Profil Pelajar Pancasila
Modul
4
Dimensi Bergotong
Royong
AKTIVITAS
Dimensi Bergotong Royong
Latihan
Pemahaman
Berikut yang bukan merupakan
elemen dari Dimensi Bergotong Royong adalah
Kolaborasi
Berbagi
Kepedulian
Empati
Cerita
Reflektif
Apakah pengalaman bergotong
royong Ibu/Bapak yang paling berkesan? Apa peran Ibu/Bapak dalam gotong royong
tersebut?
Jawaban: Bergotong royong membersihkan
lingkungan Sekolah, karena sekolah kami memiliki bangunan baru, maka kami perlu membersihkan sisa-sisa debu dan
material sisa pembangunan, kami saling berbagi peran semua bisa saya lakukan
mulai dari menyapu hingg mengepel tergantung tempat mana yang membutuhkan tenaga.
Elemen
dalam Dimensi Bergotong Royong
AKTIVITAS
Elemen Kolaborasi
Alur Perkembangan Elemen
Kolaborasi
Elemen kepedulian
Alur Perkembangan Elemen
Kepedulian
Elemen berbagi
Alur Perkembangan Elemen
berbagi
Latihan Pemahaman
1. Menurut alur
perkembangannya, membiasakan diri untuk berbagi ke orang sekitarnya bisa
dimulai dilatih pada murid dari jenjang
PAUD
SD
SMP
SMA/K
2. Menumbuhkan
elemen kepedulian berkaitan dengan kemampuan berempati murid.
Benar
Salah
3. Agar suatu
kolaborasi berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan, antara anggota
kelompok harus saling ....
Bekerja sama
Berkomunikasi
Percaya
Semua benar
Cerita
Reflektif
Apa hambatan yang biasanya
Ibu/Bapak temui dulu ketika sekolah saat melakukan kerja kelompok? Bagaimana
menghadapinya?
Jawaban: Hambatan biasanya saat komunikasi dan merasa bisa melakukan
sendiri, tetapi ternyata saya tidak mampu. Maka solusinya saya meminta bantuan
kepada teman mengenai kesulitan yang saya hadapi
Post
Test Modul 4 Dimensi Bergotong
Royong
1. Agar bisa bergotong
royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri
A. Benar, karena berhubungan
B. Salah, bisa berjalan
masing-masing
2. Berikut ini adalah elemen
dari dimensi gotong royong, kecuali:
A. Elemen kolaborasi
B. Elemen kepedulian
C. Elemen berbagi
D. Elemen kerja sama
3. Dalam konteks elemen
kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti...
A. Mengenal orang di sekitar
B. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan
melakukan tindakan tertentu
C. Memberi nasehat pada
orang yang membutuhkan
D. Mempertimbangkan pendapat
orang lain
4. Bu Nila
mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu
Nila adalah sebagai berikut, kecuali:
A. Mendorong
murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat
B. Mendorong
murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan
C. Menghargai semua ucapan
murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis
D. Mendorong
murid memahami reaksi teman sekelompoknya.
5. Pak Sukri
adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk
digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi
gotong royong dengan cara:
A. Membagi
kelas ke dalam 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya
berkegiatan lain
B. Membagi murid ke dalam
beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok
C. Menggunakan
alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop tiap-tiap murid
D. Menggilir
penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir
6. Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi
mandiri.
a. Benar Karena Berhubungan
b. Salah Karena Bisa berjalan masing masing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar