Profil Pelajar Pancasila Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis

 

Profil Pelajar Pancasila

Modul 6

Dimensi Bernalar Kritis

Materi: Dimensi Bernalar Kritis

Latihan Pemahaman

Soal 1

Berikut adalah cara yang tidak efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada murid yaitu

 

Jawaban: Membiasakan murid menghafal teori dan informasi yang didapat

Cerita Reflektif

Ceritakan pengalaman yang berkesan ketika Ibu/Bapak mendaoatkan pertanyaan kritis dari murid-muridnya

Jawaban: Ketika pembelajaran agama tentang penciptaan manusia pertama, yaitu adam dan hawa, murid bertanya tentang korelasi mengenai teori evolusi manusia yang berasal dari kera dan meminta untuk dijelaskan. Saya cukup terkejut dengan pertanyaan tersebut. Kemudian saya menjelaskan mengenai sebuah teori dibuat untuk menjelaskan secara ilmiah mengenai asal-usul manusia dan agama memberikan jawaban yang jelas dari keaulitan ilmu pengetahuan dalam mencari penjelasan.


Latihan Pemahaman

Soal 1

Salah satu bagian dari elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.

Jawaban: Benar

Soal 2

Menurut alur pekermbangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang

Jawaban: SD

Soal 3

Kemampuan merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk

Jawaban: Semua benar

Cerita Reflektif

Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

Jawaban: Saya pernah berpandangan bahawa saya sebagai guru menjadi satu-satunya sumber belajar yang lebih tau dari murid, ternyata untuk hal-hal tertentu saya tidak tahu, misalnya mengenai istilah yang digunakan anak, aplikasi yang sedang populer, tetapi saya tidak tahu.

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis

Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis sebagai berikut :

1. Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ...

A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

B. Memverifikasi penelusuran informasi

C. Menganalis dan mengevaluasi penalaran

D. Refleksi pemikiran dan proses pemikiran 

2. Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari.

Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen....

A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberi langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamanannya

B. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi ayng diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin 

C. jawaban a dan b benar

D. Tidak ada jawaban yang benar 

3. Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ...

A. Pemahaman murid terhadap konsep

B. Miskonsepsi

C. Jawaban benar dan salah

D. Kesulitan yang dihadapi murid

4. Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen...

A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

B. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir

D. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi 

5. Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali...

A. Saling mereviu penampilan teman saat pentas

B. Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari

C. Memberikan checklist komponen pertunjukkan saat menonton pentas tari

D. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...