Profil Pelajar Pancasila Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global

 

Profil Pelajar Pancasila

Modul 3

Dimensi Berkebinekaan Global

 

Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global

AKTIVITAS

Dimensi Berkebinekaan Global

Latihan Pemahaman

 

Harapan dari dimensi berkebinekaan global adalah lahirnya pelajar yang ....

Memiliki semangat nasionalisme

Mewujudkan masyarakat inklusif

Memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila

Semua benar 

 

Cerita Reflektif 

Apa pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan ketika berinteraksi dengan budaya/bahasa yang berbeda? Bagaimana Ibu/Bapak menanggapi hal tersebut? 

Jawaban: Mengenal budaya dan bahasa daerah lain membuat pemikiran dan wawasan saya semakin terbuka dan luas serta merasa bangga menjadi bangsa Indonesia. Menanggapinya dengan cara menghormati dan menghargai keberagaman budaya dan bahasa daerah lain serta belajar sedikit – sedikit tentang budaya dan bahasa tersebut.

Saling menghargai budaya/bahasa orang lain, selain itu kita menjadi saling mengenal antara satu dengan yang lainnya. 



 

Elemen dalam Dimensi Berkinekaan Global

AKTIVITAS

Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya

Alur Perkembangan Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya

Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya

Alur Perkembangan Elemen Komunikasi dan Interaksi Antarbudaya

Elemen Refleksi dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengalaman Kebinekaan

Alur Perkembangan Elemen Refleksi dan Bertanggung Jawab terhadap Pengalaman Kebinekaan

Elemen berkeadilan sosial

Alur Perkembangan Elemen Berkeadilan Sosial

 

Latihan Pemahaman

1. Perbedaan budaya tidak hanya terkait bahasa, suku bangsa, atau adat istiadat. Berikut yang termasuk dalam perbedaan budaya dan dapat menjadi tantangan berinteraksi yaitu ....

Sosial-ekonomi

Profesi

Keyakinan

Semua benar

 

2. Strategi utama dalam menguatkan elemen mengenal dan menghargai budaya adalah melalui mata pelajaran Seni dan Budaya.

Benar

Salah 

 

3. Elemen yang menumbuhkan kemampuan memaknai pengalaman kebinekaan pada diri murid yaitu elemen ....

Mengenal dan menghargai budaya

Komunikasi dan interaksi antarbudaya

Refleksi dan bertanggungjawab terhadap pengalaman kebinekaan

Berkeadilan sosial 

 

4. Berikut yang bukan merupakan bagian dari elemen berkeadilan sosial adalah ....

Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil dan berkelanjutan

Mendalami budaya dan identitas budaya 

Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama

Memahami peran individu dalam demokrasi

 

Cerita Reflektif 

Adakah budaya/adat/tradisi yang khas di sekolah Ibu/Bapak? Seperti apakah itu?

 

Jawaban: Ada. Setiap hari Kamis sekolah kami menggunakan pakaian adat dan bahasa daerah sebagai bahasa untuk komunikasi serta pengantar dalam pembelajaran.


Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global

Adapun soal dan KunciJawaban Post Test Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global sebagai berikut :

1. Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali...

A. Komunikasi dan interaksi antar budaya

B. Menghormati keanekaragaman budaya

C. Mengenal dan menghargai budaya

D. Berkeadilan sosial 

2. Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak?

A. Bemain permainan daring modern

B. Menghafalkan nama produk/hasil budaya yang ada

C. Membiasakan penggunaan contoh budaya luar saat mengajar

D. Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya tentang asal-usul budaya/kebiasaan masyarakat

3. 1. Berkomunikasi antarbudaya

2. Menghilangkan stereotipe dan prasangka

3. Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif

4. Menyelaraskan perbedaan budaya

5. Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen 6. dari elemen komunikasi dan interaksi budaya…

A. 2 dan 4

B. 2 dan 3

C. 1 dan 3

D. 1 dan 4

4. Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik.

Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman kebinekaannya?

A. Menasehati Satya dan temannya karena membuat kegaduhan ketika berpendapat

B. Memisahkan Satya dari teman yang dianggap berbeda dan kurang baik

C. Meminta Satya mengalah dan mengikuti pendapat temannya

D. Mengajak Satrya merefleksikan pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang tepat

5. Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan sosial…

A. Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan suaranya

B. Murid diberikan aturan yang dibuat oleh guru dan sekolahnya

C. Murid dilatih berkompetisi dengan murid lain.

D. Murid diajar dengan metode dan strategi pembelajaran yang sama di kelas

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...