Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi] Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi]

Modul 1

Literasi Dalam Kurikulum Merdeka

Jawaban Latihan Pemahaman Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

 

1. Literasi adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, menafsirkan, mencipta, mengkomputasi, dan berkomunikasi menggunakan simbol visual, auditori, dan digital mengenai topik lintas disiplin dan keilmuan. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban : a. Benar

2. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 0340 tahun 2022 mengatur tentang…

a. Panduan Pembelajaran dan Asesmen

b. Capaian Pembelajaran

c. Kompetensi Literasi Guru

d. Pedoman Penerapan Kurikulum

Jawaban :

c. Kompetensi Literasi Guru

 

Jawaban Cerita Reflektif Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

 

Apakah ibu dan bapak ingat bagaimana praktik pembelajaran membaca saat ibu dan bapak bersekolah dulu? Bagaimana perbedaannya dengan yang ibu dan bapak praktikkan saat ini?

Jawaban:

Ya, saya masih ingat. Dulu, saya membaca teks bacaan saat pembelajaran, baik sendiri maupun klasikal dengan teman-teman. Namun sekarang sebagai guru, saya menerapkan beberapa praktik membaca di kelas. Selain saat proses pembelajaran, saya menerapkan praktik membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagi murid yang belum lancar membaca, maka diadakan tambahan waktu. Selain itu, murid juga memiliki kegiatan membaca di perpustakaan secara rutin. Tidak hanya sebatas membaca, praktik membaca yang saya lakukan juga ditindaklanjuti dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengukur kemampuan analisis siswa terhadap bacaan. Dengan demikian, saya sebagai guru mampu mengetahui kemampuan membaca murid. Murid harus dibimbing sesuai dengan kemampuan membacanya, tidak boleh disamaratakan.

Jawaban Latihan Pemahaman Kegiatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

 

1. Untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik, pendidik cukup memberikan tugas membaca maupun soal-soal terkait bacaan.

Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban b. Salah

 

 

Jawaban Cerita Reflektif Kegiatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

Apakah ibu dan bapak ingat bagaimana praktik pembelajaran membaca saat ibu dan bapak bersekolah dulu? Bagaimana perbedaannya dengan yang ibu dan bapak praktikkan saat ini?

Jawaban:

Ya, saya masih ingat. Dulu, saya membaca teks bacaan saat pembelajaran, baik sendiri maupun klasikal dengan teman-teman. Namun sekarang sebagai guru, saya menerapkan beberapa praktik membaca di kelas. Selain saat proses pembelajaran, saya menerapkan praktik membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagi murid yang belum lancar membaca, maka diadakan tambahan waktu. Selain itu, murid juga memiliki kegiatan membaca di perpustakaan secara rutin. Untuk menarik kegiatan membaca, saya juga mengajak murid untuk membaca secara ekspresif atau membaca sambal mendongeng. Tidak hanya sebatas membaca, praktik membaca yang saya lakukan juga ditindaklanjuti dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengukur kemampuan analisis siswa terhadap bacaan. Dengan demikian, saya sebagai guru mampu mengetahui kemampuan membaca murid. Murid harus dibimbing sesuai dengan kemampuan membacanya, tidak boleh disamaratakan.

 

1)      Guru memiliki kecakapan literasi mahir apabila, kecuali....

A.    Mampu mengelola kelas dengan baik

B.     Paham tentang literasi

C.     Melaksanakan pembelajaran yang menguatkan kecakapan literasi siswa

D.    Mengembangkan kecakapan literasi dirinya

Jawaban A.    Mampu mengelola kelas dengan baik

 

2)      Peserta didik di kelas Bu Ratih memiliki minat baca dan pemahaman akan bacaan yang kurang. Saat diberi tugas membaca, peserta didiknya sering kali terlihat malas-malasan.

Selain itu, ketika Bu Ratih memberi pertanyaan terkait bacaan, peserta didiknya pun tidak bisa menjawab. Kegiatan apa yang dapat Bu Ratih terapkan untuk mengatasi masalah ini ?

A.    Membaca mandiri dan membaca terbimbing

B.     Membaca terbimbing dan membaca bersama

C.     Membaca terbimbing dan membaca nyaring

D.    Membaca nyaring dan membaca mandiri

Jawaban D.    Membaca nyaring dan membaca mandiri

 

3)      Berikut merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik di kelas, kecuali....

A.    Pendidik memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik

B.     Pendidik menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca

C.     Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit

D.    Pendidik melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan ajar

Jawaban C.     Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit

 

4)      Berikut merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik dikelas, kecuali.....

A.    Pendidik memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik

B.     Pendidik menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca

C.     Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit

D.    Pendidik melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan ajar

Jawaban C.     Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit

 

5)      Setelah melakukan asesmen awal pembelajaran, Pak Dani mengelompokkan peserta didiknya menjadi beberapa kelompok kecil yang berisi enam anak. Maka, kegiatan membaca yang tepat untuk Pak Dani terapkan adalah ialah....

A.    Membaca mandiri

B.     Membaca terbimbing

C.     Membaca bersama

D.    Membaca nyaring

Jawaban B.     Membaca terbimbing

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...