Taktis saat kritis
Modul 5
Latihan
Pemahaman
Konsep yang dipelajari pada materi dalam video ini adalah...
A. Pihak yang terlibat dalam intoleransi dan dampaknya
B. Mengidentifikasi ciri-ciri korban/penyintas intoleransi
C. 3 aktor yang terlibat intoleransi dan cara menghadapi intoleransi dari sudut
pandang masing-masing
D. Cara menasehati pelaku dan cara mendorong penonton (bystander) untuk
menghadapi kejadian intoleransi
intoleransi
dari sudut pandang masing-masing Jawaban: C. 3 aktor yang terlibat intoleransi
dan cara menghadapi
Cerita
Reflektif
Saat bersekolah dahulu, pernahkan Ibu dan Bapak mengalami atau menyaksikan
tindakan intoleransi atau bentuk kekerasan lainnya? Ceritakan pengalaman Ibu
dan Bapak.
Jawaban:
saya salah satu korban kekerasan, karena dianggap gendut, jelek, dan lemah.
Materi 2
6
Kunci Merespons Intoleransi
Dua hal
utama yang disampaikan pada materi dalam video adalah...
A. Cara merespons intoleransi dan dampaknya
B. Kunci menumbuhkan toleransi dan merespons intoleransi
C. Enam kunci merespons dan prinsip penanggulangan di satuan pendidikan
D. Tiga kunci menghadapi kasus intoleransi dan cara menerapkan hukuman yang
tepat
Jawaban:
C. Enam kunci merespons dan prinsip penanggulangan di satuan Pendidikan
Cerita
Reflektif
Coba identifikasi apakah mekanisme pencegahan dan penanganan kekerasan di
satuan pendidikan Ibu dan Bapak perlu diubah, dipertahankan, atau ditingkatkan?
Jawaban:
Perlu dipertahankan, mengingat seluruh usaha yang telah dilakukan sekolah dalam
mengatasi kekerasan sudah cukup sesuai dan berjalan dengan damai.
POST
TEST
1. Di sekolah Bu Nanik terjadi kasus intoleransi, dimana salah satu peserta
didik beberapa kali membuang barang temannya yang berbeda kelas sosial dan
ekonominya. Untuk memberikan pertolongan bagi korban, bu Ninik dapat...
A. Bersegera menangani isu yang terjadi dengan mencari informasi secara
menyeluruh
B.Mengeluarkan pelaku intoleransi dari satuan pendidikan
C. Memberi penjelasan pada korban bahwa bercanda merupakan hal yang wajar
terjadi di sekolah
D. Bersikap subjektif terhadap isu yang terjadi dengan berpihak pada pelaku
Kunci
jawaban: A. Bersegera menangani isu yang terjadi dengan mencari informasi secara menyeluruh
2. Pak Josef
mendapat kabar bahwa murid di kelasnya mendapat perlakuan intoleransi dari
teman sebayanya. Langkah tepat yang dapat Pak Josef lakukan adalah...
A. Memberikan pertolongan, mengandakan penyuluhan tentang budaya toleransi, dan
mengeluarkan peserta didik yang menjadi pelaku dari sekolah
B. Membuat kebijakan untuk mengatasi isu intoleransi yang terjadi,
mendokumentasikan isu, dan mengunggahnya ke media sosial
C. Memberikan pertolongan, melaporkan kepada orang tua, melakukan identifikasi
fakta, berkoordinasi, menjamin hak peserta didik, dan melaporkan kejadian
D. Melaporkan kepada instansi agama di sekotar sekolah, dan membuat isu menjadi
viral agar satuan pendidikan menjadi sorotan
Jawaban: C. Memberikan pertolongan, melaporkan kepada orang tua, melakukan identifikasi fakta,
berkoordinasi, menjamin hak peserta didik, dan melaporkan kejadian
3. Berikut yang tidak termasuk ciri sosial yang bisa ditunjukkan oleh korban/
penyintas perilaku intoleransi adalah...
A. Tidak mau datang dan menolak untuk pergi ke sekolah tanpa alasan yang jelas
B. Terlihat nyaman dan tidak ketakutan di kelas
C. Peserta didik sering sendirian atau tidak terlihat bergabung dengan teman
dan kelompok di sekolah
D. Sering jadi target bercandaan, atau dijadikan badut di sekolah
Jawaban:
B. Terlihat nyaman dan tidak ketakutan di kelas
4. Berikut
salah satu hal yang bisa dilakukan saat melihat kejadian intoleransi, yaitu...
A. Menghindari masalah dan pura-pura tidak melihat
B. Mengikuti hal yang dilakukan pelaku, daripada menjadi target berikutnya
C. Jika aman, bawa korban menjauh dari pelaku, dan melapor kepada pihak otoritas
D. Diam saja, tapi dalam hati marah kepada pelaku
Jawaban:
C. Jika aman, bawa korban menjauh dari pelaku, dan melapor kepada pihak
otoritas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar