Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran

 Profil Pelajar Pancasila

Modul 8

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran

 

AKTIVITAS

Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran (Part 1)

Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran (part 2)

Latihan Pemahaman

1. Luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah .. 

Pengalaman belajar

Profil Pelajar Pancasila

Capaian pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

 

2. Semua dimensi profil pelajar pancasila harus dikuatkan dalam 1 kegiatan pembelajaran.

Benar

Salah 

 

CERITA REFLEKTIF

Apa pengalaman belajar yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Dari pengalaman belajar tersebut kira-kira kemampuan apa yang Ibu/Bapak dapatkan? 

Jawaban :Pengalaman membuat rangkaian radio pada mapel elektronika secara berkelompok. Pengalaman tersebut mengajarkan saya akan berfikir kritis, kreatif, dan gotong royong dalam merencanakan dan mengatur dan menyelesaikan projek.

 

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

AKTIVITAS

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran projek penguatan pancasila

Latihan Pemahaman

1. Ada hal-hal yang diperhatikan satuan pendidikan terkait projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, kecuali ...

Kondisi lingkungan dan budaya setempat

Mata pelajaran yang berkolaborasi dalam projek

Pembelajaran berbasis projek disusun secara kontekstual

Mengacu pada tema-tema yang telah ditetapkan oleh Kemdikbud Ristek 

 

 

Cerita Reflektif 

Apa projek yang paling berkesan yang Ibu/Bapak Guru pernah ikuti? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak melakukan projek tersebut?

Jawaban : Projek mengamati konsep demokrasi di lingkungan setempat dengan cara mengamati dan atau mewawancarai panitia dan atau warga setempat secara individu. Kemampuan yang berkembang adalah dimensi mandiri pada kemampuan menulis serta merencanakan, mengatur jadwal proyek.

 

Profil Pelajar Pancasila dalam ekstrakurikuler

AKTIVITAS

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran ekstrakurikuler

Latihan Pemahaman

1. Dimensi yang dilatih ketika murid diberikan kebebasan memilih ekstrakurikuler yang diminati adalah ...

Kreatif

Bernalar Kritis

Mandiri

Berkebinekaan global 

 

CERITA REFLEKTIF

Pengalaman ekstrakurikuler apa yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak terlibat dalam ekskul tersebut?

Jawaban : Ekstrakurikuler Pramuka. Kemampuan yang paling berkembang adalah kemandirian, gotong royong, dan kreatif.

 

 

Post Test Modul 8 Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran  

1. Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah...

A. Capaian Pembelajaran

B. Profil Pelajar Pancasila 

C. Alur Tujuan Pembelajaran

D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 

 

2. Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah....

A. Terintegrasi dalam program dan kegiatan ekstrakurikuler

B. Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas

C. Termuat dalam visi misi sekolah 

D. Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila 

 

3. 1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek

2. Mata pelajaran yang berkaitan

3. Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid.

4. Fase murid

5. Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah

6. Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat

Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...

A. 1,2,3,4,5,6

B. 1,2,3,4,6

C. 1,3,4,6

D. 1,2,3,6

 

4. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi...

A. Kreatif

B. Mandiri

C. Bernalar kritis

D. Berkebinekaan global 

 

Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek.

Praktik yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk dimensi ...

A. Dimensi bergotong royong, karena murid mempraktikan konsep gotong royong dalam projeknya

B. Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara

C. Dimensi kreatif, karena murid belajar menghasilkan gagasan yang orisinal dalam memilih tema projek

D. Tidak ada jawaban yang benar

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...