Modul 1 Membangun Jembatan untuk Keragaman

 3 Dosa Pendidikan: Intoleransi

Modul 1

Membangun Jembatan untuk Keragaman

 

1)      Latihan pemahaman:

1. Lewat cerita Budi hingga kita jadi dapat………..

A. Menguasai kalau bukti diri manusia itu tidak tunggal, hendak namun bermacam- macam serta bisa berubah

B. Tidak bahagia dengan area yang baru karena sulit memperoleh kawan

C. Tidak berarti berkawan dengan berbagai identitas

D. Budi tidak gampang membiasakan diri di area yang baru

Jawaban: A. Menguasai kalau bukti diri manusia itu tidak tunggal, hendak namun bermacam- macam serta bisa berubah

Cerita Reflektif

1. Bagaimanakah metode yang terbaik untuk Kamu buat membuat keragaman selaku kekuatan?

Jawaban: Dengan terdapatnya bermacam- macam bukti diri hingga hendak menolong dapat memandang bukti diri yang kita punyai dengan balance serta bisa menghargai bukti diri manusia yang lain. Pada kesimpulannya apapun identitasnya hingga hendak memiliki 1 kesamaan ialah selaku masyarakat negeri Indonesia.

Materi ini membahas dua konsep tentang…

A.Cara memilih klub sekolah, dan ciri-ciri kelompok eksklusif

B.Lima bahaya saat peserta didik bergabung dengan kelompok eksklusif dan keuntungan kelompok inklusif

C. Ciri-ciri kelompok inklusif dan kelompok eksklusif

D Ciri-ciri kelompok eksklusif dan lima bahaya jika peserta didik tergabung dalam kelompok eksklusif

Jawaban: D Ciri-ciri kelompok eksklusif dan lima bahaya jika peserta didik tergabung dalam kelompok eksklusif

Cerita Reflektif : Ibu dan Bapak Guru, yuk kita identifikasi karakteristik kelompok-kelompok atau klub-klub peserta didik yang ada di sekolah. Apakah termasuk ke dalam kelompok yang sehat, atau kelompok yang eksklusif?

Jawab : Kelompok sehat, karena setiap peserta didik memiliki jiwa kepemimpinan, rasa empati serta memiliki sikap positif terhadap perbedaan.

 

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 7 Pemahaman yang Pas Tentang Pendidikan

Latihan Pemahaman : Kesimpulan yang tepat mengenai tujuh pemahaman yang pas tentang identitas adalah?

a. Identitas kita hanyalah sebagai manusia

b. Identitas tidak berpengaruh pada perilaku seseorang

c. Cara pandang tentang identitas mempengaruhi pemikiran dan perilaku seseorang terhadap diri dan orang lain

d. Manusia akan kesulitan menjalani hidup jika punya satu identitas saja

Jawab : c Cara pandang tentang identitas mempengaruhi pemikiran dan perilaku seseorang terhadap diri dan orang lain

 

 

Cerita Reflektif : Coba sekarang Ibu dan Bapak cek di kelasnya masing-masing, bagaimana peserta didik menyikapi keragaman di kelas?

Jawab : Peserta didik menyikapi keberagaman dengan cara yang beragam, saling toleransi, menghargai, tidak membeda-bedakan agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan.

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Membangun Jembatan di Tengah Keragaman

Latihan Pemahaman : Kalimat yang tepat untuk menggambarkan materi dalam video adalah…

a. Pentingnya musyawarah dalam kolaborasi

b. Kolaborasi wajib mengakomodasi beragam keinginan dan harapan semua orang

c. Tanpa kolaborasi kita masih bisa mencapai tujuan bersama

d. Pentingnya memandang keragaman sebagai potensi kolaborasi dan cara menjembataninya

Jawab : d

Cerita Reflektif : Coba Ibu dan Bapak Guru lihat, ada keragaman apa saja di sekolah? Ide apa yang Ibu dan Bapak miliki untuk menjembatani keragaman di sekolah?

Jawab : Menjembatani berbagai keragaman budaya, agama, dan latar belakang sosial dapat dilakukan dengan baik melalui kesadaran dari seluruh anggota komunitas sekolah untuk saling menghormati dan memahami perbedaan tersebut.

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 1, 3 Dosa Pendidikan: Intoleransi

 

1. Salah satu dampak negatif dari perbedaan identitas adalah…

A. Memperluas kesempatan agar pertemanan lebih luas

B. Mengasah empati, agar lebih memahami orang lain

C. Ada perasaan bangga yang tinggi, sehingga merendahkan orang lain

D Bisa menikmati dan belajar dari keunikan manusia yang identitasnya berbeda

Jawab : C

2. Berikut yang tidak termasuk ciri kelompok eksklusif, adalah…

A. Menghabiskan banyak waktu dengan kelompok/gengnya saja

B. Merangkul persamaan dan menjembatani perbedaan

C. Menyakiti orang lain yang dengan sengaja disisihkan

D Hanya menerima orang tertentu untuk bergabung di kelompoknya

Jawab : B

3. Pembelaan berlebihan terhadap identitas bisa menjadi…

A. Cara bagi individu untuk percaya diri

B. Kebanggaan karena jadi bagian dari kelompok

C. Ciri-ciri bahwa seseorang punya kesetiaan tinggi

D. Bibit kekerasan

Jawab : D

4. Huruf A, pada akronim DENGAR JANG (rumus mendengar aktif) adalah…

A. Akui perbedaan pendapat

B. Amati isi pembicaraan

C. Ajarkan hal baru

D. Ajak berpikir

Jawab : B

5. Salah satu ciri kelompok inklusif yakni seharusnya…

A. Mementingkan kesamaan tiap individu

B. Tetap melihat persamaan dibalik adanya perbedaan

C. Bersaing dengan kelompok eksklusif

D. Berkolaborasi dengan kelompok yang sama-sama inklusif

Jawab : B

6. Memberi identitas pada diri dapat berdasarkan…

A. Keyakinan dan perkataan orang tua

B. Kesukaan, hobi, hal yang dikerjakan, atau kepribadian

C. Pujian dari guru dan teman

D. Informasi dari internet

Jawab : B

7. Cara agar kolaborasi di tengah keragaman berhasil antara lain…

A. Ketua kelompok yang harus bertanggung jawab atas proses kolaborasi

B. Mendengarkan suara mayoritas, karena pasti benar

C. Perlu tahu porsi dan posisi, dan memahami dimana haris saling mengisi dan melengkapi

D. Menggabungkan semua ide meski tidak sesuai tujuan, yang penting tidak ada yang sakit hati

Jawab : C

8. Jembatan kolaborasi perlu dirawat melalui cara….

A. Saling bantu serta memberi semangat

B. Ditutup agat tidak diinjak dan dilewati orang

C. Saling bantu asal ada imbalan

D. Dibiarkan saja karena tidak akan rusak

Cerita Reflektif

2. Para guru, marilah kita identifikasi ciri tentang kelompok- kelompok siswa- siswi yang terdapat di sekolah. Apakah tercantum dalam kelompok yang sehat?

Jawaban: Kelompok siswa- siswi aku merupakan tercantum pada kelompok yang sehat.

Latihan Pemahaman

1. Berikut ini ada kesimpulan yang pas tentang uraian yang cocok menimpa bukti diri yaitu

A. Seorang hendak sulit menempuh hidup apabila terdapat 1 identitas

B. Bukti diri kita ini merupakan selaku manusia

C. Metode pandang menimpa bukti diri hendak pengaruhi pemikiran dan sikap seorang pada diri pula orang lain

D. Bukti diri tidak memiliki pengaruh pada tingkah laku seseorang

Jawaban: C. Metode pandang menimpa bukti diri hendak pengaruhi pemikiran dan sikap seorang pada diri pula orang lain

Cerita Reflektif

1. Cobalah para guru mengecek di kelas tiap- tiap, gimana siswa- siswi menyikapi keragaman di kelas?

Jawaban: Siswa- siswi yang terdapat di kelas aku, mereka silih menguasai, menghormati terdapatnya Keberagaman.

Latihan Pemahaman

1. Ada kalimat yang pas buat berikan cerminan tentang modul dalam video yaitu

A. Tanpa kerja sama hingga kita bisa menggapai tujuan

B. Tentang perlunya musyawarah buat berkolaborasi

C. Kerja sama wajib mengakomodasi Keberagaman

D. Berartinya dalam memandang Keberagaman merupakan selaku kemampuan kerja sama dan metode menjembataninya

Jawaban: D. Berartinya dalam memandang Keberagaman merupakan selaku kemampuan kerja sama dan metode menjembataninya

Cerita Reflektif

1. Cobalah para guru memandang, terdapat Keberagaman apa sajakah di sekolah? Hingga ilham apakah yang para guru punyai buat menjembatani Keberagaman di sekolah?

Jawaban: Terdapatnya keragaman warna kulit, wujud wajah, latar balik ekonomi hingga hendaknya membuat kelompok belajar sehingga bisa tingkatkan kekompakan pada siswa- siswi.

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Membangun Jembatan untuk Keragaman

1. Salah satu dampak negatif dari perbedaan identitas adalah…

A. Memperluas kesempatan agar pertemanan lebih luas

B. Mengasah empati, agar lebih memahami orang lain

C. Ada perasaan bangga yang tinggi, sehingga merendahkan orang lain

D. Bisa menikmati dan belajar dari keunikan manusia yang identitasnya berbeda

Jawaban C. Ada perasaan bangga yang tinggi, sehingga merendahkan orang lain.

 

2. Salah satu ciri kelompok inklusif seharusnya…

A. Mementingkan kesamaan tiap individu

B. Tetap melihat persamaan, di balik perbedaan

C. Bersaing dengan kelompok eksklusif

D. Berkolaborasi dengan kelompok yang sama-sama inklusif

Jawaban B. Tetap melihat persamaan, di balik perbedaan.

 

3. Pembelaan berlebihan terhadap identitas bisa menjadi…

A. Cara bagi individu untuk percaya diri

B. Kebanggaan karena jadi bagian dari kelompok

C. Ciri-ciri bahwa seseorang punya kesetiaan tinggi

D. Bibit kekerasan

Jawaban D. Bibit kekerasan.

 

4. Jembatan kolaborasi harus dirawat dengan cara…

A. Saling bantu dan beri semangat

B. Ditutup agar tidak diinjak dan dilewati orang

C. Saling bantu asal ada imbalan

D. Dibiarkan saja karena tidak akan rusak

Jawaban A. Saling bantu dan beri semangat.

 

5. Perbedaan identitas adalah...

A. Hal yang mustahil karena bawaan lahir

B. Hal yang menyulitkan seseorang untuk bersosialisasi

C. Hal yang wajar dan perlu disikapi dengan tepat

D. Hal yang harus ditentang karena status semua orang sama sebagai manusia

Jawaban C. Hal yang wajar dan perlu disikapi dengan tepat.

 

6. Berikut yang tidak termasuk ciri kelompok eksklusif, adalah…

A. Menghabiskan banyak waktu dengan kelompok/gengnya saja

B. Merangkul persamaan dan menjembatani perbedaan

C. Menyakiti orang lain yang dengan sengaja disisihkan

D. Hanya menerima orang tertentu untuk bergabung di kelompoknya

Jawaban B. Merangkul persamaan dan menjembatani perbedaan.

 

7. Berikut ini pemahaman yang tidak tepat tentang identitas adalah…

A. Setiap individu memiliki beragam identitas dalam dirinya

B. Semua identitas sifatnya permanen, tidak bisa berubah

C. Tidak ada identitas yang lebih unggul atau rendah

D. Cara pandang yang salah mengenai identitas bisa membuat individu menjadi sombong atau minder

Jawaban B. Semua identitas sifatnya permanen, tidak bisa berubah.

 

8. Huruf A, pada akronim DENGAR JANG (rumus mendengar aktif) adalah...

A. Akui perbedaan pendapat

B. Amati isi pembicaraan

C. Ajarkan hal baru

D. Ajak berpikir

Jawaban A. Akui perbedaan pendapat.

 

9. Memberi identitas pada diri, bisa berdasarkan…

A. Keyakinan dan perkataan orang tua

B. Kesukaan, hobi, hal yang dikerjakan, atau kepribadian

C. Pujian dari guru dan teman

D. Informasi dari internet

Jawaban B. Kesukaan, hobi, hal yang dikerjakan, atau kepribadian

 

10. Salah satu bahaya jika peserta didik bergabung dengan kelompok eksklusif adalah…

A. Pertemanan peserta didik menjadi luas

B. Peserta didik banyak menemukan peluang kolaborasi

C. Peserta didik tergoda ikut kegiatan yang mungkin tidak sesuai hati nurani mereka

D. Peserta didik belajar membangun pertemanan sehat

Jawaban B. Peserta didik banyak menemukan peluang kolaborasi

 

11. Sumber identitas seseorang merupakan...

A. Identitas yang dibawa lahir

B. Identitas yang dibentuk sendiri

C. Identitas yang diberikan lingkungan

D. Semua benar

Jawaban D. Semua benar

 

12. Jembatan kolaborasi harus dirawat dengan cara…

A. Saling bantu dan beri semangat

B. Ditutup agar tidak diinjak dan dilewati orang

C. Saling bantu asal ada imbalan

D. Dibiarkan saja karena tidak akan rusak

Jawaban: A. Saling bantu dan beri semangat

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...