Menyesuaikan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Mahir Modul 5

 

Menyesuaikan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Mahir

Modul 5

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Pemahaman dan refleksi

Setelah melakukan analisis karakteristik, satuan pendidikan akan meninjau ulang visi, misi, dan tujuan.

A.    Benar

B.    Salah

Jawaban :  Benar

Satuan pendidikan memerlukan hasil analisis karakteristik satuan pendidikan dalam meninjau visi, misi, dan tujuan.

A.      Benar

B.      Salah

Jawaban :  Benar

Cerita reflektif

Apakah di satuan pendidikan Ibu dan Bapak guru sebelumnya pernah mengerjakan sosialisasi visi, misi serta tujuan? Apakah pendapat ibu dan bapak guru sosialisasi tersebut sudah berjalan dengan efektif?

Jawab: Pada satuan pendidikan saya sudah pernah mengerjakan sosialisasi visi, misi dan tujuan. Kegiatan  sosialisasi belum berjalan dengan efektif. (Jawaban bisa berbeda sesuai dengan yang pernah dialami oleh Bapak dan Ibu Guru).

Kunci Jawaban Post Test Topik Memahami Kurikulum Operasional SMK di Tahap Awal (Part 1) 

Soal 1. Hal yang tidak tepat mengenai tujuan satuan pendidikan adalah….
a.  Mendeskripsikan visi dan misi satuan pendidikan
b.  Dinyatakan secara spesifik dan terukur
c.  Wajib dievaluasi dan direfleksikan minimal setahun sekali
d.  Perlu dituangkan dalam bentuk tujuan program keahlian bagi jenjang SMK
Jawaban yang tepat ialah: C

 Soal 2. Salah satu prinsip pembuatan tujuan adalah menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai prinsip utama setiap program pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan untuk…

a. Membantu peserta didik agar berkembang sesuai dengan keragaman potensinya
b. Meningkatkan nilai akademis peserta didik
c. Melakukan refleksi dan analisis seluruh pembelajaran di satuan pendidikan
d.. Mengelola sumber daya yang ada pada satuan pendidikan
Jawaban yang tepat ialah: A

Soal 3. Karakter yang khas dalam penyusunan tujuan program keahlian adalah
a. Melibatkan peserta didik, pendidik dan orangtua
b. Fokus pada hasil yang diinginkan pada peserta didik
c. Dirimuskan secara sistematis
d. Mengacu pada karakteristik dan/atau keunikan program keahlian serta kondisi satuan pendidikan
Jawaban yang tepat ialah: D

Soal 4. Sebuah tujuan sebaiknya memiliki jangka waktu yang sesuai. Apakah maksudnya?
a. Makin cepat tujuan dicapai makin baik
b. Waktu dialokasikan sesuai rapat kurikulum
c. Pencapaian tujuan sesuai target waktu dengan melibatkan pendidik
d. Waktu yang telah ditetapkan bersifat permanen
Jawaban yang tepat ialah: C


Soal 5. Dari contoh tujuan satuan pendidikan berikut :

Melaksanakan program pembelajaran yang secara aktif kreatif, intensif, efektif, efisien, inovatif, menyenangkan dan berkarakter. Kalimat tujuan di atas sesuai dengan dimensi...
a. Berkebinekaan global
b. Mandiri
c. Kreatif
d. Beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
Jawaban yang tepat ialah: C

Soal 6. Ciri dari tujuan program keahlian, kecuali….
a. Memberikan gambaran kompetensi yang dimiliki oleh lulusan
b. Menunjukkan tujuan umum satuan pendidikan
c. Melakukan aksi untuk mencapai visi ,misi dan tujuan satuan pendidikan
d. Bersifat SMART+ER
Jawaban yang tepat ialah: B

Soal 7. Perhatikan visi sekolah berikut;

“Sekolah unggul yang menjunjung akhlakul karimah, berprestasi, dan hijau.”
Contoh visi berikut kurang tepat karena…
a. Belum menggambarkan masa depan yang ingin dicapai sebagai arahan dan motivasi.
b. Belum realistis, singkat, dan mudah dipahami.
c. Belum menjadikan murid sebagai subject dan berfokus pada mutu.
d. Menggunakan kata yang fantastik agar orang yang membaca menjadi kagum.
Jawaban yang tepat ialah : D

Soal 8. Alasan yang paling tepat mengenai pentingnya tujuan satuan pendidikan adalah….
a. Tujuan satuan pendidikan merupakan komponen wajib dalam dokumen KOSP
b. Satuan pendidikan akan lebih terarah dalam merumuskan program
c. Tujuan diperlukan untuk merumuskan visi yang kontekstual
d. Satuan pendidikan akan lebih mudah menetapkan dimensi profil pelajar pancasila
Jawaban yang tepat ialah: B

