuk pada rumusan kegiatan Benahi yang disediakan Kemendikbud Ristek

2 Dirumuskan sebagai solusi pertama untuk mengatasi akar permasalahan

3 Dirumuskan sebagai solusi utama untuk mengatasi seluruh akar permasalahan

4 Menyesuaikan kembali pilihan kegiatan Benahi dengan kondisi di satuan pendidikan

5 Menyesuaikan pilihan kegiatan Benahi dengan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan

Manakah pernyataan yang paling tepat untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam memilih kegiatan Benahi?

A. 1, 2, 4, dan 5

B. 1, 2, 3, dan 5

C. 1, 3, 4, dan 5

D. Semua benar

Jawaban : A. 1, 2, 4, dan 5

 

7. Di dalam lembar rekomendasi, terdapat 3 lembar di dalamnya. Lembar manakah yang berisi 5 akar masalah utama untuk dibenahi?

A. Panduan membaca

B. Rekomendasi

C. Seluruh rekomendasi

D. Prioritas rekomendasi

Jawaban : D. Prioritas rekomendasi

 

8. Dari hasil unduhan Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data, akan diberikan 2 buah lembar. Lembar apa sajakah itu?

A. Rapor dan Rekomendasi

B. Rekomendasi dan Uraian ARKAS

C. Rapor dan Uraian ARKAS

D. RKT dan Uraian ARKAS

Jawaban : B. Rekomendasi dan Uraian ARKAS

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...