Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing [Kemitraan dengan Inovasi]
Modul 1
Membaca Bersama
Jawaban
Latihan Pemahaman Kegiatan Membaca Bersama
1. Kegiatan membaca bersama dapat
meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memaknai kosakata baru.
Pernyataan di atas adalah…
a. Benar
b. Salah
Jawaban a. Benar
2. Kegiatan membaca bersama dapat
meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memahami bacaan. Pernyataan di
atas adalah…
a. Benar
b. Salah
Jawaban a. Benar
3. Kegiatan membaca bersama dapat
meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat koneksi dan memprediksi
alur cerita. Pernyataan di atas adalah…
a. Benar
b. Salah
Jawaban a. Benar
Bagaimana perasaan ibu
dan bapak saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu? Apa yang guru
lakukan saat itu?
Jawaban:
Perasaan
saya saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu adalah merasa senang,
bangga, dan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Saat saya mendapatkan
nilai yang bagus, guru memberikan apresiasi kepada saya. Bahkan terkadang saya
diberi hadiah.
1. Pada kegiatan membaca bersama, buku
besar diletakkan di atas penyangga agar…
a. Peserta didik dapat melihat
teks dan ilustrasi dengan jelas
b. Pendidik tidak letih saat
memegang buku besar
c. Peserta didik bisa
memahami bacaan dengan lebih baik
d. Pendidik dapat melihat
seluruh peserta didik dengan jelas
Jawaban a. Peserta didik dapat melihat teks dan ilustrasi dengan jelas
Jawaban
Cerita Reflektif Pengelolaan Kelas untuk Membaca Bersama
Pernahkah ibu dan bapak melihat lingkungan belajar yang sangat nyaman? Coba
deskripsikan lingkungan tersebut.
Jawaban:
Pernah.
Lingkungan tersebut adalah kelas yang bersih dan jauh dari sampah. Selain
bersih, sarana dan prasarana untuk belajar juga mendukung murid untuk belajar.
Tak hanya itu, tidak ada suara bising di luar kelas, sehingga murid dapat lebih
fokus untuk belajar.
Jawaban Topik 14 Modul 1
Membaca Bersama (Post Test)
1. Salah satu cara yang dapat dilakukan
pendidik untuk meningkatkan keterampilan membuat koneksi dalam kegiatan membaca
bersama adalah…
a. Membacakan cerita kepada
peserta didik
b. Mengaitkan gambar pada buku
dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
c. Meminta peserta didik
membaca buku secara mandiri
d. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lantang di depan kelas
2. Salah satu cara yang dapat dilakukan
pendidik untuk membantu peserta didik dalam memaknai kosakata baru adalah
dengan…
a. Membacakan cerita kepada
peserta didik
b. Memberi pertanyaan mengenai
arti kata yang terdapat pada buku
c. Meminta peserta didik membaca
buku secara mandiri
d. Meminta peserta didik
membaca buku besar secara lantang di depan kelas
Jawaban b. Memberi pertanyaan mengenai arti kata yang terdapat pada buku
3. Hal penting yang perlu pendidik
lakukan untuk menciptakan area kegiatan membaca bersama yang nyaman dan
kondusif adalah…
a. Memastikan peserta didik
telah duduk dan dapat melihat buku bacaan dengan jelas
b. Membawa buku besar sambil
berjalan ketika membacakan cerita
c. Fokus pada buku besar dan
memunggungi peserta didik ketika membaca
d. Menggunakan alat penunjuk
untuk menunjuk peserta didik
Jawaban a.
Memastikan peserta didik telah duduk dan dapat melihat buku bacaan dengan jelas
4. Salah satu cara yang dapat dilakukan
pendidik untuk membantu peserta didik dalam memahami informasi pada buku adalah
dengan…
a. Membacakan cerita kepada
peserta didik
b. Meminta peserta didik
mendeskripsikan dan menceritakan gambar yang terdapat pada buku
c. Meminta peserta didik
membaca buku secara mandiri
d. Meminta peserta didik
membaca buku besar secara lantang di depan kelas
Jawaban b.
Meminta peserta didik mendeskripsikan dan menceritakan gambar yang terdapat
pada buku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar