Profil Pelajar Pancasila
Modul
3
Dimensi
Berkebinekaan Global
Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global
AKTIVITAS
Dimensi Berkebinekaan
Global
Latihan Pemahaman
Harapan dari dimensi
berkebinekaan global adalah lahirnya pelajar yang ....
Memiliki semangat
nasionalisme
Mewujudkan masyarakat
inklusif
Memegang teguh
nilai-nilai luhur Pancasila
Semua
benar
Cerita
Reflektif
Apa
pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan ketika berinteraksi dengan
budaya/bahasa yang berbeda? Bagaimana Ibu/Bapak menanggapi hal tersebut?
Jawaban: Mengenal budaya dan bahasa daerah lain membuat
pemikiran dan wawasan saya semakin terbuka dan luas serta merasa bangga menjadi
bangsa Indonesia. Menanggapinya dengan cara menghormati dan menghargai
keberagaman budaya dan bahasa daerah lain serta belajar sedikit – sedikit
tentang budaya dan bahasa tersebut.
Saling
menghargai budaya/bahasa orang lain, selain itu kita menjadi saling mengenal
antara satu dengan yang lainnya.
Elemen dalam Dimensi
Berkinekaan Global
AKTIVITAS
Elemen
Mengenal dan Menghargai Budaya
Alur
Perkembangan Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya
Elemen
komunikasi dan interaksi antar budaya
Alur
Perkembangan Elemen Komunikasi dan Interaksi Antarbudaya
Elemen
Refleksi dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengalaman Kebinekaan
Alur
Perkembangan Elemen Refleksi dan Bertanggung Jawab terhadap Pengalaman
Kebinekaan
Elemen
berkeadilan sosial
Alur
Perkembangan Elemen Berkeadilan Sosial
Latihan Pemahaman
1.
Perbedaan budaya tidak hanya terkait bahasa, suku bangsa, atau adat istiadat.
Berikut yang termasuk dalam perbedaan budaya dan dapat menjadi tantangan
berinteraksi yaitu ....
Sosial-ekonomi
Profesi
Keyakinan
Semua benar
2.
Strategi utama dalam menguatkan elemen mengenal dan menghargai budaya adalah
melalui mata pelajaran Seni dan Budaya.
Benar
Salah
3.
Elemen yang menumbuhkan kemampuan memaknai pengalaman kebinekaan pada diri
murid yaitu elemen ....
Mengenal
dan menghargai budaya
Komunikasi
dan interaksi antarbudaya
Refleksi dan bertanggungjawab terhadap
pengalaman kebinekaan
Berkeadilan
sosial
4.
Berikut yang bukan merupakan bagian dari elemen berkeadilan sosial adalah ....
Aktif
membangun masyarakat yang inklusif, adil dan berkelanjutan
Mendalami budaya dan identitas budaya
Berpartisipasi
dalam proses pengambilan keputusan bersama
Memahami
peran individu dalam demokrasi
Cerita Reflektif
Adakah
budaya/adat/tradisi yang khas di sekolah Ibu/Bapak? Seperti apakah itu?
Jawaban: Ada. Setiap hari Kamis sekolah kami menggunakan pakaian adat
dan bahasa daerah sebagai bahasa untuk komunikasi serta pengantar dalam pembelajaran.
Kunci
Jawaban Post Test Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global
Adapun soal
dan KunciJawaban Post Test Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global sebagai berikut
:
1. Berikut
ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali...
A.
Komunikasi dan interaksi antar budaya
B. Menghormati keanekaragaman budaya
C. Mengenal
dan menghargai budaya
D.
Berkeadilan sosial
2. Anak-anak
sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai
dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan
guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak?
A. Bemain
permainan daring modern
B.
Menghafalkan nama produk/hasil budaya yang ada
C.
Membiasakan penggunaan contoh budaya luar saat mengajar
D. Memberikan tugas mewawancarai orang di
sekitarnya tentang asal-usul budaya/kebiasaan masyarakat
3. 1.
Berkomunikasi antarbudaya
2.
Menghilangkan stereotipe dan prasangka
3. Menimbang
dan menumbuhkan berbagai perspektif
4.
Menyelaraskan perbedaan budaya
5. Dari
pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen 6. dari elemen komunikasi
dan interaksi budaya…
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1 dan 4
4. Satya
mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia
sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia
berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya
kurang baik.
Sebagai
guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman
kebinekaannya?
A.
Menasehati Satya dan temannya karena membuat kegaduhan ketika berpendapat
B.
Memisahkan Satya dari teman yang dianggap berbeda dan kurang baik
C. Meminta
Satya mengalah dan mengikuti pendapat temannya
D. Mengajak Satrya merefleksikan
pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang tepat
5. Berikut
ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan
sosial…
A. Murid diberikan kesempatan
mengungkapkan pendapat dan suaranya
B. Murid
diberikan aturan yang dibuat oleh guru dan sekolahnya
C. Murid
dilatih berkompetisi dengan murid lain.
D. Murid
diajar dengan metode dan strategi pembelajaran yang sama di kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar