Profil Pelajar Pancasila
Modul 8
Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
AKTIVITAS
Profil Pelajar Pancasila
dalam Pembelajaran (Part 1)
Profil Pelajar Pancasila
Dalam Pembelajaran (part 2)
Latihan Pemahaman
1. Luaran jangka panjang
dari kurikulum nasional adalah ..
Pengalaman belajar
Profil
Pelajar Pancasila
Capaian pembelajaran
Alur Tujuan Pembelajaran
2. Semua dimensi profil
pelajar pancasila harus dikuatkan dalam 1 kegiatan pembelajaran.
Benar
Salah
CERITA REFLEKTIF
Apa pengalaman belajar
yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Dari pengalaman belajar tersebut
kira-kira kemampuan apa yang Ibu/Bapak dapatkan?
Jawaban :Pengalaman membuat rangkaian radio pada mapel elektronika
secara berkelompok. Pengalaman tersebut mengajarkan saya akan berfikir kritis,
kreatif, dan gotong royong dalam merencanakan dan mengatur dan menyelesaikan
projek.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
AKTIVITAS
Profil Pelajar Pancasila
dalam pembelajaran projek penguatan pancasila
Latihan Pemahaman
1. Ada hal-hal yang
diperhatikan satuan pendidikan terkait projek penguatan Profil Pelajar
Pancasila, kecuali ...
Kondisi lingkungan dan
budaya setempat
Mata
pelajaran yang berkolaborasi dalam projek
Pembelajaran berbasis
projek disusun secara kontekstual
Mengacu pada tema-tema
yang telah ditetapkan oleh Kemdikbud Ristek
Cerita Reflektif
Apa projek yang paling
berkesan yang Ibu/Bapak Guru pernah ikuti? Kemampuan apa yang berkembang saat
Ibu/Bapak melakukan projek tersebut?
Jawaban : Projek mengamati konsep demokrasi di lingkungan
setempat dengan cara mengamati dan atau mewawancarai panitia dan atau warga
setempat secara individu. Kemampuan yang berkembang adalah dimensi mandiri pada
kemampuan menulis serta merencanakan, mengatur jadwal proyek.
Profil Pelajar Pancasila dalam ekstrakurikuler
AKTIVITAS
Profil Pelajar Pancasila
dalam pembelajaran ekstrakurikuler
Latihan Pemahaman
1. Dimensi yang dilatih
ketika murid diberikan kebebasan memilih ekstrakurikuler yang diminati adalah
...
Kreatif
Bernalar Kritis
Mandiri
Berkebinekaan
global
CERITA
REFLEKTIF
Pengalaman
ekstrakurikuler apa yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Kemampuan apa
yang berkembang saat Ibu/Bapak terlibat dalam ekskul tersebut?
Jawaban : Ekstrakurikuler Pramuka. Kemampuan yang paling
berkembang adalah kemandirian, gotong royong, dan kreatif.
Post Test Modul 8 Profil
Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
1.
Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah...
A.
Capaian Pembelajaran
B. Profil Pelajar Pancasila
C.
Alur Tujuan Pembelajaran
D. Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
2.
Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil
Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah....
A.
Terintegrasi dalam program dan kegiatan ekstrakurikuler
B.
Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas
C. Termuat dalam visi misi sekolah
D.
Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila
3.
1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek
2.
Mata pelajaran yang berkaitan
3.
Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid.
4.
Fase murid
5.
Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah
6.
Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat
Dari
ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat
pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...
A. 1,2,3,4,5,6
B.
1,2,3,4,6
C.
1,3,4,6
D.
1,2,3,6
4.
Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama
dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan
dari dimensi...
A.
Kreatif
B.
Mandiri
C.
Bernalar kritis
D. Berkebinekaan global
Bu
Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan
muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan
tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1
bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga
setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan
memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek.
Praktik
yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara mengintegrasikan Profil Pelajar
Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk dimensi ...
A.
Dimensi bergotong royong, karena murid mempraktikan konsep gotong royong dalam
projeknya
B. Dimensi mandiri, karena murid belajar
membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara
C.
Dimensi kreatif, karena murid belajar menghasilkan gagasan yang orisinal dalam
memilih tema projek
D.
Tidak ada jawaban yang benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar