Mengenal Layanan Bimbingan dan Konseling

Mengenal Layanan Bimbingan dan Konseling

Modul 1

Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar

 

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Memahami Layanan Bimbingan dan Konseling

Latihan Pemahaman : 

1. Berikut ini yang tidak termasuk aspek yang dikembangkan secara optimal dan utuh dalam layanan BK adalah aspek...

a. Pribadi

b. Belajar

c. Sosial

d. Materi

Jawab : d Materi

 

2. Layanan BK selaras dengan esensi Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik berdasarkan …

a. Keinginan guru

b. Kebutuhan orang tua

c. Keinginan dan kebutuhan guru, orang tua dan peserta didik

d. Minat, bakat, dan potensi peserta didik

Jawab : d Minat, bakat, dan potensi peserta didik

 

3. Secara umum tujuan layanan BK adalah untuk membantu peserta didik mencapai perkembangan optimal dan kemandirian secara utuh yang meliputi aspek...

a. Pribadi dan belajar

b. Sosial dan karir

c. Pribadi, belajar, dan karir

d. Pribadi, belajar, sosial, dan karir

Jawab : d. Pribadi, belajar, sosial, dan karir

 

Cerita Reflektif : Bagaimana praktik layanan bimbingan dan konseling saat Ibu/Bapak bersekolah dahulu? Bagaimana perbedannya dengan praktik di sekolah Ibu/Bapak saat ini?

Jawab : Perbedaannya sangat signifikan, saat masih duduk dibangku sekolah, dipanggil guru BK adalah hal yang horor. Mengapa demikian? Karena saat itu, anak yang dipanggil adalah anak yang banyak melakukan kesalahan. Sedangkan sekarang, peran BK adalah sebagai jembatan kesuksesan peserta didik.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Implementasi Layanan BK di Satuan Pendidikan

 Latihan Pemahaman : Berikut ini yang tidak termasuk layanan BK di satuan pendidikan adalah…

a. Layanan Dasar

b. Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual

c. Layanan Pendampingan di Rumah

d. Layanan Responsif

Jawab : c. Layanan Pendampingan di Rumah

 

Cerita Reflektif : Layanan BK apa saja yang saat ini sudah tersedia di sekolah Ibu/Bapak?

Jawab : Layanan yang sudah tersedia antara lain Layanan Orientasi, Layanan Informasim Layanan Pembelajaran dan lain-lain.

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 2

 

1. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan dasar adalah...

A. Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program

B. Menentukan metode dan indikator yang akan diukur

C. Pelibatan mitra atau lingkungan sosial dalam pembelajaran

D. Memastikan rasio guru dan peserta didik seimbang

Jawab : A Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program

 

2. Untuk mendapatkan data dan informasi dari banyak peserta didik dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu, metode apa yang sebaiknya kita gunakan?

A. Observasi

B. Wawancara

C.Kelompok Forum Diskusi

D. Kuesioner

Jawab : D. Kuesioner

 

 3. Mengapa kita perlu mencatat proses dan hasil evaluasi dan refleksi?

A. Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun ajaran berikutnya

B. Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk laporan pelaksanaan kegiatan tahunan satuan pendidikan

C. Karena hasilnya akan digunakan untuk merencanakan layanan responsif

D. Semua jawaban benar

Jawab : A. Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun ajaran berikutnya

  

4. Bu Jocelyn melihat maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Sebagai wali kelas pada jenjang SD Fase A, topik kegiatan layanan dasar yang paling tepat untuk diusulkan adalah…

A. Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap perkembangan anak

B. Pencegahan kekerasan seksual di masyarakat

C. Penanganan kasus kekerasan seksual di sekolah

D. Kebijakan sekolah tentang kasus kekerasan seksual

Jawab : A. Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap perkembangan anak

 

 

5. Apa yang harus dilakukan pendidik jika melihat murid memerlukan perhatian khusus setelah melakukan kegiatan layanan dasar?

A. Menghiraukan saja, karena itu merupakan proses memahami yang harus dilalui murid

B. Melaporkan perilaku murid yang tidak biasa kepada orangtua murid

C. Mengajak murid berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan

D. Merencanakan layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid

Jawab : C. Mengajak murid berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan

 

6. Penentuan waktu pelaksanaan kelas pembekalan untuk peserta didik yang kurang tepat adalah berdasarkan…

A. Hasil pemetaan kebutuhan peserta didik

B. Hari besar yang berhubungan dengan topik

C. Kebutuhan mendesak berdasarkan kejadian pada peserta didik di kelas tertentu

D. Temuan masalah pada peserta didik

Jawab : B. Hari besar yang berhubungan dengan topik

 

7. Apa yang dapat pendidik lakukan agar proses pemetaan kebutuhan berdasarkan pemahaman dasar peserta didik berjalan efektif?

A. Memimpin FGD dengan cara berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain seorang diri

B. Berusaha mendekatkan diri dengan salah satu kelompok FGD saja

C. Meminta bantuan pendidik lain yang bersedia untuk memimpin salah satu kelompok FGD

D. Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD

Jawab : D. Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD


8. Mengapa materi layanan dasar yang disampaikan perlu mempertimbangkan tahap perkembangan anak?

A. Agar pendidik tidak terbebani dengan pembuatan materi yang berat

B. Agar murid tidak bosan saat mengikuti kegiatan layanan dasar

C. Agar murid memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya

D. Agar pendidik tidak kebingungan saat menyampaikan materi pada kegiatan layanan dasar

Jawab : C. Agar murid memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya

 

9. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat tersampikan adalah...

A. Mengintegrasikan topik dalam projek profil

B. Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik

C. Mengundang semua peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program layanan dasar

D. Mengundang ahli untuk mengkonfirmasi hasil analisis kebutuhan peserta didik

Jawab : B. Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik

 

 

 

10. Apa yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi dari orang tua dan peserta didik?

A. Mengirimkan kuisioner dan survei isian ke rumah tanpa tenggat waktu

B. Menjadikan orangtua peserta didik sebagai narasumber

C. Guru kelas menanyakan evaluasi dan refleksi dari orangtua peserta didik saat pembagian rapor.

D. Memberikan kuisioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan.

Jawab : D. Memberikan kuisioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan.

 

 

11. Hal-hal yang perlu diperlihatkan dalam perencanaan kelas orang tua adalah...

A. Bentuk kegiatan selalu berupa seminar

B. Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing

C. Mengundang artis sebagai pembaca

D. Semua benar

Jawab : B. Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing

 

12. Susunan alur kerja yang tepat dalam layanan dasar ialah...

A. Merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan.

B. Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan

C. Merencanakan kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan, melakukan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan.

D. Memetakan dan menganalisis kebutuhan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan dan merencanakan kegiatan

Jawab : B. Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan

 

13. Hal-hal dasar yang perlu kita perhatikan dalam merancang dan merencanakan kegiatan pemetaan kebutuhan peserta didik adalah...

A. Menyediakan banyak informasi tertulis mengenai isu

B. Dapat menilai pemahaman peserta didik di akhir kegiatan

C. Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik

D. Semua di atas benar

Jawab : C. Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik

  

14. Berikut ini, bentuk tindak lanjut yang kurang tepat terhadap hasil evaluasi dan refleksi layanan dasar dengan isu pencegahan kekerasan seksual adalah...

A. Layanan responsif pada murid yang membutuhkan perhatian khusus

B. Merencanakan layanan peminatan dan perencanaan individual

C. Layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid

D. Pemantauan rutin untuk melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan lanjutan

Jawab : A. Layanan responsif pada murid yang membutuhkan perhatian khusus

 

15. Berikut ini yang bukan etika kerja dalam memberikan layanan BK adalah …

A. Kesukarelaan

B. Keterbukaan

C. Kerahasiaan

D. Kekeluargaan

Jawab : D. Kekeluargaan

 

 16. Di bawah ini yang merupakan prinsip dasar dari layanan BK yang adalah …

A. Rahasia dan jujur

B. Inklusivitas dan toleransi

C. Inklusivitas dan capaian perkembangan optimal

D. Inklusivitas dan kemandirian

Jawaban C. Inklusivitas dan capaian perkembangan optimal


17. Layanan BK di satuan pendidikan memiliki peran yang besar dalam menghapus tiga dosa besar pendidikan, yaitu...

A. Malas, kekerasan seksual, dan intoleransi

B. Perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi

C. Perundungan, kekerasan seksual dan malas

D. Intoleransi, perundungan dan plagiarisme

Jawaban B. Perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi

18. Siapa yang bertanggungjawab dan berperan dalam layanan BK kepada peserta didik?

A. Guru BK

B. Kepala sekolah

C. Orang tua

D. Semua warga satuan pendidikan

Jawaban D. Semua warga satuan pendidikan


19. Ibu Asti adalah seorang guru BK di SMP Bahagia. Peran Ibu Asti sebagai pembimbing adalah…

A. Membantu Rina yang sedang ingin mengenali minat dan potensi yang dimilikinya

B. Menengahi Bimo dan Rendi yang sedang memiliki konflik

C. Melibatkan orangtua sebagai narasumber pengenalan karir untuk peserta didik

D. Memberikan konseling untuk Dino yang sedang memiliki masalah pribadi

Jawaban A. Membantu Rina yang sedang ingin mengenali minat dan potensi yang dimilikinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...