Semangat Guru 2:
Kompetensi Nonteknis Kurikulum
Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]
Modul 3
Pembinaan dan Komunikasi
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Membangun Thrust
Latihan Pemahaman : Terdapat dua hal penting dalam membangun kepercayaan dalam
percakapan yaitu...
A. Kepercayaan terhadap
Diri (Self trust) dan Kompetensi
B. Kepercayaan terhadap
Diri (Self trust) dan Kepercayaan dalam Hubungan (Relationship trust)
C. Kepercayaan dalam
Hubungan (Relationship trust) dan Kompetensi
D. Kompetensi dan Karakter
Jawab : B
Cerita Reflektif :
Berdasarkan pengalaman anda, bagaimana cara anda membangun hubungan saling
percaya dengan peserta didik?
Jawab : Cara saya membangun
hubungan saling percaya dengan peserta didik adalah dengan meningkatkan
komunikasi.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Hadir
dan Mendengarkan
Latihan Pemahaman : Salah
satu kemampuan penting yang berkaitan dengan filosofi coaching adalah kemampuan
mendengar aktif atau active listening. Active listening merupakan...
A. Kemampuan mendengarkan
untuk menjawab
B. Kemampuan mendengarkan
untuk berdebat
C. Kemampuan mendengarkan
untuk memarahi dan menasihati
D. Kemampuan mendengarkan
untuk memahami dan fokus pada klien dengan masuk dalam dunianya, fokus di balik
kata-kata, dan menghindari pikiran mengelana
Jawab : D
Cerita Reflektif : Apa
bentuk mendengarkan aktif yang dapat Anda latih di kelas?
Jawab : Bentuk mendengarkan
aktif peserta didik adalah saat memahami kesulitan ataupun kemudahan
belajarnya.
C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Pertanyaan yang Memberdayakan
Latihan Pemahaman : Berikut ini merupakan bagian dari The Coaching Mindset,
kecuali...
A. (Grow Berkembang)
B. Client Centered
(Berpusat pada Klien)
C. Curiosity (Rasa Ingin
Tahu)
D. Mindfulness (Waspada)
Jawab : A
Cerita Reflektif : Menurut
Anda, apa perbedaan peran sebagai coach dan sebagai guru dalam hal memberikan
pertanyaan kepada peserta didik?
Jawab : Mindset cooching
lebih baik dibanding sebagai guru karena memiliki empat aspek yaitu Client
Centered (Berpusat pada Klien), Curiosity (Rasa Ingin Tahu), Flexible
(Fleksibel), Mindfulness (Waspada) dan New Possibilities
(Kemungkinan-kemungkinan Baru).
D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 8
Kompetensi Coaching
Latihan
Pemahaman : Berikut ini adalah prinsip praktik umpan balik konstruktif
(feedforward), kecuali...
A. Faktor emosi
B. Apresiasi
C. Langsung
D. Mendengarkan
Jawab : D
Cerita Reflektif : Dari 8
kompetensi coaching, kompetensi apa saja yang ingin Anda prioritaskan untuk
Anda latih terlebih dahulu? Berikan penjelasannya.
Jawab : Bagaimana
menciptakan umpan balik coaching yang berorientasi pada masa depan atau
konstruktif (feedforwarding).
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru
2 Modul 3
1. Seorang Coachee
(peserta didik) bercerita pada Coach mengenai kesalahan yang Ia perbuat. Saat
mendengarkan, Coach langsung terbawa emosi dan memberikan judgment serta
menasihati coachee tanpa mendengarkan lebih lanjut penjelasan dari coachee.
Perilaku Coach dalam kasus tersebut tidak sesuai dengan salah satu Coaching
Mindset, yaitu...
A. Mindfulness (Waspada)
B. Curiosity (Rasa Ingin
Tahu)
C. Flexible (Fleksibel)
D. Client-Centered
(Berpusat pada Klien)
Jawab : C
2. Saat sesi coaching,
seorang coach menyadari bahwa coachee terlihat murung, sering menunduk, dan
volume suaranya kecil. Ia menyimpulkan bahwa coachee sedang gelisah dan
khawatir akan suatu hal. Untuk memastikan hal tersebut, Ia merangkum jawaban
coachee dan memastikan kebenarannya. Hal yang dilakukan oleh Coach tersebut
merupakan bagian dari 8 kompetensi International Coaching Federation, yaitu...
A. Mewujudkan pola pikir
coaching
B. Membangkitkan kesadaran
dengan memfasilitasi wawasan dan pembelajaran klien
C. Mempertahankan
kehadiran dengan cara sepenuhnya sadar dan hadir bersama klien
D. Mendengarkan secara
efektif
Jawab : D
3. Istilah “Walk The Talk”
memiliki arti berikut, kecuali...
A. Membuktikan suatu
perkataan dengan tindakan
B. Mengucapkan sesuatu
tanpa adanya tindakan
C. Menggantikan kata
dengan tindakan
D. Melakukan apa yang kita
ajarkan
Jawab : B
4. Seorang guru didatangi
oleh peserta didik yang sedang sedih dan ingin bercerita. Guru tersebut
memberikan waktunya untuk mendengarkan cerita peserta didik tersebut. Pada saat
mendengarkan, guru tersebut beberapa kali membuka handphonenya. Lalu, guru
tersebut juga langsung menasihati peserta didik dan menanggapinya dengan
panjang lebar. Menurut Anda, apakah yang dilakukan guru tersebut sudah benar
jika dikaitkan dengan materi Mendengarkan Aktif (Active Listening?
A. Belum benar, karena
seharusnya guru tidak bermain handphone melainkan fokus pada perilaku dan
cerita peserta didik serta hanya mendengarkan peserta didik sampai selesai
bercerita tanpa perlu menasihati dan menanggapi dengan panjang lebar jika tidak
diminta
B. Belum benar, karena seharusnya tidak bermain handphone, namun tetap harus
menasihati dan menanggapi dengan panjang lebar
C. Sudah benar, tapi seharusnya menghibur peserta didik dengan mengajak bermain
handphone bersama
D. Sudah benar secara
keseluruhan.
Jawab : A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar