3 Dosa Pendidikan: Intoleransi
Modul 1
Membangun
Jembatan untuk Keragaman
1)
Latihan pemahaman:
1. Lewat cerita Budi hingga kita jadi dapat………..
A. Menguasai kalau bukti diri manusia itu tidak
tunggal, hendak namun bermacam- macam serta bisa berubah
B. Tidak bahagia dengan area yang baru karena sulit memperoleh
kawan
C. Tidak berarti berkawan dengan berbagai identitas
D. Budi tidak gampang membiasakan diri di area yang baru
Jawaban: A. Menguasai kalau bukti diri manusia itu
tidak tunggal, hendak namun bermacam- macam serta bisa berubah
Cerita Reflektif
1. Bagaimanakah metode yang terbaik untuk Kamu buat membuat
keragaman selaku kekuatan?
Jawaban: Dengan terdapatnya bermacam- macam bukti diri hingga
hendak menolong dapat memandang bukti diri yang kita punyai dengan balance
serta bisa menghargai bukti diri manusia yang lain. Pada kesimpulannya apapun
identitasnya hingga hendak memiliki 1 kesamaan ialah selaku masyarakat negeri
Indonesia.
Materi ini membahas dua
konsep tentang…
A.Cara memilih klub
sekolah, dan ciri-ciri kelompok eksklusif
B.Lima bahaya saat peserta
didik bergabung dengan kelompok eksklusif dan keuntungan kelompok inklusif
C. Ciri-ciri kelompok
inklusif dan kelompok eksklusif
D Ciri-ciri kelompok
eksklusif dan lima bahaya jika peserta didik tergabung dalam kelompok eksklusif
Jawaban: D Ciri-ciri
kelompok eksklusif dan lima bahaya jika peserta didik tergabung dalam kelompok
eksklusif
Cerita Reflektif : Ibu dan Bapak Guru, yuk kita
identifikasi karakteristik kelompok-kelompok atau klub-klub peserta didik yang
ada di sekolah. Apakah termasuk ke dalam kelompok yang sehat, atau kelompok
yang eksklusif?
Jawab : Kelompok sehat, karena setiap
peserta didik memiliki jiwa kepemimpinan, rasa empati serta memiliki sikap
positif terhadap perbedaan.
C. Jawaban
Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 7 Pemahaman yang Pas Tentang
Pendidikan
Latihan Pemahaman : Kesimpulan yang
tepat mengenai tujuh pemahaman yang pas tentang identitas adalah?
a. Identitas kita hanyalah sebagai manusia
b. Identitas tidak berpengaruh pada
perilaku seseorang
c. Cara pandang tentang identitas
mempengaruhi pemikiran dan perilaku seseorang terhadap diri dan orang lain
d. Manusia akan kesulitan menjalani
hidup jika punya satu identitas saja
Jawab : c Cara pandang tentang identitas mempengaruhi pemikiran dan
perilaku seseorang terhadap diri dan orang lain
Cerita Reflektif : Coba sekarang
Ibu dan Bapak cek di kelasnya masing-masing, bagaimana peserta didik menyikapi
keragaman di kelas?
Jawab : Peserta didik menyikapi keberagaman dengan cara yang beragam,
saling toleransi, menghargai, tidak membeda-bedakan agar tercipta rasa
persatuan dan kesatuan.
D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita
Reflektif Materi Membangun Jembatan di Tengah Keragaman
Latihan Pemahaman : Kalimat yang
tepat untuk menggambarkan materi dalam video adalah…
a. Pentingnya musyawarah dalam kolaborasi
b. Kolaborasi wajib mengakomodasi
beragam keinginan dan harapan semua orang
c. Tanpa kolaborasi kita masih bisa
mencapai tujuan bersama
d. Pentingnya memandang keragaman
sebagai potensi kolaborasi dan cara menjembataninya
Jawab : d
Cerita Reflektif : Coba Ibu dan
Bapak Guru lihat, ada keragaman apa saja di sekolah? Ide apa yang Ibu dan Bapak
miliki untuk menjembatani keragaman di sekolah?
Jawab : Menjembatani berbagai keragaman budaya, agama,
dan latar belakang sosial dapat dilakukan dengan baik melalui kesadaran dari
seluruh anggota komunitas sekolah untuk saling menghormati dan memahami
perbedaan tersebut.
Kunci Jawaban Post Test Modul
1, 3 Dosa Pendidikan: Intoleransi
1. Salah satu dampak negatif dari
perbedaan identitas adalah…
A. Memperluas kesempatan agar
pertemanan lebih luas
B. Mengasah empati, agar lebih memahami orang lain
C. Ada perasaan bangga yang tinggi,
sehingga merendahkan orang lain
D Bisa menikmati dan belajar dari
keunikan manusia yang identitasnya berbeda
Jawab : C
2. Berikut yang tidak termasuk ciri kelompok eksklusif, adalah…
A. Menghabiskan banyak waktu dengan
kelompok/gengnya saja
B. Merangkul persamaan dan
menjembatani perbedaan
C. Menyakiti orang lain yang dengan
sengaja disisihkan
D Hanya menerima orang tertentu untuk bergabung di kelompoknya
Jawab : B
3. Pembelaan berlebihan terhadap
identitas bisa menjadi…
A. Cara bagi individu untuk percaya
diri
B. Kebanggaan karena jadi bagian dari
kelompok
C. Ciri-ciri bahwa seseorang punya
kesetiaan tinggi
D. Bibit kekerasan
Jawab : D
4. Huruf A, pada akronim DENGAR JANG
(rumus mendengar aktif) adalah…
A. Akui perbedaan pendapat
B. Amati isi pembicaraan
C. Ajarkan hal baru
D. Ajak berpikir
Jawab : B
5. Salah satu ciri kelompok inklusif
yakni seharusnya…
A. Mementingkan kesamaan tiap
individu
B. Tetap melihat persamaan dibalik
adanya perbedaan
C. Bersaing dengan kelompok eksklusif
D. Berkolaborasi dengan kelompok yang
sama-sama inklusif
Jawab : B
6. Memberi identitas pada diri dapat
berdasarkan…
A. Keyakinan dan perkataan orang tua
B. Kesukaan, hobi, hal yang
dikerjakan, atau kepribadian
C. Pujian dari guru dan teman
D. Informasi dari internet
Jawab : B
7. Cara agar kolaborasi di tengah
keragaman berhasil antara lain…
A. Ketua kelompok yang harus
bertanggung jawab atas proses kolaborasi
B. Mendengarkan suara mayoritas,
karena pasti benar
C. Perlu tahu porsi dan posisi, dan
memahami dimana haris saling mengisi dan melengkapi
D. Menggabungkan semua ide meski tidak sesuai tujuan, yang
penting tidak ada yang sakit hati
Jawab : C
8. Jembatan kolaborasi perlu dirawat
melalui cara….
A. Saling bantu serta memberi
semangat
B. Ditutup agat tidak diinjak dan
dilewati orang
C. Saling bantu asal ada imbalan
D. Dibiarkan saja karena tidak akan
rusak
Cerita Reflektif
2. Para guru, marilah kita identifikasi ciri tentang kelompok-
kelompok siswa- siswi yang terdapat di sekolah. Apakah tercantum dalam kelompok
yang sehat?
Jawaban: Kelompok siswa- siswi aku merupakan
tercantum pada kelompok yang sehat.
Latihan Pemahaman
1. Berikut ini ada kesimpulan yang pas tentang uraian yang cocok
menimpa bukti diri yaitu
A. Seorang hendak sulit menempuh hidup apabila terdapat 1 identitas
B. Bukti diri kita ini merupakan selaku manusia
C. Metode pandang menimpa bukti diri hendak pengaruhi pemikiran dan
sikap seorang pada diri pula orang lain
D. Bukti diri tidak memiliki pengaruh pada tingkah laku seseorang
Jawaban: C. Metode pandang menimpa bukti diri hendak
pengaruhi pemikiran dan sikap seorang pada diri pula orang lain
Cerita Reflektif
1. Cobalah para guru mengecek di kelas tiap- tiap, gimana siswa-
siswi menyikapi keragaman di kelas?
Jawaban: Siswa- siswi yang terdapat di kelas aku, mereka silih
menguasai, menghormati terdapatnya Keberagaman.
Latihan Pemahaman
1. Ada kalimat yang pas buat berikan cerminan tentang modul dalam
video yaitu
A. Tanpa kerja sama hingga kita bisa menggapai tujuan
B. Tentang perlunya musyawarah buat berkolaborasi
C. Kerja sama wajib mengakomodasi Keberagaman
D. Berartinya dalam memandang Keberagaman merupakan
selaku kemampuan kerja sama dan metode menjembataninya
Jawaban: D. Berartinya dalam
memandang Keberagaman merupakan selaku kemampuan kerja sama dan
metode menjembataninya
Cerita Reflektif
1. Cobalah para guru memandang, terdapat Keberagaman apa
sajakah di sekolah? Hingga ilham apakah yang para guru punyai buat
menjembatani Keberagaman di sekolah?
Jawaban: Terdapatnya keragaman warna kulit, wujud wajah, latar
balik ekonomi hingga hendaknya membuat kelompok belajar sehingga bisa
tingkatkan kekompakan pada siswa- siswi.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Membangun
Jembatan untuk Keragaman
1. Salah satu dampak
negatif dari perbedaan identitas adalah…
A. Memperluas kesempatan
agar pertemanan lebih luas
B. Mengasah empati, agar
lebih memahami orang lain
C. Ada perasaan bangga
yang tinggi, sehingga merendahkan orang lain
D. Bisa menikmati dan
belajar dari keunikan manusia yang identitasnya berbeda
Jawaban C. Ada perasaan
bangga yang tinggi, sehingga merendahkan orang lain.
2. Salah satu ciri
kelompok inklusif seharusnya…
A. Mementingkan kesamaan
tiap individu
B. Tetap melihat
persamaan, di balik perbedaan
C. Bersaing dengan
kelompok eksklusif
D. Berkolaborasi dengan
kelompok yang sama-sama inklusif
Jawaban B. Tetap
melihat persamaan, di balik perbedaan.
3. Pembelaan berlebihan
terhadap identitas bisa menjadi…
A. Cara bagi individu
untuk percaya diri
B. Kebanggaan karena jadi
bagian dari kelompok
C. Ciri-ciri bahwa
seseorang punya kesetiaan tinggi
D. Bibit kekerasan
Jawaban D. Bibit
kekerasan.
4. Jembatan kolaborasi
harus dirawat dengan cara…
A. Saling bantu dan
beri semangat
B. Ditutup agar tidak
diinjak dan dilewati orang
C. Saling bantu asal ada
imbalan
D. Dibiarkan saja karena
tidak akan rusak
Jawaban A. Saling bantu
dan beri semangat.
5. Perbedaan identitas
adalah...
A. Hal yang mustahil
karena bawaan lahir
B. Hal yang menyulitkan
seseorang untuk bersosialisasi
C. Hal yang wajar dan
perlu disikapi dengan tepat
D. Hal yang harus
ditentang karena status semua orang sama sebagai manusia
Jawaban C. Hal yang
wajar dan perlu disikapi dengan tepat.
6. Berikut yang tidak
termasuk ciri kelompok eksklusif, adalah…
A. Menghabiskan banyak
waktu dengan kelompok/gengnya saja
B. Merangkul persamaan
dan menjembatani perbedaan
C. Menyakiti orang lain
yang dengan sengaja disisihkan
D. Hanya menerima orang
tertentu untuk bergabung di kelompoknya
Jawaban B. Merangkul
persamaan dan menjembatani perbedaan.
7. Berikut ini pemahaman
yang tidak tepat tentang identitas adalah…
A. Setiap individu
memiliki beragam identitas dalam dirinya
B. Semua identitas
sifatnya permanen, tidak bisa berubah
C. Tidak ada identitas
yang lebih unggul atau rendah
D. Cara pandang yang salah
mengenai identitas bisa membuat individu menjadi sombong atau minder
Jawaban B. Semua
identitas sifatnya permanen, tidak bisa berubah.
8. Huruf A, pada akronim
DENGAR JANG (rumus mendengar aktif) adalah...
A. Akui perbedaan
pendapat
B. Amati isi pembicaraan
C. Ajarkan hal baru
D. Ajak berpikir
Jawaban A. Akui
perbedaan pendapat.
9. Memberi identitas pada
diri, bisa berdasarkan…
A. Keyakinan dan perkataan
orang tua
B. Kesukaan, hobi, hal
yang dikerjakan, atau kepribadian
C. Pujian dari guru dan
teman
D. Informasi dari internet
Jawaban B. Kesukaan,
hobi, hal yang dikerjakan, atau kepribadian
10. Salah satu bahaya jika
peserta didik bergabung dengan kelompok eksklusif adalah…
A. Pertemanan peserta
didik menjadi luas
B. Peserta didik banyak
menemukan peluang kolaborasi
C. Peserta didik tergoda
ikut kegiatan yang mungkin tidak sesuai hati nurani mereka
D. Peserta didik belajar
membangun pertemanan sehat
Jawaban B. Peserta
didik banyak menemukan peluang kolaborasi
11. Sumber identitas
seseorang merupakan...
A. Identitas yang dibawa
lahir
B. Identitas yang dibentuk
sendiri
C. Identitas yang
diberikan lingkungan
D. Semua benar
Jawaban D. Semua benar
12. Jembatan kolaborasi
harus dirawat dengan cara…
A. Saling bantu dan beri
semangat
B. Ditutup agar tidak
diinjak dan dilewati orang
C. Saling bantu asal ada
imbalan
D. Dibiarkan saja karena
tidak akan rusak
Jawaban: A. Saling bantu
dan beri semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar