Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Mencapai Tujuan Pembelajaran


Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Mencapai Tujuan Pembelajaran


Latihan Pemahaman

Kegiatan yang dapat dilakukan guru setelah mendapatkan hasil asesmen, kecuali…

A. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didik

B. Melakukan diferensiasi proses belajar

C. Melakukan refleksi diri

D. Menggunakan soal yang sama untuk remedial


2. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pendidik ketika mendapati peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah…

A. marah

B. sedih

C. membuat soal remedial

D. melakukan refleksi bersama peserta didik


3. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pendidik ketika mendapati banyak sekali peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah…

A. marah

B. sedih

C. membuat soal remedial


Cerita Reflektif : Bagaimana cara Ibu dan Bapak menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik selama ini?
Jawab : Melakukan refleksi pembelajaran untuk perbaikan pada pembelajaran selanjutnya.


Post Test

1.  Hasil asesmen awal dapat digunakan untuk rujukan strategi mencapai tujuan pembelajaran, karena…

A. Dapat digunakan sebagai nilai rapor

B. Dapat digunakan untuk dasar merancang alur tujuan pembelajaran serta proses diferensiasi

C. Dapat digunakan untuk diskusi dengan orang tua

D. Bisa digunakan sumatif

Jawab : B


2. Contoh pertanyaan refleksi yang dapat digunakan untuk mengetahui reliabilitas sebuah asesmen adalah…

A. Apakah penilaian yang saya gunakan benar-benar mencerminkan proses pembelajaran yang utuh?

B. Mengapa saya memilih topik ini untuk mencapai CP?

C. Strategi baru apa yang telah saya coba akhir-akhir ini yang mungkin bermanfaat bagi peserta didik?

D. Dengan cara apa saya memberikan pengalaman yang menantang peserta didik dalam proses belajar?

Jawab : D


3. Yang Bukan termasuk fungsi asesmen formatif dalam tindak lanjut ketercapaian tujuan pembelajaran, adalah…

A. Untuk mengukur keefektifan strategi pembelajaran yang sudah diterapkan

B. Untuk mengetahui Hambatan serta tantangan peserta didik

C. Untuk Menentukan strategi Berikutnya

D. Untuk Menentukan Kenaikan Kelas

Jawab : D


4. Hal yang dapat dilakukan tenaga pendidik jika mendapati kegagalan peserta didik mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran karena kurang mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat capaian peserta didik adalah…

A.Marah

B. Memberikan Tes Berulang

C. Memberikan Soal tes yang diberikan pada saat latihan

D. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran dan memberikan penguatan pada konsep yang dibutuhkan

Jawab : D


5. Pak Edi mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran karena memiliki hambatan dalam memahami konsep yang lebih abstrak. Hal yang dapat Pak Edi lakukan adalah…

A. Marah terhadap peserta didik tersebut

B. Menyediakan bantuan belajar yang lebih intensif

C. Menyediakan waktu yang sedikit lebih panjang untuk mengerjakan asesmen

D. Memberikan hukuman

Jawab : B


6. Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas, maka guru perlu melaksanakan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses pembelajaran. Misalnya.…

A. Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru bisa melaksanakan penilaian otentik

B. Memahami panduan dari Kemendikbudristek mengenai kenaikan kelas

C. Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria kenaikan kelas yang rinci untuk acuan

D. Mendorong refleksi dan umpan balik guna membantu peserta didik yang mengalami ketertinggalan

Jawab : D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...