Perencanaan untuk
Perbaikan Satuan Pendidikan
MODUL 1
Modul 1 Cerita Reflektif Perencanaan Pembelajaran di
Pelatihan Mandiri, Jika Boleh Berandai-andai
Materi 1: Refleksi Perencanaan
- Latihan Pemahaman
Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam
menentukan perencanaan yang tepat
Jawaban: Salah
- Cerita Reflektif
Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan
pendidikan?
Jawaban: Dengan cara berdiskusi bersama guru dan komite
sekolah serta pemangku kepentingan yang ada di sekolah dalam hal menentukan
program kegiatan yang akan dilakukan di sekolah. Adapun perencanaannya melalui
beberapa tahapan yaitu melakukan identifikasi masalah, refleksi, perbaikan,
melaksanakan program serta monitoring dan evaluasi utnuk mengetahui tingkat
keberhasilan dari program tersebut.
Materi 2: Latar belakang PBD
- Latihan Pemahaman
Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis
Data?
Jawaban: Perencanaan yang berdasarkan asumse menjadi
perencanaan berdasarkan data dan fakta
- Cerita Reflektif
Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan
pendidikan Anda?
Jawaban: Dengan Perencanaan Berbasis Data, sekolah dapat
mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan program kegiatan kedepannya
guna meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan
Materi 3: Tujuan Perencanaan Tujuan Pendidikan
- Latihan Pemahaman
Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor
pendidikan
Jawaban: Benar
- Cerita Reflektif
Bagaimana kontribusi satuan endidikan Anda selama ini untuk mencapai
tujuan endidikan?
Jawaban: Kontribusi satuan endidikan untuk mencapai tujuan
endidikan adalah dengan memberikan layanan pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Sekolah juga membuat program atau
kegiatan yang didapatkan sebelumnya melalui tahapan perencanaan yang matang
untuk mewujudkan vivi dan misi sekolah yaitu peserta didik yang berprofil
Pelajar Pancasila.
Post Test Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data
Soal 1
1.
Manakah yang tidak termasuk dalam elemen
Perencanaan Berbasis Data?
A.
A. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan
B.
B. Berdasarkan pada data dan fakta
C.
C. Menambah sarana dan prasarana fisik
D.
D. Semua benar
2.
Apa saja pertimbangan dalam melakukan
perencanaan?
A.
A. Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di
kelas
B.
B. Fasilitas di satuan Pendidikan
C.
C. Data-data mengenai peserta didik,
guru, dan lingkungan satuan pendidikan
D.
D. Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu
3.
Hal apa yang diperlukan dalam membuat
perencanaan satuan pendidikan?
A. Data
B. Perkiraan pribadi
C. Perkiraan kelompok
D. Yang penting dana habis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar