Mengenal
Layanan Bimbingan dan Konseling
Modul
1
Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Memahami Layanan Bimbingan dan Konseling
Latihan Pemahaman
:
1. Berikut ini yang
tidak termasuk aspek yang dikembangkan secara optimal dan utuh dalam layanan BK
adalah aspek...
a. Pribadi
b. Belajar
c. Sosial
d. Materi
Jawab : d Materi
2. Layanan BK selaras
dengan esensi Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pendekatan pembelajaran
berpusat pada peserta didik berdasarkan …
a. Keinginan guru
b. Kebutuhan orang
tua
c. Keinginan dan
kebutuhan guru, orang tua dan peserta didik
d. Minat, bakat, dan
potensi peserta didik
Jawab : d Minat,
bakat, dan potensi peserta didik
3. Secara umum tujuan
layanan BK adalah untuk membantu peserta didik mencapai perkembangan optimal
dan kemandirian secara utuh yang meliputi aspek...
a. Pribadi dan belajar
b. Sosial dan karir
c. Pribadi, belajar,
dan karir
d. Pribadi, belajar,
sosial, dan karir
Jawab : d. Pribadi,
belajar, sosial, dan karir
Cerita Reflektif
: Bagaimana praktik layanan bimbingan dan konseling saat Ibu/Bapak
bersekolah dahulu? Bagaimana perbedannya dengan praktik di sekolah Ibu/Bapak
saat ini?
Jawab : Perbedaannya
sangat signifikan, saat masih duduk dibangku sekolah, dipanggil guru BK adalah
hal yang horor. Mengapa demikian? Karena saat itu, anak yang dipanggil adalah
anak yang banyak melakukan kesalahan. Sedangkan sekarang, peran BK adalah
sebagai jembatan kesuksesan peserta didik.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi
Implementasi Layanan BK di Satuan Pendidikan
a. Layanan Dasar
b. Layanan Peminatan
dan Perencanaan Individual
c. Layanan
Pendampingan di Rumah
d. Layanan Responsif
Jawab : c. Layanan
Pendampingan di Rumah
Cerita Reflektif
: Layanan BK apa saja yang saat ini sudah tersedia di sekolah Ibu/Bapak?
Jawab : Layanan yang
sudah tersedia antara lain Layanan Orientasi, Layanan Informasim Layanan
Pembelajaran dan lain-lain.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan
Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 2
1. Hal yang perlu
diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan dasar adalah...
A. Menentukan
pendekatan yang tepat sesuai tujuan program
B. Menentukan metode
dan indikator yang akan diukur
C. Pelibatan mitra
atau lingkungan sosial dalam pembelajaran
D. Memastikan rasio
guru dan peserta didik seimbang
Jawab : A Menentukan
pendekatan yang tepat sesuai tujuan program
2. Untuk mendapatkan
data dan informasi dari banyak peserta didik dengan menggunakan
pertanyaan-pertanyaan pemandu, metode apa yang sebaiknya kita gunakan?
A. Observasi
B. Wawancara
C.Kelompok Forum
Diskusi
D. Kuesioner
Jawab
: D. Kuesioner
A. Karena hasilnya
dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun
ajaran berikutnya
B. Karena hasilnya
dapat menjadi bahan untuk laporan pelaksanaan kegiatan tahunan satuan
pendidikan
C. Karena hasilnya
akan digunakan untuk merencanakan layanan responsif
D. Semua jawaban benar
Jawab
: A. Karena hasilnya
dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun
ajaran berikutnya
4. Bu Jocelyn melihat
maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Sebagai wali kelas
pada jenjang SD Fase A, topik kegiatan layanan dasar yang paling tepat untuk
diusulkan adalah…
A. Sosialisasi Hak
Kesehatan Seksual dan Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap perkembangan anak
B. Pencegahan
kekerasan seksual di masyarakat
C. Penanganan kasus
kekerasan seksual di sekolah
D. Kebijakan sekolah
tentang kasus kekerasan seksual
Jawab
: A. Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan
Reproduksi HKSR sesuai dengan tahap perkembangan anak
5. Apa yang harus
dilakukan pendidik jika melihat murid memerlukan perhatian khusus setelah
melakukan kegiatan layanan dasar?
A. Menghiraukan saja,
karena itu merupakan proses memahami yang harus dilalui murid
B. Melaporkan perilaku
murid yang tidak biasa kepada orangtua murid
C. Mengajak murid
berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan
D. Merencanakan
layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid
Jawab
: C. Mengajak murid
berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan
6. Penentuan waktu
pelaksanaan kelas pembekalan untuk peserta didik yang kurang tepat adalah
berdasarkan…
A. Hasil pemetaan
kebutuhan peserta didik
B. Hari besar yang
berhubungan dengan topik
C. Kebutuhan mendesak
berdasarkan kejadian pada peserta didik di kelas tertentu
D. Temuan masalah pada
peserta didik
Jawab
: B. Hari besar yang
berhubungan dengan topik
7. Apa yang dapat
pendidik lakukan agar proses pemetaan kebutuhan berdasarkan pemahaman dasar
peserta didik berjalan efektif?
A. Memimpin FGD dengan
cara berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain seorang diri
B. Berusaha
mendekatkan diri dengan salah satu kelompok FGD saja
C. Meminta bantuan
pendidik lain yang bersedia untuk memimpin salah satu kelompok FGD
D. Menginformasikan
kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di
rumah sebelum kegiatan FGD
Jawab
: D. Menginformasikan
kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di
rumah sebelum kegiatan FGD
8. Mengapa materi layanan dasar yang disampaikan perlu mempertimbangkan tahap perkembangan anak?
A. Agar pendidik tidak
terbebani dengan pembuatan materi yang berat
B. Agar murid tidak
bosan saat mengikuti kegiatan layanan dasar
C. Agar murid
memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya
D. Agar pendidik tidak
kebingungan saat menyampaikan materi pada kegiatan layanan dasar
Jawab
: C. Agar murid memperoleh pemahaman yang
optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya
9. Salah satu cara
agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat tersampikan
adalah...
A. Mengintegrasikan
topik dalam projek profil
B. Menentukan metode
dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik
C. Mengundang semua
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program layanan
dasar
D. Mengundang ahli
untuk mengkonfirmasi hasil analisis kebutuhan peserta didik
Jawab
: B. Menentukan metode dan indikator pemenuhan
kebutuhan peserta didik
10. Apa yang sebaiknya
dilakukan pendidik untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi dari orang tua dan
peserta didik?
A. Mengirimkan
kuisioner dan survei isian ke rumah tanpa tenggat waktu
B. Menjadikan orangtua
peserta didik sebagai narasumber
C. Guru kelas
menanyakan evaluasi dan refleksi dari orangtua peserta didik saat pembagian
rapor.
D. Memberikan
kuisioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan.
Jawab
: D. Memberikan kuisioner atau survei isian di
setiap akhir kegiatan.
11. Hal-hal yang perlu
diperlihatkan dalam perencanaan kelas orang tua adalah...
A. Bentuk kegiatan
selalu berupa seminar
B. Menyesuaikan topik
dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing
C. Mengundang artis
sebagai pembaca
D. Semua benar
Jawab
: B. Menyesuaikan topik
dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing
12. Susunan alur kerja yang tepat
dalam layanan dasar ialah...
A. Merencanakan kegiatan,
melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan, memetakan dan menganalisis
kebutuhan.
B. Memetakan dan menganalisis
kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi
kegiatan
C. Merencanakan kegiatan, memetakan
dan menganalisis kebutuhan, melakukan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan.
D. Memetakan dan menganalisis
kebutuhan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan dan merencanakan
kegiatan
Jawab : B. Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan
kegiatan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan
13. Hal-hal dasar yang perlu kita
perhatikan dalam merancang dan merencanakan kegiatan pemetaan kebutuhan peserta
didik adalah...
A. Menyediakan banyak informasi
tertulis mengenai isu
B. Dapat menilai pemahaman peserta
didik di akhir kegiatan
C. Kesesuaian dengan tahap
perkembangan peserta didik
D. Semua di atas benar
Jawab : C. Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik
14. Berikut ini, bentuk tindak
lanjut yang kurang tepat terhadap hasil evaluasi dan refleksi layanan dasar
dengan isu pencegahan kekerasan seksual adalah...
A. Layanan responsif pada murid yang
membutuhkan perhatian khusus
B. Merencanakan layanan peminatan
dan perencanaan individual
C. Layanan dasar lanjutan untuk
menguatkan pemahaman murid
D. Pemantauan rutin untuk melakukan
pemetaan dan analisis kebutuhan lanjutan
Jawab : A.
Layanan responsif pada murid yang membutuhkan perhatian khusus
15. Berikut ini yang bukan etika kerja
dalam memberikan layanan BK adalah …
A. Kesukarelaan
B. Keterbukaan
C. Kerahasiaan
D. Kekeluargaan
Jawab : D.
Kekeluargaan
A. Rahasia dan jujur
B. Inklusivitas dan toleransi
C. Inklusivitas dan capaian perkembangan optimal
D. Inklusivitas dan kemandirian
Jawaban C. Inklusivitas dan capaian perkembangan
optimal
17. Layanan BK di satuan pendidikan memiliki peran yang
besar dalam menghapus tiga dosa besar pendidikan, yaitu...
A. Malas, kekerasan seksual, dan intoleransi
B. Perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi
C. Perundungan, kekerasan seksual dan malas
D. Intoleransi, perundungan dan plagiarisme
Jawaban B. Perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi
18. Siapa yang bertanggungjawab dan berperan dalam layanan BK
kepada peserta didik?
A. Guru BK
B. Kepala sekolah
C. Orang tua
D. Semua warga satuan pendidikan
Jawaban D. Semua warga satuan pendidikan
19. Ibu Asti adalah seorang guru BK di SMP Bahagia. Peran Ibu Asti sebagai
pembimbing adalah…
A. Membantu Rina yang sedang ingin mengenali minat dan
potensi yang dimilikinya
B. Menengahi Bimo dan Rendi yang sedang memiliki konflik
C. Melibatkan orangtua sebagai narasumber pengenalan karir
untuk peserta didik
D. Memberikan konseling untuk Dino yang sedang memiliki
masalah pribadi
Jawaban A. Membantu Rina yang sedang ingin mengenali minat dan potensi yang dimilikinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar