Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan
dengan Inovasi]
Modul 1
Literasi Dalam
Kurikulum Merdeka
Jawaban
Latihan Pemahaman Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka
1. Literasi adalah kemampuan untuk
mengenali, memahami, menafsirkan, mencipta, mengkomputasi, dan berkomunikasi
menggunakan simbol visual, auditori, dan digital mengenai topik lintas disiplin
dan keilmuan. Pernyataan di atas adalah…
a. Benar
b. Salah
Jawaban
: a. Benar
2. Peraturan Direktur
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 0340 tahun 2022 mengatur tentang…
a. Panduan
Pembelajaran dan Asesmen
b. Capaian
Pembelajaran
c. Kompetensi Literasi Guru
d. Pedoman
Penerapan Kurikulum
Jawaban :
c. Kompetensi Literasi Guru
Jawaban
Cerita Reflektif Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka
Apakah ibu dan bapak ingat bagaimana
praktik pembelajaran membaca saat ibu dan bapak bersekolah dulu? Bagaimana
perbedaannya dengan yang ibu dan bapak praktikkan saat ini?
Jawaban:
Ya, saya masih
ingat. Dulu, saya membaca teks bacaan saat pembelajaran, baik sendiri maupun
klasikal dengan teman-teman. Namun sekarang sebagai guru, saya menerapkan
beberapa praktik membaca di kelas. Selain saat proses pembelajaran, saya
menerapkan praktik membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagi murid
yang belum lancar membaca, maka diadakan tambahan waktu. Selain itu, murid juga
memiliki kegiatan membaca di perpustakaan secara rutin. Tidak hanya sebatas
membaca, praktik membaca yang saya lakukan juga ditindaklanjuti dengan
memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengukur kemampuan analisis siswa
terhadap bacaan. Dengan demikian, saya sebagai guru mampu mengetahui kemampuan
membaca murid. Murid harus dibimbing sesuai dengan kemampuan membacanya, tidak
boleh disamaratakan.
Jawaban
Latihan Pemahaman Kegiatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka
1. Untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik, pendidik
cukup memberikan tugas membaca maupun soal-soal terkait bacaan.
Pernyataan di
atas adalah…
a. Benar
b. Salah
Jawaban b. Salah
Jawaban
Cerita Reflektif Kegiatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka
Apakah ibu dan bapak ingat bagaimana
praktik pembelajaran membaca saat ibu dan bapak bersekolah dulu? Bagaimana
perbedaannya dengan yang ibu dan bapak praktikkan saat ini?
Jawaban:
Ya, saya masih
ingat. Dulu, saya membaca teks bacaan saat pembelajaran, baik sendiri maupun
klasikal dengan teman-teman. Namun sekarang sebagai guru, saya menerapkan
beberapa praktik membaca di kelas. Selain saat proses pembelajaran, saya
menerapkan praktik membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagi murid
yang belum lancar membaca, maka diadakan tambahan waktu. Selain itu, murid juga
memiliki kegiatan membaca di perpustakaan secara rutin. Untuk menarik kegiatan
membaca, saya juga mengajak murid untuk membaca secara ekspresif atau membaca
sambal mendongeng. Tidak hanya sebatas membaca, praktik membaca yang saya
lakukan juga ditindaklanjuti dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat
mengukur kemampuan analisis siswa terhadap bacaan. Dengan demikian, saya
sebagai guru mampu mengetahui kemampuan membaca murid. Murid harus dibimbing
sesuai dengan kemampuan membacanya, tidak boleh disamaratakan.
1) Guru
memiliki kecakapan literasi mahir apabila, kecuali....
A. Mampu mengelola kelas
dengan baik
B. Paham
tentang literasi
C. Melaksanakan
pembelajaran yang menguatkan kecakapan literasi siswa
D. Mengembangkan
kecakapan literasi dirinya
Jawaban
A. Mampu
mengelola kelas dengan baik
2) Peserta
didik di kelas Bu Ratih memiliki minat baca dan pemahaman akan bacaan yang
kurang. Saat diberi tugas membaca, peserta didiknya sering kali terlihat
malas-malasan.
Selain
itu, ketika Bu Ratih memberi pertanyaan terkait bacaan, peserta didiknya pun
tidak bisa menjawab. Kegiatan apa yang dapat Bu Ratih terapkan untuk mengatasi
masalah ini ?
A. Membaca
mandiri dan membaca terbimbing
B. Membaca
terbimbing dan membaca bersama
C. Membaca
terbimbing dan membaca nyaring
D. Membaca nyaring dan
membaca mandiri
Jawaban D. Membaca nyaring
dan membaca mandiri
3) Berikut
merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik di
kelas, kecuali....
A. Pendidik
memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik
B. Pendidik
menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca
C. Pendidik mendorong
peserta didik untuk membaca teks yang sulit
D. Pendidik
melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan
ajar
Jawaban
C. Pendidik
mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit
4) Berikut
merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik dikelas,
kecuali.....
A. Pendidik
memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik
B. Pendidik
menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca
C. Pendidik mendorong
peserta didik untuk membaca teks yang sulit
D. Pendidik
melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan
ajar
Jawaban
C. Pendidik
mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit
5) Setelah
melakukan asesmen awal pembelajaran, Pak Dani mengelompokkan peserta didiknya
menjadi beberapa kelompok kecil yang berisi enam anak. Maka, kegiatan membaca
yang tepat untuk Pak Dani terapkan adalah ialah....
A. Membaca
mandiri
B. Membaca terbimbing
C. Membaca
bersama
D. Membaca
nyaring
Jawaban B. Membaca
terbimbing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar