Disiplin Positif
MODUL
2
Restitusi
A.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Restitusi Disiplin Diri
(RDD)
Latihan
Pemahaman : Apa saja sisi-sisi dari segitiga restitusi?
Jawab : Menstabilkan identitas, validasi mkebutuhan dan nilai yang
diyakini
Cerita
Reflektif : Bagaimana Anda mendisiplinkan murid? (boleh menyebutkan lebih dari
1)
Jawab : Dengan
cara mendisiplinkan diri sendiri.
B.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sisi 1 Segitiga
Restitusi : Stabilize the Identity
Latihan
Pemahaman : Apa tujuan dari dasar segitiga restitusi sisi satu menurut Dianne
Gossen?
Jawab : Mengubah identitas anak yang bersalah dari orang gagal menjadi orang
sukses
Cerita
Reflektif : Kesalahan murid apa yang paling Anda ingat sampai membuat Anda
marah? (boleh menyebutan lebih dari 1)
Jawab : Tidak
ada
C. Jawaban Latihan
Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sisi 2 Segitiga Restitusi : Validasi
Perilaku yang Salah
Latihan
Pemahaman : Berikut ini yang merupakan prinsip sisi dua dari segitiga restitusi
adalah?
Jawab : Seseorang bisa berperilaku yang baik
Cerita
Reflektif : Kebutuhan murid apa yang paling Anda sering jumpai ketika mengajar?
(boleh menyebutkan lebih 1)
Jawab : Bercerita
D.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sisi 3 Segitiga
Restitusi : Menanyakan Keyakinan
Latihan
Pemahaman : Bagaimana cara menggunakan sisi tiga dari segitiga restitusi?
Jawab : Menggali nilai-nilai yang diyakini bersama
Cerita
Reflektif : Pernahkah murid anda bercerita tentang nilai yang ia yakini?
(Ya/tidak)
Jawab : Ya
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 2
1.
Restitusi disiplin diri adalah metode untuk penyusunan kembali model disiplin
di sekolah, yang mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, KECUALI...
Jawab : Menemukan masalah yang timbul untuk mengetahui penyebabnya,
dan siapa yang bersalah
2.
Masing-masing murid memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu,
agar bisa menjalankan segitiga restitusi dengan lebih efektif, idealnya di
kelas memiliki...
Jawab : Keyakinan kelas
3.
Berikut tiga dari enam landasan filosofi mengapa restitusi muncul dan baik
untuk dilakukan:
1.
Kesalahan
adalah hal yang normal
2.
Manusia sering
tidak tahu jika mereka berbuat salah
3.
Pada saat
manusia disalahkan, ia menjadi lebih kuat
4.
Restitusi
memperkuat individu
5.
Restitusi
membuat individu merasa dihargai dan percaya terhadap diri sendiri
6.
Individu yang
tumbuh dalam proses restitusi cenderung tidak melakukan hal yang sama kepada
orang lain
Jawab : Nomor 1, 4, dan 5
4.
Diane Gossen memberikan strategi untuk melakukan restitusi dengan segitiga
restitusi. Segitiga ini akan membantu memahami perilaku murid dan membimbing
murid untuk belajar dari kesalahannya dan menjadi individu yang lebih baik.
Berikut adalah sisi-sisi segitiga restitusi...
Jawab : Menstabilkan identitas murid, memvalidasi perilaku murid yang
salah, menanyakan keyakinan murid
5.
Berikut ini adalah kalimat yang bisa diucapkan oleh guru untuk mengubah
identitas murid yang melakukan kesalahan dari orang gagal menjadi orang sukses,
KECUALI...
Jawab : Ibu/Bapak Guru juga pernah kok melakukan kesalahan itu
6.
Pada saat ada murid melakukan kesalahan, guru perlu menormalkan kesalahan dan
kegagalan tersebut, agar murid...
Jawab : Bisa mengakses bagian otak untuk berpikir rasional
7.
Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau
tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar.
Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah...
Jawab : Cinta, penguasaan kebebasan, dan kesenangan
8.
Memahami alasan atau kebutuhan di balik perilaku seseorang merupakan langkah
penting dalam berpindah dari evaluasi diri menuju restitusi diri. Sehingga
penting bagi seseorang untuk...
Jawab : Mengerti bahwa semua orang memiliki kebutuhan dasar yang sama
9. Dalam restitusi, penting bagi guru untuk
memberikan pandangan baru pada murid-murid, bahwa disiplin adalah tentang
bagaimana seseorang bisa...
Jawab : Memenuhi kebutuhan dasar dirinya, dengan tetap memperhatikan
kepentingan orang lain
10.
Berikut ini adalah alasan mengapa penting bagi guru untuk bertanya pada
muridnya tentang apa yang ia yakini, KECUALI?
Jawab : Untuk menemukan unsur-unsur yang membuat murid termotivasi
secara internal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar