Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas
MODUL 1
Topik
Identifikasi dalam PBD
A. Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Langkah Penting mencapai
Perubahan Bermakna
Latihan Pemahaman :
Berikut ini merupakan tahapan utama dalam menyusun perencanaan PBD
:
Benahi
Identifikasi
Refleksi
Manakah urutan yang sesuai…
A. Benahi, Identifikasi, lalu Refleksi
B. Refleksi, Benahi, dan Identifikasi
C. Identifikasi, Benahi, dan Refleksi
D. Identifikasi, Refleksi, dan Benahi
Jawab : D
Cerita Reflektif : Kesulitan apa yang Anda alami saat hendak
mencari tau kondisi satuan pendidikan selama ini?
Jawab : Sumber Daya Manusia,
keterbatasan anggaran yang menyebabkan kurangnya kebijakan.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi Tahap Identifikasi Dikdasmen
Di bawah ini, manakah tahapan PBD pada jenjang Dikdasmen?
A. Unduh (profil pendidikan) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)
B. Unduh (lembar PBD) → isi (lembar
PBD) → simpan (lembar PBD) → laporkan (RKT dan RKAS)
C. Unduh (profil pendidikan) → isi (profil
pendidikan) → laporkan (profil pendidikan)
D. Unduh (lembar PBD) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)
Jawab : A Unduh (profil pendidikan) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)
Cerita Reflektif : Hal-hal penting apa yang Anda
pahami tentang proses memahami kondisi satuan pendidikan berdasarkan materi
ini?
Jawab : Hasil Profil Pendidikan yang
tercantum pada rapor pendidikan sebagai acuan perbaikan kualitas satuan
pendidikan.
Soal &
Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan
Berkualitas Modul 1
1. Apa yang dimaksud dengan tahapan identifikasi?
A. Memilih dan memetakan masalah
B. Merumuskan akar permasalahan
C. Menyusun program dan kegiatan
D. Memilih masalah dan akar permasalahan
JAwaban D. Memilih masalah dan akar permasalahan
2. Apa yang dimaksud dengan tahapan refleksi?
A. Memilih dan memetakan masalah
B. Merumuskan akar permasalahan
C. Menyusun program dan kegiatan
D. Semua benar
Jawaban C. Menyusun program dan kegiatan
3. Apa yang dimaksud dengan tahapan benahi?
A. Memilih dan memetakan masalah
B. Merumuskan akar permasalahan
C. Menyusun program dan kegiatan
D. Memilih masalah dan akar permasalahan
Jawaban B. Merumuskan akar permasalahan
4. 1. Unduh Profil Pendidikan
2. Memilih 5 indikator yang akan diintervensi dengan merujuk
pada indikator prioritas dan indikator yang bermasalah
3. Memetakan indikator yang bermasalah
4. Memilih 5 indikator prioritas yang telah ditetapkan oleh
Kemendikbudristek
Urutkanlah langkah-langkah identifikasi di atas yang sesuai...
A. 1 2 3 4
B. 1 3 4 2
C. 1 4 2 3
D. 1 3 2 4
Jawaban B. 1 3 4 2
5. Jika pada dimensi D indikator prioritas sudah memiliki capaian
dengan warna hijau, namun penilaian masih lebih rendah dari
satpen yang setara. Apa yang sebaiknya satpen lakukan?
A. Memilih indikator lain yang berwarna merah
B. Memilih indikator lain yang berwarna kuning
C. Tetap memilih indikator tersebut untuk diintervensi
D. Pilihan a dan b benar
Jawaban B. Memilih indikator lain yang berwarna kuning
6. Indikator Prioritas:
1. Dimensi D, Kualitas Pembelajaran
2. Dimensi A, Kemampuan Literasi
3. Dimensi D, Kepemimpinan Instruksional
4. Dimensi A, Indeks Karakter
Dari ke-4 indikator prioritas di atas, manakah yang termasuk ke
dalam indikator prioritas DIKDASMEN?
A. 1, 2, dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1, 3, dan 4
Jawaban C. 2 dan 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar