Profil Pelajar Pancasila
Modul 2
Dimensi Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
A.Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita
Reflektif Materi Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak
Mulia
Latihan Pemahaman : Berikut yang bukan
elemen dari Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
adalah…
Jawab : Elemen akhlak mulia
Cerita Reflektif
Apa hal baru yang Ibu/Bapak pelajari mengenai Dimensi
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia?
Jawaban: Bahwa keberadaan manusia sangatlah berkaitan dengan
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, hal
tersebut bersangkut paut anntara hubungan kita dengan tuhan sesama alam dan
negara
Jawab :
Banyak cara untuk menanamkan sifat
penyayang terhadap diri sendiri maupun orang lain yang diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari.
B. Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Elemen dalam Dimensi Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Latihan Pemahaman :
1. Inti dari sub-elemen “mengenal dan mencintai Tuhan YME” pada elemen akhlak
beragama yaitu…
Jawab : Menghayati inti dari
sifat-sifat Tuhan, yaitu kasih dan sayang.
2. Merawat diri secara fisik, mental,
dan spiritual adalah bagian dari elemen…
Jawab : Elemen akhlak pribadi
3. Melalui elemen akhlak kepada
manusia, murid diharapkan mampu berakhlak mulia pada sesama tanpa memandang
perbedaan. Penguatan hal ini berkaitan juga dengan dimensi…
Jawab : Berkebinaan global
4. Guru IPA adalah yang paling
memiliki peran untuk menguatkan elemen kepada alam pada diri murid.
Jawab : Salah
5. Elemen yang berperan memunculkan
sikap cinta tanah air dan nasionalisme adalah…
Jawab : Elemen akhlak bernegara
Cerita Reflektif : Apa strategi
pembelajaran yang ingin segera Ibu/Bapak coba praktikan di kelas untuk
menguatkan Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia?
Jawab :
Menguatkan rasa sayang kepada diri
ataupun sesama pada setiap pembelajaran
Cerita Reflektif
Apa strategi pembelajaran yang ingin segera Ibu/Bapak coba praktikkan
di kelas untuk menguatkan Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan
Berakhlak Mulia?
Jawaban: Pertama saya mengajak murid untuk mengawali dan mengakhiri
pembelajaran dengan berdoa, kemudian saya juga akan mengajak murid untuk
berefleksi mengenai proses pembelajaran agar bisa dipraktikkan dalam kehidupan
sehari-hari di tengah keluarga, teman-teman dan masyarakat
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Dimensi Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Adapun
soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan
Keselamatan dan Kebahagiaan sebagai berikut :
1.
Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada...
A.
Dirinya dan sesama manusia
B.
Dirinya, orang lain, dan alam
C.
Dirinya, orang lain, hewan dan tumbuhan
D.
Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air
2.
Pada Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Elemen
yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah
elemen...
A.
Akhlak beragama
B.
Akhlak pribadi
C.
Akhlak kepada sesama
D.
Akhlak kepada alam
3.
Berikut adalah contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran
di kelas, kecuali...
A.
Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas
B.
Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid
C.
Guru sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk mengajarkan murid
berempati
D.
Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka
dan nyaman berolahraga
4. Pak Zamrud adalah
guru Sejarah XII. Saat belajar tentang perang Dunia II, ia mengajak murid untuk
mempelajari sejarah dari 2 sisi. Pak Zamrud membagi murid ke dalam 2 blok,
yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Setiap blok mempelajari sejarah dari sudut pandangnya
masing-masing untuk kemudian disampaikan kepada blok lain.
Praktik
yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen...
A.
Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif
lain yang menumbuhkan rasa empati
B.
Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat
perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
C.
Akhlak pribai, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan
dengan orang lain dan menghargai perbedaan
D.
Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan
persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
5.
Elemen akhlak kepada alam dintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata
pelajaran IPA.
Pertanyaan
di atas adalah...
A.
Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup paling relevan dengan
alam dan ekosistem
B.
Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk
menjaga lingkungan
C.
Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar
D.
Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi alam dan ekosistem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar