Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications] Modul 2 Pembinaan dan Komunikasi

 Semangat Guru 2:

Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]

Modul 3

Pembinaan dan Komunikasi

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Membangun Thrust

 

Latihan Pemahaman : Terdapat dua hal penting dalam membangun kepercayaan dalam percakapan yaitu...

A. Kepercayaan terhadap Diri (Self trust) dan Kompetensi

B. Kepercayaan terhadap Diri (Self trust) dan Kepercayaan dalam Hubungan (Relationship trust)

C. Kepercayaan dalam Hubungan (Relationship trust) dan Kompetensi

D. Kompetensi dan Karakter

Jawab : B

 

Cerita Reflektif : Berdasarkan pengalaman anda, bagaimana cara anda membangun hubungan saling percaya dengan peserta didik?

Jawab : Cara saya membangun hubungan saling percaya dengan peserta didik adalah dengan meningkatkan komunikasi.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Hadir dan Mendengarkan

 

Latihan Pemahaman : Salah satu kemampuan penting yang berkaitan dengan filosofi coaching adalah kemampuan mendengar aktif atau active listening. Active listening merupakan...

A. Kemampuan mendengarkan untuk menjawab

B. Kemampuan mendengarkan untuk berdebat

C. Kemampuan mendengarkan untuk memarahi dan menasihati

D. Kemampuan mendengarkan untuk memahami dan fokus pada klien dengan masuk dalam dunianya, fokus di balik kata-kata, dan menghindari pikiran mengelana

Jawab : D

 

Cerita Reflektif : Apa bentuk mendengarkan aktif yang dapat Anda latih di kelas?

Jawab : Bentuk mendengarkan aktif peserta didik adalah saat memahami kesulitan ataupun kemudahan belajarnya.

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Pertanyaan yang Memberdayakan

 

Latihan Pemahaman : Berikut ini merupakan bagian dari The Coaching Mindset, kecuali...

A. (Grow Berkembang)

B. Client Centered (Berpusat pada Klien)

C. Curiosity (Rasa Ingin Tahu)

D. Mindfulness (Waspada)

Jawab : A

 

Cerita Reflektif : Menurut Anda, apa perbedaan peran sebagai coach dan sebagai guru dalam hal memberikan pertanyaan kepada peserta didik?

Jawab : Mindset cooching lebih baik dibanding sebagai guru karena memiliki empat aspek yaitu Client Centered (Berpusat pada Klien), Curiosity (Rasa Ingin Tahu), Flexible (Fleksibel), Mindfulness (Waspada) dan New Possibilities (Kemungkinan-kemungkinan Baru).

 

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 8 Kompetensi Coaching

 

Latihan Pemahaman : Berikut ini adalah prinsip praktik umpan balik konstruktif (feedforward), kecuali...

A. Faktor emosi

B. Apresiasi

C. Langsung

D. Mendengarkan

Jawab : D

 

Cerita Reflektif : Dari 8 kompetensi coaching, kompetensi apa saja yang ingin Anda prioritaskan untuk Anda latih terlebih dahulu? Berikan penjelasannya.

Jawab : Bagaimana menciptakan umpan balik coaching yang berorientasi pada masa depan atau konstruktif (feedforwarding).

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2 Modul 3

 

1. Seorang Coachee (peserta didik) bercerita pada Coach mengenai kesalahan yang Ia perbuat. Saat mendengarkan, Coach langsung terbawa emosi dan memberikan judgment serta menasihati coachee tanpa mendengarkan lebih lanjut penjelasan dari coachee. Perilaku Coach dalam kasus tersebut tidak sesuai dengan salah satu Coaching Mindset, yaitu...

A. Mindfulness (Waspada)

B. Curiosity (Rasa Ingin Tahu)

C. Flexible (Fleksibel)

D. Client-Centered (Berpusat pada Klien)

Jawab : C

 

2. Saat sesi coaching, seorang coach menyadari bahwa coachee terlihat murung, sering menunduk, dan volume suaranya kecil. Ia menyimpulkan bahwa coachee sedang gelisah dan khawatir akan suatu hal. Untuk memastikan hal tersebut, Ia merangkum jawaban coachee dan memastikan kebenarannya. Hal yang dilakukan oleh Coach tersebut merupakan bagian dari 8 kompetensi International Coaching Federation, yaitu...

A. Mewujudkan pola pikir coaching

B. Membangkitkan kesadaran dengan memfasilitasi wawasan dan pembelajaran klien

C. Mempertahankan kehadiran dengan cara sepenuhnya sadar dan hadir bersama klien

D. Mendengarkan secara efektif

Jawab : D

 

3. Istilah “Walk The Talk” memiliki arti berikut, kecuali...

A. Membuktikan suatu perkataan dengan tindakan

B. Mengucapkan sesuatu tanpa adanya tindakan

C. Menggantikan kata dengan tindakan

D. Melakukan apa yang kita ajarkan

Jawab : B

 

4. Seorang guru didatangi oleh peserta didik yang sedang sedih dan ingin bercerita. Guru tersebut memberikan waktunya untuk mendengarkan cerita peserta didik tersebut. Pada saat mendengarkan, guru tersebut beberapa kali membuka handphonenya. Lalu, guru tersebut juga langsung menasihati peserta didik dan menanggapinya dengan panjang lebar. Menurut Anda, apakah yang dilakukan guru tersebut sudah benar jika dikaitkan dengan materi Mendengarkan Aktif (Active Listening?

A. Belum benar, karena seharusnya guru tidak bermain handphone melainkan fokus pada perilaku dan cerita peserta didik serta hanya mendengarkan peserta didik sampai selesai bercerita tanpa perlu menasihati dan menanggapi dengan panjang lebar jika tidak diminta

B. Belum benar, karena seharusnya tidak bermain handphone, namun tetap harus menasihati dan menanggapi dengan panjang lebar

C. Sudah benar, tapi seharusnya menghibur peserta didik dengan mengajak bermain handphone bersama

D. Sudah benar secara keseluruhan.

Jawab : A

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...