Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi] Modul 3 Keterampilan Membaca Pemahaman

 

Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman [Kemitraan dengan Inovasi]

Modul 3

Keterampilan Membaca Pemahaman

1.        Keterampilan memahami bacaan perlu diajarkan secara eksplisit dan sistematis.

Pernyataan di atas adalah…

A.   A Benar

B.    B .Salah

Jawaban A. Benar

 

Jawaban Cerita Reflektif Cara Mengenali Kemampuan Peserta Didik Memahami Bacaan

Buku cerita apa yang paling ibu dan bapak suka?

Contoh Jawaban:

Buku cerita yang paling saya suka adalah buku novel.

2. Ibu Bertha ingin meningkatkan kemampuan menyimak peserta didiknya. Kegiatan membaca apa yang dapat Ibu Bertha Implementasikan di kelas?

a. Kegiatan membaca mandiri

b. egiatan membaca terbimbing

c. Kegiatan membaca bebas

d. Kegiatan membaca nyaring

Jawaban d. Kegiatan membaca nyaring

 

Buku cerita apa yang paling siswa sukai saat ini?

Jawaban:

Buku yang paling siswa sukai saat ini adalah buku dongeng.

Pertanyaan manakah yang dapat menunjukkan kemampuan pemahaman inferensial?

a. Apa warna baju anak perempuan tersebut?

b. Benda apa yang ada di mulut anak perempuan tersebut

c. Menurutmu apa yang dirasakan anak perempuan tersebut?


c. Bagaimana ekspresi wajah anak perempuan tersebut?

Jawaban Cerita Reflektif Pemahaman Literal dan Inferensial

Hal apa yang membuat ibu dan bapak sulit memahami bacaan?

Jawaban:

Memahami bacaan akan terasa sulit jika saya belum mengetahui arti kosa kata yang terdapat dalam bacaan.

Jawaban Topik 13 Modul 3 Keterampilan Membaca Pemahaman (Post Test)

1. Untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam memahami bacaan, pendidik dapat…

a. Meminta peserta didik membaca kalimat yang ditunjuk

b. Membacakan banyak buku pada peserta didik

c. Memberikan pertanyaan terkait buku yang telah dibaca

d. Meminta peserta didik untuk menghitung jumlah suku kata pada kalimat yang ditunjuk

Jawaban c. Memberikan pertanyaan terkait buku yang telah dibaca

2. Kelancaran membaca bukan hanya dilihat dari kecepatan baca, tetapi juga dapat dilihat dari kemampuan membaca teks secara otomatis, akurat, menggunakan intonasi, tempo dan pemenggalan kata secara tepat.

Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban a. Benar

 

3. Saat pertama kali pendidik mengajarkan pemahaman literal dan inferensial, pendidik dapat memulainya dengan meminta peserta didik membuat kesimpulan dari…

a. Kalimat sederhana

b. Gambar

c. Paragraf yang panjang

d. Tabel

Jawaban a. Kalimat sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...