Profil Pelajar Pancasila
Modul 6
Dimensi Bernalar Kritis
Materi: Dimensi Bernalar
Kritis
Soal 1
Berikut adalah cara yang
tidak efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada murid yaitu
Jawaban: Membiasakan
murid menghafal teori dan informasi yang didapat
Ceritakan pengalaman yang
berkesan ketika Ibu/Bapak mendaoatkan pertanyaan kritis dari murid-muridnya
Jawaban: Ketika
pembelajaran agama tentang penciptaan manusia pertama, yaitu adam dan hawa,
murid bertanya tentang korelasi mengenai teori evolusi manusia yang berasal
dari kera dan meminta untuk dijelaskan. Saya cukup terkejut dengan pertanyaan
tersebut. Kemudian saya menjelaskan mengenai sebuah teori dibuat untuk
menjelaskan secara ilmiah mengenai asal-usul manusia dan agama memberikan
jawaban yang jelas dari keaulitan ilmu pengetahuan dalam mencari penjelasan.
Soal 1
Salah satu bagian dari
elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan
murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.
Jawaban: Benar
Soal 2
Menurut alur
pekermbangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan
akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang
Jawaban: SD
Soal 3
Kemampuan merefleksikan
pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk
Jawaban: Semua benar
Apakah Ibu/Bapak pernah
memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu
terjadi?
Jawaban: Saya pernah
berpandangan bahawa saya sebagai guru menjadi satu-satunya sumber belajar yang
lebih tau dari murid, ternyata untuk hal-hal tertentu saya tidak tahu, misalnya
mengenai istilah yang digunakan anak, aplikasi yang sedang populer, tetapi saya
tidak tahu.
Kunci Jawaban Post
Test Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis
Adapun soal dan Kunci
Jawaban Post Test Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis sebagai berikut :
1. Yang bukan elemen dari
dimensi bernalar kritis adalah ...
A. Memperoleh dan memproses informasi dan
gagasan
B. Memverifikasi
penelusuran informasi
C. Menganalis dan
mengevaluasi penalaran
D. Refleksi pemikiran dan
proses pemikiran
2. Bu Omas mengajar IPA di
kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur
keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas
mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang
mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga
memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk
murid pelajari.
Praktik yang dilakukan Bu
Omas menstimulasi elemen....
A. Memperoleh dan
memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberi langsung prosedur
keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk
sendiri pemahamanannya
B. Elemen menganalisis dan
mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi ayng diberikan Bu Omas, murid
harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin
C. jawaban a dan b benar
D. Tidak ada jawaban yang
benar
3. Pak Doni memberikan
kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan
alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu
melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ...
A. Pemahaman murid
terhadap konsep
B. Miskonsepsi
C. Jawaban benar dan salah
D. Kesulitan yang dihadapi murid
4. Kemampuan murid untuk
merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari
elemen...
A. Memperoleh dan
memproses informasi dan gagasan
B. Menganalisis dan
mengevaluasi penalaran
C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir
D. Refleksi pemahaman diri
dan situasi yang dihadapi
5. Bu Neke adalah guru
seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk
memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali...
A. Saling mereviu
penampilan teman saat pentas
B. Membuka ruang diskusi
mengenai interpretasi tari
C. Memberikan checklist komponen
pertunjukkan saat menonton pentas tari
D. Menceritakan hal yang
mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar