Implementasi
Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas
MODUL 4
Implementasi
Program dalam PBD
A. Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi Perencanaan untuk
Pendidikan Berkualitas Modul 4:
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Refleksi
Proses PBD
Latihan
Pemahaman :
Siapa
saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi
satuan pendidikan ?
A.
Tenaga pendidik
B.
Peserta didik
C.
Orang tua
D. Semua
benar
Jawab
: D Semua benar
Cerita
Reflektif : Ceritakan hasil refleksi Anda terhadap proses Perencanaan
Berbasis Data berdasarkan materi ini!
Jawab
: Proses Perencanaan Berbasis Data yang dilakukan oleh satuan pendidikan
bertujuan untuk meningkatkan perbaikan mutu yang berkesinambungan.
B.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Rapor Pendidikan
dan Perbaikan Berkelanjutan
Latihan
Pemahaman :
Pada
saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan?
A.
Awal tahun ajaran
B.
Akhir tahun ajaran
C.
Pertengahan semester
D.
Kapanpun saat hendak melakukan pembenahan
Jawab
: D Kapanpun saat hendak melakukan pembenahan
Cerita
Reflektif : Bagaimana Anda akan memanfaatkan Rapor Pendidikan di sepanjang
tahun ajaran untuk satuan pendidikan Anda?
Jawab
: Penggunaan platform Rapor
Pendidikan sangat penting bagi satuan pendidikan karena dapat digunakan sebagai
bahan acuan dasar untuk melaksanakan Perencanaan Berbasis Data (PBD).
C.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi RKT dalam PBD
Latihan
Pemahaman : RKT adalah…
A.
Rencana Kerja Tahunan
B.
Rancangan Kerja Tahunan
C.
Revisi Kerja Tahunan
D.
Rencana Kegiatan Tahunan
E.
Rancangan Kegiatan Tahunan
Jawab
: A Rencana Kerja Tahunan
Cerita
Reflektif : Bagaimana Anda memaknai manfaat dari proses
Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun program prioritas di dalam Rencana
Kerja Tahunan?
Jawab
: Dalam PBD terdapat indikator prioritas yang harus diperhatikan dan
didahulukan pemenuhannya. Selain itu melalui proses refleksi, satuan memahami
akar masalah yang dihadapi sebagai hal mendasar yang harus dibenahi. Dari akar
masalah inilah kemudian disusun rangkaian kegiatan untuk menyelesaikannya.
Sehingga RKT disusun sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan.
D.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi RKAS dalam PBD
Latihan
Pemahaman : Rencana Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan
oleh Satuan Pendidikan melalui...
A.
Rencana Kerja Jangka Pendek
B.
Rencana Kerja Jangka Panjang
C.
Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah
D.
Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
Jawab
: D Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
Cerita
Reflektif : Bagaimana Anda memaknai manfaat dari proses
Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun anggaran program prioritas di dalam
Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah?
Jawab
: RKT yang disusun berdasarkan
refleksi dalam menemukan akar masalah digunakan sebagai penentuan program
prioritas Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
E. Jawaban Latihan Pemahaman &
Cerita Reflektif Materi Komitmen untuk Layanan Pendidikan Berkualitas
Latihan Pemahaman :
Apa saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data?
A. Identifikasi,
Refleksi, Klarifikasi
B. Identifikasi,
Evaluasi, Klarifikasi
C. Identifikasi,
Refleksi, Benahi
D. Identifikasi,
Relaksasi, Benahi
Jawab : B Identifikasi,
Evaluasi, Klarifikasi
Cerita Reflektif
: Apa yang Anda akan lakukan untuk dapat menjaga komitmen dalam melakukan
perencanaan yang didasarkan pada data dan berpusat pada murid?
Jawab : Dengan cara melakukan implementasi PBD sesuai dengan
tahapannya yaitu Identifikasi, Refleksi, Benahi.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Implementasi
Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas Modul 5
1. Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas
pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali...
A.
Fokus pada situasi yang terjadi
B.
Fokus pada makna atau pelajaran yang didapatkan
C.
Fokus pada aksi apa yang akan dilakukan
D.
Fokus pada solusi apa yang ditemukan
Jawaban
: A. Fokus pada situasi yang terjadi
2.
Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses
Perencanaan Berbasis Data, kecuali...
A.
Seluruh indikator yang bermasalah
B.
Indikator yang bermasalah
C.
Indikator yang menjadi akar permasalahan
D.
Indikator yang penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan
Jawaban
: C. Indikator yang menjadi akar permasalahan
3. Bagaimana
memulai langkah dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis
Data?
A. Segera memilih berbagai kegiatan
pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan Pendidikan
B. Dimulai dengan
menentukan alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan
C. Memulai
perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan
D. Meminta arahan dari
dinas pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan
Jawaban : C.
Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan
pendidikan
4. Apa yang akan
terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak
memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?
A. Akan terjadi kekeliruan dalam
melakukan pembenahan
B. Tidak akan terjadi
peningkatan mutu pada satuan pendidikan
C. Kurangnya pemahaman
kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan pendidikannya
D. Semua benar
Jawaban : D.
Semua benar
5. Siapa sajakah yang
dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan
evaluasi pendidikan?
A. Kepala satuan
pendidikan
B. Rekan pendidik
C. Tenaga pendidik
D. Semua bisa
mempelajari dan menggunakannya
Jawaban : D. Semua bisa mempelajari dan menggunakannya
6. Ketika satuan
pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan proses
pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba membuka
kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali rekomendasi
pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan berikutnya.
Bagaimana pernyataan di atas menurut Anda?
A. Benar
B. Salah
C. Hampir benar
D. Ragu-ragu
Jawaban : A.
Benar
7. Manakah di antara
pernyataan berikut yang benar?
A. Profil Pendidikan
adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data PBD
B. Setiap
program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan
C. Seluruh program
Rencana Kerja Tahunan penting untuk dilaksanakan
D. RKT dan RKAS dapat
dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan
Jawaban : B.
Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan
8. Tabel pada Rencana
Kerja Tahunan terdiri dari…
A. Masalah -
akar masalah - program
B. Indikator prioritas
- masalah - program
C. Indikator - masalah
- akar masalah - program
D. Masalah - akar
masalah - indikator prioritas
Jawaban : A.
Masalah - akar masalah - program
9. Tabel pada Rencana
Kerja Tahunan terdiri dari...
A. Masalah -
akar masalah - program
B. Indikator prioritas
- masalah - program
C. Indikator - masalah
- akar masalah - program
D. Masalah - akar
masalah - indikator prioritas
Jawaban : A.
Masalah - akar masalah - program
10. Perhatikan rincian
kegiatan berikut ini :
1. melakukan refleksi
satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.
2. menentukan kegiatan
benahi pada RKT
3. merinci kebutuhan
barang dan jasa yang diperlukan
4. merinci nominal
harga barang dan jasa yang diperlukan
Dari pernyataan di
atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS
adalah...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
Jawaban : C.
3 dan 4
11. Perhatikan
beberapa daftar kegiatan berikut ini:
1. Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi kualitas pembelajaran.
2. Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi literasi
3. Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi kepemimpinan Instruksional.
4 Pemanfaatan platform
merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait
materi numerasi.
Salah satu kebutuhan
yang perlu dianggarkan dalam RKAS
oleh satuan pendidikan
yang paling...
A. Honor
narasumber
B. Honor kegiatan
C. Honor panitia
D. Langganan internet
Jawaban : A.
Honor narasumber
12. Setelah satuan
pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya yang perlu
dilakukan adalah...
A. Melakukan
input RKAS ke ARKAS
B. Melakukan input
RKAS ke RKJM
C. Melakukan input RKT
ke RKAS
D. Melakukan input RKT
ke RKJM
Jawaban : A. Melakukan input RKAS ke ARKAS
13. Apa yang harus
satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat
kekeliruan ataupun halhal yang dirasa tidak tepat?
A. Tetap melanjutkan
kegiatan yang telah direncanakan
B. Mengabaikan hal
tersebut demi kelanjutan pembenahan
C. Langsung mengganti
kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan
D. Berdiskusi
dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi
yang sesuai
Jawaban : D.
Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk
mencari solusi yang sesuai
14. Bagaimanakah
proses pengawasan sebaiknya dilakukan?
A. Secukupnya saja
B. Pengawasan
dilakukan secara berkala dan terus-menerus
C. Pengecekan dilakukan
ketika kegiatan menemukan masalah
D. Tidak perlu
pengawasan yang ketat dan rutin
Jawaban : B.
Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus
15. Siapakah yang
berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di
satuan pendidikan?
A. Tenaga pendidik
B. Kepala satuan
pendidikan
C. Orang tua peserta
didik
D. Seluruh
unsur satuan pendidikan
Jawaban : D.
Seluruh unsur satuan pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar