Asesmen Awal Pembelajaran Literasi (Kemitraan dengan Inovasi) Modul 2 Melaksanakan Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal

 Asesmen Awal Pembelajaran Literasi (Kemitraan dengan Inovasi)

Modul 2

Melaksanakan Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal

1. Mengenali nama huruf adalah langkah pertama dalam membaca. Pernyataan ini adalah….

a. Benar

b. Salah

Jawaban A. Benar

 

Saat bersekolah dulu, pernahkah ibu dan bapak merasa gugup dan takut saat mengerjakan ujian? Mengapa?

Jawaban:

Ya pernah, karena ada beberapa fakor seperti kurang persiapan sehingga merasa tidak akan bisa menyelesaikan ujian. Takut Gagal karena tekanan lulus atau tidaknya maupaun pernah gagal dalam arti tidak mendapatkan nilai sesuai dengan target atau ekspektasi juga dapat mendorong seseorang untuk berpikir negatif bahwa ia akan mengalami hal yang sama. Ini akan memengaruhi performanya pada saat mengerjakan ujian.

1. Berikut adalah lima komponen penting dalam kemampuan membaca kelas awal, yaitu…

a. Huruf, suku kata, kata, paragraf, cerita fiksi, cerita non fiksi

b. Suku kata, kata, kalimat, cerita pendek, cerita panjang

c. Huruf, suku kata, kata, paragraf, cerita pendek

d. Suku kata, kalimat, paragraf, cerita pendek, cerita kompleks

Jawaban c. Huruf, suku kata, kata, paragraf, cerita pendek

 

Ceritakan pengalaman ibu dan bapak saat belajar membaca di sekolah dahulu.

Jawaban:

Pengalaman Saya dulu belajar membaca yaitu dulu guru saya memberikan buku bacaan untuk dibaca sebelum pelajaran, selalu memberi kesempatan ke perpustakaan untuk membaca dan mencatat buku apa saja yang sudah dibaca, dan menyuruh siswa maju membaca bacaan pada papan tulis.

1. Kegiatan membaca terbimbing pada setiap kelompok harus dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang sama.

Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban B. Salah

 

Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapat nilai yang buruk saat bersekolah dulu? Apa yang guru lakukan saat itu?

Jawaban:

Perasaannya sedih terkadang malu, akan tetapi itu semua menjadi motivasi atau dorongan agar lebih giat belajar dan berlatih untuk mendapatkan nilai yang baik. Guru memberikan penguatan, melakukan remidial dan membimbing siswa secara khusus maupun kelompok, setelah itu guru melakukan beberapa pengayaan maupun refleksi.

1. Dalam kegiatan menyebut nama huruf, hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik adalah...

A. Sikap peserta didik dalam menunjuk huruf yang disebutkan

B. Menandai huruf yang dibaca benar dan yang dibaca salah

C. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas

D. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik

Jawab: B

 

2. Format kegiatan asesmen awal membaca ini tidak dapat digunakan sebagai asesmen formatif.

Pernyataan tersebut adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawab: B

3. Peserta didik lain yang sudah dapat membaca kata dengan lancar dapat diberikan kegiatan membaca mandiri sesuai dengan Tujuan Pembelajaran.

Pernyataan di atas adalah...

A.   Benar

B.     Salah

Jawab: A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...