Modul 1 Cerita Reflektif Perencanaan Pembelajaran di Pelatihan Mandiri, Jika Boleh Berandai-andai

Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

MODUL 1

Modul 1 Cerita Reflektif Perencanaan Pembelajaran di Pelatihan Mandiri, Jika Boleh Berandai-andai

 

 

Materi 1: Refleksi Perencanaan

- Latihan Pemahaman

Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat

Jawaban: Salah

 

- Cerita Reflektif
Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?

Jawaban: Dengan cara berdiskusi bersama guru dan komite sekolah serta pemangku kepentingan yang ada di sekolah dalam hal menentukan program kegiatan yang akan dilakukan di sekolah. Adapun perencanaannya melalui beberapa tahapan yaitu melakukan identifikasi masalah, refleksi, perbaikan, melaksanakan program serta monitoring dan evaluasi utnuk mengetahui tingkat keberhasilan dari program tersebut.

 

Materi 2: Latar belakang PBD

- Latihan Pemahaman

Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?

Jawaban: Perencanaan yang berdasarkan asumse menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta

 

- Cerita Reflektif

Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?

Jawaban: Dengan Perencanaan Berbasis Data, sekolah dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan program kegiatan kedepannya guna meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan

Materi 3: Tujuan Perencanaan Tujuan Pendidikan

- Latihan Pemahaman

Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan

 

Jawaban: Benar

- Cerita Reflektif

Bagaimana kontribusi satuan endidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan endidikan?

Jawaban: Kontribusi satuan endidikan untuk mencapai tujuan endidikan adalah dengan memberikan layanan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Sekolah juga membuat program atau kegiatan yang didapatkan sebelumnya melalui tahapan perencanaan yang matang untuk mewujudkan vivi dan misi sekolah yaitu peserta didik yang berprofil Pelajar Pancasila.

 

Post Test Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data

Soal 1

1.       Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?

A.      A. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan

B.      B. Berdasarkan pada data dan fakta

C.      C. Menambah sarana dan prasarana fisik

D.      D. Semua benar

2.       Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?

A.      A. Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di kelas

B.      B. Fasilitas di satuan Pendidikan

C.      C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan

D.      D. Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu

3.       Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
A. Data 
B. Perkiraan pribadi
C. Perkiraan kelompok
D. Yang penting dana habis

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...