Mengenal
Layanan Bimbingan dan Konseling
Modul
2
Bimbingan dan Konseling:
Layanan Dasar
A. Jawaban Latihan Pemahaman &
Cerita Reflektif Materi Apa itu Layanan Dasar?
Latihan
Pemahaman :
1.
Tujuan layanan dasar dari bimbingan dan konseling adalah…
a.
Untuk membantu
peserta didik membuat perencanaan individual
b. Untuk memberikan bantuan
kepada peserta didik yang sedang mengalami kondisi darurat
c. Agar peserta didik
memperoleh pemahaman tentang berbagai isu pribadi, belajar, maupun sosial
d. Agar setiap peserta didik
mengenali minat dan bakat yang dimilikinya
Jawab : c.
Agar peserta didik memperoleh pemahaman tentang berbagai isu pribadi, belajar,
maupun sosial
Cerita Reflektif : Bagaimana
pelaksanaan layanan dasar di sekolah Ibu/Bapak?
Jawab : Pelaksanaan
layanan dasar di sekolah harus diusahakan seoptimal mungkin dengan memberikan
fasilitas perkembangan peserta didik. Pelaksanaan tersebut dapat berupa layanan
individu maupun kelompok.
B. Jawaban Latihan Pemahaman
& Cerita Reflektif Materi Layanan Dasar untuk Mencegah Perundungan
Latihan Pemahaman :
1. Apa tujuan memetakan dan
menganalisis kebutuhan peserta didik?
a. Untuk mengidentifikasi
karakteristik peserta didik
b. Agar kita dapat
memberikan layanan dasar yang tepat sesuai kebutuhan
c. Agar satuan pendidikan dapat
menyusun projek profil yang tepat
d. Untuk mengidentifikasi
kualifikasi konselor yang dibutuhkan
Jawab : b. Agar kita dapat
memberikan layanan dasar yang tepat sesuai kebutuhan
2. Proses apa yang dilakukan
setelah pemetaan dan analisis kebutuhan peserta didik terhadap isu perundungan?
a. Membuat laporan kepada
pimpinan sekolah mengenai jumlah kasus perundungan di satuan pendidikan
b. Membuat angket untuk
mengetahui kebutuhan peserta didik
c. Membuat topik-topik layanan
dasar yang sesuai dengan hasil pemetaan
d. Semua benar
Jawab : c.
Membuat topik-topik layanan dasar yang sesuai dengan hasil pemetaan
3. Berikut adalah ciri-ciri yang
menggambarkan tahapan perkembangan remaja, kecuali...
a. Mengeksplorasi banyak hal
b. Membutuhkan pemahaman
konkret sebelum ke abstrak
c. Mementingkan keberadaannya di
lingkungannya
d. Perubahan fisik dan emosi
Jawab : b. Membutuhkan
pemahaman konkret sebelum ke abstrak
4. Evaluasi dan refleksi
bertujuan untuk mengetahui apa yang sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik
dan melakukan perbaikan untuk apa yang belum berjalan dengan baik. Pernyataan
di atas adalah...
a. Benar
b. Salah
Jawab : a. Benar
Cerita Reflektif : Pernahkan
ada kasus perundungan di sekolah Ibu/Bapak? Jika iya, bagaimana sekolah
menyikapinya?
Jawab : Tidak ada
C. Jawaban Latihan Pemahaman
& Cerita Reflektif Materi Layanan Dasar untuk Mencegah Kekerasan Seksual
Latihan Pemahaman :
1. Salah satu metode penyesuaian
kebutuhan peserta didik dalam proses pemetaan kebutuhan adalah…
a. Menggunakan pertanyaan
tertutup agar peserta didik lebih mudah menjawab
b. Menggunakan alat bantu
visual untuk peserta didik di fase awal
c. Melakukan di saat jam
istirahat agar pembelajaran tidak terganggu
d. Menambah jumlah guru kelas
agar pekerjaan menjadi lebih mudah
Jawab : b. Menggunakan alat
bantu visual untuk peserta didik di fase awal
2. Langkah pertama yang dapat
dilakukan pendidik sebelum melakukan layanan dasar adalah...
a. Melakukan refleksi bersama
dengan peserta didik
b. Memberikan info pada
orang tua mengenai kegiatan layanan dasar yang akan disampaikan
c. Mengundang narasumber yang
ahli pada bidang dan isu yang ingin disampaikan
d. Melakukan refleksi bersama
dengan rekan guru lain
Jawab : b. Memberikan info
pada orang tua mengenai kegiatan layanan dasar yang akan disampaikan
3. Apa tujuan dari refleksi dan
evaluasi kegiatan layanan dasar?
a. Untuk mendapatkan umpan balik
terhadap metode penyampaian dan materi kegiatan layanan dasar
b. Untuk melihat pemahaman
peserta didik terhadap tujuan kegiatan layanan dasar
c. Untuk mengetahui rencana
tindak lanjut yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik
d. Semua benar
Jawab : d. Semua benar
4. Topik-topik program layanan
dasar disusun berdasarkan...
a. Jumlah kasus kekerasan seksual
di masyarakat
b. Arahan dari Dinas Pendidikan
setempat
c. Hasil analisis pemetaan
kebutuhan peserta didik
d. Semua benar
Jawab : c. Hasil analisis
pemetaan kebutuhan peserta didik
Cerita Reflektif : Bagaimana
pandangan Ibu/Bapak terhadap pendidikan seksual sejak dini?
Jawab : Pendidikan
seksual sejak dini sebenarnya penting sebagai pemahaman awal dan pencegahan
kekerasan seksual, namun penyampaian tersebut secara hati-hati agar tidak salah
kaprah.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri
Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 2
1. Hal
yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan dasar adalah...
A.
Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program
B.
Menentukan metode dan indikator yang akan diukur
C.
Pelibatan mitra atau lingkungan sosial dalam pembelajaran
D.
Memastikan rasio guru dan peserta didik seimbang
Jawab : A.
Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program
2.
Untuk mendapatkan data dan informasi dari banyak peserta didik dengan
menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu, metode apa yang sebaiknya kita
gunakan?
A.
Observasi
B.
Wawancara
C.Kelompok
Forum Diskusi
D.
Kuesioner
Jawab
: D
3.
Mengapa kita perlu mencatat proses dan hasil evaluasi dan refleksi?
A.
Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan
dasar di tahun ajaran berikutnya
B. Karena hasilnya dapat
menjadi bahan untuk laporan pelaksanaan kegiatan tahunan satuan Pendidikan
C.
Karena hasilnya akan digunakan untuk merencanakan layanan responsif
D.
Semua jawaban benar
Jawab
: A
4.
Bu Jocelyn melihat maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat.
Sebagai wali kelas pada jenjang SD Fase A, topik kegiatan layanan dasar yang
paling tepat untuk diusulkan adalah…
A.
Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap
perkembangan anak
B.
Pencegahan kekerasan seksual di masyarakat
C.
Penanganan kasus kekerasan seksual di sekolah
D.
Kebijakan sekolah tentang kasus kekerasan seksual
Jawab
: A. Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap
perkembangan anak
5.
Apa yang harus dilakukan pendidik jika melihat murid memerlukan perhatian
khusus setelah melakukan kegiatan layanan dasar?
A.
Menghiraukan saja, karena itu merupakan proses memahami yang harus dilalui
murid
B.
Melaporkan perilaku murid yang tidak biasa kepada orangtua murid
C.
Mengajak murid berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan
D.
Merencanakan layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid
Jawab
: C
6.
Penentuan waktu pelaksanaan kelas pembekalan untuk peserta didik yang kurang
tepat adalah berdasarkan…
A.
Hasil pemetaan kebutuhan peserta didik
B.
Hari besar yang berhubungan dengan topik
C.
Kebutuhan mendesak berdasarkan kejadian pada peserta didik di kelas tertentu
D.
Temuan masalah pada peserta didik
Jawab
: B. Hari
besar yang berhubungan dengan topik
7.
Apa yang dapat pendidik lakukan agar proses pemetaan kebutuhan berdasarkan pemahaman
dasar peserta didik berjalan efektif?
A.
Memimpin FGD dengan cara berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain
seorang diri
B.
Berusaha mendekatkan diri dengan salah satu kelompok FGD saja
C.
Meminta bantuan pendidik lain yang bersedia untuk memimpin salah satu kelompok
FGD
D.
Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai
kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD
Jawab
: D. Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai
kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD
8.
Mengapa materi layanan dasar yang disampaikan perlu mempertimbangkan tahap
perkembangan anak?
A.
Agar pendidik tidak terbebani dengan pembuatan materi yang berat
B.
Agar murid tidak bosan saat mengikuti kegiatan layanan dasar
C.
Agar murid memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan
usianya
D.
Agar pendidik tidak kebingungan saat menyampaikan materi pada kegiatan layanan
dasar
Jawab
: C
9.
Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat
tersampikan adalah...
A.
Mengintegrasikan topik dalam projek profil
B.
Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik
C.
Mengundang semua peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan
program layanan dasar
D.
Mengundang ahli untuk mengkonfirmasi hasil analisis kebutuhan peserta didik
Jawab
: B Menentukan
metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik
10.
Apa yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi
dari orang tua dan peserta didik?
A.
Mengirimkan kuisioner dan survei isian ke rumah tanpa tenggat waktu
B.
Menjadikan orangtua peserta didik sebagai narasumber
C.
Guru kelas menanyakan evaluasi dan refleksi dari orangtua peserta didik saat
pembagian rapor.
D.
Memberikan kuisioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan.
Jawab
: D
11.
Hal-hal yang perlu diperlihatkan dalam perencanaan kelas orang tua adalah...
A.
Bentuk kegiatan selalu berupa seminar
B.
Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing
C.
Mengundang artis sebagai pembaca
D.
Semua benar
Jawab
: B.
Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing
12.
Susunan alur kerja yang tepat dalam layanan dasar ialah...
A.
Merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan, memetakan
dan menganalisis kebutuhan.
B.
Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan
kegiatan dan mengevaluasi kegiatan
C.
Merencanakan kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan, melakukan kegiatan
dan mengevaluasi kegiatan.
D.
Memetakan dan menganalisis kebutuhan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi
kegiatan dan merencanakan kegiatan
Jawab
: B
13.
Hal-hal dasar yang perlu kita perhatikan dalam merancang dan merencanakan
kegiatan pemetaan kebutuhan peserta didik adalah...
A.
Menyediakan banyak informasi tertulis mengenai isu
B.
Dapat menilai pemahaman peserta didik di akhir kegiatan
C.
Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik
D.
Semua di atas benar
Jawab
: C. Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik
14.
Berikut ini, bentuk tindak lanjut yang kurang tepat terhadap hasil evaluasi dan
refleksi layanan dasar dengan isu pencegahan kekerasan seksual adalah...
A.
Layanan responsif pada murid yang membutuhkan perhatian khusus
B.
Merencanakan layanan peminatan dan perencanaan individual
C.
Layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid
D.
Pemantauan rutin untuk melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan lanjutan
Jawab
: A
15.Pendekatan yang tepat dalam melakukan kegiatan layanan
dasar untuk peserta didik di usia remaja adalah...
A.Pembagian pamflet
B.Metode ceramah
C.Kerja kelompok
D.Semua di atas benar
Jawaban D.Semua di atas benar
16.Perencanaan kegiatan layanan dasar dilakukan dengan
menentukan kegiatan dalam bentuk...
A. Program harian di kelas, program harian di satuan
pendidikan, program bulanan di satuan pendidikan, program tahunan untuk
lingkungan sekolah
B. Program tahunan yang dikaitkan dengan hari peringatan
tertentu
C. Program tahunan, program per kuartal, per bulan atau per
minggu
D. Semua di atas benar
Jawaban D.Semua di atas benar
17. Mengapa pendidik perlu memberikan pertanyaan terbuka
selama kegiatan layanan dasar berlangsung?
A. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai
materi yang sedang disampaikan
B. Agar murid tidak mengantuk saat mengikuti kegiatan
layanan dasar
C. Untuk memperpanjang durasi kegiatan layanan dasar
D. Agar murid bisa memimpin berjalannya kegiatan layanan
dasar
JAWABAN A. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik
mengenai materi yang sedang disampaikan
18. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis
kebutuhan peserta didik mengenai isu kekerasan seksual dapat tersampaikan
adalah dengan mengintegrasikannya dalam projek profil. Tema yang tepat untuk
diintegrasikan adalah...
A. Bangunlah Jiwa dan Raga
B. Kewirausahaan
C. Rekayasa Teknologi
D. Kearifan Lokal
Jawaban D. Kearifan Lokal
19. Berikut ini, praktik refleksi yang kurang tepat setelah
melakukan layanan dasar adalah…
A. Memberikan pertanyaan pemantik berdasarkan pengalaman
peserta didik dengan isu yang disampaikan
B. Memberikan pertanyaan terbuka yang terarah terkait dengan
isu yang telah didiskusikan bersama
C. Meminta peserta didik untuk menuliskan refleksi pada
lembar refleksi yang telah disiapkan
D. Meminta peserta didik untuk membuat esai sebanyak dua
halaman mengenai hal yang telah ia pelajari dari kegiatan layanan dasar
Jawaban D. Meminta peserta didik untuk membuat esai
sebanyak dua halaman mengenai hal yang telah ia pelajari dari kegiatan layanan
dasar
20. Apa yang perlu jadi perhatian utama dalam memetakan
kebutuhan peserta didik terhadap isu kekerasan seksual di Sekolah Dasar?
A. Pengetahuan dasar mengenai diri mereka sendiri
B. Pengetahuan dasar mengenai hubungan keluarga
C. Pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis kekerasan
D. Pemahaman terhadap sistem reproduksi manusia
Jawaban A. Pengetahuan dasar mengenai diri mereka sendiri
21. Bagaimana cara kita memetakan kebutuhan peserta didik?
A. Menentukan aspek apa yang kita ingin ketahui dan
metode pencarian informasi
B. Menentukan metode dan indikator yang akan diukur
C. Menentukan instrumen penilaian dan indikator yang akan
diukur
D. Menentukan instrumen penilaian dan metode pencarian
informasi
Jawaban A. Menentukan aspek apa yang kita ingin ketahui
dan metode pencarian informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar