Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar

 

Mengenal Layanan Bimbingan dan Konseling

Modul 2

Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa itu Layanan Dasar?

 

Latihan Pemahaman :

1. Tujuan layanan dasar dari bimbingan dan konseling adalah…

a.      Untuk membantu peserta didik membuat perencanaan individual

b. Untuk memberikan bantuan kepada peserta didik yang sedang mengalami kondisi darurat

c. Agar peserta didik memperoleh pemahaman tentang berbagai isu pribadi, belajar, maupun sosial

d. Agar setiap peserta didik mengenali minat dan bakat yang dimilikinya

Jawab : c. Agar peserta didik memperoleh pemahaman tentang berbagai isu pribadi, belajar, maupun sosial

Cerita Reflektif : Bagaimana pelaksanaan layanan dasar di sekolah Ibu/Bapak?

Jawab : Pelaksanaan layanan dasar di sekolah harus diusahakan seoptimal mungkin dengan memberikan fasilitas perkembangan peserta didik. Pelaksanaan tersebut dapat berupa layanan individu maupun kelompok.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Layanan Dasar untuk Mencegah Perundungan

 

Latihan Pemahaman : 

1. Apa tujuan memetakan dan menganalisis kebutuhan peserta didik?

a. Untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik

b. Agar kita dapat memberikan layanan dasar yang tepat sesuai kebutuhan

c. Agar satuan pendidikan dapat menyusun projek profil yang tepat

d. Untuk mengidentifikasi kualifikasi konselor yang dibutuhkan

Jawab : b. Agar kita dapat memberikan layanan dasar yang tepat sesuai kebutuhan

 

 

2. Proses apa yang dilakukan setelah pemetaan dan analisis kebutuhan peserta didik terhadap isu perundungan?

a. Membuat laporan kepada pimpinan sekolah mengenai jumlah kasus perundungan di satuan pendidikan

b. Membuat angket untuk mengetahui kebutuhan peserta didik

c. Membuat topik-topik layanan dasar yang sesuai dengan hasil pemetaan

d. Semua benar

Jawab : c. Membuat topik-topik layanan dasar yang sesuai dengan hasil pemetaan

 

3. Berikut adalah ciri-ciri yang menggambarkan tahapan perkembangan remaja, kecuali...

a. Mengeksplorasi banyak hal

b. Membutuhkan pemahaman konkret sebelum ke abstrak

c. Mementingkan keberadaannya di lingkungannya

d. Perubahan fisik dan emosi

Jawab : b. Membutuhkan pemahaman konkret sebelum ke abstrak

 

4. Evaluasi dan refleksi bertujuan untuk mengetahui apa yang sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan melakukan perbaikan untuk apa yang belum berjalan dengan baik. Pernyataan di atas adalah...

a. Benar

b. Salah

Jawab : a. Benar

 

Cerita Reflektif : Pernahkan ada kasus perundungan di sekolah Ibu/Bapak? Jika iya, bagaimana sekolah menyikapinya?

Jawab : Tidak ada

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Layanan Dasar untuk Mencegah Kekerasan Seksual

 

Latihan Pemahaman : 

1. Salah satu metode penyesuaian kebutuhan peserta didik dalam proses pemetaan kebutuhan adalah…

a. Menggunakan pertanyaan tertutup agar peserta didik lebih mudah menjawab

b. Menggunakan alat bantu visual untuk peserta didik di fase awal

c. Melakukan di saat jam istirahat agar pembelajaran tidak terganggu

d. Menambah jumlah guru kelas agar pekerjaan menjadi lebih mudah

Jawab : b. Menggunakan alat bantu visual untuk peserta didik di fase awal

 

2. Langkah pertama yang dapat dilakukan pendidik sebelum melakukan layanan dasar adalah...

a. Melakukan refleksi bersama dengan peserta didik

b. Memberikan info pada orang tua mengenai kegiatan layanan dasar yang akan disampaikan

c. Mengundang narasumber yang ahli pada bidang dan isu yang ingin disampaikan

d. Melakukan refleksi bersama dengan rekan guru lain

Jawab : b. Memberikan info pada orang tua mengenai kegiatan layanan dasar yang akan disampaikan

 

3. Apa tujuan dari refleksi dan evaluasi kegiatan layanan dasar?

a. Untuk mendapatkan umpan balik terhadap metode penyampaian dan materi kegiatan layanan dasar

b. Untuk melihat pemahaman peserta didik terhadap tujuan kegiatan layanan dasar

c. Untuk mengetahui rencana tindak lanjut yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik

d. Semua benar

Jawab : d. Semua benar

 

4. Topik-topik program layanan dasar disusun berdasarkan...

a. Jumlah kasus kekerasan seksual di masyarakat

b. Arahan dari Dinas Pendidikan setempat

c. Hasil analisis pemetaan kebutuhan peserta didik

d. Semua benar

Jawab : c. Hasil analisis pemetaan kebutuhan peserta didik

 

Cerita Reflektif : Bagaimana pandangan Ibu/Bapak terhadap pendidikan seksual sejak dini?

Jawab : Pendidikan seksual sejak dini sebenarnya penting sebagai pemahaman awal dan pencegahan kekerasan seksual, namun penyampaian tersebut secara hati-hati agar tidak salah kaprah.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 2

1. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan dasar adalah...

A. Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program

B. Menentukan metode dan indikator yang akan diukur

C. Pelibatan mitra atau lingkungan sosial dalam pembelajaran

D. Memastikan rasio guru dan peserta didik seimbang

Jawab : A. Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program

 

2. Untuk mendapatkan data dan informasi dari banyak peserta didik dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu, metode apa yang sebaiknya kita gunakan?

A. Observasi

B. Wawancara

C.Kelompok Forum Diskusi

D. Kuesioner

Jawab : D

 

 

3. Mengapa kita perlu mencatat proses dan hasil evaluasi dan refleksi?

A. Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun ajaran berikutnya

B. Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk laporan pelaksanaan kegiatan tahunan satuan Pendidikan

C. Karena hasilnya akan digunakan untuk merencanakan layanan responsif

D. Semua jawaban benar

Jawab : A

 

 

4. Bu Jocelyn melihat maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Sebagai wali kelas pada jenjang SD Fase A, topik kegiatan layanan dasar yang paling tepat untuk diusulkan adalah…

A. Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap perkembangan anak

B. Pencegahan kekerasan seksual di masyarakat

C. Penanganan kasus kekerasan seksual di sekolah

D. Kebijakan sekolah tentang kasus kekerasan seksual

Jawab : A. Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap perkembangan anak

 

 

 

5. Apa yang harus dilakukan pendidik jika melihat murid memerlukan perhatian khusus setelah melakukan kegiatan layanan dasar?

A. Menghiraukan saja, karena itu merupakan proses memahami yang harus dilalui murid

B. Melaporkan perilaku murid yang tidak biasa kepada orangtua murid

C. Mengajak murid berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan

D. Merencanakan layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid

Jawab : C

 

6. Penentuan waktu pelaksanaan kelas pembekalan untuk peserta didik yang kurang tepat adalah berdasarkan…

A. Hasil pemetaan kebutuhan peserta didik

B. Hari besar yang berhubungan dengan topik

C. Kebutuhan mendesak berdasarkan kejadian pada peserta didik di kelas tertentu

D. Temuan masalah pada peserta didik

Jawab : B. Hari besar yang berhubungan dengan topik

 

 

7. Apa yang dapat pendidik lakukan agar proses pemetaan kebutuhan berdasarkan pemahaman dasar peserta didik berjalan efektif?

A. Memimpin FGD dengan cara berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain seorang diri

B. Berusaha mendekatkan diri dengan salah satu kelompok FGD saja

C. Meminta bantuan pendidik lain yang bersedia untuk memimpin salah satu kelompok FGD

D. Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD

Jawab : D. Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD

 

8. Mengapa materi layanan dasar yang disampaikan perlu mempertimbangkan tahap perkembangan anak?

A. Agar pendidik tidak terbebani dengan pembuatan materi yang berat

B. Agar murid tidak bosan saat mengikuti kegiatan layanan dasar

C. Agar murid memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya

D. Agar pendidik tidak kebingungan saat menyampaikan materi pada kegiatan layanan dasar

Jawab : C

 

9. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat tersampikan adalah...

A. Mengintegrasikan topik dalam projek profil

B. Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik

C. Mengundang semua peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program layanan dasar

D. Mengundang ahli untuk mengkonfirmasi hasil analisis kebutuhan peserta didik

Jawab : B Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik

 

10. Apa yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi dari orang tua dan peserta didik?

A. Mengirimkan kuisioner dan survei isian ke rumah tanpa tenggat waktu

B. Menjadikan orangtua peserta didik sebagai narasumber

C. Guru kelas menanyakan evaluasi dan refleksi dari orangtua peserta didik saat pembagian rapor.

D. Memberikan kuisioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan.

Jawab : D

 

11. Hal-hal yang perlu diperlihatkan dalam perencanaan kelas orang tua adalah...

A. Bentuk kegiatan selalu berupa seminar

B. Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing

C. Mengundang artis sebagai pembaca

D. Semua benar

Jawab : B. Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing

 

12. Susunan alur kerja yang tepat dalam layanan dasar ialah...

A. Merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan.

B. Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan

C. Merencanakan kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan, melakukan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan.

D. Memetakan dan menganalisis kebutuhan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan dan merencanakan kegiatan

Jawab : B

 

13. Hal-hal dasar yang perlu kita perhatikan dalam merancang dan merencanakan kegiatan pemetaan kebutuhan peserta didik adalah...

A. Menyediakan banyak informasi tertulis mengenai isu

B. Dapat menilai pemahaman peserta didik di akhir kegiatan

C. Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik

D. Semua di atas benar

Jawab : C. Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik

 

14. Berikut ini, bentuk tindak lanjut yang kurang tepat terhadap hasil evaluasi dan refleksi layanan dasar dengan isu pencegahan kekerasan seksual adalah...

A. Layanan responsif pada murid yang membutuhkan perhatian khusus

B. Merencanakan layanan peminatan dan perencanaan individual

C. Layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid

D. Pemantauan rutin untuk melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan lanjutan

Jawab : A

 

15.Pendekatan yang tepat dalam melakukan kegiatan layanan dasar untuk peserta didik di usia remaja adalah...

A.Pembagian pamflet

B.Metode ceramah

C.Kerja kelompok

D.Semua di atas benar

Jawaban D.Semua di atas benar

 

16.Perencanaan kegiatan layanan dasar dilakukan dengan menentukan kegiatan dalam bentuk...

A. Program harian di kelas, program harian di satuan pendidikan, program bulanan di satuan pendidikan, program tahunan untuk lingkungan sekolah

B. Program tahunan yang dikaitkan dengan hari peringatan tertentu

C. Program tahunan, program per kuartal, per bulan atau per minggu

D. Semua di atas benar

Jawaban D.Semua di atas benar

 

17. Mengapa pendidik perlu memberikan pertanyaan terbuka selama kegiatan layanan dasar berlangsung?

A. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai materi yang sedang disampaikan

B. Agar murid tidak mengantuk saat mengikuti kegiatan layanan dasar

C. Untuk memperpanjang durasi kegiatan layanan dasar

D. Agar murid bisa memimpin berjalannya kegiatan layanan dasar

JAWABAN A. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai materi yang sedang disampaikan

 

18. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik mengenai isu kekerasan seksual dapat tersampaikan adalah dengan mengintegrasikannya dalam projek profil. Tema yang tepat untuk diintegrasikan adalah...

A. Bangunlah Jiwa dan Raga

B. Kewirausahaan

C. Rekayasa Teknologi

D. Kearifan Lokal

Jawaban D. Kearifan Lokal

 

19. Berikut ini, praktik refleksi yang kurang tepat setelah melakukan layanan dasar adalah…

A. Memberikan pertanyaan pemantik berdasarkan pengalaman peserta didik dengan isu yang disampaikan

B. Memberikan pertanyaan terbuka yang terarah terkait dengan isu yang telah didiskusikan bersama

C. Meminta peserta didik untuk menuliskan refleksi pada lembar refleksi yang telah disiapkan

D. Meminta peserta didik untuk membuat esai sebanyak dua halaman mengenai hal yang telah ia pelajari dari kegiatan layanan dasar

Jawaban D. Meminta peserta didik untuk membuat esai sebanyak dua halaman mengenai hal yang telah ia pelajari dari kegiatan layanan dasar

 

20. Apa yang perlu jadi perhatian utama dalam memetakan kebutuhan peserta didik terhadap isu kekerasan seksual di Sekolah Dasar?

A. Pengetahuan dasar mengenai diri mereka sendiri

B. Pengetahuan dasar mengenai hubungan keluarga

C. Pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis kekerasan

D. Pemahaman terhadap sistem reproduksi manusia

Jawaban A. Pengetahuan dasar mengenai diri mereka sendiri

 

21. Bagaimana cara kita memetakan kebutuhan peserta didik?

A. Menentukan aspek apa yang kita ingin ketahui dan metode pencarian informasi

B. Menentukan metode dan indikator yang akan diukur

C. Menentukan instrumen penilaian dan indikator yang akan diukur

D. Menentukan instrumen penilaian dan metode pencarian informasi

Jawaban A. Menentukan aspek apa yang kita ingin ketahui dan metode pencarian informasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...