Disiplin Positif MODUL 2 Restitusi

Disiplin Positif

MODUL 2

Restitusi

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Restitusi Disiplin Diri (RDD)

Latihan Pemahaman : Apa saja sisi-sisi dari segitiga restitusi?

Jawab : Menstabilkan identitas, validasi mkebutuhan dan nilai yang diyakini

 

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda mendisiplinkan murid? (boleh menyebutkan lebih dari 1)

Jawab : Dengan cara mendisiplinkan diri sendiri.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sisi 1 Segitiga Restitusi : Stabilize the Identity

 

Latihan Pemahaman : Apa tujuan dari dasar segitiga restitusi sisi satu menurut Dianne Gossen?

Jawab : Mengubah identitas anak yang bersalah dari orang gagal menjadi orang sukses

 

Cerita Reflektif : Kesalahan murid apa yang paling Anda ingat sampai membuat Anda marah? (boleh menyebutan lebih dari 1)

Jawab : Tidak ada

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sisi 2 Segitiga Restitusi : Validasi Perilaku yang Salah

 

Latihan Pemahaman : Berikut ini yang merupakan prinsip sisi dua dari segitiga restitusi adalah?

Jawab : Seseorang bisa berperilaku yang baik

 

Cerita Reflektif : Kebutuhan murid apa yang paling Anda sering jumpai ketika mengajar? (boleh menyebutkan lebih 1)

Jawab : Bercerita

 

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sisi 3 Segitiga Restitusi : Menanyakan Keyakinan

 

Latihan Pemahaman : Bagaimana cara menggunakan sisi tiga dari segitiga restitusi?

Jawab : Menggali nilai-nilai yang diyakini bersama

 

Cerita Reflektif : Pernahkah murid anda bercerita tentang nilai yang ia yakini? (Ya/tidak)

Jawab : Ya

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 2

1. Restitusi disiplin diri adalah metode untuk penyusunan kembali model disiplin di sekolah, yang mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, KECUALI...

Jawab : Menemukan masalah yang timbul untuk mengetahui penyebabnya, dan siapa yang bersalah

 

2. Masing-masing murid memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, agar bisa menjalankan segitiga restitusi dengan lebih efektif, idealnya di kelas memiliki...

Jawab : Keyakinan kelas

 

3. Berikut tiga dari enam landasan filosofi mengapa restitusi muncul dan baik untuk dilakukan:

1.        Kesalahan adalah hal yang normal

2.      Manusia sering tidak tahu jika mereka berbuat salah

3.      Pada saat manusia disalahkan, ia menjadi lebih kuat

4.      Restitusi memperkuat individu

5.      Restitusi membuat individu merasa dihargai dan percaya terhadap diri sendiri

6.      Individu yang tumbuh dalam proses restitusi cenderung tidak melakukan hal yang sama kepada orang lain

Jawab : Nomor 1, 4, dan 5

 

4. Diane Gossen memberikan strategi untuk melakukan restitusi dengan segitiga restitusi. Segitiga ini akan membantu memahami perilaku murid dan membimbing murid untuk belajar dari kesalahannya dan menjadi individu yang lebih baik. Berikut adalah sisi-sisi segitiga restitusi...

Jawab : Menstabilkan identitas murid, memvalidasi perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan murid

 

5. Berikut ini adalah kalimat yang bisa diucapkan oleh guru untuk mengubah identitas murid yang melakukan kesalahan dari orang gagal menjadi orang sukses, KECUALI...

Jawab : Ibu/Bapak Guru juga pernah kok melakukan kesalahan itu

 

6. Pada saat ada murid melakukan kesalahan, guru perlu menormalkan kesalahan dan kegagalan tersebut, agar murid...

Jawab : Bisa mengakses bagian otak untuk berpikir rasional

 

7. Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah...

Jawab : Cinta, penguasaan kebebasan, dan kesenangan

 

8. Memahami alasan atau kebutuhan di balik perilaku seseorang merupakan langkah penting dalam berpindah dari evaluasi diri menuju restitusi diri. Sehingga penting bagi seseorang untuk...

Jawab : Mengerti bahwa semua orang memiliki kebutuhan dasar yang sama

 

9. Dalam restitusi, penting bagi guru untuk memberikan pandangan baru pada murid-murid, bahwa disiplin adalah tentang bagaimana seseorang bisa...

Jawab : Memenuhi kebutuhan dasar dirinya, dengan tetap memperhatikan kepentingan orang lain

 

10. Berikut ini adalah alasan mengapa penting bagi guru untuk bertanya pada muridnya tentang apa yang ia yakini, KECUALI?

Jawab : Untuk menemukan unsur-unsur yang membuat murid termotivasi secara internal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...