Soal & Kunci Post Test mplementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas MODUL 1


Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

MODUL 1

 Topik Identifikasi dalam PBD

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Langkah Penting mencapai Perubahan Bermakna

Latihan Pemahaman :

 

Berikut ini merupakan tahapan utama dalam menyusun perencanaan PBD :

Benahi

Identifikasi

Refleksi

Manakah urutan yang sesuai…

A. Benahi, Identifikasi, lalu Refleksi

B. Refleksi, Benahi, dan Identifikasi

C. Identifikasi, Benahi, dan Refleksi

D. Identifikasi, Refleksi, dan Benahi

Jawab : D

 

Cerita Reflektif : Kesulitan apa yang Anda alami saat hendak mencari tau kondisi satuan pendidikan selama ini?

Jawab : Sumber Daya Manusia, keterbatasan anggaran yang menyebabkan kurangnya kebijakan.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tahap Identifikasi Dikdasmen

 Latihan Pemahaman :

Di bawah ini, manakah tahapan PBD pada jenjang Dikdasmen?

A. Unduh (profil pendidikan) isi (RKT) laporkan (RKT dan RKAS)

B. Unduh (lembar PBD) isi (lembar PBD) simpan (lembar PBD) laporkan (RKT dan RKAS)

C. Unduh (profil pendidikan) isi (profil pendidikan) laporkan (profil pendidikan)

D. Unduh (lembar PBD) isi (RKT) laporkan (RKT dan RKAS)

Jawab : A  Unduh (profil pendidikan) isi (RKT) laporkan (RKT dan RKAS)

 Cerita Reflektif : Hal-hal penting apa yang Anda pahami tentang proses memahami kondisi satuan pendidikan berdasarkan materi ini?

Jawab Hasil Profil Pendidikan yang tercantum pada rapor pendidikan sebagai acuan perbaikan kualitas satuan pendidikan.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 1

  

1. Apa yang dimaksud dengan tahapan identifikasi?

A. Memilih dan memetakan masalah

B. Merumuskan akar permasalahan

C. Menyusun program dan kegiatan

D. Memilih masalah dan akar permasalahan

JAwaban D. Memilih masalah dan akar permasalahan

 

2. Apa yang dimaksud dengan tahapan refleksi?

A. Memilih dan memetakan masalah

B. Merumuskan akar permasalahan

C. Menyusun program dan kegiatan

D. Semua benar

Jawaban C. Menyusun program dan kegiatan

 

3. Apa yang dimaksud dengan tahapan benahi?

A. Memilih dan memetakan masalah

B. Merumuskan akar permasalahan

C. Menyusun program dan kegiatan

D. Memilih masalah dan akar permasalahan

Jawaban B. Merumuskan akar permasalahan

 

4. 1. Unduh Profil Pendidikan

2. Memilih 5 indikator yang akan diintervensi dengan merujuk pada indikator prioritas dan indikator yang bermasalah

3. Memetakan indikator yang bermasalah

4. Memilih 5 indikator prioritas yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek

Urutkanlah langkah-langkah identifikasi di atas yang sesuai...

A. 1 2 3 4

B. 1 3 4 2

C. 1 4 2 3

D. 1 3 2 4

Jawaban B. 1 3 4 2

 

5. Jika pada dimensi D indikator prioritas sudah memiliki capaian

dengan warna hijau, namun penilaian masih lebih rendah dari

satpen yang setara. Apa yang sebaiknya satpen lakukan?

A. Memilih indikator lain yang berwarna merah

B. Memilih indikator lain yang berwarna kuning

C. Tetap memilih indikator tersebut untuk diintervensi

D. Pilihan a dan b benar

Jawaban B. Memilih indikator lain yang berwarna kuning

 

6. Indikator Prioritas:

1. Dimensi D, Kualitas Pembelajaran

2. Dimensi A, Kemampuan Literasi

3. Dimensi D, Kepemimpinan Instruksional

4. Dimensi A, Indeks Karakter

Dari ke-4 indikator prioritas di atas, manakah yang termasuk ke dalam indikator prioritas DIKDASMEN?

A. 1, 2, dan 3

B. 1 dan 3

C. 2 dan 4

D. 1, 3, dan 4

Jawaban C. 2 dan 4

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...