Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 4

 

Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

MODUL 4

Implementasi Program dalam PBD

A. Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 4:

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Refleksi Proses PBD

 

Latihan Pemahaman :

Siapa saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi satuan pendidikan ?

A. Tenaga pendidik

B. Peserta didik

C. Orang tua

D. Semua benar

Jawab : D Semua benar

 

Cerita Reflektif : Ceritakan hasil refleksi Anda terhadap proses Perencanaan Berbasis Data berdasarkan materi ini!

Jawab : Proses Perencanaan Berbasis Data yang dilakukan oleh satuan pendidikan bertujuan untuk meningkatkan perbaikan mutu yang berkesinambungan.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Rapor Pendidikan dan Perbaikan Berkelanjutan

 

Latihan Pemahaman :

Pada saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan?

A. Awal tahun ajaran

B. Akhir tahun ajaran

C. Pertengahan semester

D. Kapanpun saat hendak melakukan pembenahan

Jawab : D Kapanpun saat hendak melakukan pembenahan

 

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda akan memanfaatkan Rapor Pendidikan di sepanjang tahun ajaran untuk satuan pendidikan Anda?

Jawab : Penggunaan platform Rapor Pendidikan sangat penting bagi satuan pendidikan karena dapat digunakan sebagai bahan acuan dasar untuk melaksanakan Perencanaan Berbasis Data (PBD).

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi RKT dalam PBD

 

Latihan Pemahaman : RKT adalah…

A. Rencana Kerja Tahunan

B. Rancangan Kerja Tahunan

C. Revisi Kerja Tahunan

D. Rencana Kegiatan Tahunan

E. Rancangan Kegiatan Tahunan

Jawab : A Rencana Kerja Tahunan

 

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda memaknai manfaat dari proses Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun program prioritas di dalam Rencana Kerja Tahunan?

Jawab : Dalam PBD terdapat indikator prioritas yang harus diperhatikan dan didahulukan pemenuhannya. Selain itu melalui proses refleksi, satuan memahami akar masalah yang dihadapi sebagai hal mendasar yang harus dibenahi. Dari akar masalah inilah kemudian disusun rangkaian kegiatan untuk menyelesaikannya. Sehingga RKT disusun sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan.

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi RKAS dalam PBD

 

Latihan Pemahaman : Rencana Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan oleh Satuan Pendidikan melalui...

A. Rencana Kerja Jangka Pendek

B. Rencana Kerja Jangka Panjang

C. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah

D. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

Jawab : D Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

 

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda memaknai manfaat dari proses Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun anggaran program prioritas di dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah?

Jawab : RKT yang disusun berdasarkan refleksi dalam menemukan akar masalah digunakan sebagai penentuan program prioritas Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

 

 

E. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Komitmen untuk Layanan Pendidikan Berkualitas

Latihan Pemahaman : Apa saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data?

A. Identifikasi, Refleksi, Klarifikasi

B. Identifikasi, Evaluasi, Klarifikasi

C. Identifikasi, Refleksi, Benahi

D. Identifikasi, Relaksasi, Benahi

Jawab : B  Identifikasi, Evaluasi, Klarifikasi

 

 

Cerita Reflektif : Apa yang Anda akan lakukan untuk dapat menjaga komitmen dalam melakukan perencanaan yang didasarkan pada data dan berpusat pada murid?

Jawab : Dengan cara melakukan implementasi PBD sesuai dengan tahapannya yaitu Identifikasi, Refleksi, Benahi.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 5

 

1. Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali...

A. Fokus pada situasi yang terjadi

B. Fokus pada makna atau pelajaran yang didapatkan

C. Fokus pada aksi apa yang akan dilakukan

D. Fokus pada solusi apa yang ditemukan

Jawaban : A. Fokus pada situasi yang terjadi

 

2. Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan Berbasis Data, kecuali...

A. Seluruh indikator yang bermasalah

B. Indikator yang bermasalah

C. Indikator yang menjadi akar permasalahan

D. Indikator yang penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan

Jawaban : C. Indikator yang menjadi akar permasalahan

 

3. Bagaimana memulai langkah dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis Data?

A. Segera memilih berbagai kegiatan pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan Pendidikan

B. Dimulai dengan menentukan alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan

C. Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan

D. Meminta arahan dari dinas pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan

Jawaban : C. Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan

 

4. Apa yang akan terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?

A. Akan terjadi kekeliruan dalam melakukan pembenahan

B. Tidak akan terjadi peningkatan mutu pada satuan pendidikan

C. Kurangnya pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan pendidikannya

D. Semua benar

Jawaban : D. Semua benar

 

5. Siapa sajakah yang dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan evaluasi pendidikan?

A. Kepala satuan pendidikan

B. Rekan pendidik

C. Tenaga pendidik

D. Semua bisa mempelajari dan menggunakannya

Jawaban :  D. Semua bisa mempelajari dan menggunakannya

 

6. Ketika satuan pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan proses pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba membuka kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali rekomendasi pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan berikutnya. Bagaimana pernyataan di atas menurut Anda?

A. Benar

B. Salah

C. Hampir benar

D. Ragu-ragu

Jawaban : A. Benar

 

7. Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?

A. Profil Pendidikan adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data PBD

B. Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan

C. Seluruh program Rencana Kerja Tahunan penting untuk dilaksanakan

D. RKT dan RKAS dapat dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan

Jawaban : B. Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan

 

8. Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari…

A. Masalah - akar masalah - program

B. Indikator prioritas - masalah - program

C. Indikator - masalah - akar masalah - program

D. Masalah - akar masalah - indikator prioritas

Jawaban : A. Masalah - akar masalah - program

 

9. Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari...

A. Masalah - akar masalah - program

B. Indikator prioritas - masalah - program

C. Indikator - masalah - akar masalah - program

D. Masalah - akar masalah - indikator prioritas

Jawaban : A. Masalah - akar masalah - program

 

10. Perhatikan rincian kegiatan berikut ini :

1. melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.

2. menentukan kegiatan benahi pada RKT

3. merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan

4. merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan

Dari pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS adalah...

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 2 dan 4

Jawaban : C. 3 dan 4

 

11. Perhatikan beberapa daftar kegiatan berikut ini:

1. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kualitas pembelajaran.

2. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi literasi

3. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kepemimpinan Instruksional.

4 Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi numerasi.

Salah satu kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS

oleh satuan pendidikan yang paling...

A. Honor narasumber

B. Honor kegiatan

C. Honor panitia

D. Langganan internet

Jawaban : A. Honor narasumber

 

12. Setelah satuan pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah...

A. Melakukan input RKAS ke ARKAS

B. Melakukan input RKAS ke RKJM

C. Melakukan input RKT ke RKAS

D. Melakukan input RKT ke RKJM

Jawaban :  A. Melakukan input RKAS ke ARKAS

 

13. Apa yang harus satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat kekeliruan ataupun halhal yang dirasa tidak tepat?

A. Tetap melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan

B. Mengabaikan hal tersebut demi kelanjutan pembenahan

C. Langsung mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan

D. Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang sesuai

Jawaban : D. Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang sesuai

 

14. Bagaimanakah proses pengawasan sebaiknya dilakukan?

A. Secukupnya saja

B. Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus

C. Pengecekan dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah

D. Tidak perlu pengawasan yang ketat dan rutin

Jawaban : B. Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus

 

15. Siapakah yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di satuan pendidikan?

A. Tenaga pendidik

B. Kepala satuan pendidikan

C. Orang tua peserta didik

D. Seluruh unsur satuan pendidikan

Jawaban : D. Seluruh unsur satuan pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...