Membaca Bersama

 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing [Kemitraan dengan Inovasi]

Modul 1

Membaca Bersama

 

Jawaban Latihan Pemahaman Kegiatan Membaca Bersama

 

1. Kegiatan membaca bersama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memaknai kosakata baru. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban a. Benar

 

2. Kegiatan membaca bersama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memahami bacaan. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban a. Benar

 

3. Kegiatan membaca bersama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat koneksi dan memprediksi alur cerita. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban a. Benar

 

Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu? Apa yang guru lakukan saat itu?

Jawaban:

Perasaan saya saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu adalah merasa senang, bangga, dan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Saat saya mendapatkan nilai yang bagus, guru memberikan apresiasi kepada saya. Bahkan terkadang saya diberi hadiah.

 

1. Pada kegiatan membaca bersama, buku besar diletakkan di atas penyangga agar…

a. Peserta didik dapat melihat teks dan ilustrasi dengan jelas

b. Pendidik tidak letih saat memegang buku besar

c. Peserta didik bisa memahami bacaan dengan lebih baik

d. Pendidik dapat melihat seluruh peserta didik dengan jelas

Jawaban a. Peserta didik dapat melihat teks dan ilustrasi dengan jelas

 

Jawaban Cerita Reflektif Pengelolaan Kelas untuk Membaca Bersama

Pernahkah ibu dan bapak melihat lingkungan belajar yang sangat nyaman? Coba deskripsikan lingkungan tersebut.

Jawaban:

Pernah. Lingkungan tersebut adalah kelas yang bersih dan jauh dari sampah. Selain bersih, sarana dan prasarana untuk belajar juga mendukung murid untuk belajar. Tak hanya itu, tidak ada suara bising di luar kelas, sehingga murid dapat lebih fokus untuk belajar.

 

Jawaban Topik 14 Modul 1 Membaca Bersama (Post Test)

1. Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan keterampilan membuat koneksi dalam kegiatan membaca bersama adalah…

a. Membacakan cerita kepada peserta didik

b. Mengaitkan gambar pada buku dengan kehidupan peserta didik sehari-hari

c. Meminta peserta didik membaca buku secara mandiri

d. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lantang di depan kelas

2. Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik dalam memaknai kosakata baru adalah dengan…

a. Membacakan cerita kepada peserta didik

b. Memberi pertanyaan mengenai arti kata yang terdapat pada buku

c. Meminta peserta didik membaca buku secara mandiri

d. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lantang di depan kelas

Jawaban b. Memberi pertanyaan mengenai arti kata yang terdapat pada buku

 

3. Hal penting yang perlu pendidik lakukan untuk menciptakan area kegiatan membaca bersama yang nyaman dan kondusif adalah…

a. Memastikan peserta didik telah duduk dan dapat melihat buku bacaan dengan jelas

b. Membawa buku besar sambil berjalan ketika membacakan cerita

c. Fokus pada buku besar dan memunggungi peserta didik ketika membaca

d. Menggunakan alat penunjuk untuk menunjuk peserta didik

Jawaban a. Memastikan peserta didik telah duduk dan dapat melihat buku bacaan dengan jelas

 

4. Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik dalam memahami informasi pada buku adalah dengan…

a. Membacakan cerita kepada peserta didik

b. Meminta peserta didik mendeskripsikan dan menceritakan gambar yang terdapat pada buku

c. Meminta peserta didik membaca buku secara mandiri

d. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lantang di depan kelas

Jawaban b. Meminta peserta didik mendeskripsikan dan menceritakan gambar yang terdapat pada buku

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...