Soal 9. Dalam implementasi tahap awal, apa tahap selanjutnya setelah kepala sekolah menemukan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan yang sudah dimiliki?
a. Mengingatkan kembali dan memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi dan tujuan satpen yang sudah ada.
b. Mengarsipkannya dalam dokumen kurikulum.
c. Berkonsultasi bersama pengawas.
d. Membuat poster besar dan ditempelkan di dinding ruang guru.
Jawaban yang tepat ialah: A

Soal 10. Hal yang tidak termasuk ciri tujuan satuan pendidikan yang baik adalah….
a. Harus serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan
b. Fokus pada hasil yang diinginkan oleh peserta didik
c. Mendukung profil pelajar Pancasila
d. Bersifat SMART
Jawaban yang tepat ialah: B

Soal 11
Salah satu prinsip pembuatan tujuan adalah menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai prinsip utama setiap program pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan untuk…
a. Membantu peserta didik agar berkembang sesuai dengan keragaman potensinya
b. Meningkatkan nilai akademis peserta didik
c. Melakukan refleksi dan analisis seluruh pembelajaran di satuan pendidikan
d. Mengelola sumber daya yang ada pada satuan pendidikan
Jawaban yang tepat ialah: A

Soal Post Test

1. Apakah peran dari kepala satuan pendidikan saat sedang melakukan peninjauan tentang visi, misi serta satuan pendidikan?

A. Tidak ada peran dari kepala sekolah

B. Memimpin serta memberikan pengarahan supaya peninjau visi, misi, tujuan selaras dan pada akhirnya tujuan sesuai dengan cita-cita sekolah

C. Dengan mengganti visi, misi, serta tujuan yang sesuai dengan kemauannya

 D. Dengan memantau visi, misi, serta tujuan  akan tetapi tidak memberi masukan

Jawaban yang tepat ialah: B. Memimpin serta memberikan pengarahan supaya peninjau visi, misi, tujuan  selaras dan pada akhirnya tujuan sesuai dengan cita-cita sekolah

Soal 2. Pada pernyataan di bawah ini ialah yang kurang tepat berkaitan dengan pengembangan visi, misi, serta tujuan  di tahapan berkembang yaitu …..

A. Sesudah mengerjakan penyesuaian maka satuan pendidikan harus mengerjakan sosialisasi ulang

B. Sebelum meninjau terhadap visi, misi, serta tujuan maka satuan pendidikan wajib mengerjakan analisis SWOT

C. Dalam satuan pendidikan sangat penting untuk meninjau kembali apakah visi, misi, serta tujuan sudah memperlihatkan keselarasan

D. Tentang tujuan yang tidak relevan atau sesuai maka dapat dilakukan penyesuaian

Jawaban yang tepat ialah: B. Sebelum meninjau terhadap visi, misi, serta tujuan maka satuan pendidikan wajib mengerjakan analisis SWOT

Latihan Pemahaman

Soal 1. Apabila ditemukan tujuan yang tidak sesuai terhadap visi, misi maupun kondisi riil di satuan pendidikan, maka untuk tindak lanjutnya yaitu ...

 A. Dengan melakukan penyesuaian tujuan satuan pendidikan yang sesuai terhadap visi, misi dan kriteria tujuan satuan pendidikan yang baik

B. Tidak penting untuk mengerjakan apapun

C. Dengan mengerjakan tinjauan ulang pada visi, misi menyesuaikan tujuan satuan pendidikan

D. Mengerjakan perubahan tujuan yang memakai SWOT

Jawaban yang tepat ilah: A. Dengan melakukan penyesuaian tujuan satuan pendidikan yang sesuai terhadap visi, misi dan kriteria tujuan satuan pendidikan yang baik.

Soal 2. Pada satuan pendidikan diperbolehkan untuk merevisi visi, misi, serta tujuan yang dimiliki agar relevan sesuai dengan kebutuhan

A. Benar

B. Salah

Jawaban yang tepat ialah: A. Benar

 

Manakah yang tidak termasuk dalam proses mengembangkan visi, misi dan tujuan pada implementasi tahap mahir?

A.    Mengolah data hasil analisis yang relevan untuk menyelaraskan visi, misi, dan tujuan.

B.      Hanya menggunakan sudut pandang kepala satuan pendidikan dalam meninjau ulang visi, misi, dan tujuan.

C.      Meninjau ulang secara menyeluruh visi, misi, dan tujuan yang telah dibuat bersama tim pengembang

D.    Merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan yang kontekstual berdasarkan analisis karakteristik satuan pendidikan

Jawaban Hanya menggunakan sudut pandang kepala satuan pendidikan dalam meninjau ulang visi, misi, dan tujuan.

 

Manakah pernyataan yang salah?

A.      Output dalam meninjau kembali visi, misi, dan tujuan adalah rumusan visi, misi, dan tujuan yang selaras dengan hasil analisis konteks karakteristik.

B.    Visi, misi, dan tujuan perlu diselaraskan dengan tujuan pendidikan nasional.

C.      Satuan pendidikan tidak perlu merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan sesuai dengan konteks perubahan yang terjadi di sekitar sekolah.

D.     Perlu dilakukan penajaman kembali pada poin-poin misi dan tujuan apabila belum selaras dengan Profil Pelajar Pancasila dan konteks satuan pendidikan.

Jawaban Visi, misi, dan tujuan perlu diselaraskan dengan tujuan pendidikan nasional.


Berikut adalah alasan mengapa keterlibatan pihak eksternal penting dalam mengembangkan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, kecuali…

A.      Untuk mempertimbangkan kebijakan daerah/nasional

B.    Untuk mendukung program satuan Pendidikan

C.      Sebagai sumber daya di sekitar satuan Pendidikan

D.     Untuk menjadi eksklusif

Jawaban Untuk mendukung program satuan Pendidikan

 

Manakah pernyataan yang benar?

A.      Dalam peninjauan visi, misi, dan tujuan dilakukan sebelum melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan.

B.    Merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan berdasarkan analisis karakteristik satuan pendidikan merupakan langkah untuk mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.

C.      Kepala satuan pendidikan dapat melakukan proses peninjauan seorang diri karena lebih mudah dilaksanakan.

D.     Dalam meninjau ulang, satuan pendidikan tidak perlu mempertimbangkan faktor eksternal, seperti visi, misi, tujuan program, dan/atau prioritas pemerintah daerah, kebijakan daerah.

Jawaban Merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan berdasarkan analisis karakteristik satuan pendidikan merupakan langkah untuk mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.

 Karena visi, misi dan tujuan berperan sebagai referensi arah pengembangan dan untuk menunjukan prioritas satuan pendidikan, maka pada tahap mahir, untuk meninjau ulang visi, misi, dan tujuan, kepala sekolah bekerja sama dengan….

A.      Pendidik dan tenaga kependidikan

B.    Pendidik, perwakilan peserta didik, perwakilan orang tua/wali, pengawas/penilik, dan mitra

C.      Perwakilan orang tua/wali dan pendidik

D.     Pengawas/penilik, mitra, dan pendidik

Jawaban : Pendidik, perwakilan peserta didik, perwakilan orang tua/wali, pengawas/penilik, dan mitra

Berikut adalah langkah-langkah dalam meninjau kembali visi, misi, dan tujuan sesuai dengan hasil analisis karakteristik, kecuali…

A.      Periksa kembali visi, misi, dan tujuan yang telah dimiliki apakah sudah mendukung pencapaian profil pelajar Pancasila.

B.      Tajamkan aspek yang belum selaras dan belum sesuai dengan hasil data analisis karakteristik

C.      Pikirkan mana yang perlu direvisi/dipertajam dan mana yang perlu dijadikan prioritas

D.     Wajib lakukan penambahan/pengurangan poin misi dan tujuan.

Jawaban : Periksa kembali visi, misi, dan tujuan yang telah dimiliki apakah sudah mendukung pencapaian profil pelajar Pancasila.

 

Manakah pernyataan yang salah?

A.    Output dalam meninjau kembali visi, misi, dan tujuan adalah rumusan visi, misi, dan tujuan yang selaras dengan hasil analisis konteks karakteristik.

B.      Visi, misi, dan tujuan perlu diselaraskan dengan tujuan pendidikan nasional.

C.      Satuan pendidikan tidak perlu merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan sesuai dengan konteks perubahan yang terjadi di sekitar sekolah.

D.     Perlu dilakukan penajaman kembali pada poin-poin misi dan tujuan apabila belum selaras dengan Profil Pelajar Pancasila dan konteks satuan pendidikan.

Jawaban Output dalam meninjau kembali visi, misi, dan tujuan adalah rumusan visi, misi, dan tujuan yang selaras dengan hasil analisis konteks karakteristik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...